Trakia Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta lokasi Trakia Timur (biru) di Turki.

Trakia Timur (bahasa Turki: Doğu Trakya atau Trakya saja; bahasa Yunani: Ανατολική Θράκη, Anatoliki Thraki; bahasa Bulgaria: Източна Тракия, Iztochna Trakiya), juga disebut Trakia Turki atau Turki Eropa, adalah wilayah Republik Turki modern yang secara geografis merupakan bagian dari Eropa Tenggara. Wilayah ini mencakup sekita 3% wilayah Turki, sementara 97% sisanya terletak di Semenanjung Anatolia, yang merupakan bagian dari Asia Barat.[1] Wilayah ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di jalur perdagangan laut dan menjadi pintu masuk ke Laut Hitam untuk lima negara: Rusia, Ukraina, Rumania, Bulgaria, dan Georgia.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Trakia Timur mencakup seluruh bagian timur wilayah historis Trakia. Provinsi-provinsi yang termasuk dalam wilayah ini adalah Provinsi Edirne, Tekirdağ dab Kırklareli, serta wilayah Provinsi Çanakkale dan Istanbul yang terletak di sisi Eropa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Trakia Timur memiliki luas wilayah sebesar 23.764 km2 dan jumlah penduduk sebesar 11 juta jiwa (sekitar 14% populasi Turki) pada tahun 2015. Sementara itu, kepadatan penduduknya tercatat sebesar 430 orang/km2, sementara di Anatolia jumlahnya tercatat sebesar 80 orang/km2. Namun, perlu diingat bahwa rata-rata kepadatan penduduk di Trakia Timur menjadi besar akibat keberadaan kota metropolitan Istanbul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zdanowski, Jerzy (2014). Middle Eastern Societies in the 20th Century. Cambridge Scholars Publishing. hlm. 11. ISBN 978-1443869591.