Toyota All-Star Showdown

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Toyota All-Star Showdown
SirkuitIrwindale Speedway, Irwindale, California
SponsorToyota
Lomba pertama2004
Lomba terakhir2012
Jarak tempuhbervariasi
Lapbervariasi
Nama sebelumnyaTidak

Toyota All-Star Showdown adalah balapan all-star di seri NASCAR untuk pembalap sukses di kelas balap NASCAR yang lebih rendah, serta NASCAR Seri Kanada dan Kejuaraan NASCAR Meksiko. Toyota All-Star Showdown diadakan di Irwindale Speedway di pinggiran kota Los Angeles dari tahun 2003 hingga 2012.

Format acara hingga 2006[sunting | sunting sumber]

Lapangan terdiri dari pembalap dari AutoZone Elite Divisions (Divisi Northwest, Divisi Southeast, Divisi Southwest dan Midwest Division) dan Grand National Divisions (NASCAR Seri Timur Camping World, NASCAR Seri Barat Camping World).

15 pebalap teratas di klasemen divisi Grand National menempati posisi pebalap untuk balapan Grand National All-Star. 10 teratas dalam klasemen divisi AutoZone Elite memenuhi lapangan untuk perlombaan Elite All-Star.

Pada hari Jumat sebelum acara utama, bidang pebalap dari kedua divisi dibagi. Bidang yang dibelah dua kemudian dipertandingkan dalam balapan kualifikasi yang sebanding dengan Gatorade Duel dari Piala Sprint. Balapan ini mengatur urutan awal untuk balapan utama. Pembalap yang mengikuti balapan kualifikasi pertama memulai balapan utama di garis dalam. Pembalap yang mengikuti balapan kualifikasi kedua memulai balapan di garis luar pada balapan utama.

Format acara sejak 2007[sunting | sunting sumber]

Balapan pertama di akhir pekan balapan adalah balapan "Model Super Terlambat" 150 putaran. Semua pembalap NASCAR Whelen All-American Series memenuhi syarat untuk masuk.

Perlombaan Grand National Divisions telah mengalami perubahan besar:

Format acara sejak 2008[sunting | sunting sumber]

Kritik utama terhadap format tersebut adalah karena tanggal All-Star Showdown, hal itu dapat mengakibatkan balapan diadakan sebelum balapan besar tertentu (seperti yang diadakan di Phoenix International Raceway pada akhir pekan Piala Sprint) dapat diadakan sebelum Showdown. NASCAR memiliki masalah dengan Seri Corona yang masih berlangsung sebelum Showdown.

Dengan demikian, NASCAR memindahkan balapan ke Januari 2009 untuk juara musim 2008, memungkinkan seluruh musim NASCAR untuk balap regional selesai sebelum menjalankan showdown.

Format musim 2008 akan tetap sama, dengan juara Camping World East and West, Whelen Modified, Southern Modified, dan All-American National, Canadian Tire, dan Corona Series, dan juga pemenang balapan dari seri Camping World East dan West. dalam balapan.

Balapan model terlambat 150 putaran pada hari Jumat berlanjut.

Rain menginterupsi Showdown dan memaksa ketiga balapan dijalankan pada hari Sabtu; namun, hanya balapan Camping World Series yang berakhir, dengan balapan melewati pukul 10:30 pm

Meskipun Joey Logano melewati garis finis terlebih dahulu, dia dihukum oleh NASCAR karena mengemudi dengan kasar setelah insiden dengan Peyton Sellers di lap terakhir, dan turun ke posisi ke-40. Matt Kobyluck, yang melewati garis finis di tempat kedua dianugerahi kemenangan dan menjadi pemenang 2 kali pertama dari acara tersebut.

Balapan Model Akhir, balapan 75 putaran yang dimaksudkan untuk dijalankan sebelum fitur Dunia Berkemah, dijalankan setelahnya, dan mencapai batas waktu 40 menit pada 55 putaran. Balapan Model Super Terlambat 150 putaran, yang dimaksudkan untuk hari Jumat, dijalankan sebagai balapan setelah balapan Model Terlambat, dan hanya berlangsung hingga jam malam pukul 12:15 am, yang berarti hanya 15 putaran.

Format acara sejak 2009[sunting | sunting sumber]

All-Star Showdown musim 2009 ditetapkan untuk tanggal 30 Januari 2010, sekali lagi di Irwindale.

Semua pemenang balapan selama tur regional Camping World Series, selain Juara Seri dari kedua Camping World Series, baik Tur Modifikasi Whelen, Seri Ban Kanada, dan Seri Meksiko, dan lima teratas di Klasemen Nasional Seri Whelen All-Amerika ( emua harus menjadi juara negara bagian - baru untuk musim 2009; di tahun-tahun sebelumnya, hanya Juara Nasional), akan diberikan pengecualian untuk maju ke fitur tersebut. Kualifikasi, penyisihan untuk reguler Camping World Series berdasarkan hasil tahun 2009, dan pembalap teratas dalam balapan kualifikasi akan menentukan urutan awal.

Untuk versi musim 2009, balapan Super Late Model (100 lap) akan memiliki lima juara negara bagian NASCAR Whelen All-American Series yang secara otomatis memenuhi syarat. Balapan Model Terlambat (75 lap) akan berlanjut.

Nick Joanides, juara divisi Late Model dan Super Late Model 2009 di musim yang sama adalah satu-satunya pembalap yang masuk dalam ketiga seri, termasuk balapan Camping World Series di mana ia memenangkan penghargaan Coca-Cola Move of the Race.

Format acara sejak 2010[sunting | sunting sumber]

Musim NASCAR 2010 diakhiri dengan All-Star Showdown pada 29 Januari 2011, lagi-lagi di Irwindale.

Format lagi akan mengusung balapan K&N Pro Series 225-lap (nama baru untuk Grand National Division untuk musim 2010) sebagai fitur, dengan dua segmen 100-lap dan segmen akhir 25-lap.

Semua pemenang balapan K&N Pro Series, baik juara seri regional, dan juara Canadian Tire Series, Corona Mexico Series, dan Whelen All-American Series diundang.

Untuk versi musim 2010, balapan Super Late Model (75 lap) akan memiliki lima juara negara bagian NASCAR Whelen All-American Series yang secara otomatis memenuhi syarat. Balapan Model Terlambat (50 putaran) akan berlanjut. Baik Model Super Terlambat (25 putaran) dan Model Terlambat (20 putaran) akan memiliki kualifikasi yang ditentukan oleh balapan panas.[2]

Pemenang acara[sunting | sunting sumber]

Grand National Division[sunting | sunting sumber]

Model terlambat[sunting | sunting sumber]

  • 2003: Ron Breese Jr.
  • 2004: Eric Holmes
  • 2005: Auggie Vidovich
  • 2006: Tim Schendel
  • 2007: Greg Pursley
  • 2008: Travis Thirkettle
  • 2009: Rip Michaels
  • 2010: Ryan Partridge[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://web.archive.org/web/20070808032655/http://www.nascarlocalracing.com/content.php?Series_ID=27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Agustus 2007. Diakses tanggal 10 Agustus 2007.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  2. ^ – NASCAR Toyota All- edisi musim 2010- Pertarungan Bintang
  3. ^ Cunningham, Jason (2011-01-29). "Kemenangan Bowles Dalam All-Star Showdown". Diakses tanggal 2011-01-30. 
  4. ^ Cunningham, Jason (2011-01-28). "Partridge Mengumpulkan Kemenangan Model Super Terlambat". NASCAR Home Tracks. Diakses tanggal 2011-01-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]