Tour First

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tour AXA (juga disebut sebagai Tour Assur, sebelumnya Tour UAP antara 1974-1998) merupakan sebuah pencakar langit perkantoran yang terletak di La Défense, distrik bisnis di barat Paris, Prancis.

Menara ini dibangun pada 1974 oleh perusahaan asuransi UAP. Bangunan ini setinggi 159 meter (522 kaki). Bentuk dasarnya adalah bintang bersegi tiga, di mana cabangnya terpisah oleh sudut sebesar 120°. Bentuk ini dipilih untuk menyimbolkan pergabungan tiga perusahaan asuransi Prancis, yang mana merupakan asal usul UAP. Menara ini diganti namanya menjadi Tour AXA ketika UAP dibeli oleh perusahaan asuransi AXA pada 1996.

Renovasi besar-besaran terhadap menara dimulai pada 2007. Eksterior menara akan diubah seluruhnya, dengan tinggi tambahan. Tour AXA yang telah direnovasi akan setinggi 225 m (728 kaki) dengan total luas 86,707 m² (933,306 kaki persegi) apabila selesai, dan menjadi pencakar langit tertinggi di Prancis. Arsiteknya adalah Jean-Pierre Dacbert, Pierre Dufau, dan Michel Stenzel.

Menara AXA lainnya antara lain berdiri di New York City dengan tinggi 229 m (751 kaki). Selain itu di Indonesa juga ada tepatnya di komplek Kuningan City, Jakarta.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]