Touken Ranbu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Touken Ranbu
Publikasi
  • JP: 14 Januari 2015
GenrePermainan penjelajah web daring
Latar tempatTouken Ranbu universe
Model bisnisFree-to-play
Bahasa
Daftar
Karakteristik teknis
PlatformAdobe Flash dan komputer pribadi
ModePermainan video pemain tunggal
Format kode
Daftar
  • 30
Informasi pengembang
PengembangNitroplus
PenyuntingDMM.com
PengarahSaiji Yakumo
PenerbitDMM Games
Informasi tambahan
Situs webdmm.com… (Jepang) → 
Stack ExchangeEtiqueta
Twitter: touken_staff Instagram: katsugekitouken
Portal permainan video
Sunting di Wikidata • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Touken Ranbu (刀剣乱舞, Tōken Ranbu, "Tarian Pedang") adalah sebuah permainan penjelajah web bergenre kartu koleksi bersifat gratis (free-to-play) yang dikembangkan oleh Nitroplus dan DMM Games. Permainan ini hanya tersedia di Jepang dan dirilis pada 14 Januari 2015.[1] Permainan ini telah diadaptasi ke dalam tiga seri anime.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Pemain berperan sebagai seorang "Petapa" (審神者, saniwa) yang melakukan perjalanan ke masa lalu untuk mengalahkan kekuatan jahat dan memiliki kemampuan untuk menghidupkan pedang legendaris yang digambarkan sebagai pria tampan. Touken Ranbu sebagian besar merupakan kebalikan dari game Kantai Collection, yang dimiliki juga oleh DMM (memanusiakan kapal perang legendaris sebagai gadis cantik). Pertempuran sebagian besar berjalan otomatis dengan proses kemajuan utama tergantung pada pengelolaan dan pencarian sumber daya.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Touken Ranbu dengan cepat menjadi sangat populer di Jepang, terutama di kalangan gadis-gadis, dan memiliki lebih dari satu juta pemain yang terdaftar pada Juni 2015. Permainan ini telah terbukti mempopulerkan budaya "wanita katana" (カタナ女子, katana joshi) – (wanita yang tertarik dengan sejarah pedang Jepang dan tertarik berpose dengan pedang Jepang). Tren itu sebenarnya sudah dimulai beberapa tahun sebelumnya melalui permainan video Sengoku Basara. Popularitas Touken Ranbu menarik minat sebuah majalah wanita untuk menerbitkan sebuah artikel mengenai latihan pedang yang didasarkan pada gaya permainan,[2] dan pada Wonder Festival Tokyo tahun 2015 dilaporkan "benar-benar didominasi oleh lelaki pedang ganteng".[3]

Anime[sunting | sunting sumber]

Permainan ini telah menerima tiga adaptasi anime,[4] yang pertama adalah Touken Ranbu: Hanamaru (2016) produksi Doga Kobo, yang kedua adalah Katsugeki/Touken Ranbu (2017) yang diproduksi oleh Ufotable, dan yang ketiga adalah Zoku Touken Ranbu: Hanamaru (2018).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ashcraft, Brian (10 June 2015). "Japan's Newest Trend: Katana Women". Kotaku. Diakses tanggal 12 June 2015. 
  2. ^ Green, Scott (8 July 2015). "Women's Interest Magazine Offers Fitness Routine Inspired by Anthropomorphic Sword Boys of "Touken Ranbu -ONLINE-"". Crunchyroll. Diakses tanggal 2 August 2015. 
  3. ^ Wilson, Scott (30 July 2015). "Wonder Festival Summer 2015 figure exhibition completely dominated by hot male swordsmen". Rocket News 24. Diakses tanggal 2 August 2015. 
  4. ^ "Tōken Ranbu Browser Game Gets 2 Anime Adaptations". Anime News Network. 26 March 2016. Diakses tanggal 26 March 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]