Touch 'n Go

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kartu Touch 'n Go
توچه ءن ڬو
一觸即通
LokasiMalaysia
Diluncurkan18 Maret 1997
TeknologiMIFARE Classic - Kartu pintar nirkontak
ManagerTouch 'n Go Sdn Bhd
Mata uangMYR
Nilai yang tersimpanMembayar saat Anda pergi
Kadaluarsa Kartu12 bulan jika tidak aktif
Isi ulang otomatisPengisian otomatis
ValiditasExpressway
 Transportasi umum
 Parkir
 Retail
RitelTouch 'n Go Hubs & Hotspots
VariasiKartu standar/Nilai Tersimpan
 Kartu Pascabayar
 Kartu Auto-Reload
 Kartu bermerek - MyRapid Card
Situs webTouch 'n Go

Touch 'n Go atau kartu pintar TnG adalah sebuah kartu pintar nirkontak dan sistem pembayaran elektronik berbasis kartu pintar non-sentuh pertama serta menjadi pelopor pengenalan kartu kredit Visa Wave dan PayPass MasterCard di Malaysia. Kartu oni juga bisa digunakan dengan SmartTAG, sebuah kendaraan pelengkap dan sistem pembayaran elektronik langsung di kendaraan.

Selain itu, Touch n 'Go juga merupakan dompet elektronik nasional dengan kartu kredit nasional untuk industri transportasi dan dapat digunakan di manapun untuk menampilkan logo Touch' n Go. Kartu ini memelopori pemerintah Malaysia untuk memperkenalkan sistem pembayaran elektronik terpadu dan satu sistem tiket untuk biaya tol di jalan raya, tiket angkutan umum, biaya parkir kendaraan dan biaya masuk taman bermain. Touch 'n Go diluncurkan secara resmi pada bulan Maret 1997.

Touch 'n Go adalah sistem yang dirancang untuk memproses sampai 800 kendaraan per jam untuk mengurangi antrian kemacetan di plaza tol dan jika digunakan bersama dengan SmartTAG (sistem pengumpulan tol elektronik non-stop), akan dapat memproses sampai dengan 1,200 kendaraan per jam.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Fasilitas Touch 'n Go yang pertama diluncurkan secara resmi pada 18 Maret 1997 di Plaza Tol Jalan Pahang dan Plaza Pulsa Jalan Cheras. Kemudian, pada 15 April 1997 fasilitas yang sama tersedia di Plaza Pulsa Salak dan Plaza Pulsa Bandar Tun Razak. Touch 'n Go mulai mendapat perhatian orang banyak ketika operator Raya Utara-Selatan, PLUS Expressways Berhad memperluas fasilitas tersebut di seluruh 65 plaza tol sepanjang 848 kilometer jalan raya yang dikendalikan perusahaan tersebut pada 15 November 1998.

Ciri-ciri kartu[sunting | sunting sumber]

Kartu dan sistem Touch 'n Go dikembangkan sepenuhnya oleh Teras Teknologi Sdn Bhd menggunakan teknologi MIFARE, teknologi kartu pintar tanpa sentuh terkemuka di dunia. Kartu ini dipasarkan kepada masyarakat oleh Jaringan Segar Sdn Bhd. Alat pemindai Touch 'n Go pula diproduksi oleh sebuah perusahaan Malaysia yaitu cipher Tec (M) Sdn Bhd yang beroperasi di Subang, Selangor, Malaysia.

Secara umum, Touch 'n Go adalah teknologi berbasis sistem pembayaran elektronik menggunakan kartu pintar tanpa sentuh. Dari segi teknis pula, MIFARE adalah teknologi komunikasi radio frekuensi transmisi data antara kartu pintar tanpa sentuh dan alat pemgimbas. Transaksi terjadi ketika kartu Touch 'n Go dipindai pada alat pemindai untuk pembayaran atau tambah nilai.

Pada tahun 2005, Jaringan Segar Sdn Bhd memperkenalkan kartu Touch 'n Go yang baru dengan fitur-fitur keamanan terakhir seperti update kunci keamanan pada chip kartu pintar untuk menggantikan semua kartu Touch' n Go yang lama.

Jenis kartu[sunting | sunting sumber]

Terdapat lima jenis kartu Touch 'n Go dengan tiga variasi komersial dipasaran. Pembelian kartu Touch 'n Go bisa dilakukan di gerai penjualan dan layanan pelanggan dan agen pengecer Touch' n Go yang terlibat dengan jaminan selama satu tahun untuk setiap pembelian kartu baru.

Kartu prabayar[sunting | sunting sumber]

  • Kartu Touch 'n Go
Kartu Touch 'n Go adalah kartu keluaran pertama dan proyek perintis Jaringan Segar Sdn Bhd. Ia dijual kepada orang banyak dan setiap kelompok pengguna pada harga RM10. Namun, kegunaannya di jalan raya terbatas untuk sopir kendaraan kelas 1 yaitu kendaraan pribadi yang memiliki 2 gandar dan 3 ban atau 4 roda.
Pada bulan Maret 2007, Jaringan Segar Sdn Bhd telah memperkenalkan tiga desain baru kartu prabayar Touch 'n Go disamping desain asal sempena dengan ulang tahun ke-10 kartu Touch' n Go. Berikut adalah tiga desain baru kartu prabayar Touch 'n Go.

Kartu tambah nilai otomatis[sunting | sunting sumber]

  • Kartu Touch 'n Go Zing
Kartu tambah nilai otomatis Touch 'n Go atau lebih dikenal sebagai Touch' n Go Zing dikeluarkan oleh kebanyakan bank-bank utama lokal. Ia ditampilkan kepada pemegang kartu anggota Visa atau MasterCard sebagai kartu samping pada kartu kredit. Kegunaannya di jalan raya terbatas pada sopir kendaraan kelas 1 yaitu kendaraan pribadi yang memiliki 2 gandar dan 3 ban atau 4 roda.

Fasilitas kartu tambah nilai otomatis Zing saat ini ditawarkan oleh:

Kartu pascabayar[sunting | sunting sumber]

  • Kartu Touch 'n Go Fleet Xs
Kartu Touch 'n Go Fleet Xs adalah kartu pascabayar khusus untuk warga korporat. Ia ditampilkan kepada majikan untuk penggunaan karyawan. Penggunaan kartu Touch 'n Go Fleet Xs terbatas untuk pembayaran tarif tol di jalan raya saja. Rincian lebih lanjut seperti nama perusahaan, nomor pendaftaran kendaraan dan kelas kendaraan disimpan di dalam chip kartu. Ia untuk memantau rekor petunjuk kartu dan pergerakan kendaraan di jalan raya melalui laporan elektronik. Penggunaan kartu terbuka kepada semua kelas kendaraan di jalan raya.
  • Kartu Touch 'n Go Biz Xs
Kartu Touch 'n Go Biz Xs mirip seperti kartu Touch' n Go Fleet Xs dengan fasilitas sampingan. Ia sesuai untuk staf perusahaan dan warga perusahaan yang sering menggunakan jaringan jalan raya interlokal, berurusan di kompleks bisnis dan memakir kendaraan di tempat parkir. Penggunaan kartu terbuka kepada semua kelas kendaraan di jalan raya.

Kartu berbagai guna pemerintah Malaysia[sunting | sunting sumber]

Selain kartu identitas diri, kartu berbagai guna pemerintah Malaysia atau MyKad yang memiliki logo Touch 'n Go di bagian belakang kartu adalah kartu Touch' n Go dan bisa digunakan di semua tempat yang memamerkan logo Touch 'n Go sebagai metode pembayaran elektronik di Malaysia. Touch 'n Go adalah satu dari 8 aplikasi MyKad. Penggunaan MyKad Touch 'n Go di jalan raya terbatas untuk sopir kendaraan kelas 1 yaitu kendaraan pribadi yang memiliki 2 gandar dan 3 ban atau 4 roda.

Kartu hadiah[sunting | sunting sumber]

  • Kartu Hadiah Buy N Fly
Kartu hadiah Buy N Fly diperkenalkan pada bulan Desember 1999 oleh Malaysia Airlines Golden Boutique Sdn Bhd. Ia merupakan kartu hadiah berbagai fungsi yang dilengkapi dengan fasilitas Touch 'n Go. Namun, program kartu hadiah Buy N Fly berakhir pada 16 Juli 2002. Untuk pemegang kartu tersebut, fasilitas Touch 'n Go masih bisa digunakan sampai ke hari ini.

Jalan tambah nilai[sunting | sunting sumber]

Plaza tol di Sungai Besi, Kuala Lumpur, di akhir seksi selatan dari North-South Expressway, Malaysia.

Untuk memudahkan pemegang kartu prabayar dan MyKad Touch 'n Go di jalan raya, tambah nilai tunai dapat dilakukan di gerbang khusus pengisian nilai Touch' n Go di plaza-plaza tol jalan raya yang berikut.

  • Jembatan Pulau Pinang
  1. Plaza Tol Jambatan Pulau Pinang
  • Jalan tol Baru Lembah Klang
  1. Plaza Tol Bukit Raja
  2. Plaza Tol Damansara
  3. Plaza Tol Jalan Duta
  • Jalan tol Utara-Selatan
  1. Plaza Tol Ipoh Selatan
  2. Plaza Tol Juru
  3. Plaza Tol Kajang
  4. Plaza Tol Port Dickson
  5. Plaza Tol Rawang
  6. Plaza Tol Senai Utara
  7. Plaza Tol Simpang Ampat
  8. Plaza Tol Skudai
  9. Plaza Tol Subang
  10. Plaza Tol Sungai Besi
  11. Plaza Tol Sungai Buloh
  12. Plaza Tol Sungai Dua
  13. Plaza Tol UPM
  • Jalan tol Utara-Selatan Hubungan Tengah
  1. Plaza Tol Seafield
  2. Plaza Tol Shah Alam
  • Jalan tol Bertingkat Ampang-Kuala Lumpur
  1. Plaza Tol Dato' Keramat
  • Jalan tol Koridor Guthrie
  1. Plaza Tol Bukit Jelutong
  • Jalan tol Persekutuan Laluan 2
  1. Plaza Tol Batu Tiga
  2. Plaza Tol Sungai Rasau

Mesin deposit tunai[sunting | sunting sumber]

Selain metode di atas, fasilitas tambah nilai tersedia untuk pemegang kartu prabayar, pascabayar dan MyKad Touch 'n Go melalui lebih 40 buah mesin deposit tunai AmBank di kota-kota utama. Biaya layanan sebesar RM1 dikenakan bagi setiap transaksi tambah nilai menggunakan mesin deposit tunai.

Mesin ATM otomatis[sunting | sunting sumber]

Pengisian ulang dan penambahan nilai pada kartu bisa dilakukan melalui mesin ATM otomatis terpilih seperti pada Bank Mualamat, CIMB Bank, RHB Bank, Maybank Malaysia dan Maybank Singapura untuk pemegang rekening bank-bank tersebut dengan pilihan tambah nilai sebesar RM50, RM100, RM150, RM200, RM250, RM300, RM400 atau RM500. Biaya layanan sebesar 50 sen dikenakan untuk setiap transaksi tambah nilai melalui metode ini dan tersedia untuk pemegang kartu prabayar dan MyKad Touch 'n Go saja .

Tambah nilai otomatis[sunting | sunting sumber]

Untuk pemegang kartu Touch 'n Go Zing, tambah nilai akan ditambahkan secara otomatis saat nilai kartu mencapai saldo terendah yang ditetapkan. Penilaian tambah nilai otomatis RM100 dengan biaya layanan sebesar RM2 dikenakan untuk setiap transaksi tambah nilai otomatis.

Agen pengecer[sunting | sunting sumber]

Selain metode di atas, pemegang kartu prabayar dan MyKad Touch 'n Go memiliki pilihan tambah nilai melalui agen pengecer yang memamerkan logo tambah nilai Touch' n Go di seluruh negara dengan pembayaran layanan sebesar 50 sen dikenakan bagi setiap transaksi tambah nilai.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Jalan tol[sunting | sunting sumber]

Penggunaan utama kartu Touch 'n Go adalah untuk membayar tarif tol di jalan raya melalui sistem kutipan tol elektronik. Jalan raya dan sistem kutipan tol di Malaysia dibagi menjadi dua sistem yaitu sistem tol terbuka dan tertutup. Berikut adalah keterangan lanjut dan panduan penggunaan kartu Touch 'n Go berdasarkan pada sistem tol.

Sistem tol terbuka[sunting | sunting sumber]

Sistem tol terbuka membutuhkan pengguna jalan raya membayar tarif tol di setiap plaza tol yang dilalui pengguna. Penilaian pembayaran tambang tol adalah penilaian tetap yang ditentukan oleh operator jalan raya dengan persetujuan pemerintah Malaysia. Untuk pengguna jalan raya yang menggunakan fasilitas Touch 'n Go di jalan raya sistem tol terbuka, pengguna hanya perlu memindai kartu Touch' n Go di alat pemindai di setiap plaza tol yang dilalui pengguna.

Berikut adalah daftar jalan bebas hambatan sistem tol terbuka yang menyediakan fasilitas Touch 'n Go

  1. Lebuhraya Hubungan Kedua Malaysia-Singapura
  2. Lebuhraya Shah Alam
  3. Lebuhraya Cheras-Kajang
  4. Lebuhraya Kuala Lumpur-Karak
  5. Lebuhraya Sungai Besi
  6. Lebuhraya Pantai Baru
  7. Lebuhraya Damansara-Puchong
  8. Lebuhraya Bertingkat Ampang-Kuala Lumpur
  9. Lebuhraya Butterworth-Kulim
  10. Lebuhraya Lingkaran Penyuraian Trafik Kajang
  11. Lebuhraya Penyuraian Trafik KL Barat
  12. Lebuhraya Seremban-Port Dickson
  13. Lebuhraya Koridor Guthrie
  14. Jambatan Pulau Pinang
  15. Terowong SMART


  • Panduan penggunaan dan pembayaran

Berikut adalah panduan penggunaan Touch 'n Go dan pembayaran tambang tol di jalan tol sistem tol terbuka.

  • Plaza tol
  1. Pastikan saldo kartu Touch 'n Go cukup.
  2. Pandu Akses jalan Touch 'n Go yang dibuka.
  3. Sentuh kartu Touch 'n Go di alat pemindai.
  4. Tunggu alat pemindai mengeluarkan bunyi "beeb".
  5. Lepaskan kartu Touch 'n Go dari alat pemindai.
  6. Tarif tol dan saldo kartu Touch 'n Go yang baru ditampilkan pada panel tampilan tarif tol.
  7. Penghadang tol otomatis terbuka.
  8. Lanjutkan perjalanan.

Sistem tol tertutup[sunting | sunting sumber]

Untuk sistem tol tertutup, pengguna jalan bebas hambatan tetap diharuskan mengambil tiket transit di plaza tol masuk dan membayar ongkos tol di plaza tol berikutnya (plaza tol keluar). Penilaian tarif pembayaran tol ditentukan oleh operator jalan bebas hambatan dengan persetujuaan pemerintah Malaysia menurut jarak berkendara pengguna di jalan bebas hambatan. Untuk pengguna jalan bebas hambatan yang menggunakan fasilitas Touch 'n Go, pengguna hanya perlu membuat pemindaian masuk dan keluar kartu Touch' n Go di plaza tol yang bersangkutan.

Berikut adalah daftar jalan bebas hambatan sistem tol tertutup yang menyediakan fasilitas Touch 'n Go.

  1. Lebuhraya Baru Lembah Klang
  2. Lebuhraya Utara-Selatan
  3. Lebuhraya Utara-Selatan Hubungan Tengah
  4. Lebuhraya Pantai Timur


  • Panduan penggunaan dan pembayaran

Berikut adalah panduan penggunaan Touch 'n Go dan pembayaran tarif tol di jalan tol sistem tol tertutup.

  • Plaza tol masuk
  1. Pastikan saldo kartu Touch 'n Go cukup.
  2. Pandu Akses jalan Touch 'n Go yang dibuka.
  3. Sentuh kartu Touch 'n Go di alat pemindai.
  4. Tunggu alat pemindai mengeluarkan bunyi "beeb".
  5. Lepaskan kartu Touch 'n Go dari alat pemindai.
  6. Saldo kartu Touch 'n Go ditampilkan pada panel tampilan tarif tol.
  7. Penghadang tol otomatis terbuka.
  8. Lanjutkan perjalanan.
  • Plaza tol keluar
  1. Pandu Akses jalan Touch 'n Go yang dibuka.
  2. Sentuh kartu Touch 'n Go yang samapada alat pemindai.
  3. Tunggu alat pemindai mengeluarkan bunyi "beeb".
  4. Lepaskan kartu Touch 'n Go dari alat pemindai.
  5. Tarif tol dan saldo kartu Touch 'n Go yang baru ditampilkan pada panel tampilan tarif tol.
  6. Penghadang tol otomatis terbuka.
  7. Lanjutkan perjalanan.

Perhatian

  1. Tarif tol maksimum akan dikenakan kepada pengguna jalan bebas hambatan yang menggunakan kartu yang berbeda ketika pemindaian masuk dan keluar di plaza tol untuk sistem tol tertutup.
  2. Tarif tol maksimum akan dikenakan kepada pengguna jalan bebas hambatan yang mengambil tiket transit di plaza tol masuk dan kemudian menggunakan kartu Touch 'n Go untuk tujuan pembayaran di plaza tol keluar.
  3. Tarif tol maksimum akan dikenakan kepada pengguna jalan bebas hambatan jika berubah Akses jalan Touch 'n Go yang lain di plaza tol yang sama.

Transportasi umum[sunting | sunting sumber]

Selain membayar tarif tol di jalan bebas hambatan, fasilitas Touch 'n Go juga tersedia pada pengguna transportasi umum di Lembah Klang. Pengguna kartu diperkenalkan untuk melaksanakan sistem pembayaran elektronik terpadu dan intergrasi sistem tiket tunggal pangangkutan publik di Lembah Klang untuk memudahkan masyarakat. Pengguna hanya perlu memindai masuk dan keluar kartu Touch 'n Go di alat pemindai di pintu keluar masuk atau pagar tiket otomatis sebagai ganti ke tiket atau pembayaran ongkos perjalanan.

Sejak tahun 2002, Touch 'n Go telah dipilih sebagai sistem tiket tanpa tunai yang umum untuk semua jalur kereta api dan bus di Lembah Klang, sejajar dengan kartu My Rapid dari Rapid KL serta Komuterlink dari KTM (tanpa menggunakan sistem pengumpulan tarif Touch 'n Go). Untuk seluruh kartu berlogo Touch 'n Go dapat digunakan pada layanan transportasi seperti:

Memarkir kendaraan[sunting | sunting sumber]

Kartu Touch 'n Go juga bisa digunakan di tempat-tempat memarkir kendaraan yang terlibat di sekitar Lembah Klang. Pengguna hanya perlu memindai masuk dan keluar kartu Touch 'n Go di alat pemindai untuk melakukan pembayaran sebagai ganti ke tiket parkir kendaraan.

  • 1-Utama Shopping Centre
  • Armada Hotel
  • Atria Shopping Centre
  • Bangsar Shopping Centre
  • Century Square
  • Damansara Intan
  • Dataran Palma
  • Jaya Shopping Complex
  • Hospital Pakar Damansara
  • Kelana Square
  • Megan Phileo Avenue
  • Pantai Medical Centre
  • Phileo Damansara
  • Pusat Bandar Damansara
  • Sg. Wang Plaza
  • Stesen Sentral Kuala Lumpur
  • Subang Parade
  • Sunway Pyramid Shopping Centre
  • The Summit

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Jalan Touch 'n Go bisa dilalui 600 kendaraan dalam waktu satu jam pada jalan tol sementara gerbang tunai hanya bisa dilalui 300 kendaraan dalam waktu yang sama.
  • Kartu Touch 'n Go akan didaftarhitamkan saat laporan kehilangan dilakukan pemegang dan kartu baru beserta nilai ada akan diganti kembali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Touch 'n Go (2007).Panduan Pengguna & Tambah Nilai, Versi 2. Rangkaian Segar Sdn Bhd
  • Rujukan digital
  1. (Inggris) - www.ctm.com.my Diarsipkan 2020-09-27 di Wayback Machine. 26 Maret 2007
  2. (Inggris) - www.nxp.com Diarsipkan 2009-05-28 di Wayback Machine., 26 Maret 2007
  3. (Inggris) - www.touchngo.com.my Diarsipkan 2006-07-07 di Wayback Machine. 26 Maret 2007

Pranala luar[sunting | sunting sumber]