Torbeno dari Cagliari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Torbeno atau Turbino (terakhir disebutkan pada tanggal 13 Februari 1130) secara singkat menjadi Giudice Cagliari setelah Konstantinus I untuk periode tak diketahui yang terjadi di sekitar tahun 1090, ketika Konstantinus terakhir kali muncul di dalam sumber, dan tahun 1108, ketika putra Konstantinus Torchitorio II muncul pertama kali sebagai Giudice.

Torbeno dituliskan di sebuah diploma pada tahun 1089 sebagai saudara laki-laki Giudice, kemudian Konstantinus. Dengan demikian, ia memerintah antara saudaranya dan keponakannya. Pada saat itu, prinsip suksesi turun temurun tidak didirikan di Sardinia. Agaknya monarki itu elektif. Kelihatannya bahwa Torbeno terpilih, kemungkinan dengan dukungan Republik Pisa, atas pretensi keponakannya. Pemerintahannya melihat kemurahan hati yang besar untuk harta di dalam penyediaan lahan dan hadiah-hadiah lainnya untuk warga Pisa, mungkin disebabkan oleh harga dari aliansi mereka. Ia juga mendanai konstruksi duomo yang baru.

Pada tahun 1103, sebuah donasi diberikan oleh keponakannya, kemudian Giudice, kepada gereja San Lorenzo di Genoa mengakui bantuan 6 perahu Genoa dibawah Ottone Fornari di dalam memulihkan dominion Torchitorio. Kemungkinan warga Genoa, musuh bebuyutan Pisa, terlalu senang menggulingkan Torbeno. Donasi terakhir Torbeno tercatat pada tahun 1103.

Namun, Torbeno muncul di dalam undang-undang kemudian dari keponakan-keponakannya sebagai seorang kerabat (consanguineus) Giudice. Ia adalah seorang pemimpin, bersama-sama Saltaro dari Torres, dari kontingen Sardinia ekspedisi warga Pisa melawan Almoravid di Kepulauan Balearik pada tahun 1113. Sebagai imbalannya, ia dibandingkan dengan Nestor di dalam Mitologi Yunani.

Sumber[sunting | sunting sumber]