Tondokerto, Jakenan, Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tondokerto
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Pati
Kecamatan Jakenan
Pemerintahan
 • Kepala desa Magi .Spd.
Kodepos 59182
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Tondokerto adalah desa di kecamatan Jakenan, Pati, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa Tondokerto Berjarak sekitar 3 km ke arah barat daya dari ibukota Kecamatan Jakenan dan 16 km arah timur ibukota Kabupaten Pati.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Tondokerto berbatasan dengan:

Dukuh[sunting | sunting sumber]

Desa Tondokerto terbagi menjadi 3 dukuh:

  • Dukuh Ndaulan

Dukuh Ndaulan terletak di bagian timur desa dan dipisaholeh area persawahan yang berjarak sekitar 100 meter dari dukuh lainnya . Pasilitas desa sebagian ada di dukuh ini seperti lapangan desa, balai desa dan sekolah dasar (SD). Di dukuh ini ada tempat yang di sebut "Punden", masyarakat sekitar menyebut dengan sebutan Punden ndaulan. Letak dari Punden ndaulan ada di tengah dukuh dan di pinggir jalan poros desa. Di punden inilah biasanya masyarakat sekitar menggelar ritual doa bersama dalam acara "sedekah bumi" dan biasanya di meriahkan dengan kesenian jawa tayub atau kethoprak. Para pemuda dukuh ini tergabung dalam wadah/komunitas dengan sebutan "KERANDA" (Kesatuan Remaja Ndaulan).

  • Dukuh Ketodo

Dukuh Ketodo terletak di bagian tengah desa dan berdampingan dengan dukuh Budengan yang hanya berbatas selokan kecil. Pasilitas desa yang ada di desa ini adalah Embung desa serta bangunan Pamsimas dan TPQ Istiqomah. Komunitas pemuda dukuh ini di beri nama "KOMPAK" (Komunitas Pemuda Ketodo).

  • Dukuh Budengan

Dukuh ini terletak di bagian barat desa dan di tengah dukuh melintas sungai Glonggong anak sungai dari sungai siligonggo/sungai Juwana. Pasilitas desa yang ada di dukuh ini adalah bangunan sekolah TK Pertiwi. Para pemudanya juga punya nama komunitas yang mereka sebut dengan sebutan "PRABU" (Persatuan Remaja Budengan).


DEMOGRAFI[sunting | sunting sumber]

Desa Tondokerto merupakan salah satu desa di kecamatan Jakenan yang hampir setiap tahun desa ini mengalami kekeringan.Pada awal tahun 2013 pemerintahan desa berhasil membangun PAMSIMAS untuk menanggulangi kekeringan. Sebagian besar penduduk berprofesi sebagai Petani, peternak ayam dan sapi. Namun tidak sedikit pula yang memilih untuk merantau di luar negeri antara lain arab saudi , malaysia , korea selatan , qatar , jepang . Sebagian lagi ada yang menjadi buruh di berbagai industri di Pati maupun Juwana.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Desa Tondokerto hanya mempunyai 1 Sekolah Dasar yaitu Sekolah Dasar Negeri Tondokerto disamping beberapa lembaga pendidikan non formal seperti; TK yaitu TK PERTIWI dan TPQ, yaitu TPQ ISTIQOMAH

AGAMA[sunting | sunting sumber]

Masyarakat desa Tondokerto semuanya beragama Islam dan memiliki tempat ibadah:

  • Masjid : 2 buah
  • Mushola : 3 buah