Tomografi emisi positron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Tomografi Emisi Positron
Intervensi
ECAT-Exact-HR--PET-Scanner.jpg
Gambar fasilitas tomografi emisi positron (PET) khas
ICD-10-PCS C?3
ICD-9-CM 92.0-92.1
MeSH D049268
Kode OPS-301 3-74
MedlinePlus 003827

Tomografi emisi positron (bahasa Inggris: Positron emission tomography, disingkat PET)[1] adalah teknik pencitraan fungsional kedokteran nuklir yang digunakan untuk mengamati proses metabolisme dalam tubuh. Sistem ini mendeteksi pasangan sinar gamma yang dipancarkan secara tidak langsung oleh radionuklida pemancar positron (detektor), yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui molekul aktif biologis. Gambar tiga dimensi dari konsentrasi detektor di dalam tubuh kemudian dikonstruksi melalui analisis komputer. Pada pemindai PET-CT modern, pencitraan tiga dimensi sering disempurnakan dengan bantuan pemindaian sinar-X CT yang dilakukan pada pasien selama sesi yang sama, di mesin yang sama.

Jika molekul aktif biologis yang dipilih untuk PET adalah fludeoksiglukosa (FDG), suatu analog dari glukosa, konsentrasi detektor yang dicitrakan akan menunjukkan aktivitas metabolisme jaringan karena ia sesuai dengan serapan glukosa regional. Penggunaan detektor ini untuk mengeksplorasi kemungkinan metastasis kanker (yakni, penyebaran ke tempat lain) adalah jenis pemindaian PET yang paling umum dalam perawatan medis standar (90% dari pemindaian saat ini). Namun, walaupun merupakan minoritas, banyak detektor radioaktif lainnya digunakan dalam PET untuk menggambarkan konsentrasi jaringan jenis molekul lain yang menjadi perhatian. Salah satu kelemahan pemindai PET adalah biaya operasionalnya.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bailey, D.L; D.W. Townsend; P.E. Valk; M.N. Maisey (2005). Positron Emission Tomography: Basic Sciences. Secaucus, NJ: Springer-Verlag. ISBN 1-85233-798-2. 
  2. ^ Carlson, Neil (January 22, 2012). Physiology of Behavior. Methods and Strategies of Research. 11th edition. Pearson. p. 151. ISBN 0205239390. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]