Toilet kompos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Composting toilet di Activism Festival 2010 di pegunungan di luar Yerusalem

Toilet kompos adalah salah satu jenis dari perangkat Sanitasi yang menggunakan proses aerobik untuk mengolah kotoran manusia. Toilet kompos menggunakan sedikit air dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk kloset siram.[1] Desain toilet kompos dibuat untuk kondisi yang ketersediaan airnya sedikit. Sistem saluran pembuangan pada toilet kompos memproses limbah dengan cara diolah secara langsung sehingga nutrisi dalam kotoran manusianya tidak terbuang. Toilet kompos diketahui dipasang di fasilitas umum taman nasional di Swedia, Kanada, Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Di Swedia dan Finlandia, toilet kompos ini digunakan di rumah pedesaan yang sering dijadikan sebagai tempat liburan.

Proses teknis toilet kompos berlangsung lambat. Cara memprosesnya yaitu kotoran manusia dicampur dengan serbuk gergaji, sabut kelapa atau gambut lumut untuk memfasilitasi pengolahan aerobik, penyerapan cairan, dan mencegah bau..

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tilley, E., Ulrich, L., Lüthi, C., Reymond, Ph., Zurbrügg, C. Compendium of Sanitation Systems and Technologies - (2nd Revised Edition). Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology (Eawag), Duebendorf, Switzerland. hlm. 72. ISBN 978-3-906484-57-0.