Tofi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tophus (Harrison Syndrome)
GoutTophiElbow.JPG
A tophus on the elbow of a middle aged man with chronic gout
Klasifikasi dan rujukan luar
ICD-9-CM274.0
DiseasesDB29389

Tofi (dalam bahasa Inggris thopus atau thopi dalam bentuk jamak, yang bermakna "batu") adalah deposit kristal asam urat, dalam bentuk kristal monosodium urate, yang diderita orang yang mengalami hiperurikemia (kandungan asam urat yang tinggi di dalam darah) dalam waktu yang panjang. Tofi adalah tanda-tanda dari penyakit gout. Kebanyakan penderita tofi sebelumnya sudah mengalami serangan artritis akut, yang kemudian mengarah pada pembentukan tofi. Gout tofi yang sudah kronis dikenal dengan nama Sindrom Harrison.

Tofi terbentuk di sendi, tulang rawan, tulang, dan tempat-tempat lainnya di sekujur tubuh. Kadang tofi muncul di kulit dan telrihat seperti bintil berkapur berwarna putih atau putih kekuningan. Jika tidak diobati, tofi bisa berkembang dalam waktu sepuluh tahun setelah berkembangnya gout, walaupun sebenarnya penampakan pertamanya bisa terjadi dalam tiga hingga empat puluh dua tahun. Perkembangan tofi gout bisa membatasi gerak sendi dan menyebabkan kerusakan tulang, menyebabkan disabilitas yang tampak nyata, apalagi bila gout tidak berhasil ditangani.

Jika kandungan asam urat dan gejala gout gagal dikontrol dengan obat gout standar yang menurunkan produksi asam urat (misalnya allopurinol, febuxostat) atau meningkatkan penyingkiran asam urat melalui ginjal (misalnya probenecid), maka hal ini bisa dianggap sebagai refractory chronic gout (RCG). Hal ini lebih sering terjadi pada pasien berusia lanjut.

Kadang tofi juga bisa terjadi di ginjal atau tulang rawan hidung.

Gambar[sunting | sunting sumber]


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.