Tirtomoyo, Wonogiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tirtomoyo
Peta lokasi Kecamatan Tirtomoyo
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenWonogiri
Pemerintahan
 • CamatDrs. JOKO PRIHARTANTO, AP., M.Si.
Populasi
 • Total54.001 jiwa
Kode Kemendagri33.12.05
Kode BPS3312070
Luas93,01 km²
Desa/kelurahan12 desa
2 kelurahan

Tirtomoyo (bahasa Jawa: ꦠꦶꦂꦠꦩꦪ Tirtamaya) adalah salah satu kecamatan di bagian tenggara Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Indonesia. Di sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur yaitu Kabupaten Pacitan, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Karangtengah dan Batuwarno, sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Nguntoronadi, sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Jatiroto dan Kecamatan Sidoharjo.

Desa/Kelurahan[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Tirtomoyo terdiri dari 2 kelurahan dan 12 desa.

Kelurahan:

Desa:

[1]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Di Tirtomoyo terdapat suatu tempat pariwisata Kahyangan, yang konon merupakan tempat bertapanya pendiri Kesultanan Mataram, Panembahan Senopati. Perjalanan ke Kahyangan, dari Tirtomoyo, belok kiri, melewati jembatan. Berturut turut melewati Desa Banyakprodo, Wiroko dan Dlepih. Di Kahyangan terdapat petilasan/gua di atas air terjun kali Wiroko. Bagi yang ingin bertirakat, biasanya datang pada malam Jumat, terutama di Bulan Sura (Muharam). Menjelang malam 1 Sura, biasanya banyak pengunjung yang datang untuk bertirakat, semalam suntuk.

Selain tempat wisata Kahyangan, di Desa Wiroko, khususnya Dusun Taman, terdapat industri rakyat, berupa pencetakan genting. Mutu genting dari Dusun Taman, lebih bagus dibanding dari daerah lain, karena pembakarannya memakai kayu.

Berkas:Tirtomoyo.jpg
Peta Kecamatan Tirtomoyo

Fasilitas Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Terdapat pendidikan pra sekolah hampir di setiap desa/kelurahan.Sekolah dasar/sederajat di setiap desa/kelurahan. SMP N 1 Tirtomoyo di Tirtomoyo, SMP N 2 Tirtomoyo di Desa Hargosari, SMP N 3 Tirtomoyo di Desa Sidorejo, MTs Al Ma'arif 2 Tirtomoyo Diarsipkan 2015-04-23 di Wayback Machine. di Desa Sidorejo, SMP Sultan Agung Tirtomoyo, SMP Pancasila di Desa Tanjungsari, SMP PGRI 16 di Desa Genengharjo, MTs Al Mu'ayad Tirtomoyo di Desa Hargantoro. SMK Sultan Agung Tirtomoyo, STM Muhammadiyah 6 di Desa Hargantoro, SMK Karya Media Tirtomoyo di Desa Sidorejo, dan SMA Kanisius Harapan Tirtomoyo. Madrasah Aliyah Swasta MAS GANI TIRTOASRI di kelurahan Tirtomoyo MTs Al Ma'arif 1 Tirtomoyo, di Kelurahan Tirtomoyo, Pondok Pesantren Salafiyah Gani Tirtoasri di Kelurahan Tirtomoyo

Fasilitas Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Terdapat dua Puskesmas yang terdiri dari UPT Puskesmas Tirtomoyo I yang terletak di kota kecamatan dan UPT Puskesmas Tirtomoyo II di desa Sukoharjo, dan beberapa Puskesmas Pembantu (Pustu) hampir di beberapa desa seperti Pustu dan PKD di Desa Sidorejo,dll).Beberapa Posyandu yang tersebar di berbagai desa. Serta berbagai tempat praktik bidan, Perawat (mantri) dan dokter. Ada juga mantri hewan.

Fasilitas Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Terdapat satu pasar tradisional di ibu kota kecamatan serta beberapa pasar di berbagai desa seperti di Desa Sidorejo, Desa Genengharjo, Desa Hargorejo, dll. Juga terdapat beberapa minimarket, toko bahan bangunan,dll. Dalam bidang keuangan terdapat Bank BRI Cabang Tirtomoyo, Bank BKK Cabang Tirtomoyo, BMT Mitra Mandiri Cabang Tirtomoyo, BMT Sejahtera Mandiri dan lain sebagainya.

Fasilitas Lainnya[sunting | sunting sumber]

Kantor Kecamatan, Kantor Desa/Kelurahan, Kantor Koramil, Kantor Polsek, Kantor Pos dan Giro, Kantor Pegadaian, Kantor KUA, Kantor UPT Dinas Pendidikan,Terminal,berbagai fasilitas olahraga,warung makan, dll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]