Tipe 4 Ha-To

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tipe 4 Ha-To

Tipe 4 Ha-To "Mortir swagerak"
Negara asal Kekaisaran Jepang
Sejarah produksi
Jumlah produksi 4
Spesifikasi
Berat 14,3 ton
Panjang 6,8 meters
Lebar 2,4 meter
Tinggi 2,75 meters
Awak 7

Perisai 12–25 mm
Senjata
utama
Mortir 300 mm Tipe 3
Senjata
pelengkap
-
Jenis Mesin Mesin 6cyl Mitsubishi gasoline
115 HP
Daya kuda/ton -
Suspensi bell crank
Kecepatan 40 km/h

Tipe 4 Ha-To (試製四式重迫撃砲 ハト, Shisei yon-shiki jū-hakugekihō hato) adalah sebuah meriam swagerak yang dikembangkan oleh Angkatan Darat Kekaisaran Jepang untuk digunakan dalam Perang Dunia II.

Sejarah dan rancangan[sunting | sunting sumber]

Tipe 4 Ha-To dibuat sebagai platform bantuan tembakan swagerak pada akhir 1943. Ha-To memanfaatkan mortir berat 300 mm Tipe 3 yang dipasang pada sasis tank medium Tipe 4 Chi-To yang dimodifikasi.[1][2] Perisainya "lebih tipis" daripada Chi-To dan kompartemen mesinnya dipindahkan ke depan.[2] Mortirnya memiliki jangkauan 3.000 m (1,9 mil) dan meluncurkan proyektil seberat 170 kg (374 pon). Mortir itu sendiri berbobot hampir 1,5 ton dan untuk menjaga agar pusat gravitasi tidak menggeser dan menjatuhkan kendaraan, mortir itu tidak dapat dinaikkan lebih dari 50 derajat.

Purwarupa pertama selesai pada akhir 1944 dan dibawa ke Akademi Tentara Kekaisaran Jepang untuk diuji. Meskipun pengujian menunjukkan bahwa Ha-To akan menjadi senjata yang efektif, kendaraan ini terlalu mahal untuk diproduksi, dan Biro Teknis Angkatan Darat Jepang justru mengalihkan perhatiannya pada beberapa peluncur roket swagerak.[1]

Tiga unit tambahan diproduksi sebelum Jepang menyerah, tetapi tidak ada yang digunakan dalam pertempuran.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bibliografi[sunting | sunting sumber]