Tipe 07

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tipe 07

Beberapa varian pola kamuflase Tipe 07.
Jenis Pola kamuflase militer
Negara asal  Tiongkok
Sejarah pemakaian
Masa penggunaan 2007–sekarang
Digunakan oleh Tentara Pembebasan Rakyat
Sejarah produksi
Varian Universal
Woodland/Jungle
Desert/Arid
Oceanic
Urban/Air Force
OpFor Green

Tipe 07 (Hanzi: “零七”式军服,“07”式军服) merupakan seragam militer dari Tentara Pembebasan Rakyat (TPR) milik Republik Rakyat Tiongkok. Seragam model Tipe 07 ini mulai digunakan mereka sejak tahun 2007 untuk menggantikan Tipe 87 dan Tipe 97 yang sudah digunakan pasukan reguler Tentara Pembebasan Rakyat Garnisun Hong Kong dan Tentara Pembebasan Rakyat Garnisun Makau. Tipe 07 pertama kali diperlihatkan ke publik pada akhir Juni 2007, tepat pada hari upacara perayaan ulang tahun ke-10 penyerahan kedaulatan Hong Kong ke Republik Rakyat Tiongkok.

Republik Rakyat Tiongkok mengakui bahwa Tipe 07 memiliki desain berdasarkan seragam Amerika Serikat Battle Dress Uniform. Tipe 07 ini memang untuk menggantikan Tipe 87 yang sudah digunakan sejak 1980-an. Tipe 07 untuk musim dingin memiliki bahan dari kain katun, dan musim panas terbuat poliester & kain katun kepar. Seragam Tipe 07 sudah termasuk sepatu bot, mantel, celana, dan topi.

Pada tahun 2010, Tentara Pembebasan Rakyat meluncurkan pelindung tubuh untuk Tipe 07 dengan rompi taktis, pelindung siku tambahan, bantalan bahu, dan bantalan lutut, semuanya menggunakan kamuflase piksel Tipe 07.

Seragam tempur Tipe 07 dijadwalkan untuk diganti dengan seragam Tipe 19 terbaru dengan pola kamuflase Xingkong.[1]

Seragam dinas[sunting | sunting sumber]

Angkatan Darat[sunting | sunting sumber]

Jenderal Cao Gangchuan (kanan, belakang) menggunakan seragam dinas Tipe 07

Pada tahun 2007, seragam Tipe 07 diadopsi oleh Angkatan Darat Tentara Pembebasan Rakyat dan unit tidak bercabang lainnya. Mereka mengganti seragam Tipe 87 dan seragam Tipe 97 yang digunakan oleh pasukan garnisun di Hong Kong dan Makau. Seragam Tipe 07 memulai debutnya pada akhir Juni 2007 dalam sebuah upacara untuk merayakan 10 tahun kembalinya Hong Kong ke Tiongkok.

Sejak pertengahan 1980-an, tentara Tiongkok menggunakan seragam berwarna hijau zaitun. Seragam Tipe 07, sebaliknya, menggunakan warna hijau pinus. Lambang kepangkatan Tentara Pembebasan Rakyat ditempatkan pada latar belakang hijau. Desain kerah-berdiri pada seragam dinas musim dingin diganti dengan desain kerah-terbuka.

Angkatan Laut[sunting | sunting sumber]

Seragam Tipe 07 pada Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat menggantikan seragam angkatan laut Tipe 87 dan Tipe 97. Seragam angkatan laut Tipe 07 mengadopsi warna putih dan biru laut sebagai warna dasarnya. Perwira mendapatkan dua seragam dinas, desain kancing-tunggal putih dengan lencana pangkat di bahu untuk pakaian musim panas, dan desain biru laut kancing-ganda dengan lencana di manset untuk pakaian musim dingin.

Angkatan Udara[sunting | sunting sumber]

Seragam Tipe 07 pada Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat menggantikan seragam Tipe 05 pada penerbang reguler dan seragam Tipe 97 pada pasukan garnisun TPR di Hong Kong dan Makau. Seragam Tipe 07 Angkatan Udara yang baru mewarisi warna "biru angkatan udara" dari seragam Tipe 05. Lencana pangkat ditempatkan pada latar belakang biru. Seragam dinas musim dingin kerah-berdiri yang lama diganti dengan desain kerah-terbuka.

Angkatan Roket[sunting | sunting sumber]

Seragam baru Angkatan Roket Tentara Pembebasan Rakyat didesain dengan pola yang sama dengan seragam Angkatan Darat dan Angkatan Udara, tetapi memiliki warna hijau tua yang berbeda, dikenakan dengan kemeja khaki, bukan hijau pinus yang lebih terang pada baju seragam Angkatan Darat.

Kepolisian[sunting | sunting sumber]

Sebagai cabang dari angkatan bersenjata RRT, Kepolisian Bersenjata Rakyat juga mengadopsi seragam Tipe 07. Seragam tersebut didesain dengan pola yang sama dengan seragam dinas Angkatan Darat, dalam warna hijau zaitun gelap dan dikenakan dengan kemeja hijau muda. Lambang pangkat ditempatkan pada latar belakang hijau zaitun gelap yang sama untuk petugas, dan merah untuk personel tamtama.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "D&S 2019: China unveils new 5.8mm assault rifle | Shephard". www.shephardmedia.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-08-15.