Tim nasional kriket Bangladesh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Tim kriket nasional Bangladesh.

Tim kriket Bangladesh, juga dikenal sebagai "The Tigers", adalah tim nasional kriket dari Bangladesh. Tim ini dikelola oleh Bangladesh Cricket Board (BCB). Kriket merupakan olahraga yang populer di daerah perkotaan di bangladesh.

Bangladesh adalah anggota tetap dalam International Cricket Council dengan status Test dan One Day International. Tim ini memainkan pertandingan pertamanya pada 2000 (melawan India di Dhaka), dan menjadi negara kesepuluh yang memainkan Test cricket.

Debut Bangladesh di turnamen internasional terjadi pada ICC Trophy 1979 di Inggris, dengan hasil 2 kali menang dam 2 kali kalah. Tujuh tahun kemudian, pada 31 Maret 1986, Bangladesh memainkan pertandingan One Day International-nya yang pertama melawan Pakistan dalam Asia Cup 1986. Bangladesh pernah menjuarai ICC Trophy di Malaysia pada 1997. Dengan kemenangan itu, untuk pertama kalinya Bangladesh berhak mengikuti Piala Dunia Kriket pada 1999. Ketika itu mereka sempat mengalahkan Pakistan walaupun pada akhirnya gagal melaju dari fase grup. Pada 1997, Bangladesh menjadi anggota tetap di ICC dan berhal memainkan one-day internationals Pada 26 Juni 2000, Bangladeh memperoleh hak bermain Test.

Sejak Mei 2010, Bangladesh telah memainkan 68 Test, dan hanya memenangkan tiga pertandingan. Kemenangan pertama mereka diraih atas Zimbabwe. Mereka kalah dalam 57 pertandingan, 33 di antaranya kalah melalui innings.[1] Penampilan Bangladesh membuat banyak pihak meminta mereka melepaskan status Test mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]