Tiga Rahasia Fátima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Patung religius yang menggambarkan Hati Maria Tak Bernoda seperti yang dijelaskan oleh Suster Lucia dari Fatima.

Tiga Rahasia Fátima (Portugis: Os Três Segredos de Fátima) adalah serangkaian penglihatan apokaliptik dan nubuatan dilaporkan diberikan kepada tiga gembala muda Portugis, Lúcia dos Santos dan sepupunya Francisco dan Jacinta Marto, melalui Penampakan Maria, mulai tanggal 13 Mei 1917. tiga anak mengaku telah dikunjungi oleh Perawan Maria enam kali antara bulan Mei dan Oktober 1917. Penampakan tersebut sekarang dikenal sebagai Bunda dari Fátima.

Menurut Lúcia, sekitar tengah hari tanggal 13 Juli 1917, Perawan Maria mempercayakan tiga rahasia kepada anak-anak. Dua rahasia tersebut terungkap pada tahun 1941 dalam sebuah dokumen yang ditulis oleh Lúcia, atas permintaan José Alves Correia da Silva, Uskup Leiria, untuk membantu penerbitan edisi baru buku tentang Jacinta.[1] Ketika diminta oleh Uskup pada tahun 1943 untuk mengungkapkan rahasia ketiga, Lúcia berjuang untuk waktu yang singkat, karena "belum yakin bahwa Tuhan telah dengan jelas memberi wewenang padanya untuk bertindak".[1] Namun, pada bulan Oktober 1943 Uskup memerintahkan dia untuk menuliskannya.[1] Lúcia kemudian menuliskan rahasianya dan menyegelnya di dalam amplop yang tidak boleh dibuka sampai tahun 1960, ketika "akan terlihat lebih jelas".[1] Teks rahasia ketiga secara resmi dirilis oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2000. Beberapa orang menyatakan bahwa itu bukanlah seluruh rahasia yang diungkapkan oleh Lúcia, meskipun berulang kali ada pernyataan dari Vatikan yang menyatakan sebaliknya.

Menurut berbagai interpretasi Katolik, tiga rahasia tersebut melibatkan Neraka, Perang Dunia I dan Perang Dunia II, dan penganiayaan terhadap umat Kristen pada abad ke-20.[2]

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dari ratusan dugaan penampakan Maria yang diselidiki oleh Gereja Katolik, hanya dua belas yang mendapat persetujuan gerejawi, dan sembilan di antaranya terjadi antara tahun 1830 dan 1933. Antropolog Budaya Victor dan Edith Turner, yang masuk Katolik pada tahun 1958, pernah memandang peningkatan "pemujaan" penampakan Maria sebagai reaksi pasca-industri sebuah "kelas menengah bawah yang kehilangan haknya menuju budaya yang berubah dengan cepat."[3]

Pada usia 14 tahun, Lúcia dikirim ke sekolah Suster Santo Dorothy di Vilar, dekat Porto. Pada tahun 1928, ia menjadi postulan di biara Dorothean di Tui, tepat di seberang perbatasan di Spanyol. Lúcia terus melaporkan penglihatan pribadinya secara berkala sepanjang hidupnya. Pada pertengahan tahun 1930-an, Uskup Leiria mendorong Lúcia (nama agama: Suster María Lúcia das Dores) untuk menulis memoarnya, guna mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang sepupu-sepupunya dan keluarga Penampakan tahun 1917.

Pada awal Juli 1917, disebutkan bahwa Bunda Penampakan telah mempercayakan kepada anak-anak sebuah rahasia, "yang baik bagi sebagian orang dan buruk bagi sebagian lainnya".[3][4] Baru pada memoarnya yang ketiga, yang ditulis pada tahun 1941, Lúcia mulai menulis lebih mendalam tentang isi rahasianya. Dalam hal ini, ia mengikuti visioner Perancis Mélanie Calvat yang melihat Our Lady of La Salette pada tahun 1846, yang menuliskan rahasia dari peristiwa itu hampir dua puluh tahun setelahnya.[5] tulis Lúcia bahwa rahasianya terdiri dari tiga bagian, dua bagian pertama diungkapkannya pada tahun 1941. Namun, bagian ketiga baru ditulis pada tanggal 3 Januari 1944.

Rahasia pertama[sunting | sunting sumber]

Dalam memoar ketiganya (1941), Lúcia mengatakan bahwa rahasia pertama, penglihatan tentang Neraka, diungkapkan kepada anak-anak pada 13 Juli 1917.

Bunda Maria menunjukkan kepada kita lautan api besar yang tampaknya berada di bawah bumi. Yang terjun ke dalam api ini adalah iblis dan jiwa dalam wujud manusia, seperti bara api transparan, semuanya perunggu menghitam atau mengkilat, melayang-layang di dalam kobaran api, kini terangkat ke udara oleh api. nyala api yang keluar dari dalam diri mereka bersama dengan awan asap yang besar, kini berjatuhan ke segala arah seperti percikan api yang sangat besar, tanpa beban atau keseimbangan, dan di tengah jeritan dan rintihan kesakitan dan keputusasaan, yang membuat kami ngeri dan gemetar ketakutan. . Setan dapat dibedakan berdasarkan kemiripannya yang menakutkan dan menjijikkan dengan binatang yang menakutkan dan tidak dikenal, semuanya berwarna hitam dan transparan. Visi ini hanya sesaat. Bagaimana kita bisa cukup bersyukur kepada Bunda surgawi kita yang baik hati, yang telah mempersiapkan kita dengan berjanji, dalam Penampakan pertama, untuk membawa kita ke surga. Kalau tidak, saya pikir kita akan mati karena ketakutan dan teror.[6]

Rahasia kedua[sunting | sunting sumber]

Rahasia kedua mengacu pada devosi kepada Hati Maria Tak Bernoda[7] dan awalnya hanya diturunkan sebagian kepada anak-anak pada tanggal 13 Juli 1917. Berbagai ramalan terkait devosi ini disampaikan, seperti pernyataan bahwa Perang Dunia I akan berakhir, serta ramalan akan terjadinya perang lagi pada masa itu. pemerintahan Paus Pius XI, jika manusia terus menghina Tuhan dan Rusia tidak berpindah agama. Babak kedua meminta agar Rusia dikonsekrasikan kepada Hati Maria Tak Bernoda:

Anda telah melihat neraka di mana jiwa-jiwa orang berdosa yang malang pergi. Untuk menyelamatkan mereka, Tuhan ingin membangun devosi kepada Hatiku Yang Tak Bernoda di dunia. Jika apa yang saya katakan kepada Anda terlaksana, banyak jiwa akan diselamatkan dan akan ada kedamaian. Perang ini akan segera berakhir: namun jika manusia tidak berhenti menghina Tuhan, maka hal yang lebih buruk akan terjadi pada masa Kepausan Paus Pius XI. Ketika kamu melihat suatu malam yang diterangi oleh cahaya yang tidak diketahui, ketahuilah bahwa ini adalah tanda besar yang diberikan Tuhan kepadamu bahwa Dia akan menghukum dunia atas kejahatannya, melalui perang, kelaparan, dan penganiayaan terhadap Gereja dan Gereja Suci. Ayah. Untuk mencegah hal ini, aku akan datang memohon Konsekrasi Rusia kepada Hatiku Yang Tak Bernoda, dan Komuni reparasi pada Sabtu pertama. Jika permintaan saya dikabulkan, Rusia akan bertobat dan akan ada perdamaian; jika tidak, dia akan menyebarkan kesalahannya ke seluruh dunia, menyebabkan peperangan dan penganiayaan terhadap Gereja. Orang baik akan menjadi martir; Bapa Suci akan sangat menderita; berbagai negara akan dimusnahkan. Pada akhirnya, Hatiku Yang Tak Bernoda akan menang. Bapa Suci akan mengkonsekrasikan Rusia kepadaku, dan dia akan bertobat, dan masa damai akan diberikan kepada dunia.[8]

Pada tahun 1925 Suster Lúcia melaporkan penampakan Perawan Maria di Biara Santo Dorothea di Pontevedra, Galicia. Ia mengatakan, dirinya diminta untuk menyampaikan pesan Renungan Sabtu Pertama. Melalui kisahnya, penglihatan selanjutnya tentang Anak Yesus mengulangi permintaan ini. Pada tahun 1930, ia menulis kepada bapa pengakuannya bahwa pada tahun 1929 ia mendapat penglihatan tentang Maria dan Tritunggal Mahakudus yang di dalamnya Allah telah meminta Konsekrasi Rusia kepada Hati Kudus Yesus dan Maria oleh Paus dalam persekutuan dengan semua uskup di Rusia. Dunia. Penglihatan selanjutnya ini menggenapi apa yang dikatakan pada tahun 1917 tentang bagaimana Perawan Maria akan datang kemudian untuk meminta konsekrasi. Pesan mengenai ditetapkannya Devosi Lima Sabtu Pertama mengingatkan kita pada pesan yang dilaporkan oleh Margaret Mary Alacoque pada abad ketujuh belas, yang mengarah pada Ibadat Jumat Pertama.[5]

Kecil kemungkinan pesan ini disampaikan kepada Paus, namun Uskup Leiria menyarankan agar dia menulis memoarnya guna memberikan rincian lebih lanjut tentang sepupunya serta rincian lebih lanjut tentang penampakan tahun 1917.[5] Dalam memoar ketiganya, yang ditulis pada tahun 1941, Suster Lúcia mengenang hal itu pada penampakan tanggal 13 Juli 1917, Perawan Maria pertama kali menyebutkan tentang konsekrasi Rusia, dan mengatakan bahwa dia akan kembali untuk memberikan rinciannya.

Nubuatan kedua baru diungkapkan pada bulan Agustus 1941, setelah Perang Dunia II dimulai.[9] Orang-orang yang skeptis mempertanyakan apakah Maria, pada tahun 1917, secara eksplisit menyebut Paus Pius XI, karena Ambrogio Ratti baru memilih nama pemerintahan tersebut setelah ia terpilih pada tahun 1922. Selanjutnya, bagian Eropa dari Perang Dunia II umumnya dianggap dimulai pada tanggal 1 September 1939, dan pada saat itu, Paus Pius XII telah menggantikan Pius XI. Mengenai perpindahan agama Rusia, Revolusi Bolshevik baru terjadi pada bulan November 1917.

Beberapa pendukung ramalan Fátima berpendapat bahwa rahasia tersebut tidak mengatakan bahwa perang harus dimulai di Eropa, dan pada masa kepausan Pius XI Jepang telah menginvasi Tiongkok pada tahun 1937, yang secara umum terlihat oleh sejarawan Tiongkok dan wilayah Asia lainnya ketika Perang Dunia Kedua benar-benar dimulai,[10] sebuah pandangan yang juga mendapat dukungan kuat dari beberapa sejarawan Barat. Beberapa kritikus berpendapat bahwa Perang Saudara Rusia (1918-1921), Perang Kemerdekaan Irlandia (1919-1921), Perang Saudara Tiongkok (1927-1937), [[Perang Italia-Ethiopia Kedua|perang antara Italia dan Etiopia] ] (1935-1936), dan Perang Saudara Spanyol (1936-1939) berfungsi untuk menggambarkan bahwa prediksi bahwa suatu perang akan berakhir dan akan dimulainya perang lainnya belum tentu merupakan indikasi inspirasi ilahi. Para pendukung ramalan ini akan menunjukkan bahwa rahasia kedua menyerukan perang yang lebih buruk daripada Perang Dunia I, bukan sekadar konflik bersenjata. Selain itu, sehubungan dengan perpindahan agama di Rusia, pada saat itu sudah terdapat gejolak revolusioner yang kuat di Rusia sebelum Revolusi Bolshevik seperti yang disaksikan oleh Revolusi Februari sebelumnya pada tahun 1917 dan Revolusi Februari yang aktif. Komunisme di Rusia|komunis]] dan gerakan anarkis, yang menjelaskan referensi Mary pada 13 Juli 1917 tentang perlunya konversi Rusia.

Pada tanggal 25 Januari 1938, The New York Times melaporkan "Aurora Borealis Mengejutkan Eropa; Orang-orang Mengungsi dalam Ketakutan, Panggil Petugas Pemadam Kebakaran."[11] tampilan langit terlihat dari Kanada, Bermuda, Austria, hingga Skotlandia, dan transmisi radio gelombang pendek dimatikan selama hampir 12 jam di Kanada.[12] Patut dicatat bahwa pada jam-jam terakhir aurora ini, Christian Rakovsky menjalani interogasi di Uni Soviet, memberikan informasi kepada Stalin tentang keterlibatan Barat dalam kebangkitan Hitler, menyarankan aliansi dengan kekuatan Barat melawan Jerman .[13] Lebih dari sebulan kemudian, Hitler merebut Austria dan delapan bulan kemudian menyerang Cekoslowakia.[14][15]

Sebagai akibat dari invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022, Paus Fransiskus mengumumkan bahwa ia akan mengkonsekrasikan Rusia dan Ukraina kepada Hati Maria Yang Tak Bernoda[16] yang dilakukannya pada 25 Maret 2022.[17]

Rahasia ketiga[sunting | sunting sumber]

Suster Lúcia memilih untuk tidak mengungkapkan rahasia ketiga dalam memoarnya pada bulan Agustus 1941. Pada tahun 1943, Lúcia jatuh sakit parah karena influenza dan radang selaput dada. Uskup Silva, yang mengunjunginya pada tanggal 15 September 1943, menyarankan agar dia menuliskan rahasia ketiga untuk memastikan bahwa rahasia itu akan dicatat pada saat kematiannya. Namun, Lúcia ragu-ragu untuk melakukannya karena, setelah menerima rahasianya, dia mendengar Mary berkata untuk tidak mengungkapkannya. Karena ketaatan Karmelit mensyaratkan bahwa perintah dari atasan dianggap datang langsung dari Tuhan, dia berada dalam kebingungan mengenai perintah siapa yang harus diutamakan. Akhirnya, pada pertengahan Oktober, Uskup Silva mengiriminya surat berisi perintah langsung untuk mencatat rahasia tersebut. Lúcia terus berjuang, bahkan setelah perintah langsung ini. Menurut Lúcia, dia mengatasinya setelah Perawan Maria menampakkan diri kepadanya pada awal Januari 1944 dan berkata, "Tulislah apa yang mereka perintahkan kepadamu, tetapi bukan apa yang diberikan kepadamu untuk memahami maknanya."[18]

Bagian ketiga dari rahasia ini ditulis "atas perintah Yang Mulia Uskup Leiria dan Bunda Maria" pada tanggal 3 Januari 1944.[19] Pada bulan Juni 1944, amplop tertutup berisi rahasia ketiga dikirimkan kepada Silva, dan disimpan sampai tahun 1957, ketika akhirnya dikirim ke Roma.[1] Canon Galamba, penasihat Uskup Leiria, dikutip mengatakan bahwa ketika uskup menolak membuka segel amplop tersebut, Lúcia "memintanya berjanji bahwa amplop itu pasti akan dibuka dan dibagikan kepada dunia pada saat kematiannya, atau pada tahun 1960, mana saja yang lebih dulu."[20]

Hal ini diumumkan oleh Kardinal Angelo Sodano pada tanggal 13 Mei 2000, 83 tahun setelah penampakan pertama Bunda Maria kepada anak-anak di Cova da Iria, dan 19 tahun setelah percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II bahwa rahasia ketiga akhirnya akan terungkap. Dalam pengumumannya, Kardinal Sodano menyiratkan bahwa rahasianya adalah tentang penganiayaan umat Kristen pada abad ke-20 yang berpuncak pada upaya pembunuhan Paus Yohanes Paulus II yang gagal pada tanggal 13 Mei 1981, peringatan 64 tahun penampakan pertama Bunda Maria di Fátima. .[21] Gagasan tentang rahasia yang sudah terpenuhi ditentang oleh sebagian umat Katolik.< referensi>Lih. Symonds, Kevin, Tentang Bagian Ketiga Rahasia Fatima (St. Louis, Missouri: En Route Books and Media, 2017), 256-292.</ref>

Teks rahasia ketiga, menurut Vatikan, diterbitkan pada tanggal 26 Juni 2000:

J.M.J.


Rahasia bagian ketiga terungkap di Cova da Iria-Fátima, pada 13 Juli 1917.
Saya menulis dalam ketaatan kepada Anda, Tuhan saya, yang memerintahkan saya untuk melakukannya melalui Yang Mulia Uskup Leiria dan melalui Bunda Suci Anda dan saya.
Setelah dua bagian yang telah saya jelaskan, di sebelah kiri Bunda Maria dan sedikit di atas, kita melihat seorang Malaikat dengan pedang menyala di tangan kirinya; berkedip, ia mengeluarkan api yang tampak seolah-olah akan membakar dunia; tetapi mereka mati karena kontak dengan kemegahan yang Bunda Maria pancarkan ke arahnya dari tangan kanannya: sambil menunjuk ke bumi dengan tangan kanannya, Malaikat berseru dengan suara nyaring: 'Tobat, Tobat, Tobat!'. Dan kami melihat dalam cahaya yang sangat besar yaitu Tuhan, sesuatu yang mirip dengan bagaimana orang muncul di cermin ketika mereka lewat di depannya, seorang Uskup berpakaian Putih. Kami mendapat kesan bahwa itu adalah Bapa Suci. Para Uskup, Imam, Religius pria dan wanita lainnya mendaki gunung yang curam, di puncaknya terdapat Salib besar yang terbuat dari batang-batang yang dipahat kasar seperti pohon gabus dengan kulit kayunya; sebelum sampai di sana Bapa Suci melewati kota besar yang setengah hancur dan setengah gemetar dengan langkah terbata-bata, dirundung kesakitan dan kesedihan, beliau berdoa bagi jiwa-jiwa mayat yang ditemuinya dalam perjalanan; setelah mencapai puncak gunung, sambil berlutut di kaki Salib besar dia dibunuh oleh sekelompok tentara yang menembakkan peluru dan anak panah ke arahnya, dan dengan cara yang sama dia mati satu demi satu para Uskup, Imam, Religius pria dan wanita, dan berbagai umat awam dari berbagai tingkatan dan posisi. Di bawah kedua lengan Salib ada dua Malaikat masing-masing dengan kristal aspersorium di tangannya, di mana mereka mengumpulkan darah para Martir dan dengan itu memercikkan jiwa-jiwa yang sedang berjalan. kepada Tuhan.

Tuy-3-1-1944.[19][22]

Bersamaan dengan teks rahasia tersebut, Kardinal Joseph Ratzinger (calon Paus Benediktus XVI) menerbitkan sebuah komentar teologis yang di dalamnya ia menyatakan: "Pembacaan yang cermat terhadap teks yang disebut sebagai 'rahasia' ketiga Fatima. .. mungkin akan terbukti mengecewakan atau mengejutkan setelah semua spekulasi yang ditimbulkannya. Tidak ada misteri besar yang terungkap; masa depan juga tidak terungkap." Setelah menjelaskan perbedaan antara wahyu publik dan wahyu pribadi, ia memperingatkan masyarakat untuk tidak melihat pesan tersebut sebagai peristiwa yang telah ditentukan di masa depan:

Tujuan dari visi ini bukan untuk menampilkan film dengan masa depan yang sudah pasti dan tidak dapat dibatalkan. Maknanya justru sebaliknya: ia dimaksudkan untuk memobilisasi kekuatan-kekuatan perubahan ke arah yang benar. Oleh karena itu kita harus benar-benar mengabaikan penjelasan-penjelasan fatalistis mengenai "rahasia" tersebut, seperti, misalnya, klaim bahwa calon pembunuh pada tanggal 13 Mei 1981 hanyalah sebuah instrumen rencana ilahi yang dipandu oleh Providensi dan karena itu tidak bisa bertindak bebas, atau gagasan serupa lainnya beredar. Sebaliknya, penglihatan tersebut berbicara tentang bahaya dan bagaimana kita dapat diselamatkan dari bahaya tersebut.[19][23]

Dia kemudian melanjutkan dengan berbicara tentang sifat simbolis dari gambar-gambar tersebut, dengan menyatakan: "Bagian penutup dari 'rahasia' ini menggunakan gambar-gambar yang mungkin pernah dilihat Lucia dalam buku-buku renungan dan yang mengambil inspirasi dari intuisi iman yang telah lama ada." Adapun makna pesannya: “Apa yang tersisa sudah tampak jelas ketika kita memulai renungan kita terhadap teks ‘rahasia’: nasehat untuk berdoa sebagai jalan ‘keselamatan bagi jiwa-jiwa’ dan, demikian pula, seruan untuk melakukan penebusan dosa dan melakukan penebusan dosa. konversi."

Pada tanggal 13 Mei 2010, dalam homili di Fatima, Paus Benediktus mengatakan bahwa "kita keliru jika berpikir bahwa misi kenabian Fatima telah selesai."[24] Ia kemudian menyatakan harapannya agar peringatan seratus tahun penampakan tahun 1917 dapat “mempercepat penggenapan nubuatan tentang kemenangan Hati Maria Tak Bernoda, demi kemuliaan [[Yang Terberkati] Trinitas]]."

Kontroversi rahasia ketiga[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 1930-an, fokus utama devosi kepada Bunda Maria Fatima (yang pada waktu itu belum banyak dikenal di luar Portugal dan Spanyol) adalah pada perlunya berdoa Rosario untuk mengakhiri Perang Dunia I dan untuk perdamaian dunia. Setelah penerbitan memoar Suster Lúcia, mulai tahun 1935, Fatima dianggap sedang mempersembahkan kemenangan Perawan Terberkati atas Komunisme.[butuh rujukan]

Pada tanggal 8 Februari 1960, kantor informasi berita Portugal Agência Nacional de Informação menerbitkan artikel berita yang menyatakan bahwa "kemungkinan besar Rahasia tersebut akan tetap tersimpan, selamanya, dalam segel mutlak."[25] Pengumuman ini menimbulkan banyak spekulasi mengenai isinya rahasianya. Menurut The New York Times, spekulasi berkisar dari "pemusnahan nuklir di seluruh dunia hingga perpecahan mendalam dalam Gereja Katolik Roma yang mengarah pada persaingan kepausan."[26] Pada tanggal 2 Mei 1981, Laurence James Downey membajak sebuah pesawat dan menuntut agar Paus Yohanes Paulus II mengumumkan rahasia ketiga Fátima.[27]

Keluarnya teks tersebut memicu kritik dari Gereja Katolik di Portugal. Para pendeta dan umat awam merasa tersinggung karena teks tersebut dibacakan di Roma dan bukan di kuil Fátima di Portugal, tempat peristiwa yang dilaporkan tersebut terjadi. The Times pada tanggal 29 Juni 2000 melaporkan bahwa "Pengungkapan pada hari Senin bahwa tidak ada ramalan hari kiamat telah memicu reaksi marah dari gereja Portugis atas keputusan untuk merahasiakan ramalan tersebut selama setengah abad".< ref>Tremlett, Giles, "Portugis menuduh Vatikan mengkhianati tempat suci." Independen (29 Juni 2000)</ref>

Kritikus seperti jurnalis Italia dan tokoh media Antonio Socci mengklaim bahwa teks rahasia Ketiga setebal empat halaman yang ditulis tangan yang dirilis oleh Vatikan pada tahun 2000 bukanlah rahasia sebenarnya, atau setidaknya bukan rahasia penuh.[28] Argumennya didasarkan pada hal berikut:

  • Ditulis pada selembar kertas: teks rahasia ketiga yang dikeluarkan oleh Vatikan ditulis tangan pada empat lembar kertas.[19] Pastor Joaquin Alonso, pejabat arsiparis Fátima selama 16 tahun, melaporkan dalam bukunya bahwa, "Lucy memberi tahu kita bahwa dia menulisnya di selembar kertas.[29] Dalam sebuah rekaman wawancara, Charles Fiore mengutip Malachi Martin yang mengatakan hal berikut mengenai teks rahasia ketiga: "Saya mendinginkan tumit saya di koridor di luar apartemen Bapa Suci, sementara saya bosnya, Kardinal Bea, sedang berdebat dengan Bapa Suci, dan dengan sekelompok uskup dan imam lainnya, dan dua seminaris muda Portugis, yang menerjemahkan surat itu, satu halaman, yang ditulis dalam bahasa Portugis, untuk semua yang ada di ruangan itu."[30] Kemudian, pada bulan Mei 2007, Tarcisio Kardinal Bertone tampil di program televisi Italia Porta a Porta dan menunjukkan dokumen Lúcia tentang kamera. Itu adalah selembar kertas satu yang telah dibagi dua kali, sekali secara vertikal, dan sekali lagi secara horizontal. Tulisan tangan Lucia ada di kedua sisi kertas itu. Kotak vertikal adalah apa yang direproduksi oleh Vatikan pada bulan Juni 2000.[31]
  • Ditulis dalam bentuk surat: alasan lain mengapa para kritikus berpendapat bahwa rahasia ketiga secara lengkap belum diungkapkan adalah karena indikasi bahwa rahasia ketiga ditulis dalam bentuk surat yang ditandatangani kepada Uskup Leiria dan teks rahasia ketiga. rahasia yang dikeluarkan oleh Vatikan tidak ditulis dalam bentuk surat.[19] Lúcia diwawancarai oleh Pastor Jongen pada tanggal 3 Februari 1946. Ketika Fr. Jongen bertanya kepada Lúcia kapan waktunya tiba untuk Rahasia Ketiga, Lúcia menjawab, "Saya menyampaikan bagian ketiga dalam surat kepada Uskup Leiria." Juga, Kanon Galamba, penasihat Uskup Leiria, dikutip mengatakan, "Ketika uskup menolak untuk membuka surat itu, Lucy berjanji kepadanya bahwa surat itu pasti akan dibuka dan dibacakan kepada dunia baik pada saat kematiannya atau pada tahun 1960. , mana saja yang lebih dulu."[32] Namun Antonio Socci mempertanyakan seberapa ketat seseorang harus menafsirkan kata "surat".[33]
  • Berisi kata-kata yang dikaitkan dengan Perawan Maria yang Terberkati: teks rahasia ketiga yang dikeluarkan oleh Vatikan tidak memuat kata-kata yang dikaitkan dengan Perawan Maria yang Terberkati.[19] Socci menegaskan bahwa rahasia ketiga mungkin dimulai dengan kata-kata tersebut "Di Portugal, dogma Iman akan selalu dilestarikan, dll.", kata-kata yang Lúcia sertakan dalam memoar keempatnya, namun hanya dimasukkan sebagai catatan kaki pada teks yang dirilis oleh Vatikan.[34] Lúcia, bagaimanapun, menyatakan dalam memoar keempatnya bahwa dia tidak akan mengungkapkan bagian ketiga.[35]
  • Berisi informasi tentang Kiamat, kemurtadan, infiltrasi Setan terhadap Gereja: dalam sebuah wawancara yang diterbitkan dalam Jesus' edisi 11 November 198496-397.</ref>

Menurut salah satu sumber, Lúcia diduga ditanya tentang rahasia ketiga dan mengatakan bahwa rahasia itu ada "di dalam Injil dan Kiamat", dan pada satu titik bahkan menyebutkan Kiamat bab 8 hingga 13, kisaran yang mencakup Buku Wahyu 12:4, pasal dan ayat yang dikutip oleh Paus Yohanes Paulus II dalam homilinya di Fátima pada tanggal 13 Mei 2000.[36]

Tanggapan Kardinal Bertone[sunting | sunting sumber]

Vatikan mempertahankan pendiriannya bahwa teks lengkap dari rahasia ketiga diterbitkan pada bulan Juni 2000. Sebuah laporan dari Zenit Daily Dispatch tertanggal 20 Desember 2001 berdasarkan siaran pers Vatikan, melaporkan bahwa Lúcia memberi tahu Uskup Agung saat itu Tarcisio Bertone, dalam wawancara yang dilakukan bulan sebelumnya, bahwa rahasianya telah terungkap dan dipublikasikan sepenuhnya, dan tidak ada rahasia yang tersisa.[37] Bertone, bersama Kardinal Ratzinger, ikut menulis Pesan Fatima,[19] dokumen yang diterbitkan pada bulan Juni 2000 oleh Vatikan yang berisi salinan pindaian teks asli rahasia ketiga.[38]

Bertone, yang diangkat menjadi kardinal pada tahun 2003 dan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Vatikan hingga September 2013, menulis sebuah buku pada tahun 2007 berjudul Rahasia Terakhir Fatima.[39] Buku ini berisi transkrip wawancara antara jurnalis Giuseppe De Carli dan Bertone yang ditanggapi Bertone berbagai kritik dan tuduhan terkait isi dan pengungkapan rahasia ketiga. Pada satu titik dalam wawancara, De Carli mengomentari tuduhan yang tidak bersumber bahwa Vatikan menyembunyikan satu halaman teks rahasia ketiga yang meramalkan kemurtadan besar di mana Roma akan "kehilangan iman dan menjadi takhta Antikristus." Bertone menjawab sebagai berikut:

Itu benar-benar gila. Begini, apakah Anda mengklaim bahwa nubuatan Fatima adalah tentang kemurtadan Gereja Roma? Bahwa Fatima merupakan ramalan transformasi Roma menjadi takhta Antikristus? Terlepas dari cinta Bunda Maria terhadap Paus dan Paus terhadap Bunda Maria? Siapapun bisa menulis buku berdasarkan teori konspirasi, interpretasi yang bias. Siapa pun dapat mengambil kalimat di luar konteks dan menyajikannya sebagai petunjuk terhadap suatu rencana jahat untuk menghindari pengungkapan kebenaran dan menyebarkannya dalam kode yang hanya dapat dipahami oleh para inisiat. Tidak, seluruh teori yang Anda singgung adalah rekayasa. Dan laporan yang dianggap faktual ini sebenarnya merupakan alat yang digunakan kaum Mason untuk mendiskreditkan Gereja. Saya terkejut para jurnalis dan penulis yang mengaku beragama Katolik membiarkan diri mereka terpengaruh.[40]

Pada bagian lain dalam wawancara, De Carli menyatakan bahwa Kardinal Ottaviani pernah menyatakan, "Rahasia [ketiga] ditulis pada selembar kertas. Jadi kita akan membicarakan total dua puluh hingga dua puluh lima baris..." [41] Ia juga menyebutkan bahwa salah satu memoar Lúcia berisi kata-kata "Di Portugal, dogma iman akan selalu dilestarikan, dll", kata-kata yang diyakini sebagian orang memperkenalkan rahasia ketiga yang sebenarnya. Menggambarkan pengamatan ini sebagai "sedikit bukti yang tidak membuktikan atau menyangkal apa pun", De Carli bertanya kepada Kardinal Bertone tentang kemungkinan adanya dua teks, di mana "dokumen pertama" berisi kata-kata Santa Perawan Maria, dan yang lainnya berisi deskripsi visi yang diterbitkan oleh Vatikan. Bertone menjawab sebagian, "Tidak ada dokumen pertama. Tidak pernah ada teks seperti itu di arsip Kantor Suci." Bertone juga berkata, "Jadi saya tidak yakin apa yang dibicarakan Kardinal Ottaviani." Bertone juga menyatakan bahwa "Kami mendapat konfirmasi resmi dari Suster Lúcia: 'Apakah ini Rahasia Ketiga, dan apakah ini satu-satunya teksnya?' 'Ya, ini adalah Rahasia Ketiga, dan saya tidak pernah menulis yang lain'."[42] Belakangan diketahui bahwa Kardinal Ottaviani tidak pernah berkomentar tentang jumlah baris teks.[43]

Kemudian dalam wawancara tersebut, Bertone kembali menjawab pertanyaan apakah ada teks dengan kata-kata yang dikaitkan dengan Perawan Terberkati yang disensor: "Bagian teks di mana Perawan berbicara sebagai orang pertama tidak disensor, sederhananya alasan mengapa hal itu tidak pernah ada. ...Saya mendasarkan pernyataan saya pada konfirmasi langsung Suster Lucia sendiri bahwa Rahasia Ketiga tidak lain adalah teks yang diterbitkan pada tahun 2000."[44]

Pada awal September 2007, uskup agung Loris Francesco Capovilla, sekretaris pribadi Paus Yohanes XXIII, yang menyaksikan Paus Yohanes membuka amplop rahasia ketiga, mengatakan bahwa rumor bahwa Vatikan menyembunyikan visi rahasia ketiga tidak benar. akhir zaman. “Tidak ada dua kebenaran dari Fatima dan juga tidak ada rahasia keempat. Teks yang saya baca pada tahun 1959 sama dengan yang disebarkan oleh Vatikan.” Capovilla juga dikutip mengatakan, "Saya sudah muak dengan teori konspirasi ini. Itu tidak benar. Saya membacanya, saya menyerahkannya kepada Paus dan kami menyegel kembali amplopnya."[45]

Pada tanggal 21 September 2007 penulis Antonio Socci dan Solideo Paolini, yang memiliki buku-buku yang bersaing tentang Fatima, berusaha untuk mengadakan resepsi di Universitas Kepausan Urbanianum di mana Bertone akan memperkenalkan bukunya The Last Fatima Visionary: My Meetings with Sister Lucia. Mereka menyatakan ingin berpartisipasi dalam bagian tanya jawab resepsi. Ketika diberitahu bahwa kardinal tidak akan menjawab pertanyaan, mereka kemudian mencoba menghadapi Bertone, yang merupakan Sekretaris Negara Vatikan. Penjaga keamanan mengusir mereka. Saat berbicara dengan wartawan setelahnya, Socci dan Paolini membuat rekaman di mana mereka mengklaim Uskup Agung Loris Francesco Capovilla, mengungkapkan bahwa ada dua teks rahasia ketiga,[46] meskipun Capovilla telah menyatakan sebaliknya kurang dari dua minggu sebelumnya.[45]

Paus Yohanes Paulus I[sunting | sunting sumber]

Kelompok Kontra-Reformasi Katolik, yang didirikan oleh teolog Abbé George de Nantes, mengambil posisi bahwa teks yang dirilis adalah rahasia ketiga yang lengkap, tetapi mengacu pada Paus Yohanes Paulus I dan bukan Yohanes Paulus II, menunjukkan bahwa uskup tersebut, bagaimanapun juga, tidak mati ketika diserang, sedangkan uskup di rahasia ketiga meninggal.[47] Yohanes Paulus I telah bertemu Lúcia Santos ketika dia menjadi Patriark Venesia, dan sangat tersentuh oleh pengalaman tersebut. Dalam sebuah surat kepada rekannya setelah pemilihannya, dia bersumpah untuk melaksanakan Konsekrasi Rusia yang menurut Lúcia telah diminta oleh Maria.[48]

Komentar[sunting | sunting sumber]

Michael Cuneo mencatat "Pesan rahasia, hitungan mundur apokaliptik, intrik terselubung di eselon tertinggi Vatikan: bahkan Hollywood pun tidak bisa meminta materi yang lebih baik dari ini".[49]

"Memahami dan menghargai Fatima berarti memahami dan menghargai Katolik Portugis".[5] Jeffrey S. Bennett mencatat bagaimana, mulai tahun 1930-an, citra Bunda Maria dari Fátima berkembang menjadi titik berkumpulnya kelompok anti -komunisme, sebuah gagasan yang menyebar jauh melampaui semenanjung Iberia.[3] Martindale menyebutkan sebuah konsep di mana buah dari sebuah fenomena lebih penting daripada asal usul sejarahnya. Oleh karena itu, adalah mungkin untuk membayangkan suatu kultus yang dinamis dimana kekuatan dari pengabdian, tempat suci, atau ziarah, dapat mengalahkan ketidakpastian mengenai asal-usulnya. Menurut Maunder, Fátima menunjukkan tidak hanya betapa seriusnya umat Katolik menanggapi "wahyu seorang biarawati yang mengingat penglihatan yang dia alami pada usia sepuluh tahun, tetapi juga menunjukkan betapa sulitnya bagi hierarki untuk mengelola gerakan kesalehan rakyat, meskipun ada kritik. klaim manipulasi.[5] Setelah Fátima, akan terjadi proliferasi manifesto apokaliptik, seperti di Necedah.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e Zimdars-Swartz, Sandra L., Encountering Mary (1991), hlm. 199–209
  2. ^ "Fatima 1917: Maria memberi Yang Mulia Lucia dan sepupunya penglihatan tentang neraka, janji kedamaian dan matahari yang menari". 
  3. ^ a b c Bennett, Jeffrey S. (2012). Saat Matahari Menari: Mitos, Keajaiban, dan Modernitas di Portugal Awal Abad Kedua Puluh. ISBN 978-0-8139-3250-7. 
  4. ^ Walsh, 83.
  5. ^ a b c d e Maunder, Chris. Bunda Bangsa-Bangsa: Penampakan Maria di Eropa Katolik Abad ke-20. Oxford University Press. ISBN 978-0-19-871838-3. 
  6. ^ Santos, Fatima in Lucia's Own Words I (2003), hal. 123.
  7. ^ Martins, Dr. António María, Memórias e cartas de Irmã Lúcia (Porto, Portugal: Simão Guimarães, Filhos, LDA, 1973 ), 225.
  8. ^ Santos, Fatima in Lucia's Own Words I (2003), hal. 123–124.
  9. ^ Nickell, Joe. Mencari Keajaiban (1998), hal. 179.
  10. ^ +Sekutu:+Tiongkok%E2%80%99s+World+War+II,+1937-1945 Sekutu yang Terlupakan: Perang Dunia II Tiongkok, 1937-1945 Periksa nilai |url= (bantuan). ISBN 978-0547840567. Diakses tanggal 14 Januari 2014. Prolog : Kota Terbakar – Pada musim semi tahun 1939, Eropa masih, meskipun tidak tenang, dalam keadaan damai. Namun sekitar tujuh ribu kilometer ke arah timur, Perang Dunia Kedua telah berlangsung dengan baik. 
  11. ^ "Aurora Borealis Mengejutkan Eropa; Orang-orang Mengungsi karena Ketakutan, Hubungi Pemadam Kebakaran". The New York Times. 25 Januari 1938. hlm. 25. 
  12. ^ Witherow, Greg. "Bunda Maria dari Fatima" (PDF). Gereja Katolik Tritunggal Mahakudus, Gainesville, Virginia. hlm. 6. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Januari 2013. Diakses tanggal 14 Januari 2014. Maria memperkirakan "[perang] yang lebih buruk akan terjadi pada masa Kepausan Pius XI". Tidak ada keraguan bahwa prediksi perang yang lebih besar adalah akurat. Namun para skeptis akan mengatakan bahwa Paus Pius XI meninggal pada bulan Februari 1939 dan Perang Dunia II dianggap telah dimulai pada tanggal 1 September 1939 (pada masa Kepausan Pius XII). Apakah Maria salah? Faktanya, dapat dikemukakan bahwa Perang telah dimulai jauh sebelum tanggal 1 September 1939. Jepang menginvasi Tiongkok pada tahun 1937, kemudian Uni Soviet dan Mongolia pada tahun 1938. Hitler menginvasi Saarland pada tahun 1935, Austria pada tahun 1938, Sudetenland pada tahun 1938 dan seluruh Cekoslowakia pada bulan Maret 1939. Perang berkecamuk dalam Perang Saudara Spanyol dan invasi Italia ke Etiopia pada tahun 1935. Polandia terpecah dalam Pakta Molotov–Ribbentrop tahun 1939. Faktanya, kekuatan Poros telah memulai perang penaklukan mereka jauh sebelum para Chamberlain di dunia mengakuinya. Mary benar, kedamaian Chamberlain adalah Fiksi. 
  13. ^ Landowsky, Рипол Классик (Simfoni Merah)
  14. ^ { {mengutip buku| terakhir1=Petrisko| pertama1=Thomas W.| pertama2=Rene| terakhir2=Laurentin| pertama3=Michael J.| terakhir3=Fontecchio| nama-daftar-gaya=amp| url=https://books.google.com/books?id=NcdyFS-uYPkC&q=aurora+borealis%7C title=Nubuatan Fátima: Di Depan Pintu Dunia| halaman=48| penerbit=St. Produksi Andrews| tahun=1998|isbn=9781891903304}}
  15. ^ Hessaman, Michael Rahasia Fátima, Random House 2008
  16. ^ -the-immaculate.html "Pope to mengkonsekrasikan Rusia dan Ukraina kepada Hati Maria Tak Bernoda – Berita Vatikan" Periksa nilai |url= (bantuan). vaticannews.va. 2022-03-15. Diakses tanggal 2022-03-15. 
  17. ^ "Homili Paus pada upacara penebusan dosa bersamakonsekrasi Rusia (teks lengkap)". aleteia.org. 26-03-2022. 
  18. ^ Carmel dari Santa Teresa – Coimbra & James Colson (trans.), A Pathway Under the Gaze of Mary 2ed Washington, New Jersey: World Apostolate of Fatima, USA, 2015), 243.
  19. ^ a b c d e f g "Pesan Fatima". vatican.va. 
  20. ^ Armstrong, April Oursler dan Armstrong, Martin F., Fátima: Pilgrimage menuju Perdamaian (Garden City, New York: Hanover House, 1954), 104
  21. ^ "Pidato Kardinal Sodano Mengenai 'Bagian Ketiga' Rahasia Fatima pada Penutup Misa Khidmat". 
  22. ^ Santos, Fatima dalam Kata-kata Lucia Sendiri I (2003), hal. 215.
  23. ^ Fatima in Lucia's Own Words I (2003), hal. 221–233.
  24. ^ "13 Mei 2010: Perjalanan Apostolik ke Portugal dalam rangka Peringatan 10 Tahun Beatifikasi Jacinta dan Francisco, para gembala muda Fátima - Misa Kudus di Lapangan Terbuka Tempat Suci Bunda Maria dari Fátima | BENEDIKTUS XVI". 
  25. ^ Martins dos Reis, Sebastião, O Milagre do sol e o segredo de Fátima: Inconsequências e especulações (Porto: Edições Salesianas, 1966), 127-128. Terjemahan bahasa Inggris dalam bahasa Frère Michel de la Sainte Trinité, The Whole Truth About Fatima, Volume III (Buffalo, New York: Immaculate Heart Publications, 1990), 578-579
  26. ^ Stanley, Alessandra (14 Mei 2000). "Vatican Mengungkap 'Rahasia Ketiga' Fatima". The New York Times. 
  27. ^ "Mantan biksu membajak pesawat Irlandia". Spokane Daily Chronicle. 
  28. ^ Socci, Antonio (2009). Rahasia Keempat Fatima. Italy. 
  29. ^ La Verdad sobre el Secreto de Fatima. Spanyol. 1976. hlm. 60. 
  30. ^ Doran, Brian. Malachi Martin: Utusan Tuhan – Dalam Perkataan Mereka yang Paling Mengenal Dia. ISBN 1-885692-08-0. Kaset Audio. 
  31. ^ -tv-dal-card-bertone-/2273732546183966/ "Il terzo segreto di Fatima Mostrato di TV dal card. Berton...| Il terzo segreto di Fatima Mostrato di TV dal card. Berton...| Oleh Rivelazione Terza Parte del Segreto di Fatima_ | Facebook" Periksa nilai |url= (bantuan). www.facebook.com. Diakses tanggal 13 Maret 2023. 
  32. ^ Alonso, Pastor Joaquin (1976). La Verdad sobre el Secreto de Fatima. Spanyol. hlm. 46–47. 
  33. ^ Socci, Antonio, The Fourth Secret of Fatima (Fitzwilliams, New Hampshire: Loreto Publications, 2009), 145
  34. ^ Socci, Antonio. Rahasia yang Masih Tersembunyi Diarsipkan 15 Mei 2009 di Wayback Machine. (Good Counsel, 2000)
  35. ^ Martins, Antonio Maria, Memórias e cartas de Irmã Lúcia (Porto , Portugal: Simão Guimarães, Filhos, LDA, 1973), 317.
  36. ^ Frere Michel de la Sainte Trinite. Kebenaran Seutuhnya Tentang Fatima, Volume III. Buffalo, New York CityA. hlm. 763, 788. 
  37. ^ library/MARY/ZFATIMA.HTM "Tidak Ada Lagi Rahasia Fatima" Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 13 Maret 2023. 
  38. ^ "Pesan Fatima". 
  39. ^ Bertone, Tarcisio (2008). ?id=81nF3iyA640C Rahasia Terakhir Fatima: Pengungkapan Salah Satu Peristiwa Paling Kontroversial dalam Sejarah Katolik Periksa nilai |url= (bantuan). Crown Publishing Group. ISBN 978-0-385-52695-1. 
  40. ^ Bertone, hal. 65–66.
  41. ^ Kardinal Tarcisio Bertone dan Giuseppe De Carli, Rahasia Terakhir Fatima: Percakapan Saya dengan Suster Lucia (New York: Doubleday, 2008), 63.
  42. ^ Bertone, hal. 63–64.
  43. ^ Symonds, Kevin, Tentang Bagian Ketiga Rahasia Fatima (St. Louis, Missouri: En Route Books and Media, 2017), 59-84.
  44. ^ Bertone, p. 66.
  45. ^ a b "Saksi Terakhir yang Masih Hidup Mengatakan Rahasia Ketiga Fatima Terungkap Sepenuhnya". Kantor Berita Katolik.  Templat:Mati tautan
  46. ^ "Protes Jurnalis Italia Pengecualian dari Diskusi Fatima". Catholic World News. 27 September 2007. 
  47. ^ Kebenaran Seutuhnya Tentang Fatima, Bab 4 Diarsipkan 2011-07-17 di Wayback Machine. dari situs web CCR, bab 7, 8 dan 9, halaman ditemukan 30 April 2010.
  48. ^ Surat itu dikutip dalam biografi Yohanes Paulus I karya Camillo Bassotto, My Heart Masih di Venesia (Krinon, 1990), hal. 113.
  49. ^ Cuneo, Michael W. (1999). Asap Setan: Perbedaan Pendapat Konservatif dan Tradisionalis dalam Agama Katolik Amerika Kontemporer. JHU Tekan. ISBN 978-0-8018-6265-6.