Tia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Theodora Meilani Setyawati
Tia
Latar belakang
Nama lahir Theodora Meilani Setyawati
Nama lain Tia, Tia AFI, Tia AFI 2, Tia Solo
Lahir 7 Mei 1982 (umur 34)
Bendera IndonesiaSurakarta, Indonesia
Jenis musik Pop, R&B, soul
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2004 - sekarang
Perusahaan rekaman Sony BMG Indonesia
Pasangan domestik Akademi Fantasi Indosiar
Pasangan Adi Ardhiyanto Nugroho
Anak Febriana Safirla (anak angkat)
Anada Citra Putri Ardhian (anak kandung)

Melody Shakila Putri Ardhian (anak kandung)

Orang tua Ayah - Bambang Sutopo
Ibu - Rini Sadarwati
Agama Islam
Situs resmi http://www.tianist.com/ (pranala mati)

Theodora Meilani Setyawati atau yang lebih dikenal dengan nama Tia AFI (lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 7 Mei 1982; umur 34 tahun) [1] adalah penyanyi Indonesia yang pada tahun 2004 dikenal oleh publik Indonesia karena menjuarai reality show Akademi Fantasi Indosiar 2 saat membawakan lagu "Pengabdian Cinta" yang dipopulerkan oleh Krisdayanti.[2]

Karier[sunting | sunting sumber]

Tia mengawali karier bernyanyinya sebagai penyanyi kafe di Semarang [1]. Pada tahun 2004 Tia mengikuti audisi AFI di kota Semarang dan keluar menjadi juara.[1] Saat grup musik Ratu ditinggal vokalisnya Pinkan Mambo, Tia sempat menggantikan kedudukannya sebagai vokalis Ratu.[1]

Bersama RATU[sunting | sunting sumber]

SETELAH ditinggal vokalisnya, Pingkan Mambo, duo Ratu nampaknya ingin tetap eksis di dunia musik Tanah Air. Untuk mengisi kekosongan, Maia Ahmad selaku pemilik duo itu pun buru-buru menggandeng Tia AFI.

Hanya keterlibatan Tia sekadar untuk mengisi kekosongan Pingkan belaka, bukan sebagai personel tetap Ratu, ungkapnya. Bahkan, kolaborasi ini bisa disebut Ratu feat Tia.

Bagi Tia, bisa bergabung dengan Maia merupakan kebanggaan tersendiri. "Siapa yang tak kenal Ratu? Bergabung bersama grup yang sudah dikenal orang di seluruh Indonesia pasti membanggakan," ujarnya.

Meskipun demikian, Tia mengaku tak terlalu ingin tampil secara permanen bersama Maia. Ada pertimbangan lain yang membuat Tia tak mau bergabung dulu dengannya.

Pertama, sebagai pemenang AFI 2, Tia memiliki kewajiban kontrak tiga tahun bersama Indosiar. Hingga saat ini, kontrak tersebut baru berjalan beberapa bulan.

Selain itu, Tia juga merasa berat untuk meninggalkan AFI. Bagaimanapun, AFI-lah yang sudah membesarkan namanya sampai bisa seperti sekarang.

"Selain itu, saya ingin sekali punya album solo. Bila saya gabung terus sama Ratu maka keinginan itu sangat sulit terwujud," katanya.

Selain rencana manggung bersama Maia, jadwal Tia masih diisi dengan kegiatan menyanyi di berbagai tempat. "Syuting layar lebar (produksi in-house Indosiar) sudah selesai. "Sekarang saya masih nyanyi-nyanyi saja. Memenuhi jadwal yang sudah dibuatkan oleh manajer AFI," paparnya riang.

ALBUM SOLO[sunting | sunting sumber]

Kontraknya dengan Indosiar (AFI) berakhir pada tahun 2005 dan pada bulan April 2008 ia mengeluarkan album solo perdananya yang bertitel Tulus ciptaan Teguh Vagetoz dibawah label Sony BMG Indonesia.[1]

Pada tahun 2009 bersama Hedi Yunus, Tia menghibur 2.000 rakyat Indonesia dan warga Inggris dalam acara KBRI di London "Temu Masyarakat".[3] Selain di Inggris Tia juga pernah tampil di Amerika, Swiss, Brunei, Malaysia, Hongkong dan Thailand.[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Tia berpindah agama (mualaf) menjadi Islam pada saat masih duduk dibangku SMP.[1] Pada tahun 2003 ia mengangkat anak bibinya yang dinamakan Febriana Safirla.[4] Balita ini sering mengikuti Tia saat sedang pentas dan karena Tia belum menikah saat itu (2005), banyak wartawan bertanya-tanya tentang statusnya.[4] Anak ini diasuh secara penuh, karena kehidupan bibinya yang setelah menjanda diceraikan suaminya kesulitan ekonomi sembari harus menafkahi lima anak lainnya.[4]

Tia menikah dengan Adi Ardhiyanto Nugroho pada tahun 2011 di mana pernikahannya menjadi ajang reuni akademia AFI 2.[2] dan kini Tia telah dikaruniai dua orang putri cantik bernama Anada Citra Putri Ardhian (Nada) dan Melody Shakila Putri Ardhian (Ody).

Akademi Fantasi Indosiar[sunting | sunting sumber]

Penampilan Tia saat Konser AFI

Album[sunting | sunting sumber]

Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • SMP Negeri 7 Surakarta
  • SMU Warga
  • STIE AUB Solo

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]