TiVo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Teknologi Tivo adalah salah satu jenis teknologi perangkat perekam acara televisi yang pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat. Contoh kerjanya adalah dengan merekam acara televisi yang Anda lewatkan ketika Anda berhalangan untuk menontonnya, Tivo akan mengambil alih 'menonton' acara itu dan kemudian memutarnya untuk Anda.

Perangkat Tivo seri kedua dapat merekam tanpa henti selama 80 jam. Lamanya perekaman tergantung pada kualitas gambar. Untuk kualitas gambar menengah kemampuan perekaman menurun setengahnya. Tapi apabila 40 jam belum cukup Tivo bisa dihubungkan dengan ''Video Home System'' (VHS) atau Digital Versatile Disc (DVD). Instalasi Tivo sangat mudah, tapi alat ini tidak akan langsung bekerja setelah dipasang. Di awal konfigurasi, pengguna harus mendaftar pada layanan Tivo (US 12,95 Dollar per bulan atau US 299 Dollar selamanya). Harga perangkatnya sendiri US Dollar 350 per unit.

Tivo merupakan alat yang juga dapat mencari dan merekam sebuah acara berdasarkan genrenya, seperti drama, komedi, olahraga dan sebagainya. Pencarian juga busa dilakukan berdasarkan nama acara. Fitur Wishlist dapat membantu mencari berdasarkan aktor dan sutradaranya. Cukup dengan beberapa kali menekan pengendali jarak jauh, kita dapat mengatur Tivo untuk merekam seluruh serial film tanpa duplikasi. Lama program juga bisa diatur kemudian disimpan, atau Tivo dapat menghapus program ketika kapasitas penyimpanan di dalamnya sudah penuh.

Tivo seri kedua dapat diprogram melalui internet untuk merekam sebuah acara tertentu. Fitur ini sangat berguna jika mendadak Anda harus merekam sebuah acara yang tidak diprogram sebelumnya. Untuk bisa mengirimkan acara yang telah direkam dari komputer Tivo harus dihubungkan dengan perangkat jaringan seperti router, adapter, antena, dan jaringan internet pita lebar. Fitur tambahan Tivo dapat menghubungkan jaringan di dalam rumah untuk menampilkan foto di televisi.

Aktivasi layanan Tivo memakan waktu sedikitnya 2 jam setelah rekening aktif. Selanjutnya konfigurasi awal mesti dilakukan melalui modem, dua kali panggilan telepon dengan total waktu 35 menit. Setelah dibutuhkan waktu 4-8 jam untuk membuat indeks acara. Pengelola layanan Tivo akan mengirim update setiap hari untuk memperbaharui jadwal. Update ini dapat diambil lewat jaringan di rumah. Untuk itu perlu dilengkapi dengan adapter ethernet, karena Tivo tidak dilengkapi dengan ethernet. Hingga saat ini teknologi Tivo belum merambah ke Indonesia.

[1]