Thomas Hart Benton (politikus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Thomas Hart Benton (1782-1858) adalah seorang legislator Amerika, yang sebelumnya adalah seorang senat dan figur nasional pada era Jackson. Dia lahir di dekat Hillsboro, N.C., pada tanggal 14 Maret 1782. Saat masih muda, ia bekerja di ladang, mengajar di sekolah, dan juga mempelajari hukum.[1]

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1806 Benton mendapat izin untuk melakukan praktik hukum di Tennessee dan pada tahun 1809 menjadi senator negara bagian tersebut. Selama perang pada tahun 1812, ia menjadi letnan kolonel dan mengabdi sebagai staf Jenderal Andrew Jackson. Hubungannya dengan Jackson meretas pada tahun 1813 karena masalah pribadi yang muncul karena Jackson membantu temannya, William Carroll untuk melawan saudara lelaki Benton, Jesse, dalam perkelahian di jalanan di Nashville. Konflik ini menghambat kariernya di Tennessee sehingga ia pindah ke St. Louis pada tahun 1815.

Benton menjalin hubungan dengan pemimpin di St. Louis, terutama dengan tuan tanah dan pedagang bulu yang berkebangsaan Spanyol. Kemudian ia menjadi editor surat kabar Enquirer di St. Louis pada tahun 1818 dan menjadikannya sarana yang efektif untuk menyampaikan aspirasi politiknya. Pada tahun 1820 ia diangkat menjadi senator Amerika Serikat dari negara bagian baru, Missouri.

Pandangan Politik[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 1824, Benton telah menjaring dukungan politik saat naiknya gelombang demokrasi. Ia juga mendukung Jackson ketika melawan John Quincy Adams dalam pemilihan presiden pada tahun tersebut. Dalam waktu yang singkat, ia menjadi politikus terkemuka di Missouri dan dikenal secara nasional sebagai advokat dari dua pemimpin utama yang mana pergerakan Jackson didasarkan pada: (1) demokrasi populer, dan (2) persamaan sosial dan kesempatan ekonomi. Dengan membuat rakyat yakin kepada pemerintah dan kebijakan-kebijakan pada keputusan akhir, ia menertawakan setiap saran untuk "memperbaiki" kebutuhan umum.

Sebagai pemilik tanah yang murah, Benton dapat membantu menyediakan kesempatan kerja yang lebih bagi rakyatnya sehingga mereka dapat lebih produktif. Ia memikirkan pemberian izin pada perusahaan yang memiliki hak-hak khusus dalam membuat ketidaksetaraan. Bank Amerika Serikat adalah target utama dan ia telah berhasil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Encyclopedia Americana Volume III. New York: Americana Corporation. 1968. hlm. 562.