Thomas Arkidiakonus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Thomas Arkidiakonus (bahasa Latin: Thomas Archidiaconus; bahasa Italia: Tommaso Arcidiacono; Kroasia: Toma Arhiđakon; skt. 1200 – 8 Mei 1268), juga dikenal sebagai Thomas dari Split (bahasa Latin: Thomas Spalatensis), merupakan seorang ulama Katolik Roma, sejarahwan dan kronikus dari Split. Dia sering disebut sebagai salah satu sumber terbesar dalam historiografi tanah Kroasia.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Apa yang diketahui tentang kehidupan Thomas berasal dari karyanya, Historia Salonitana. Dia berbicara tentang hidupnya pada orang ketiga dan sangat singkat, dalam gaya genre sastra abad pertengahan. Thomas lahir di Split pada awal abad ke-13. Tidak diketahui apakah ia lahir dari bangsawan atau biasa, tetapi ia mewakili budaya Romawi elit yang selamat dari sebelum migrasi Slav, dan ia memiliki pandangan negatif tentang Slavia, sering kali secara keliru menyatukan mereka dalam riwayat hidupnya dengan orang-orang Goth.[2] Dia mungkin dididik di sekolah katedral di Split. Pada sekitar tahun 1222 ia dikirim untuk belajar di Universitas Bologna. Di sana ia menyempurnakan keterampilan (di bawah, antara lain, Accursius) dalam hukum, retorika, gramatisme dan notaris (ars dictandi dan ars notaria).[3] Dia melihat gereja Santo Fransiskus dari Assisi di Bologna, peristiwa luar biasa yang dia sebutkan dalam karyanya, menggambarkan pribadi Santo Fransiskus.[4] Setelah kembali ke kampung halamannya di Split, dia maju cepat dalam hierarki gereja. Ia menjadi pejabat notaris (skt. 1227), kemudian (1230) arkidiakonus (kepala badan kanon). Dia menggambarkan pengepungan Mongol dari Split (1242), adat istiadat Mongol dan tanah air, sehingga menciptakan tulisan-tulisan etnologis pertama dalam historiografi lokal.[5] Pada tahun 1243, sekelompok kanon memilih Thomas menjadi uskup agung Split, namun karena pandangannya tentang otonomi Gereja di Split, rakyat jelata memberontak melawannya. Khawatir akan hidupnya, ia tidak pernah menduduki fungsi itu, dan pada akhirnya mengundurkan diri dari kehormatan tersebut. Karena itu, dalam karyanya dia menulis tentang masa depan uskup agung dengan kepahitan. Dia meninggal di Split pada tanggal 8 Mei 1268. Hari ini, makamnya terletak di Gereja St. Fransiskus.[6]

Pandangan[sunting | sunting sumber]

Thomas adalah pendukung kuat gerakan komune Abad Pertengahan di Split. Dia menulis tentang bangsawan Kroasia (dan raja-raja Hungaria pada masanya) di pedalaman kota dengan permusuhan besar, karena mereka berusaha menghancurkan otonomi kota. Dan sebaliknya, ia memperlakukan dengan adil mereka yang menghormati otonomi komune (raja-raja Kroasia, dan kemudian, raja-raja Hungaria pada abad ke-12). Pada tahun 1239 ia mengorganisasi administrasi baru ("latin") di Split, membawa Gargane de Ascindis dari Ancona, sebagai Podestà yang baru.[7] Dia juga seorang advokat otonomi Gereja di dalam kota (sesuai dengan ajaran resmi Gereja Roma) yang mengecualikan orang biasa dan warga dari campur tangan dalam bisnis Gereja (seperti pemilihan uskup agung).

Karya[sunting | sunting sumber]

Satu-satunya karya Thomas adalah Historia Salonitana, sejarah dari para uskup agung Salona dan Split yang ditulis dalam bahasa Latin.[8] Karya itu sendiri menggabungkan tiga genre sejarah abad pertengahan – historia, chronica dan memoriale. Akhirnya, karyanya melampaui tema sempit uskup agung, dan menjadi pencapaian sastra yang luar biasa yang meliputi seluruh periode abad pertengahan Kroasia hingga abad ke-13. Karena penelitian asli Thomas dalam arsip keuskupan agung di Split, ia membawa fakta dan berita dari dokumen yang saat ini tidak diketahui oleh sejarahwan kontemporer. Karena itu, karyanya tidak hanya bernilai secara harfiah, tetapi juga bernilai historis untuk sejarah Kroasia.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Radoslav Katičić: "Toma Arhiđakon i njegovo djelo" in Toma Arhiđakon: Historia Salonitana, Split, 2007.
  2. ^ Fine (Jr), John V. A. (2006). When Ethnicity Did Not Matter in the Balkans: A Study of Identity in Pre-Nationalist Croatia, Dalmatia, and Slavonia in the Medieval and Early-Modern Periods. Ann Arbor: University of Michigan Press.
  3. ^ Katičić: "Toma Arhiđakon i njegovo djelo", 2007, p. 338.
  4. ^ Eodem anno in die assumptionis dei genitricis, cum essem Bononie in studio, uidi sanctum Franciscum predicantem in platea ante palatium publicum, ubi tota pene civitas convenerat. Fuit autem exordium sermonis eius: angeli, homines, demones. De his enim tribus spiritibus rationalibus ita bene et discrete proposuit, ut multis litteratis, qui aderant, fieret admirationi non modice sermo hominis ydiote; nec tamen ipse modum predicantis tenuit, sed quasi concionantis. Tota uero uerborum eius discurrebat materies ad extinguendas inimicitias et ad pacis federa reformanda. Sordidus erat habitus, persona contemtibilis, et facies indecora. Sed tantum deus uerbis illius contulit efficatiam, ut multe tribus nobilium, inter quas antiquarum inimicitarium furor immanis multa sanguinis effusione fuerat debachatus, ad pacis consilium reducenteretur. Erga ipsum uero tam magna erat reuerentia hominum et deutio, ut uiri et mulieres in eum cateruatim ruerent, satagentes vel fimbriam eius tangere, aut aliquid de paniculis eius auferre. Historia Salonitana, p. 134.
  5. ^ James Ross Sweeney: "Thomas of Spalato and the Mongols: a Thirteenth Century Dalmatian Views of Mongol Customs." Florilegium 4 (1982): 156 – 183.
  6. ^ On his tombstone are engraved the following words: Doctrinam, Christe, docet archidiaconus iste; Thomas, hanc tenuit, moribus et docuit; Mundum sperne, fuge viciu(m), carnem preme, luge; pro vite fruge, lubrica lucra fuge. Spalatemque dedit ortu(m), quo vita recedit. Dum mors succedit vite, mea gl(ori)a cedit. Hic me vermis edit, sic iuri mortis obedit; corpus quod ledit, a(n)i(m)amque qui sibi credit. A. D. MCCLXVIII. mense madii octavo die intrante. Tomislav Raukar: Hrvatsko srednjovjekovlje Zagreb, 2007.
  7. ^ Katičić: "Toma arhiđakon i njegovo djelo", 2007.
  8. ^ The work is available in several translations (Croatian, Russian etc.) The English translation is available from 2006: Thomae Archidiaconi Spalatensis / Archdeacon Thomas of Split, Historia Salonitanorum atque Spalatinorum pontificum / History of the bishops of Salona and Split. Latin text by Olga Perić, edited, translated and annotated by Damir Karbić, Mirjana Matijević-Sokol and James Ross Sweeney. Budapest; New York: Central European University Press, 2006, (Central European medieval texts, vol. 4).
  9. ^ See Franjo Rački: Ocjena starijih izvora za hrvatsku i srbsku poviest srednjega vieka" Književnik I (1864) 358 – 388. [1] and Stéphane Gioanni, The bishops of Salona (2nd–7th century) in the Historia Salonitana by Thomas the Archdeacon (13th century): history and hagiography, in Écrire l’histoire des évêques et des papes, Fr. Bougard and M. Sot (edd.), Brepols, 2009, pp. 243–263