Theodore Lukits

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Theodore N. Lukits
Lahir(1897-11-26)26 November 1897
Timișoara, Austria-Hungaria (sekarang Rumania)
Meninggal20 Januari 1992(1992-01-20) (umur 94)
Santa Monica, California, United States
PendidikanSt. Louis School of Fine Arts, Chicago Art Academy, Chicago Art Institute, Barnes Medical College, Alphonse Mucha
Dikenal atasLukisan pemandangan, potret, ilustrasi, lukisan mural
Gerakan politikCalifornia Plein-Air, American Impressionism

Theodore Nikolai Lukits (26 November 1897 – 20 Januari 1992) adalah seorang pelukis potret dan lanskap Amerika Rumania. Ketenaran awalnya berasal dari potret aktris glamor dari era film bisu, tetapi sejak kematiannya, karya-karyanya yang terinspirasi dari Asia, tokoh-tokoh yang diambil dari California Hispanik dan lanskap pastel telah mendapat perhatian lebih besar.

Lukits memulai karir profesionalnya sebagai ilustrator saat masih remaja. Dia adalah seorang pelukis, muralis, dan pendiri Lukits Academy of Fine Arts di Los Angeles selama lebih dari enam puluh tahun. Dia memiliki reputasi sebagai pengrajin yang membuat catnya sendiri dari pigmen mentah, kuas dan palet yang dibuat, dan bingkai yang dirancang dan diukir. Lukits bertanggung jawab untuk menjaga metode "Beaux-Arts" dari sistem akademik Prancis tetap hidup di Amerika Serikat bagian barat, dan beberapa muridnya melanjutkan ke karir yang menonjol.[1] Karya-karyanya dipajang di banyak koleksi publik. Dia adalah anggota dari sejumlah organisasi seni profesional dan memenangkan banyak penghargaan dalam kompetisi. Lukits telah menjadi subyek sejumlah pameran museum tunggal sejak kematiannya, dan karyanya telah dimasukkan dalam sejumlah pameran museum lain yang didedikasikan untuk Tonalisme dan Impresionisme California dan Amerika.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morseburg, Theodore Lukits, CAC Newsletter articles

Pranala luar[sunting | sunting sumber]