The Visit (film 2015)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Visit
Poster resmi
SutradaraM. Night Shyamalan
Produser
Ditulis olehM. Night Shyamalan
Pemeran
SinematograferMaryse Alberti
PenyuntingLuke Ciarrocchi
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 30 Agustus 2015 (2015-08-30) (Dublin)
  • 11 September 2015 (2015-09-11) (Amerika Serikat)
Durasi94 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$5 juta
Pendapatan
kotor
$98.5 juta

The Visit adalah film horor komedi Amerika Serikat tahun 2015 yang ditulis, diproduksi bersama, dan disutradarai oleh M. Night Shyamalan dan dibintangi oleh Olivia DeJonge, Ed Oxenbould, Deanna Dunagan, Peter McRobbie dan Kathryn Hahn. Film ini menceritakan dua saudara muda, Becca dan adik laki-lakinya Tyler yang tinggal bersama ibu tunggal mereka yang sudah bercerai, dan telah meninggalkan rumah orang tuanya 15 tahun yang lalu. Setelah melihat cucu mereka secara online dan ingin bertemu dengan mereka, kakek-nenek mengundang mereka untuk menghabiskan seminggu di rumah pertanian mereka, sementara ibu mereka pergi berlayar dengan pacarnya.

Film ini dirilis di Amerika Utara pada 11 September 2015 oleh Universal Pictures. Film ini meraup $98,4 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi $5 juta dan menerima ulasan yang beragam dari para kritikus, dengan banyak yang menyebutnya sebagai film kembalinya karir Shyamalan.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua saudara kandung dari Philadelphia, Becca yang berusia 15 tahun dan Tyler yang berusia 13 tahun, bersiap untuk kunjungan lima hari ke rumah kakek-nenek mereka, sementara ibu mereka yang janda, Loretta pergi berlayar dengan pacarnya. Loretta mengungkapkan bahwa dia belum berbicara dengan orang tuanya dalam 15 tahun setelah menikahi guru sekolah menengahnya, yang tidak disetujui orang tuanya. Karena belum pernah bertemu kakek-nenek mereka, kedua bersaudara berencana untuk merekam film dokumenter tentang kunjungan mereka menggunakan kamera.

Becca dan Tyler bertemu kakek-nenek mereka, yang disebut sebagai "Nana" dan "Pop Pop" di stasiun kereta. Ketika mereka tiba di rumah pertanian kakek-nenek mereka, Becca dan Tyler diinstruksikan untuk jangan pergi ke ruang bawah tanah karena mengandung jamur, dan waktu tidur adalah pukul 9:30 setiap malam, setelah itu mereka tidak boleh meninggalkan kamar mereka. Meski awalnya kakek dan nenek terlihat menyenangkan, lama kelamaan perilaku mereka menjadi aneh. Malam pertama, satu jam setelah jam malam, Becca turun ke bawah untuk mengambil kue dan melihat Nana muntah. Pada siang hari, Nana dengan menyeramkan mengejar kedua saudara yang sedang bermain petak umpet. Kemudian, Tyler menemukan setumpuk popok kotor di gudang. Di perjalanan ke kota, Pop Pop menyerang seorang pria yang dia pikir mengikuti mereka.

Seorang wanita yang dibantu Nana dan Pop Pop dalam konseling membawa kue blueberry untuk berterima kasih kepada mereka, tetapi setelah konfrontasi, wanita tersebut tidak terlihat pergi. Prihatin dengan perilaku kakek-neneknya, Becca memeriksa internet dan menyimpulkan bahwa itu adalah perilaku normal untuk orang tua dan obrolan dengan Loretta memperkuat hal tersebut. Prihatin dengan kejadian itu, Tyler memutuskan untuk diam-diam memfilmkan ruang tamu pada malam hari, tetapi Nana menemukan kamera dan gagal mencoba masuk ke kamar tidur anak-anak yang terkunci.

Setelah menonton rekaman Nana dengan pisau, Becca dan Tyler melakukan panggilan video dengan ibunya dan memohon padanya untuk menjemput mereka. Setelah menunjukkan kakek-neneknya kepada ibunya saat mereka berada di luar, ibunya ketakutan menyatakan bahwa mereka bukan orang tuanya. Menyadari mereka telah tinggal dengan orang asing, kedua saudara mencoba meninggalkan rumah, tetapi Nana dan Pop Pop dengan paksa mendorong mereka untuk bermain Yahtzee. Kemudian, Becca menyelinap ke ruang bawah tanah dan menemukan mayat kakek-nenek asli mereka yang membusuk, bersama dengan seragam dari rumah sakit jiwa, di mana kakek-nenek asli mereka bekerja, di mana terungkap bahwa orang asing di rumah kakek-nenek mereka merupakan pasien yang melarikan diri. Pop Pop menangkap Becca dan mengurungnya di kamar tidur bersama Nana, yang mencoba menyerangnya dalam keadaan psikotik. Pop pop kemudian menyiksa Tyler secara psikologis dengan mengolesi wajahnya dengan popok kotornya. Setelah berjuang, Becca dengan menusuk Nana dengan pecahan kaca dari cermin yang pecah, lalu berlari ke dapur dan menyerang Pop Pop. Tyler menjatuhkan Pop Pop ke lantai dan membunuhnya dengan memukul kepalanya berulang kali dengan pintu kulkas. Kedua saudara melarikan diri ke luar rumah, di mana mereka bertemu dengan ibu mereka dan petugas polisi.

Setelah kejadian itu, Becca bertanya kepada Loretta tentang apa yang terjadi pada hari dia meninggalkan rumah 15 tahun yang lalu. Loretta menyatakan bahwa dia bertengkar hebat dengan orang tuanya, di mana dia memukul ibunya dan kemudian dipukul oleh ayahnya. Loretta kemudian meninggalkan rumah dan mengabaikan upaya mereka untuk menghubunginya. Dia kemudian memberitahu Becca untuk tidak menyimpan kemarahan atas pengabaian ayahnya, di mana dia memasukkan rekaman ayahnya dalam film dokumenter setelah sebelumnya mengatakan dia tidak akan melakukannya. Saat kredit akhir bergulir, Tyler (dalam persona T-Diamond-nya) membuat rap tentang peristiwa yang terjadi.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Olivia DeJonge sebagai Becca[2]
  • Ed Oxenbould sebagai Tyler[2]
  • Deanna Dunagan sebagai Marja Bella Jamison (Claire), "Nana"[2]
  • Peter McRobbie sebagai Frederick Spencer Jamison (Mitchell), "Pop Pop"[2]
  • Kathryn Hahn sebagai Loretta Jamison, ibu Becca dan Tyler[2]
  • Patch Darragh sebagai Dr. Sam
  • Celia Keenan-Bolger sebagai Stacey
  • Benjamin Kanes sebagai Corin, ayah Becca dan Tyler[2]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

The Visit umumnya mendapat ulasan positif dari para kritikus.[3] Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini mendapat peringkat persetujuan 68%, berdasarkan 231 ulasan, dengan peringkat rata-rata 5,9/10. Konsensus kritis situs tersebut berbunyi, "The Visit memberi penggemar horor perpaduan yang memuaskan antara sensasi dan tawa - dan juga menandakan sambutan kembali ke bentuk untuk penulis-sutradara M. Night Shyamalan."[4] Pada Metacritic film ini memiliki skor 55 dari 100 berdasarkan 34 kritikus, menunjukkan "ulasan campuran atau rata-rata".[5] Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata "B−" pada skala A+ hingga F.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]