The Two Mouseketeers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Two Mouseketeers
Episode Tom and Jerry
Nomor episodeMusim 1
Episode 65
SutradaraWilliam Hanna & Joseph Barbera
PenulisWilliam Hanna & Joseph Barbera
ProduserFredd Nahl
Tanggal siar15 Maret 1952 (1952-03-15)
Durasi7 menit 21 detik
Kronologi episode
← Sebelumnya
"The Duck Doctor"
Selanjutnya →
"Smitten Kitten"
Daftar episode Tom and Jerry


The Two Mouseketeers adalah kartun tahun 1952, yang juga merupakan kartun ke 65 dari serial Tom and Jerry, diproduksi dalam bentuk warna oleh Technicolor dan dipromosikan oleh Metro-Goldwyn-Mayer. Kartun ini diproduksi oleh Fredd Nahl dan diformatkan oleh William Hanna dan Joseph Barbera. The Two Mouseketeers memenangkan sebuah Academy Awards pada tahun 1952 dalam kategori "Best Short Subject: Cartoon". Kartun ini sendiri merupakan kartun yang paling banyak ditonton dari semua serial Tom & Jerry kedua, di belakang "Puss Gets The Boots". Karena kesuksesannya, Hanna-Barbera membuatkan sebuah tetralogi untuk kartun ini, diikuti dengan "Touche, Pussy Cat!", "Tom and Cherie", dan "Royal Nap Cat". Namun, tidak seperti The Two Mouseketeers, ketiga sekuelnya ini tidak menghasilkan Academy Awards.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Kartun terbuka dengan paduan suara pria menyanyikan "Prajurit Keberuntungan" sepanjang kredit. D'Artagnan dan Aramis adalah dua penembak yang memutuskan untuk membantu diri mereka sendiri untuk perjamuan mewah, yang seorang pelayan telah diperintahkan untuk menjaga Kapten Rochefort dan Sir Girard. Tapi jika dia gagal melakukannya, Tom akan dieksekusi dengan pemenggalan dari Guillotine. Jerry dan Nibbles memasuki aula istana melalui jendela kaca, melalui setelan baju besi, dan dengan parasut ke bawah ke meja. Mereka tak curiga menangkap perhatian Tom dengan memandikannya dengan sampanye. Kemudian, Nibbles membantu dirinya sendiri untuk beberapa makanan ketika menyanyi Alouette untuk dirinya sendiri, ketika Tom muncul di belakangnya dan menusuknya dengan pedangnya. Tikus kecil berteriak marah dalam protes: "Dia, perhatian-la! Vous pourez faire mal a quelqu'un, Monsieur Pussycat!... Pussycat ? ! Au secours! Au secours! Le pussycat! Le pussycat!" (Hey! Awas! Kau bisa menyakiti seseorang seperti itu, Tuan Pussycat. Kucing pengecut!" Tolong! Tolong! Si kucing! Pussycat! Sebelum Nibbles bisa lolos, Tom menusuk mantel tikus kecil dengan cepat. Jerry berhasil menusuk Tom di belakang dan menyelamatkan Nibbles. Jerry menempatkan custard di wajah Tom, meluncurkan pagar angsa yang melawan Tom, berakhir di Tom menangkap Jerry. Nibbles meluncurkan kapak ke arah Tom dan memotong setengah dari punggungnya Tom, dan Nibbles bersembunyi di beberapa buah. Nibbles lari dan jatuh ke dalam minuman - tapi Jerry menyelamatkannya dengan melemparkan tomat pada Tom, serta beberapa sayuran sebelum memanaskan mereka dan makan mereka seperti kebab. Nibbles berjalan keluar dari minum, mabuk, dan menusuk Tom di bawah. Tom menjerit kesakitan dan melompat ke atas. Nibbles melambaikan pedangnya sambil berkata, "Touche, Pussycat!" Tapi saat dia kabur, Tom menangkapnya. Jerry membuat tabungan dengan memukul Tom di kepala dengan goda begitu banyak bahwa Tom jatuh di meja, yang mengarah ke Tom dan Jerry memiliki pertarungan pedang. Sementara ini berlangsung, Nibbles membawa meriam dan memasukannya dengan semua makanan yang ada di meja makan. Setelah meriam penuh, dia menyalakan meriam, dan meledak dengan kekerasan, yang menembak Tom. Saat asap menghilang, Jerry dan Nibbles berjalan dengan kemenangan di jalan dengan makanan perjamuan curian. Tiba-tiba, dalam akhir yang tidak biasa, mereka melihat di jarak guillotine, dan dengan drumroll, dengan strongly menyarankan bahwa Tom dieksekusi (meskipun off-screen untuk mematuhi dengan Kode Hays). Kedua tikus teguk, dan Nibbles mendesah, "Pauvre, pauvre, Pussycat" (pussycat) dan semangka menambahkan "C'est la Guerre" (seperti perang). Kemudian dua Mousketeers melanjutkan kemenangan mereka berbaris ke jarak, mengetahui mereka adalah ksatria dengan baju besi yang bersinar. Chorus laki-laki menyanyikan beberapa baris terakhir dari "Prajurit Fortune" sebagai kartun ditutup.

Trivia[sunting | sunting sumber]

Adegan yang disensor[sunting | sunting sumber]

  • Saat guillotine dinaikkan dan dijatuhkan yang menyimbolkan Tom dihukum pancung, dipotong di beberapa stasiun TV yang menayangkan kartun ini, termasuk penayangan di MNCTV.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

  • Ada tiga buah sekuel dari kartun ini, antara lain Touché, Pussy Cat!, Tom and Chérie, and Royal Cat Nap. Catatan untuk kartun Tom and Chérie, walaupun judulnya seperti itu, tidak ada satu orangpun yang dipanggil "Cherie" dikartun itu.