The Tielman Brothers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Tielman Brothers adalah sebuah grup musik tertua asal Indonesia.[1] Mereka adalah anak dari Herman Tielman dan Flora Laurentine Hess asal kota Kupang Nusa Tenggara Timur. Musik mereka beraliran rock and roll, namun orang-orang di Belanda biasa menyebut musik mereka Indorock, sebuah perpaduan antara musik Indonesia dan Barat, dan memiliki akar di Keroncong dengan makanan khas kesukaan mereka yaitu Kocor makanan asli madura. The Tielman Brothers merupakan band Belanda-Indonesia pertama yang berhasil masuk internasional pada 1950-an. Mereka adalah salah satu perintis Rock And Roll di Belanda. Band ini cukup terkenal di Eropa, jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones.

The Tielman Brothers
Foto promosi pertama hotel de de schuur, breda 1957. Dua gitar Egmond Miller (Putih) & Egmond Caledonia (Gelap). Ponthon (Pojok kiri), Loulou (samping Andy), Andy (Tengah), Reggy (Pojok Kanan).
Foto promosi pertama hotel de de schuur, breda 1957. Dua gitar Egmond Miller (Putih) & Egmond Caledonia (Gelap). Ponthon (Pojok kiri), Loulou (samping Andy), Andy (Tengah), Reggy (Pojok Kanan).
Informasi latar belakang
AsalKupang, Indonesia
GenreRock and roll
Tahun aktif1945-1976
LabelFernap Records Imperial Records Ariola
Negram
Delta
Golden 12
Philips
EMI
Killroy
Dino
Artis terkaitEurasia,
Tielman Express,
Andy And His Indonesians,
Franky And The Timebreakers,
The Javalins,
The Black Dynamites
AnggotaAndy Tielman
Reggy Tielman
Ponthon Tielman
Loulou Tielman
Jane Tielman
Franky Luyten
Alphonse Faverey
Hans Bax
Robby Tumewu
Latuperisa
George de Fretes
Benny Heynen
Leo Masengi
Maurice de la Croix
Harry Koster
Dolf De Vries
Ilse Uchtmann
Eddy Chatelin
Frans Sahupala
Harry Berg
Erik "Ricky" Van Eldik
Alex Van Haasen
Robby Van Haasen
Guus Van Haasen
Sonja Bautz
Francess
Frans Vitalis
Max Tahalele
Wim Noya
Cornelis Nanlohy

The Tielman Brothers pernah tampil di Istana Negara Jakarta dihadapan Presiden Soekarno pada tahun 1949.[2] Karier rekaman mereka dimulai ketika keluarga Tielman pada tahun 1957 hijrah dan menetap di Breda, Belanda. Nama The Tielman Brothers lebih dikenal di Eropa, terutama Belanda. Di Indonesia sendiri nama The Tielman Brothers masih menjadi nama yang asing, meski dikenal hanya oleh para kolektor musik, sebuah kenyataan yang sangat disayangkan.

Aksi panggung The Tielman Brothers yang atraktif

The Tielman Brothers dipercaya lebih dulu memperkenalkan musik beraliran rock sebelum The Beatles. Aksi panggung mereka dikenal selalu atraktif dan menghibur. Mereka tampil sambil melompat-lompat, berguling-guling, serta menampilkan permainan gitar, bass, dan drum yang menawan. Andy Tielman, sang frontman, bahkan dipercaya telah memopulerkan atraksi bermain gitar dengan gigi, di belakang kepala atau di belakang badan jauh sebelum Jimi Hendrix, Jimmy Page atau Ritchie Blackmore.[3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1945-1956 The Early Days - Indonesia[sunting | sunting sumber]

The Timor 1948.jpg The Timor Rhythm Borthers (Indonesia 1945-1956)

Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (banjo, gitar, vokal)

Ponthon Tielman (bass ganda, gitar, vokal)

Loulou (Herman Lawrence) Tielman (drum, vokal)

Jane (Janette Loraine) Tielman (vokal)

(Ayah) Herman Tielman (manajer, gitar)

(Ibu) Flora Lorine Hess (presentasi)

Andy Tielman dan seluruh keluarga asalnya dari Timor. Waktu mereka masih kecil nama band mereka The Timor Rhythm Brothers namun pada tahun 1957 mereka berganti bandnya menjadi The Four Tielman Brothers dan pada tahun 1960 mereka berganti lagi dan resmi menjadi The Tielman Brothers.

Perjalanan musik The Tielman Brothers dimulai di Soerabaya pada tahun 1945, Di mana 4 saudara Tielman dan Jane pergi untuk menafsirkan lagu-lagu daerah dan tarian tradisional bersama-sama pada tahun tsb. Pastor Herman Tielman bekerja di bidang pelayaran dan kemudian menjadi pejabat kota di Soerabaya. Pada awal 1942 Herman Tielman direkrut menjadi Batalyon Badai Darat dan selama penahanannya pada Maret 1942 ia berakhir di kamp interniran Jepang.

Setelah pembebasan pada musim semi 1946, Herman Tielman dipekerjakan oleh KNIL sampai Juni 1948 dengan batalyon penjaga di Soerabaya.

Pada tahun 30an Herman Tielman (gitar dan banjo) telah membentuk duo dengan saudaranya Hendrik. Sepeninggal Hendrik, ia selalu bermain musik bersama teman-temannya di rumah di Surabaya selain pekerjaannya. Herman Tielman adalah musisi serba bisa yang fanatik dan dialah yang mengajari Reggy, Ponthon, Andy, Loulou dan Jane musik mereka yang kaya. Ponthon ingin memainkan bass besar sejak awal. Reggy ingin memainkan banjo dan Loulou kecil menyukai perangkat drum. Andy menjadi mahir bermain gitar solo. Selama penampilan pertama mereka di pesta rumah, mereka berhasil mengejutkan teman-teman ayah dengan lagu-lagu sulit seperti Tiger Rag dan 12th Street Rag.

Pertunjukan di berbagai private party di Surabaya pun diikuti. Segalanya berjalan cepat dan dalam waktu enam bulan mereka mengunjungi kamp-kamp militer Belanda sebagai THE TIMOR RHYTHM BROTHERS. Pastor Tielman dibesarkan di Kupang di Timor Barat. Setelah itu mereka mendapat tawaran dari NIWIN (Nasional Usaha Peduli Kesejahteraan Indonesia) dan bersama artis-artis Belanda seperti De Wama's, The Ramblers dan The Skymasters mereka berkeliling kota-kota besar di Indonesia. Pertunjukan mereka meliputi musik dan tarian dari seluruh nusantara, lengkap dengan pakaian yang serasi dan alat-alat ritual seperti tombak dan pedang perang. Pastor Tielman bermain gitar selama pertunjukan mereka dan ibu mengurus pengumuman.

Pada tanggal 29 Desember 1949, penyerahan kedaulatan secara resmi terjadi di Indonesia. Keluarga Tielman sekarang akan tampil untuk Indonesia. Mereka bahkan tampil di istana Soekarno di Jakarta. Ketika mereka sedikit lebih tua, mereka juga mulai memainkan lagu-lagu top dengan vokal harmoni yang sempurna. Pada tahun 1951 mereka diperkenalkan ke Guitar Boogie oleh Arthur Smith. Andy kemudian mengatakan dalam sebuah wawancara: 'ini adalah lagu pertama yang saya dan saudara laki-laki saya mainkan dengan rock'n'roll dengan menambahkan drum ke dalamnya'. Mereka kemudian juga mulai memainkan lagu-lagu Les Paul, Elvis Presley, Little Richard, Bill Haley, Fats Domino, Chuck Berry dan Gene Vincent. Andy mungkin juga bermain bersama Dolf de Vries di bandnya THE STARLIGHTS di Jakarta. Dia juga bermain di Sumatra tanpa saudara-saudaranya di band Hawaii milik Freddy Wehner.

Sampai pada akhir tahun 1956 mereka sekeluarga memutuskan untuk hijrah ke Belanda (Bussum).


1957 Breda - Den Haag (The Hague Zoo)[sunting | sunting sumber]

The 4 T'S 1957.jpg The Timor Rhythm Brothers - The Tielman Brothers - 4 T's.

Suatu saat mereka bisa melakukan tur besar-besaran di Indonesia, tapi kemudian mereka harus memilih untuk menjadi orang Indonesia. Herman Tielman berpikir bahwa anak-anaknya di Belanda memiliki lebih banyak kesempatan untuk masa depan. Pada tanggal 23 Maret 1957, keluarga Tielman menaiki MS Sibajak dan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok (Djakarta) menuju Belanda. Ponthon telah mendahului mereka setahun sebelumnya dan dirawat di sebuah pensiun di Baarn bersama istrinya Joyce Brandes dan putranya Nino dan Rossan.

Mereka tiba di Rotterdam pada 26 Maret 1957 dan ditampung di Breda dalam kontrak pensiun Smolders di Baronielaan 262. Mereka diperkenalkan dengan musim dingin Belanda. Untungnya, mereka menerima pakaian hangat dari Departemen Peduli Sosial. DMZ adalah bagian dari Kementerian Dalam Negeri dan bertanggung jawab atas penerimaan orang Indo-Belanda dan Maluku. Edu Schalk - kemudian penyanyi The Poetiray Brothers dari Oosterhout - adalah teman Indo pertama mereka di Breda, yang mengajak mereka berkeliling. Mereka hanya memiliki satu gitar tua sebelumnya. Pada titik tertentu mereka memasuki toko musik Spronk di Breda dan setelah mereka bertemu pemiliknya dengan penampilan Bye Bye Love dari The Everly Brothers telah berhasil meyakinkan mereka tentang kemampuan mereka, jika mereka diizinkan untuk membawa pulang gitar paling mahal dari toko secara kredit. Itu adalah gitar legendaris Miller putih besar dan gitar Caledonia gelap. Mereka adalah produk Belanda dari pabrik Eindhoven Egmond (tipe ES 57). Kemudian mereka membeli amplifier koper untuk menggantikan radio lama yang mereka gunakan sebelumnya.

Setelah berlatih selama sebulan, mereka tampil sebagai The 4 T untuk pertama kalinya pada 11 Mei 1957 saat prom Dansinstituut Leo Tiggelman di Stadsschouwburg Concordia di Van Coothplein, bersama The Constellation dari Amsterdam dan Sugarfoot Stompers dari Breda. Pertunjukan perdana Eropa yang diumumkan secara resmi berlangsung pada 19 Mei 1957 di Hotel De Schuur. Mereka tampil di sana beberapa kali tahun itu, seperti pada hari Minggu, 23 November. Mereka juga tampil dalam tarian terkenal Café Huijskens di Dalstraat. Mereka dengan cepat menjadi terkenal di Breda dan juga mulai tampil di tempat lain di Brabant, seperti Kamp Lunetten di Vught, Dancing De Cosmopoliet di Den Bosch dan De Astoria di Eindhoven.

Pada awal tahun 1958 keluarga Tielman dapat meninggalkan pensiun, karena mereka telah diberikan sebuah rumah di desa Hedel (Bommelerwaard, di Gelderland aan de Maas), hingga pertengahan tahun 1960 mereka datang untuk tinggal di Muntmeesterstraat di seberang Ponthon Tielman dan keluarganya. Mereka sekarang telah meninggalkan Breda untuk selamanya, tetapi sejarah Nederrock dimulai di Breda berkat mereka.


1958 Expo '58 Brussel - Hawaiian Village / Film Paprika[sunting | sunting sumber]

The 4 T'S 1958.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, vokal)

Ponthon Tielman (bass ganda, vokal)

Loulou Tielman (drum, vokal)

Lingkup atomium di Brussel masih mengingatkan kita pada pameran besar dunia Expo'58, yang diadakan di sana pada tahun 1958 dari 17 April hingga 19 Oktober. Musik Hawaii sama populernya dengan kami di Belgia dan sebuah desa Hawaii (Hawaiian Village) didirikan sebagai bagian dari taman hiburan. Dalam pengaturan pohon palem dengan langit biru dan tanaman dan bunga eksotis, ansambel Hawaii Mike Anoi (Guus 'saudara' Arends) & Royal Hawaiian-nya dan Rudi Wairata & Hawaiian Minstrels-nya (dengan penyanyi Ilse Hollard, yang bertunangan dengan Reggy selama Expo 'Uchtmann' Tielman) keduanya sebagai pemeran utama. Beberapa band Belanda tampil dan THE FOUR TIELMAN BROTHERS juga menerima undangan dari Mr. Morisson dari organisasi Desa Hawaii. Mereka diperbolehkan mengisi waktu istirahat selama 20 menit. Mereka menampilkan pertunjukan rock & roll yang spektakuler, yang belum pernah terlihat di Eropa. Andy memainkan gitar dengan kakinya, gitar dimainkan di bagian belakang leher, stik drum dipukul pada senar, akrobat dilakukan dengan double bass, gitar dilempar. Itu menjadi 6 bulan.

René 'Nappie' van Vlasselaer dari Belgia menjadi manajer mereka dan mengatur rekaman untuk label mereka Fernap. Bersama dengan saudaranya Ferry, ia memiliki perusahaan jukebox Fernap (Ferry dan Nappie). Rock Little Baby Of Mine adalah lagu rock uptempo yang ditulis oleh Andy Tielman serta balada You're Still The One . Label rekaman mencantumkan The Tielman Brothers dan alias Len Dixie tertentu André van Steyvoort. Inspirasi untuk kedua lagu tersebut berasal dari idolanya Elvis Presley, tetapi gaya khas Tielman sudah jelas hadir meskipun teknik perekamannya primitif. Sementara Andy dan Reggy Tielman telah membeli gitar baru Egmond Caledonia ES57 dengan 3 pickup.

Andy menikahi Jeanine Muylaert di Brussel selama periode itu. Putranya Rocky Roger lahir pada awal 1959. Ketika suatu malam di akhir Agustus 1958 semua gitar dan amplifier mereka hilang dalam kebakaran besar di Desa Hawaii, ayah mertuanya yang kaya, Roger Muylaert, membawa gitar dan amplifier Gibson yang sangat mahal dari Amerika. Andy mendapatkan Gibson Les Paul Goldtop dan Reggy dalam Gibson Les Paul Custom 3 Pickup ("Black Beauty") dan Gibson ES-350T pirang lainnya (gitar Chuck Berry 19555-1963). Juga 2 amplifier gitar Gibson GA-77 baru. Pertunjukan The Four Tielman Brothers kemudian dilanjutkan di Paladium, sebuah aula besar di dekat International Music Hall di taman hiburan Expo.

Pada musim panas tahun 1958, Westdeutscher Rundfunk WDR membuat film dokumenter panjang tentang Expo dan rekaman The Four Tielman Brothers juga dibuat. Bahkan selama 3 menit mereka memainkan instrumental rock 'n' roll dengan banyak improvisasi dan menampilkan sebuah pertunjukan, yang kemudian mereka sempurnakan dalam lagu Rollin' Rock mereka.

Hans-Joachim Kulenkampff dan Peter Frankenfeld menemukan Tielman Brothers di Expo dan membawa mereka ke Jerman pada akhir tahun 1958 untuk penampilan tamu di acara TV mereka dan pertunjukan musik di film Paprika.

Pada 1 November 1958 mereka mengadakan pertunjukan di Moors Paleis (aula berkubah besar) di Kebun Binatang Den Haag. Laporan foto berwarna yang indah dibuat di sana oleh Sam Patty.


1959 Circus / Bovema Studio[sunting | sunting sumber]

The 4 T'S 1959.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, vokal)

Ponthon Tielman (bass ganda, vokal)

Loulou Tielman (drum, vokal)

Pertunjukan pertama THE TIELMAN BROTHERS di Jerman pasti berlangsung dari tanggal 3 hingga 16 Januari 1959 di Plankenkaffee Kossenhaschen di Mannheim. Rekaman film dibuat di sana oleh Hessischer Rundfunk (HR). Rekaman itu disiarkan selama jeda antara dua program pada tanggal 27 Januari 1959. Kemudian, pertunjukan pendek tapi spektakuler ini (yang telah dilestarikan) disiarkan ulang di SWF-Abendschau. The Tielman Brothers juga tampil di sebuah pesta film pada tanggal 29 Januari 1959 di Hotel Deutsches Theatre di Munich pada acara pemutaran perdana film Paprika. Mereka bertemu Romy Schneider di sana dan dianugerahi pesanan film.

Pada tahun 1959 mereka bermain terutama sebagai tindakan istirahat di sirkus dan di pekan raya. Manajer Belgia mereka 'Nappie' van Vlasselaer telah menempatkan mereka di sirkuit itu. Mereka berkeliling Jerman dengan sirkus 'Fischer' dan tampil sebagai tamu di 'Octoberfest' yang terkenal di Munich.

Pada bulan Oktober 1959 René van Vlasselaer menghubungi Guus Jansen Jr. dari penerbit musik Basart untuk menghasilkan produksi rekaman gramofon oleh The Four Tielman Brothers. Jansen memperkenalkan mereka pada Gramofoonplatenmij Bovema dari Heemstede. Cor Aaftink, manajer label (Imperial) Bovema pada saat itu, memiliki keberanian untuk menawarkan grup rock 'n' roll kasar menurut standar Belanda sebuah kontrak rekaman. Selama audisi mereka, 6 lagu direkam. Single debut mereka menjadi salah satu highlights dari sejarah pop Belanda. Irama rock 'n' roll yang menular di Record Hop dan Swing It Up dan selain itu penampilan vokal Andy yang unik dan iringan instrumental dengan Ponthon masih pada double bass terdengar sangat internasional.


1960 TV Shows / The Hague Zoo / German Club[sunting | sunting sumber]

TB 1960.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, vokal)

Franky Luyten (gitar ritme, vokal)

Ponthon Tielman (bass ganda, gitar bass, vokal)

Loulou Tielman (drum, vokal)

Pada Januari 1960, Belanda dan lagi Den Haag berkenalan dengan THE TIELMAN BROTHERS untuk pertama kalinya. Pada tanggal 3 Januari 1960 mereka bermain di Moors Paleis (aula berkubah besar) di Kebun Binatang Haagsche. Sebuah pertunjukan yang masih dibicarakan dengan kagum oleh orang-orang beruntung yang ada di sana saat itu. Mereka muncul di TV pada 23 Januari. Malam musim dingin khas Belanda yang meringkuk di belakang kompor dan malam AVRO disiarkan di satu-satunya saluran TV kami. Dalam Pertunjukan Akhir Pekan dengan presenter Johnny Kraaijkamp dari studio AVRO di Bussum, empat bersaudara muncul, yang menyebut diri mereka Tielman Brothers. Mereka memulai penampilan sensasional mereka dengan Black Eyes dan melanjutkan penampilan mereka dengan Rollin' Rock, di mana semua elemen pertunjukan dikeluarkan dari lemari. Seperti solo drum yang panjang, di mana Loulou memainkan drum kitnya, Ponthon berbaring bermain di bawah double bass putihnya, Andy memainkan gitarnya di atas kepalanya dan berdiri di belakang punggungnya dengan double bass. Tentu saja ada elemen pertunjukan yang disalin dari Bill Haley & The Comets. Pertunjukan rock & roll yang sensasional dan berpasir seperti itu belum pernah ditampilkan di TV Belanda sebelumnya dan menurut saya belum pernah ada yang menandinginya. Rock & roll anak laki-laki Indo ini menghangatkan hati untuk negara kecil kita yang dingin, tetapi kritikus TV dan penikmat musik berpikir berbeda pada saat itu. Gelombang kritik menyusul di surat kabar. Untungnya, gambar sejarah ini telah dilestarikan dan 45 detik digunakan oleh Hans Heijnen dalam film dokumenternya Rockin' Ramona. Di dalamnya kita melihat bagaimana Andy memainkan gitar Gibsonnya dengan jari-jarinya yang panjang dan fleksibel dimata hitam . Kemudian pada tahun 1991 Rarity Records bahkan merilis acara TV bekerja sama dengan Tojo secara keseluruhan di video dan sound track di CD dan pada tahun 2004 dirilis sebagai materi bonus oleh Rarity Records di DVD Rockin' Ramona. Pada bulan Januari, The Tielman Brothers merekam 4 lagu di studio Bovema di Heemstede. My Maria (lagu yang paling banyak diminta selama bertahun-tahun), You're Still The One   dan Rock Little Baby (rekaman ulang album pertama mereka dari tahun 1958, semuanya terdengar sempurna sekarang).

Black Eyes adalah melodi tradisional gipsi Rusia dan musiknya aslinya ditulis oleh komposer Jerman Florian Hermann sebagai Hommage, Valse Opus 21 (diterbitkan tahun 1884). Ini menjadi lagu gitar instrumental pertama mereka yang direkam. Itu dikenal di Jawa Barat sebagai Panon Hideung (Sunda). Sumber inspirasi mereka, bagaimanapun, adalah adaptasi gitar instrumental Ochi Chornya (Dark Eyes) oleh Chet Atkins dari tahun 1955. Tielman Brothers memainkannya, seperti Chet Atkins, dengan tempo yang dipercepat di tengah jalan, tetapi sekarang dengan rock and roll asli. irama. Black Eyes menjadi lagu utama Tielman Brothers.

Kemudian mereka berangkat ke Jerman. Mereka memulai kontrak bulanan mereka yang dibayar dengan baik di Ringstuben di Mannheim. Keluarga Fluhrmann memiliki aula dansa ini dan Ringstuben selalu disebut sebagai Sputnik oleh band dan publik, karena dekorasinya dengan roket dan pesawat ruang angkasa futuristik. TIELMAN BROTHERS akan sering kembali. Kemudian mereka pindah ke Studio 15 di Düsseldorf dan Westhof yang menari indah di Heidelberg (lokasi legendaris lainnya, karena GI Amerika yang ditempatkan di sana). Aula dansa terkenal lainnya adalah Jolly Bar di Hanau (ini juga merupakan kamp tentara Amerika). Mereka kembali sekali lagi ke Bovema Studio untuk membuat sejumlah rekaman untuk LP 25cm pertama mereka, di sana mereka meminta bantuan gitaris/penyanyi Franky Luyten (tidak ada hubungan, meskipun berbicara tentang sepupu atau mertua dalam keluarga). Ini adalah angka-angkanya:O Sole Mio (sampul indah dari hit Elvis - It's Now Or Never ), ke-18. Century Rock (band rock Belanda pertama yang mengaransemen komposisi klasik - penampilan mereka atas karya WA Mozart menuai banyak kritik - kebetulan, tema utama dari sonata piano Mozart di C mayor, K.545 ini telah diadaptasi oleh Raymond Scott di 1939 dan dengan kuintetnya dirilis dengan judul In An 18th Century Drawing Room Inspirasi untuk Tielman Brothers adalah versi gitar oleh Hank Snow dan Chet Atkins), AAA (instrumen menarik, berdasarkan Big Guitar Owen Bradley dari tahun 1958), Pretend(cover sempurna dari hit Carl Mann, gitarisnya Eddie Bush juga menginspirasi karya gitar Andy), O Rosalie (hit Conway Twitty), April In Paris (instrumental yang indah, tetapi judulnya seharusnya I Love Paris ), I Can't Forget You (lagu khas Andy Tielman yang sensitif lainnya, satu-satunya cara dia bisa melakukannya - contoh mereka adalah penampilan oleh Carl Mann), Night Train (pertunjukan luhur dari instrumental R&B ini oleh Jimmy Forrest dari tahun 1952, versi The Ventures dari tahun 1960 adalah inspirasi mereka). Enam dari delapan rekaman ini sebelumnya muncul di singel. 18. Century Rock / Pretend bahkan di Amerika di Capitol. O Sole Mio datang pada tahun 1964 di LP 30 cm mereka, di mana kata-kata bersayap tertulis: "Kami tidak memiliki Indonesia lagi......Tetapi kami masih memiliki The Tielman Brothers". Instrumen Night Train tetap sangat langka, karena lagu ini hanya muncul di LP 'Tielman On Stage' tahun 1961 25cm mereka.

Franky Luyten pergi bersamanya ke Jerman dan dia akan tetap menjadi bagian dari THE TIELMAN BROTHERS sampai pertengahan 1964. Pada musim semi 1961 Andy Tielman membeli gitar Fender Jazzmaster dan amplifier Fender pertamanya (putih). Andy tahu gitar ini dari sampul LP The Ventures. Gitar ini juga ternyata sangat cocok untuk melempar ke udara (jauh lebih ringan dari Gibsons mereka) dan melakukan aksi akrobatik lainnya. Itulah faktor penentu dan peralatan Fender lengkap untuk band akhirnya dibeli di Radio-Musikhaus Barth di Stuttgart. TIELMAN BROTHERS juga memiliki rumah di Heidelberg pada saat itu.


1961-1962 German Club / Fender Jazzmaster / German TV Show[sunting | sunting sumber]

TB 1961-62.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, vokal)

Franky Luyten (gitar ritme, vokal)

Ponthon Tielman (gitar bass, bass 6 senar, vokal)

Loulou Tielman (drum, vokal)

Pada tahun 1962 Jane Tielman juga mulai tur dengan band lebih dan lebih. Tahun itu mereka juga mendapat kontrak rekaman di Jerman untuk perusahaan Ariola. Di sisi A single pertama mereka datang Tahiti Jungle (adaptasi dari Hawaiian War Chant oleh The Ventures) dan di sisi B schlager Fern Am Amazonas (Ariola memiliki kesuksesan The Blue Diamonds dalam pikiran dengan lagu-lagu seperti itu dalam pikiran) . Resep yang sama diikuti pada single Jerman ke-2 mereka: Java Guitars ( Gitar Boogie milik Andy dan sangat populer dan dimainkan kembali hingga hari ini) dengan Weine Nicht Kleine Tamara (cover oleh penyanyi schlager Jerman Rudi Schurike dari tahun 1951 - dibawakan dengan indah pada tahun 1964 oleh Jan de Hont dengan Masks-nya sebagai Tamara instrumental ). Single ke-3 mereka pada tahun 1962 sepenuhnya instrumental dengan aransemen lagu rakyat Jerman Little Hänschen Twist dan penampilan yang luar biasa dari T wistin' The Carioca (dari film musikal tahun 1933 'Flying Down To Rio' dengan Fred Astaire dan Ginger Rodgers).


1963-1964 Alphonse FavFaverey / Tel Aviv[sunting | sunting sumber]

TB 1962-63.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Alphonse 'Alfa' Faverey (gitar utama ke-2) mantan The Strangers ; ke The Four Beat Breakers -> The Time Breakers

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, bass 6 senar, vokal)

Franky Luyten (gitar ritme, vokal) ke The Four Beat Breakers -> The Time Breakers

Ponthon Tielman (gitar bass, bass 6 senar, vokal) untuk Tielman Royal ; lalu kembali ke Indonesia

Loulou Tielman (drum, vokal)

Jane Tielman (vokal)

Pada musim panas 1963, Andy dan Reggy Tielman mengalami kecelakaan mobil yang serius di Jerman. Mereka berakhir di bawah truk dengan Mercedes mereka. Reggy pulih setelah 2 minggu.

Andy mengalami koma selama 4 hari. Lengan kirinya remuk (patah di 8 tempat), karena terjebak di dalam mobil. Di rumah sakit, mereka ingin mengamputasi lengannya, sampai mereka tahu siapa itu. Mereka pergi untuk mencoba menyelamatkan lengannya. Setelah operasi, lengannya digips dan pemulihannya memakan waktu berbulan-bulan. Dia kemudian bermain dengan lengan yang bengkok dan terentang. Yang cukup keren dan terkadang ditiru.

Alphonse 'Alfa' Faverey bergabung dengan THE TIELMAN BROTHERS sebagai pengganti, bandnya THE STRANGERS telah bubar dan dia akan tetap tinggal setelah Andy kembali. Permainan gitarnya berkurang dan Andy mulai lebih fokus pada vokal. Andy memang melakukan inovasi di dunia gitar. Dia memasang empat senar banjo ekstra pada gitarnya dan dengan gitar 10 senar ini ia mampu mencapai efek khusus. Mitos mengatakan bahwa Leo Fender secara pribadi datang ke Ringstuben (Sputnik) untuk melihat dan mendengarkan gitar Andy.

Bersama dengan Alphonse Faverey mereka melakukan tur Israel pada bulan Desember 1963. Sayangnya, tur tersebut harus dibatalkan karena adu mulut dengan pihak penyelenggara. Sangat disayangkan bahwa tidak ada rekaman yang dibuat dari kombinasi ini dengan Alphonse di jajaran. Pada tahun 1964 Franky Luyten dan Alphonse Faverey kembali ke Belanda dan mendirikan THE FOUR BEAT BREAKERS (kemudian menjadi THE TIME BREAKERS).

Ponthon meninggalkan THE TIELMAN BROTHERS karena perbedaan pendapat dan bermain dengan bandnya sendiri TIELMAN ROYAL untuk sementara, kemudian kembali ke Indonesia di mana ia tinggal sampai kematiannya pada April 2000.


1964-1965 Palais de Danse[sunting | sunting sumber]

TB 1964-65.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, bass 6 senar, vokal)

Hans Bax (gitar ritme ) mantan The Javalins

Rob Latuperisa (gitar bass, bass 6 senar) mantan The Javalins

Loulou Tielman (drum, vokal)

Jane Tielman (vokal)

Bersama Hans Bax dan Rob Latuperisa dari band legendaris Indo-Rock THE JAVALINS, band ini kembali tampil di Jerman dengan nama THE TIELMAN BROTHERS. Meskipun Andy sendiri bermasalah dengan itu dan dia lebih suka melanjutkan sebagai THE TIELMAN BAND.

Dengan formasi ini, sebuah LP live direkam di Jerman pada akhir tahun 1964 dan serangkaian singel di mana Hello Caterina adalah salah satu lagunya sendiri yang lebih baik. LP ini terutama berisi cover beat dan lagu beat sendiri, karena repertoarnya harus semakin sesuai dengan tren saat itu - musik beat.

Pada tahun 1965 mereka menerima undangan untuk tampil di Palais De Danse di Scheveningen. Mereka tampil di sana dengan sukses besar di bulan Juli dan Agustus. Pendukungnya adalah ZZ and the MASKS dan ANDY STARR & THE STRIPES. Jos van Vliet yang sebelumnya aktif sebagai ketua klub penggemar THE CRAZY ROCKERS dan sekretaris pers di Negram/Delta Records membawa mereka ke studio dan hasilnya adalah album indah 'East & West', di mana Andy bersinar dalam 5 balada indah , termasuk Unchained Melody, Mary dan Danny Boy . Jane bernyanyi solo di Bring It On Home To Me . Reggy adalah penyanyi solo di beberapa lagu Indonesia, seperti Ole Sio dan Kekasih Ku. Vokal Andy di lagu Mukwai Hula juga menawan . Lagu Maria (West Side Story) dirilis sebagai single dan mencapai nomor 20 sebagai posisi tertinggi pada Oktober 1965. Single dengan instrumental Marabunta yang mengesankan ini juga dirilis di Amerika pada label Tongkat Kerajaan.

1966-1967 German[sunting | sunting sumber]

TB 1966-67.jpg Andy Tielman (gitar, vokal)

Reggy Tielman (gitar ritem staccato, gitar utama ke-2, bass 6 senar, vokal)

Hans Bax (gitar ritme)

Rob Latuperisa (gitar bass, bass 6 senar)

Loulou Tielman (drum, vokal)

Jane Tielman (vokal)

Hingga tahun 1967 ia masih membuat rekaman untuk label Ariola Jerman, namun gaya khas Tielman sering kali sulit ditemukan. Pada tahun 1967 mereka secara tak terduga membuat hit terbesar mereka dalam karier mereka. Little Bird direkam di Belanda pada tahun 1967 dan mencapai nomor 7 di Top 40. Rekor ini dirilis di Amerika pada label Ranwood.

Ini diikuti oleh periode dengan line-up yang terus berubah dan mereka tampil sebagai ANDY TIELMAN & THE TIELMAN BROTHERS. Suara khas Tielman telah menghilang lebih jauh dan baru pada tahun 1979 Andy akan menunjukkan kembali kejayaan lamanya di LP-nya 'Back To The Fifties' (Killroy/Telstar). Terutama instrumental Sarinandé membuat kesan besar dan sangat istimewa akhirnya menemukan LP dengan 4 buah instrumental, setelah semua ini adalah akar sebenarnya dari Tielman Brothers.


Tielman Royal (Ponthon Tielman)[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan 1964:

Max Tahalele (gitar) ex- The Black Magic ; ke The Royal Six

Jimmy James (gitar/vokal) mantan The 6 Tornados

Ponthon Tielman (gitar bass) mantan- The Tielman Brothers

Gerard Buskop (piano/organ) mantan The Javalins

Walter Kohn (Doron Cohen) (saksofon) mantan Ricky Brown & The Hi-Lites (Southampton)

Radja Dalimonthee (drum) mantan The Pacifics ; ke Gardenia

Band bassis Ponthon Tielman dengan sejumlah musisi ternama Indo, setelah ia meninggalkan The Tielman Brothers. Tidak lama kemudian, ia kembali ke Indonesia, di mana ia meninggal pada tanggal 9 April 2000 di Jember.

Personil[sunting | sunting sumber]

  • Andy Tielman - vokal, gitar
  • Reggy Tielman - gitar, banjo, vokal
  • Ponthon Tielman - contrabass, gitar, vokal
  • Loulou (Herman Lawrence) Tielman - drum, vokal
  • Jane (Janette Loraine) Tielman - vokal
  • Fauzi (Firdaus Fauzi) Tielman - organ

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Artikel ini disusun dari berbagai sumber.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]