The Taebaek Mountains

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Taebaek Mountains
Poster untuk The Taebaek Mountains (1994)
Nama lain
Hangul
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanTaebaek Sanmaek
McCune–ReischauerT‘aebaeksanmaek
SutradaraIm Kwon-taek
ProduserLee Tae-won
Ditulis olehCho Jeong-lae
Song Neung-han
Berdasarkan
Taebaek Sanmaek
oleh Jo Jung-rae[1]
PemeranAhn Sung-ki
Bang Eun-jin
Penata musikKim Soo-chul
SinematograferJung Il-sung
PenyuntingPark Sun-duk
DistributorTaehung Pictures
Tanggal rilis
  • 17 September 1994 (1994-09-17)
Durasi168 menit
NegaraKorea Selatan
BahasaKorea
Pendapatan
kotor
$440[2]

The Taebaek Mountains (Hangul태백산맥; RRTaebaek Sanmaek) adalah film Korea Selatan tahun 1994 yang disutradarai oleh Im Kwon-taek.

Alur[sunting | sunting sumber]

Film ini berasal dari cerita sungai besar Taebaegsanmaek yang terdiri dari 10 volume dan ditulis oleh Cho Jeongrae. Cerita ini mencoba menggambarkan dan mengungkap beberapa konflik yang berlangsung beberapa generasi antara si kaya (pemilik) dan si miskin (petani), yang masing-masing berkembang menjadi sayap kanan dan sayap kiri. Sambil mengungkapkan mengapa dan bagaimana konflik itu terjadi, cerita ini menggambarkan setiap sudut kehidupan nyata—aspek romantis, perdukunan, dan Konfusianisme dari orang-orang sezamannya. Ini memberikan wawasan lebih lanjut ke dalam isu ideologi politik kontroversial di mana sudut pandang hampir mengeras di antara lebih dari 40-an di Korea Selatan. Isu ideologis ini bertahan bahkan pada era digital untuk memiliki efek substansial pada pemilihan presiden. Penulis berani menunjukkan dari mana konflik ideologis itu berasal dan mencoba menggambarkannya secara rinci dan dengan keterampilan artistik menguasai bahasa sehari-hari Korea yang memberi pembacanya rasa sebenarnya dari ekspresi dialek Korea terutama di bagian selatan provinsi Jeolla.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Sarjana film Korea, Kim Kyung-hyun mendeskripsikan penerimaan The Taebaek Mountains oleh penonton Korea Selatan dan kritik sebagai "menunjukkan sedikit antusiasme."[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Menang[sunting | sunting sumber]

Nominasi[sunting | sunting sumber]

Disajikan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Taebaek Sanmaek". The Complete Index to World Film. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-20. Diakses tanggal 2007-11-07. 
  2. ^ "The Tae Baek Mountains (1994)". Korean Film Council. Diakses tanggal 2021-07-07. 
  3. ^ Kim, Kyung-hyun (2004). "3. 'Is This How the War is Remembered?': Violent Sex and the Korean War in Silver Stallion, Spring in My Hometown, and The Taebaek Mountains". The Remasculinization of Korean Cinema. Durham and London: Duke University Press. hlm. 87. ISBN 0-8223-3267-1. 
  4. ^ "Berlinale: 1995 Programme". Berlin International Film Festival. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-16. Diakses tanggal 2011-07-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]