The Substitute (film 1996)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Substitute
SutradaraRobert Mandel
Ditulis olehRoy Frumkes
Rocco Simonelli
PemeranTom Berenger
Ernie Hudson
Diane Venora
Glenn Plummer
Cliff De Young
Marc Anthony
Richard Brooks
Raymond Cruz
Luis Guzmán
William Forsythe
DistributorOrion Pictures
Tanggal rilis
  • 19 April 1996 (1996-04-19)
Durasi114 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$14.818.176

The Substitute adalah sebuah film laga-kriminal-thriller Amerika Serikat tahun 1996 yang sebagian besar berlokasi di Miami, Florida. Film yang disutradarai oleh Robert Mandel ini pemainnya antara lain adalah Tom Berenger, Ernie Hudson, Marc Anthony, William Forsythe, Raymond Cruz, dan Luis Guzmán.

Plot[sunting | sunting sumber]

Plot ini berkisar Shale (Berenger), seorang tentara bayaran dan veteran Vietnam yang pergi menyamar sebagai guru SMA di Miami untuk memerangi geng. Pada awal film Shale datang ke rumah dari misi bencana di mana tiga orang dibunuh dalam sebuah operasi di Kuba. Dia tiba di Miami untuk mengetahui bahwa serangan tempurung lutut telah meninggalkan pacarnya Jane Hetzko dengan kaki yang patah. Shale memutuskan untuk memainkan bagian dari seorang guru pengganti berpendidikan Harvard dan merekrut mantan prajuritnya (Raymond Cruz, Luis Guzmán, Richard Brooks, dan William Forsythe) untuk menemukan biang keladinya. Sementara mengajar sejarah, Shale melintasi jalan dengan pemimpin geng "Kings of Destruction" (KOD) Juan Lacas (Marc Anthony). Shale menyadari Lacas yang bertanggung jawab atas serangan Jane, tapi itu hanyalah puncak gunung es dari kegiatan keji. Tim Shale menyusup sekolah dan memasang peralatan pengawasan militer di seluruh kamar mandi dan koridor yang mengarah pada penemuan bahwa Lacas bersekongkol dengan kepala sekolah Rolle (Ernie Hudson) untuk menggunakan bus sekolah dan kompartemen penyimpanan rahasia mereka sebagai pipa penyalur untuk cincin distribusi heroin di wilayah Miami besar.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Sebuah soundtrack yang berisi musik hip hop dirilis pada tanggal 9 April 1996 oleh Priority Records. Album ini memuncak di #90 pada Billboard 200 dan #18 pada Top R&B/Hip-Hop Albums.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Tiga sekuel "direct-to-DVD" dibuat dengan Treat Williams menggantikan Tom Berenger: The Substitute 2: School's Out, The Substitute 3: Winner Takes All, dan The Substitute 4: Failure Is Not An Option.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]