The Story Keepers

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Story Keepers
PembuatAndrew Melrose & Brian D. Brown
PengarangAndrew Melrose, Brian D. Brown, David Weiss, J. David Stem and Eric J. Danenberg
SutradaraJimmy T. Murakami
Jumlah episode13
Rumah produksiShepherd Films
Zondervan and Focus on the Family
Pranala luar
Situs web

The Story Keepers (Para Penjaga Cerita) adalah sebuah seri video animasi Kristen yang dibuat oleh Andrew Melrose dan Brian D. Brown, diproduksi oleh Zondervan dari tahun 1995 sampai tahun 1997 di Amerika Serikat dan Irlandia. Seri ini bercerita tentang petualangan seorang pemimpin Kristen, istrinya, dan anak-anak asuh yang tinggal di Roma, Italia pada tahun 64 M yang misinya adalah untuk menjaga cerita Yesus supaya tetap hidup selama abad ke-1 M. Seri ini terdiri dari tiga belas episode, dan memiliki dua film full-length yang merupakan kompilasi dari empat episode. Produser yang sama juga membuat seri "Friends and Heroes".

Pendahuluan[sunting | sunting sumber]

Pendahuluan untuk masing-masing episode sebelum pembukaan kredit dapat diterjemahkan sebagai berikut:

"Roma, 64 M. Kaisar Nero telah mengeluarkan amarahnya terhadap orang-orang Kristen. Kejahatan mereka: Menyatakan seorang Raja yang lebih tinggi daripada Kaisar. Setelah menyulut api ke kota, Nero menyalahkan orang-orang Kristen, dan meluncurkan kampanye baru untuk memusnahkan mereka. Keluarga dipisahkan, anak-anak kehilangan tempat tinggal, sementara ribuan orang dijual ke perbudakan atau dilempar ke kandang singa. Melarikan diri dari paniknya api, dan menghindari majunya tentara, sekelompok anak-anak menemukan tempat berlindung dalam perawatan lembut dari Ben dan Helena; seorang tukang roti lokal, dan istrinya. Di sini anak-anak menemukan sebuah jaringan rahasia dari sejumlah laki-laki dan perempuan pemberani, yang mempertaruhkan hidup mereka untuk membantu satu sama lain, dan menceritakan cerita dari penyampai cerita yang hebat, seseorang yang disebut Yesus. Sementara menunggu hari ketika orang tua mereka akan kembali, Anna, Cyrus, Justin, dan Marcus, memulai petualangan seumur hidup, bersama-sama dengan Ben, Helena, dan teman-teman mereka, orang-orang Kristen bawah tanah. Misi mereka: Untuk menjaga cerita Yesus supaya tetap hidup. Ini adalah kisah mereka. Mereka adalah Storykeepers! (Para Penjaga Cerita!)"

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

  • Benjamin bar Simeon, dipanggil singkat Ben, adalah seorang tukang roti Yahudi berusia 37 tahun dan imam gereja bawah tanah. Ia dibesarkan di Galilea, di mana sebagai anak laki-laki ia menyaksikan Yesus menggunakan makan siangnya untuk memberi makan 5000 orang.[1] Ia dipaksa untuk pindah ke Roma karena orang Romawi sangat menyukai rotinya. Ia dan istrinya Helena mengasuh empat anak angkat yang terpisah dari orang tua mereka saat terjadi kebakaran terkenal pada tanggal 18 Juli 64 M. Pada awalnya, gereja Ben tetap menjadi rahasia, dan dia bahkan mencapai status tukang roti resmi Kaisar,[2] yang berguna pada lebih dari satu kesempatan. Ketika ia ditemukan sebagai seorang pemimpin Kristen, ia ditangkap dan dijatuhi hukuman mati dengan penyaliban. Ia diselamatkan oleh seorang perwira dengan siapa ia telah berbagi cerita tentang kebangkitan Yesus. Setelah melarikan diri dari Roma ke Shem Hadar, Ben ditangkap bersama dengan seorang mantan perwira yang bernama Tacticus dan dipaksa berbaris melintasi padang pasir tanpa air. Ia akhirnya diselamatkan oleh keluarganya, dan menetap di Shem Hadar, di mana ia terus menggembalakan gerejanya.
  • Helena bar Simeon adalah istri Ben yang manis dan lembut. Dia juga seorang pemimpin dalam gereja bawah tanah seperti Ben, dan sosok ibu bagi anak-anak yang telah diangkat anak olehnya dan Ben. Seperti Ben, dia juga terampil membuat roti dan menceritakan kisah-kisah, serta dialah yang biasanya memimpin gereja jika Ben absen. Dia sendiri tampaknya tidak pernah ke Israel, tetapi orang tuanya pernah melewati Nazaret.[3] Pada satu waktu, Helena dan tiga anak-anak terperangkap di dalam toko roti ketika Nihilus menyulutnya dengan api untuk memaksa Ben keluar dari persembunyian. Mereka diselamatkan ketika Ben, Tacticus, dan hamba-hamba penggilingan lokal membuat terowongan ke dalam toko roti dari katakombe. Ketika Ben ditangkap oleh tentara Nero, Helena lah yang membuat rencana dan memimpin operasi penyelamatan, serta mengatur gereja melarikan diri dari Roma. Dia dan anak-anak ditangkap dalam proses itu, tetapi mereka melarikan diri dengan bantuan dari Capella, salah satu dari perwira Nero. Ketika Ben dan Tacticus ditangkap lagi oleh Nihilus di padang pasir di tengah jalan ke Shem Hadar, Helena membantu melacak dan menyelamatkan mereka.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

  • Zakkai, dipanggil singkat Zak, adalah seorang pemuda berusia 17 tahun yang tinggal bersama Ben dan Helena. Almarhum ayahnya adalah pemimpin di antara orang Yahudi Zelot, dan Zak, dengan caranya sendiri, meneruskan perlawanan itu. Pamannya, Mordecai, juga seorang pemimpin Zelot, pernah pergi ke Roma untuk mengunjunginya.[4]
  • Justin ben Judah, diperankan oleh Adam Wylie, adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun, putra seorang tukang kayu Yahudi bernama Joshua ben Judah. Ia tinggal dengan keluarganya di Roma sampai ada penganiayaan yang menyusul kebakaran pada tanggal 18 Juli. Justin dan Marcus kemudian bersatu kembali dengan orang tua mereka di Shem Hadar sebagai pahala iman mereka.
  • Marcus ben Judah adalah seorang anak laki-laki berusia 4 tahun, adik laki-laki Justin dan putra bungsu Joshua ben Judah.
  • Anna seorang anak perempuan berusia 10 tahun. Iman Anna diberi pahala ketika Tacticus dan Miriam mengadopsinya setelah mereka menikah.[5]
  • Cyrus adalah seorang anak laki-laki berusia 8 tahun, keturunan Italia Afrika, putra dari pemain sirkus Sabin dan Risa. Bersama teman-teman pemain sirkus ia membantu menyelamatkan Ben dan orang-orang lain, lalu mereka semua berangkat ke Shem Hadar.

Karakter yang berulang[sunting | sunting sumber]

  • Kaisar Nero, adalah Kaisar di Roma selama serial ini. Ia melancarkan serangan untuk memusnahkan Kekristenan dari seluruh wilayah kekaisaran. Nero digambarkan dalam serial ini sebagai seorang bertubuh pendek kurus yang suka bermain harpa dan menyanyi, tetapi tidak punya bakat untuk keduanya. Ia mudah ditipu, tidak mengenali samaran tukang roti favoritnya sendiri.[6] Serial The Storykeepers mempromosikan bahwa Nero yang menyulut api yang membakar Roma pada tanggal 18 Juli 64 M. Dalam serial ini, Nero masih melakukan pembakaran lain. Pada episode "Ready, Aim, Fire," ia mengizinkan centurion Nihilus untuk meluncurkan api ke daerah pedagang (merchant district), karena ingin mengosongkan tanah untuk membangun sebuah pantheon. Tidak seperti karakter lainnya yang berbicara bahasa Inggris dengan aksen Amerika Serikat, Nero berbicara dengan aksen Britania dan pelat. Nero juga digambarkan mempunyai masalah penyakit hidup.
  • Nihilus, seorang perwira (centurion) pengawal Praetorian, dan dikenal karena kebengisannya.<1-- He has a few centurions under him, but he sees them as distractions and rivals rather than as students.[7] Nihilus once designed and built a catapult that he used to launch balls of flaming debris at portions of the city in an attempt to flush out Christians hiding in the tunnels beneath the city. He hates losing, and when his plans are thwarted, he takes it personally. After the sabotage of the catapult, he begins to suspect Tacticus as a Christian.[8] He vows to capture Tacticus and see him killed. He attempts several times to get to Tacticus through Ben and his family, but each time his plans are thwarted. His irrational behavior and repeated failures anger Nero, who relieves him of duty and threatens his life. Nihilus returns the threat and takes off in pursuit of Ben and Tacticus.[9] He trails them to the desert around Shem Hadar and kidnaps them, planning to turn them over to bounty hunters as an act of revenge. When Helena and the others come to the rescue, Nihilus and Tacticus find themselves battling it out on the edge of a cliff.--> Nihilus akhirnya jatuh mati setelah menolak pertolongan Tacticus.
  • Tacticus adalah seorang centurion favorit Kaisar Nero, dan rival Nihilus. Ia ingin tahu mengenai Kekristenan, menolak untuk percaya bahwa mereka kemungkinan menyulut api ke kota seperti yang diklaim oleh Nero. Orang Kristen pertama yang dijumpainya adalah Zak, yang ditahan olehnya karena membawa gulungan pemberontak, dan menggunakan saluran air sebagai sarana transportasi.[10] Ia mewawancarai Zak di penjara, mendorongnya untuk menuruti Nero supaya tidak dihukum mati. Kegigihan Zak mengherankan Tacticus, dan akhirnya ia menolong Zak lari dari istana. Kemudian, ketika mengejar seorang misionaris melalui katakombe, Tacticus terluka di dalam gua dan ditinggalkan oleh Nihilus. Ia ditolong oleh Justin dan Anna. Tergerak oleh kebaikan anak-anak itu dan heran bahwa mereka menolong nyawanya, Tacticus menjadi sekutu Ben, serta akhirnya menjadi orang Kristen. Statusnya terbongkar oleh Nero ketika ia menolak untuk berpartisipasi dalam pemujaan bersama untuk Nero pada hari ulang tahun kaisar itu. Ia dipecat dari jabatannya dan dipenjarakan, tetapi ditolong oleh Ben dan grupnya. Ia jatuh cinta pada Miriam, salah satu hamba istana. Allah memberi pahala bagi iman Tacticus ketika ia akhirnya menikah dengan Miriam dan mengadopsi Anna sebagai putri mereka berdua setelah ia lolos dari Roma. Ia mengirimkan Miriam dan Anna mendahuluinya ke Shem Hadar melalui Port Sa'id, suatu pos terdepan Romawi, sementara ia dan Ben mengambil jalan darat melalui padang gurun. Ia dan Ben ditangkap di tengah jalan oleh Nihilus dan anak buahnya, tetapi setelah lewat satu hari, mereka ditolong oleh keluarga Ben. Tacticus melakukan duel melawan Nihilus, sampai keduanya tergantung di tepi jurang. Ben dan Zak menolong mengangkat Tacticus ke atas, tetapi ketika Tacticus mengulurkan tangan untuk menolong Nihilus, Nihilus menolak dan jatuh mati ke dalam jurang. Tacticus dan orang-orang lain menyelesaikan perjalanan mereka di Shem Hadar, di mana Tacticus lega bisa bersatu kembali dengan keluarganya sendiri.
  • Stoutacus adalah seorang penjaga yang bertugas di Circus Maximus.
  • Snivelus adalah seorang pengawal pribadi Nero, dan seorang sycophant penuh.
  • Miriam adalah hamba pribadi Ratu Poppaea Sabina, dan teman baik Anna. Ia adalah "orang dalam" Ben di istana.[11] Ia jatuh cinta pada Tacticus, dan Anna sering menggodanya karena hal itu. Ketika Tacticus dibongkar kedoknya sebagai orang Kristen, Miriam dan Anna merencanakan pembebasan Tacticus. Akibatnya ia bersama-sama Tacticus menjadi pelarian. Miriam, Tacticus, dan kedua orang tua Miriam kemudian diselundupkan ke luar dari Roma serta naik kapal ke Shem Hadar. Miriam menikah dengan Tacticus di atas kapal waktu perjalanan, dan mereka mengadopsi Anna sebagai anak, yang telah diidamkan oleh Anna sejak di Roma. Miriam hanya muncul pada lima episode terakhir dalam seri ini.
  • Milo seorang pemandu wisata tua yang dipekerjakan oleh Ben guna membawanya dan keluarganya ke Ostia untuk suatu pertemuan,[12] dan kemudian bertemu Ben dan grupnya di padang gurun antara Port Sa'id dan Shem Hadar.
  • Regis adalah kuda penarik kereta milik Milo dan sekaligus sahabat tetapnya. Awalnya, Zak tidak suka Regis sebagaimana ia tidak menyukai Milo. Akhirnya Zak bersikap hangat terhadap Regis, terutama setelah kuda itu melarikan diri sendiri dari tahanan Nihilus dan berhasil sampai ke Zak dan grupnya.[13]
  • Antonius the miller Antonius pertama muncul dalam episode Trapped!, tetapi tidak disebut namanya. Zak membandingkan Antonius dengan Yudas Iskariot, tetapi tidak seperti Yudas, Antonius bertobat dan minta ampun kepada Allah.[14]
  • Capella adalah seorang perwira Centurion yang muncul dalam episode 10-12 (Easter; "Paskah"). Capella terluka parah dalam pertempuran, dan mati karena lukanya dalam pelukan Ben, setelah mendorong Ben untuk melanjutkan menyampaikan cerita tentang Yesus. Karena pengorbanannya, Capella dikuburkan dalam makam keluarga Senator Patronius, seorang sahabat Ben.

Episode[sunting | sunting sumber]

  1. Breakout - seorang pemain sirkus jalanan muda bernama Cyrus ditangkap saat terjadi serangan ke gereja dan dijatuhi hukuman dilempar ke kandang singa. Anna meyakinkan Ben untuk meluncurkan operasi penyelamatan. *Catatan*: "Breakout" merupakan episode pilot "The Story Keepers". - (UK Transmission Upload: 01/12/1997)
  2. Raging Waters - Zakkai dan anak-anak harus menyelundupkan sebuah gulungan yang berisi cerita tentang Yesus ke sebuah gereja di kota, dan menggunakan saluran air untuk melakukannya. Tampaknya semua lancar sampai Zak ditangkap oleh seorang perwira Romawi bernama Tacticus. - (UK Transmission Upload: 01/19/1997)
  3. Catacomb Rescue (Penyelamatan Katakombe) - Ben dan grup harus membantu seorang misionaris bernama Ephriam melarikan diri dari Roma, tapi pertama mereka perlu untuk mendapatkan surat perjalanan baginya. Ketika Nihilus dan Tacticus datang mencari Ephriam, Ben dan Anna memimpin grup itu melalui katakombe. Ketika Anna dan Justin terjebak di sebuah gua dengan Tacticus yang terluka, mereka belajar tentang nilai mengasihi sesama mereka dari perumpamaan Yesus tentang orang Samaria yang baik hati. - (UK Transmission Upload: 01/26/1997)
  4. Ready, Aim, Fire! (Siap, Sasaran, Tembak!) - Paman Zak, Mordekhai, datang berkunjung, dan Zak mencoba sekuatnya untuk menyenangkannya. Sementara itu, Nihilus dan Nero memiliki rencana untuk merenovasi kota melalui api, dan Tacticus harus menemukan cara untuk mengulur waktu agar Ben dan gereja-nya mempunyai kesempatan melarikan diri. - (UK Transmission Upload: 02/02/1997)
  5. Sink or Swim (Tenggelam atau Berenang) - Justin mengetahui tentang kapal yang memuat para budak di mana ayahnya (yang juga ayah Marcus), Joshua ben Yehuda, mungkin dipenjarakan, dan Ben setuju untuk membantu Justin mencari kapal itu. Tapi grup itu tiba-tiba terjebak ketika kapal itu sekonyong-konyong dipanggil ke laut untuk melakukan pertempuran dengan kapal budak pemberontak. - (UK Transmission Upload: 02/09/1997)
  6. Starlight Escape (Melarikan diri dengan sinar bintang) - Roma telah menjadi terlalu berbahaya untuk mengadakan pertemuan besar, sehingga Ben, Helena, dan anak-anak melakukan perjalanan ke Ostia dengan seorang pemandu bernama Milo. Bukan perjalanan yang mudah karena mereka diburu oleh patroli Romawi di sepanjang jalan. Ben dan Helena menggunakan waktu perjalanan panjang itu untuk memberitahu anak-anak mengenai kisah kelahiran Yesus dan kunjungan orang Majus. - (UK Transmission Upload: 02/16/1997)
  7. Roar in the Night (Gemuruh di malam hari) - Marcus telah berteman dengan dua anak singa yang telah melarikan diri dari pelatih hewan Nero yang kejam. Dia bertekad untuk menemukan cara untuk membawa anak-anak singa itu keluar dari cengkeraman Nero, tapi itu mungkin berarti harus melepaskan mereka di Afrika bukannya memelihara mereka sendiri. - (UK Transmission Upload: 02/23/1997)
  8. Captured! (Ditangkap!) - Cyrus ditangkap oleh patroli ketika sedang memamerkan keterampilan akrobatik, hanya untuk dijual ke pedagang lokal yang terkesan oleh bakat Cyrus. Cyrus menemukan dirinya hidup dalam kehidupan yang baik, dan ketika Ben & teman-teman mencoba untuk menyelamatkannya, ia menolak untuk kembali ke toko roti. Helena mengatakan anak-anak perumpamaan Yesus tentang Anak yang Hilang dan mendorong mereka untuk berdoa untuk Cyrus. - (UK Transmission Upload: 03/02/1997)
  9. Trapped! (Terjebak!) - iman Tacticus muncul kembali ketika dia menolak untuk ikut serta dalam wajib menyembah kaisar Nero di pesta ulang tahunnya. Ben dan kawan-kawan meminta bantuan hamba Ratu Sabina, Miriam, untuk menyelamatkan Tacticus. - (UK Transmission Upload: 03/09/1997)
  10. Tricked By A Traitor (Tertipu Oleh Pengkhianat) - lokal miller mengungkapkan Ben operasi, mengirim dia bersembunyi. Dalam rangka untuk mengeluarkannya, Nihilus mengancam untuk membakar toko roti — dengan Helena, Justin, Marcus dan Cyrus masih di dalam! Ben dan keluarganya hidup di katakombe, merencanakan untuk melarikan diri ke Shem Hadar. Sementara itu, tentara Nero yang dipimpin oleh Nihilus dan Capella, mencari katakombe untuk menangkap mereka.
  11. Tried And True (Diuji Dan Benar) - Seorang prajurit menemukan sebuah lubang yang mengarah ke katakombe di mana Ben dan orang-orang Kristen lainnya sedang bersembunyi sehingga mereka merencanakan serangan. Dalam upaya untuk melarikan diri Zak memicu penghalang yang disiapkan oleh tentara untuk memerangkap Ben, Justin dan Marcus, sehingga mereka tertangkap dan Ben menanti eksekusi. Helena berencana untuk membebaskan mereka dengan menyelundupkan sekelompok orang Kristen, orang tua Cyrus ada di antara mereka.
  12. Caught At The Crossroads (Tertangkap Di Persimpangan) - Cyrus kembali dengan orang tuanya, yang bersikeras membantu Helena menyelamatkan Ben dan para anak laki-laki. Usaha itu hampir berhasil, tapi ketika Ben ditangkap kembali dan dijatuhi hukuman penyaliban, tergantung pada Capella untuk menyelamatkan dia, bahkan dengan risiko nyawanya sendiri. - 10 sampai 12 ditampilkan sebagai episode khusus/film (UK Transmission Upload: 28/02/1998)
  13. To The Ends of The Earth (Ke Ujung Bumi) - Ben dan kawan-kawan akhirnya perjalanan mereka untuk Shem Hadar. Tapi perjalanan mereka membawa mereka melintasi padang pasir untuk menghindari Port Said dermaga laut Romawi di mana pasukan Romawi masih mencari Ben dan Tacticus. Ketika Nihilus muncul dengan tujuan balas dendam, Tacticus harus menghadapi pertempuran terakhir satu lawan satu dengan musuhnya yang paling kejam. - (UK Transmission Upload: 01/07/1998)

Film[sunting | sunting sumber]

  • The Easter Storykeepers ("Para Penjaga Cerita Paskah"; 1998 - Kompilasi episode 10-12)
  • The Christmas Storykeepers ("Para Penjaga Cerita Natal"; 1998 - Kompilasi dari beberapa episode dengan episode 13)

Koleksi[sunting | sunting sumber]

  • The Storykeepers Collection (masing-masing volume DVD memuat 3 episode, seluruhnya: 3 volume, 9 episode)
  • The Storykeepers: The Complete Resource Kit (Semua episode pada 4 kaset video ditambah panduan guru/orang tua)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Breakout"
  2. ^ In "Catacomb Rescue," a plaque can be seen on Ben's wall depicting Nero bestowing his favor on Ben. An inscription reads, "By appointment of his divinity; Imperial Baker"
  3. ^ "Starlight Escape"
  4. ^ "Ready, Aim, Fire"
  5. ^ "The Final Conflict"
  6. ^ Dalam upaya membebaskan Zak dari tahanan Nero dalam episode "Raging Waters," Ben menyamar dengan memakai kumis palsu serta helm bertanduk, berbicara dengan aksen Prancis serta menyatakan berasal dari Gaul (Prancis). Nero tertipu sampai Zak, yang berpura-pura mati akibat "kue siksaan beracun rahasia" Ben tiba-tiba bersin, sehingga rencana itu terbongkar.
  7. ^ "Catacomb Rescue"; "This is a job for my Praetorian guard, not these common foot soldiers."
  8. ^ "Trapped!" and "The Christmas Storykeepers"
  9. ^ "Getaway"; Nero: "Mark me, your days are numbered!" Nihilus: "So are yours, Nero. So are yours."
  10. ^ "Raging Waters"
  11. ^ "Trapped!" Ben: "Don't apologize, Miriam. We're just grateful to have Christians like you working in Nero's palace."
  12. ^ "Starlight Escape."
  13. ^ "The Final Conflict."
  14. ^ Antonius: "Your young friend was right. I couldn't live with myself if I let this monster do this to you." Ben: "God bless you, my friend." Antonius: "No, Ben, God forgive me."

Pranala luar[sunting | sunting sumber]