Yōjo Senki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yōjo Senki
Gambar sampul novel ringan volume pertama
幼女戦記
GenreFantasi, militer[1]
Seri novel
PengarangCarlo Zen
PenerbitArcadia
Terbit20122013
Novel ringan
PengarangCarlo Zen
IlustratorShinobu Shinotsuki
PenerbitEnterbrain
Penerbit bahasa Inggris
DemografiPria
Terbit31 Oktober 2013 – sekarang
Volume14 (Daftar volume)
Manga
PengarangCarlo Zen
IlustratorChika Tōjō
PenerbitKadokawa Shoten
Penerbit bahasa Inggris
MajalahComp Ace
DemografiSeinen
Terbit26 April 2016 – sekarang
Volume29 (Daftar volume)
Seri anime
Yōjo Senki: Saga of Tanya the Evil
SutradaraYutaka Uemura
ProduserShō Tanaka
Norifumi Kikujima
Takuya Tsunoki
Noritomo Isogai
Keisuke Arai
SkenarioKenta Ihara
MusikShūji Katayama
StudioNUT
Pelisensi
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, Sun TV, KBS, TV Aichi, BS11
Tayang 6 Januari 2017 31 Maret 2017
Episode12 (Daftar episode)
Film anime
The Saga of Tanya the Evil: The Movie
SutradaraYutaka Uemura
SkenarioKenta Ihara
MusikShūji Katayama
StudioNUT
PelisensiCrunchyroll
Tayang08 Februari 2019 (2019-02-08)
Durasi115 menit
 Portal anime dan manga

Yōjo Senki (Jepang: 幼女戦記, terj. har. "Kronik Militer Seorang Gadis Kecil"), yang dirilis dalam bahasa Inggris dengan judul The Saga of Tanya the Evil, adalah sebuah seri novel ringan Jepang yang ditulis oleh Carlo Zen dan diilustrasikan oleh Shinobu Shinotsuki. Yōjo Senki mulai dimuat berseri secara daring sejak tahun 2012 pada situs web penerbitan novel karya pengguna, Arcadia. Enterbrain membeli hak atas seri ini dan telah menerbitkannya menjadi 13 volume sejak bulan Oktober 2013. Sebuah adaptasi manga dengan gambar karya Chika Tōjō mulai dimuat berseri dalam majalah Comp Ace terbitan Kadokawa Shoten sejak bulan April 2016. Sebuah adaptasi seri anime yang diproduksi oleh NUT ditayangkan sejak tanggal 6 Januari hingga 31 Maret 2017. Sebuah film layar lebar yang berlatar setelah peristiwa pada seri anime ditayangkan perdana pada tanggal 8 Februari 2019.

Plot[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang pegawai kantoran ateis yang tidak diketahui namanya, pada suatu momen ketika dibunuh oleh seorang bawahan yang merasa tidak puas karena telah dipecat atas kinerja yang buruk di tempat kerja, dihadapkan oleh sebuah entitas yang menyatakan dirinya sebagai Tuhan yang mengutuk pegawai itu karena tidak memiliki 'iman'. Pegawai itu tidak percaya akan keberadaannya, mengkritik berbagai pernyataannya dari sudut pandangnya sebagai seorang ateis dan mengejeknya dengan sebutan 'Being X'. Entitas memutuskan untuk mereinkarnasinya sebagai pegawai di dunia tempat ia akan menghadapi situasi yang cukup sulit untuk beralih ke Being X untuk mendapatkan bantuan.

Pegawai kantoran tersebut dilahirkan kembali sebagai Tanya Degurechaff, seorang gadis yatim di sebuah realitas alternatif yang setara dengan Imperial Jerman, yang dikenal sebagai Kekaisaran. Menurut Being X, jika Tanya tidak mati secara alami atau menolak untuk memercayainya, jiwanya akan meninggalkan siklus reinkarnasi dan akan dikirim ke neraka karena dosa yang tak terhitung banyaknya yang telah dilakukan Tanya dalam kehidupan sebelumnya. Dalam mencari pelarian, Tanya memutuskan untuk bergabung dengan Korps Penyihir Kekaisaran dan bertarung dalam perang, berharap untuk mencapai peringkat yang cukup tinggi secepat mungkin untuk tetap jauh dari medan perang, dan dengan cara ini menghindari risiko terbunuh. Bahkan jika dia sekarang dipaksa untuk berbicara dengan cewek muda, Tanya segera berubah menjadi tentara yang kejam yang memprioritaskan efisiensi dan kariernya sendiri di atas hal lain, bahkan kehidupan orang-orang di bawahnya, terutama mereka yang berada di sisi buruknya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Kekaisaran[sunting | sunting sumber]

Tanya von Degurechaff (ターニャ・フォン・デグレチャフ, Tānya fon Degurechafu)
Pengisi suara: Aoi Yūki[3] (Jepang); Monica Rial[4] (Inggris)
Tanya adalah gadis muda dengan rambut pirang serta mata biru yang merupakan seorang reinkarnasi dari pegawai kantoran jepang yang memiliki hati yang dingin, atheis dan seseorang yang percaya akan teori evolusi (disuarakan secara singkat oleh Kosuke Toriumi dalam bahasa Jepang, dan Josh Grelle dalam bahasa Inggris). Dia adalah penyihir dengan kekuatas sihir yang dapat membuatnya terbang dan dapat menembakkan peluru yang dapat meledak dari senjatanya. Dibandingkan dengan yang lainnya, Tanya memiliki kekuatan sihir dengan talenta yang tinggi dan dia satu-satunya yang mampu menggunakan sebuah orb eksperimental type-95 karena gangguan Being X. Dia mengontrol batalyon penyihir elit yang tujuan utamanya mengalahkan tentara musuh sementara tetap sangat mobile dan relatif kecil. Tanya adalah cukup kejam dan tidak toleran dengan keselahan orang lain, sama dengan kehidupan sebelumnya, mempekerjakan beberapa hukuman ekstrem dan metode pelatihan. Setelah dia lulus dari Akademi Perang sebagai salah satu dari dua belas ksatria, dia diberikan julukan von. Pada akhir serial TV peringkatnya adalah seorang Mayor. Di akhir film, dia akhirnya mendapatkan pekerjaan impiannya bekerja dengan pekerjaan kantor di belakang selama 2 bulan dengan promosi ke Letnan Kolonel, banyak kegembiraan dan kemenangannya melawan musuh yang dibencinya, Being X. Tapi sukacita itu pendek hidup ketika dia menerima panggilan telepon dari Jenderal Zettour, yang memberitahunya bahwa dia telah mengajukan proposal, berjudul "Penggunaan Unit dan Manuver Operasional dalam Perang Saat Ini" untuk menggunakan dan mengorganisir Kampfgruppe dengan nama sandi "Salamander", yang terdiri dari infantri, baju besi dan artileri, memberikan komandonya kepada pasukan khusus dan ingin melihat penelitiannya beraksi dengan menyuruhnya dan batalyon penyihir ke-203 kembali ke garis depan sekali lagi, sangat terkejut dan ngeri.
Viktoriya Ivanovna Serebryakov (Visha) (ヴィクトーリヤ・イヴァーノヴナ・セレブリャコーフ (ヴィーシャ), Vīkutōriya Ivuānovuna Sereburyakōfu (Vīsha))
Pengisi suara: Saori Hayami[3] (Jepang); Jeannie Tirado[4] (Inggris)
Viktoriya adalah Letnan Dua di Angkatan Darat Kekaisaran dan melayani di bawah Tanya Degurechaff, dan kemudian menjadi ajudannya. Berbeda dengan karakter lain dari Kekaisaran, Viktoriya adalah seorang pengungsi dari Revolusi Uni Rusia dan keluarganya awalnya adalah anggota bangsawan Rusia. Setelah bertugas di bawah Tanya selama Pertempuran Rhine, Viktoriya lebih akrab dengan kepribadian Tanya yang sebenarnya, yang ia tunjukkan ketakutan, tetapi juga rasa hormat. Sebagai hasil dari mengetahui Tanya, Viktoriya lebih mampu bersaing dengan Tanya dibandingkan dengan prajurit lainnya. Namun, meskipun mengetahui karakter sisi Tanya, Viktoriya tampaknya percaya bahwa Tanya benar-benar peduli pada bawahannya dan perlakuan kasarnya pada mereka, adalah untuk akhirnya memastikan kelangsungan hidup mereka. Dalam manga, sudut pandang "khusus" Viktoriya tentang karakter Tanya, tampaknya telah dimulai ketika Viktoriya, selama pertempuran sejati pertamanya, diselamatkan oleh Tanya pada detik terakhir, yang (untuk menyembunyikan kegembiraannya dalam membunuh tentara musuh) yang dikutip Jenderal Robert E. Lee, mengatakan kepada Viktoriya, "Sangat baik bahwa perang begitu mengerikan, jika tidak orang akan menyukainya", memulai kesalahpahaman.
Erich von Rerugen (エーリッヒ・フォン・レルゲン, Ērihhi fon Rerugen) / Erich von Lergen
Pengisi suara: Shinichiro Miki[3] (Jepang); J. Michael Tatum[4] (Inggris)
Dia adalah Letnan Kolonel di Angkatan Darat Kekaisaran dan telah mengenal Tanya sejak dia bergabung dengan militer. Dia telah melihat sifat asli Tanya selama masa pelatihan, dan memandangnya sebagai monster dalam bentuk gadis kecil. Nama belakangnya dieja "Lergen" dalam terjemahan novel bahasa Inggris.
Kurt von Rudersdorf (クルト・フォン・ルーデルドルフ, Kuruto fon Rūderudorufu)
Pengisi suara: Tesshō Genda (Jepang); Greg Dulcie[4] (Inggris)
Dia adalah Wakil Kepala Operasi di Kantor Staf Umum Kekaisaran.
Hans von Zettour (ハンス・フォン・ゼートゥーア, Hansu fon Zētūa)
Pengisi suara: Hōchū Ōtsuka[3] (Jepang); Mark Stoddard[4] (Inggris)
Dia adalah Wakil Kepala Logistik di Kantor Staf Umum Kekaisaran.

Legedonia[sunting | sunting sumber]

Anson Sue/Sioux (アンソン・スー, Anson Sū)
Pengisi suara: Kenyuu Horiuchi (Jepang); Jarrod Greene (Inggris)
Dia adalah kapten dari Aerial Mage Wing ke-5. Dia memiliki seorang putri bernama Mary Sue. Dia kemudian naik pangkat menjadi Kolonel setelah kematian atasannya. Di anime, ia diyakini telah terbunuh dalam pertempuran dengan Tanya, selama Pertempuran Orse Fjord. Belakangan terungkap bahwa ia sebenarnya selamat dan memiliki penglihatan tentang Tuhan ("Being X") yang menyuruhnya untuk membunuh "Iblis". Untuk mencapai tujuannya, ia menerima untuk menjadi bagian dari pasukan khusus penyihir Kerajaan Sekutu, mengatur untuk menyudutkan Tanya dan batalionnya di atas laut. Namun, meskipun pada akhirnya, ia hampir berhasil membunuh Tanya, bahkan bersedia meledakkan dirinya untuk membunuhnya, melalui intervensi Viktoriya, Anson gagal membunuhnya dan akhirnya mati dalam ledakannya sendiri.
Mary Sue/Sioux (メアリー・スー, Mearī Sū)
Pengisi suara: Haruka Tomatsu (Jepang); Tia Ballard (Inggris)
Satu-satunya putri Anson Sue. Setelah kematian ayahnya oleh Tanya, dia menjadi agak lebih pendendam dan serius. Kebenciannya tumbuh ketika dia mendengar nama "Devil of the Rhine", dia akan mulai mengamuk tetapi menghasilkan mengekspos dirinya di sisi yang tidak terkendali. Dia menjadi penyeimbang dari protagonis utama seri.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Being X (存在X, Sonzai Ekkusu)
Pengisi suara: Hideaki Tezuka (Jepang); Bill Jenkins (Inggris)

Suatu entitas yang mengklaim dirinya sebagai Pencipta (創造 主, Sōzōsha) atau Tuhan. Setelah beradu argumen filosofis dengan pegawai kantoran Jepang, yang bereinkarnasi menjadi Tanya dengan harapan bahwa ia akan menjadi percaya pada Tuhan. Nama "Being X" ditunjuk oleh Tanya yang tidak percaya pada keberadaan Tuhan. Ini ditandai sebagai frustrasi dengan meningkatnya ketidaksetiaan di dunia modern. Kadang-kadang, itu berbicara dengan Tanya untuk mengejeknya atau melihat apakah dia telah percaya.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ditulis oleh Carlo Zen dan diilustrasikan oleh Shinobu Shinotsuki. Awalnya diserialkan di situs web hosting Acardia.[5] sebelum diakusisi oleh Enterbrain. Volume pertama telah rilis pada 31 Oktober 2013 dan pada 29 September 2023, volume empat belas telah dirilis. Drama CD telah rilis dengan tiga volume.[6]

Manga[sunting | sunting sumber]

Adaptasi manga-nya dengan seni oleh Chika Tōjō mulai diserialisasikan di majalah Comp Ace Kadokawa Shoten dari 26 April 2016 dan dua puluh sembilan volume telah rilis.[7][8]

Anime[sunting | sunting sumber]

Seri TV anime-nya diadaptasi oleh NUT tayang dari 6 Januari 2017[9][10] sampai 31 Maret 2017. Crunchyroll telah melisensikan seri ini di Amerika Utara.[11] Lagu pembuka adalah "JINGO JUNGLE" oleh Myth & Road dan lagu penutup adalah "Los! Los! Los!" oleh Aoi Yūki sebagai Tanya Degurechaff.[12]

FIlm[sunting | sunting sumber]

Sebuah film anime berdasarkan waralaba diumumkan pada Januari 2018.[13] Film ini memperlihatkan sejumlah staf dan pemeran serial televisi yang mengulangi peran mereka,[13] dan merupakan sekuel langsung ke seri.[14] Film-nya tayang perdana pada 8 Februari 2019.[15] Film ini menerima rilisan teater Amerika Serikat yang terbatas pada 16 Mei 2019 oleh Crunchyroll.[16] Crunchyroll dan Anime Limited memutar film di MCM London Comic Con pada 26 Mei 2019.[17] Crunchyroll juga memutar film di Supanova Expo di Sydney dan Perth di Australia pada tanggal 23 Juni dan 30 Juni 2019.[18]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Hingga bulan April 2018, seri novel ringan dan manga Yōjo Senki telah terjual sebanyak 3 juta kopi dalam bentuk cetak.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hodgkins, Crystalyn (29 Desember 2016). "Yōjo Senki TV Ad Previews MYTH&ROID's Opening Theme". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Mei 2019. 
  2. ^ "Crunchyroll Announces Winter 2017 Anime Lineup". Crunchyroll. 20 Januari 2017. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  3. ^ a b c d "Yōjo Senki: Saga of Tanya the Evil Anime's Staff, More of Cast Revealed". Anime News Network. November 24, 2016. Diakses tanggal November 25, 2016. 
  4. ^ a b c d e "Funimation Reveals English Dub Cast For Saga of Tanya the Evil Anime". Anime News Network. January 22, 2017. Diakses tanggal January 22, 2017. 
  5. ^ "幼女戦記". dic.nicovideo.jp (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal November 14, 2016. 
  6. ^ "『幼女戦記』第3巻の帯に五十嵐裕美さん、後藤ヒロキさん、石塚運昇さん、金元寿子さんが出演するサウンドドラマのURLが記載!". Animate Times (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal November 14, 2016. 
  7. ^ "The Saga of Tanya the Evil, Vol. 1 (manga)". Hachette Book Group. Diakses tanggal February 18, 2018. [pranala nonaktif permanen]
  8. ^ 幼女戦記(29) (dalam bahasa japanese). Kadokawa. Diakses tanggal January 26, 2024. 
  9. ^ "Yōjo Senki Light Novel Series Gets TV Anime". Anime News Network. January 28, 2016. Diakses tanggal January 28, 2016. 
  10. ^ "Yōjo Senki TV Anime's Teaser Video Previews 'Monster' Protagonist". Anime News Network. September 30, 2016. Diakses tanggal September 30, 2016. 
  11. ^ "Crunchyroll, Funimation to Stream Saga of Tanya the Evil, Miss Kobayashi's Dragon Maid, Hand Shakers, More". Anime News Network. January 3, 2016. Diakses tanggal January 3, 2016. 
  12. ^ "Yōjo Senki: Saga of Tanya the Evil Anime's Staff, More of Cast Revealed". Anime News Network. November 24, 2016. Diakses tanggal November 25, 2016. 
  13. ^ a b "Saga of Tanya the Evil Light Novels Get Anime Film". Anime News Network. January 6, 2018. Diakses tanggal February 18, 2018. 
  14. ^ "Saga of Tanya the Evil Film Will Be A New Sequel to TV Anime". Anime News Network. January 7, 2018. Diakses tanggal February 18, 2018. 
  15. ^ Ressler, Karen (October 9, 2018). "Saga of Tanya the Evil Sequel Film Reveals 2nd Key Visual, February 8 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal October 9, 2018. 
  16. ^ "Crunchyroll Brings Saga of Tanya the Evil (Youjo Senki) Anime Movie To U.S. Theaters". Gojinshi (dalam bahasa Inggris). 2019-04-13. Diakses tanggal 2019-04-13. 
  17. ^ Graves, Jeremy (May 20, 2019). "UK Premiere of Saga of Tanya the Evil: The Movie at MCM London". Anime Limited. Diakses tanggal June 16, 2019. 
  18. ^ "Saga of Tanya the Evil: The Movie". Supanova Expo. Diakses tanggal June 16, 2019. 
  19. ^ Hodgkins, Crystalyn (7 Mei 2018). "Roundup of Newly Revealed Print Counts for Manga, Light Novel Series (March - May 2018)". Anime News Network. Diakses tanggal 18 Mei 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]