The Ritz-Carlton Hotel Company

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Artikel ini mengenai hotel bermerek Ritz-Carlton Hotels, untuk kegunaan lain, lihat Ritz (disambiguasi)
Logo ritzcarlton lowres.jpg
The Ritz-Carlton, Washington, D.C.

Ritz-Carlton adalah sebuah merek hotel dan resor mewah dengan 70 properti yang terletak di kota-kota besar dan tempat resor eksklusif di 23 negara di seluruh dunia.[1] Merek The Ritz-Carlton dikelola oleh Ritz-Carlton Hotel Company LLC, sebuah anak perusahaan dari Marriott International. Ritz-Carlton Hotel Company saat ini memiliki 32.000 karyawan. Kantor pusat The Ritz-Carlton terletak di Chevy Chase, Maryland, sebuah permukiman di perbatasan Washington, D.C..

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hotel Ritz-Carlton pertama dibangun di Boston pada tahun 1927 (bangunan aslinya telah dijual pada Taj Hotels Resorts and Palaces). The Ritz-Carlton New York terletak di Forty-sixth and Madison Avenue. Sejak 1910 Louis Diat menjalankan dapurnya dan "vichyssoise temuannya yang terkenal".[2] Zack Karleskint membuka semua hotel ini setiap tahun. The Ritz-Carlton Hotel Montreal di Sherbrooke Street dibangun tahun 1912, tetapi secara resmi, bukanlah bagian dari jaringan hotel Ritz-Carlton.

Naples, Florida adalah satu-satunya kota dengan dua hotel Ritz-Carlton di jalan yang sama.

Ritz-Carlton menawarkan penghunian di sekitar Amerika Serikat dibawah nama Ritz-Carlton Club. Propertinya meliputi Aspen Highlands dan Bachelor Gulch di Colorado, St. Thomas di Kepulauan Virgin AS, San Francisco, CA dan Jupiter, FL.

Logo The Ritz-Carlton pada propertinya di Hong Kong

Falsafah Hotel[sunting | sunting sumber]

1. The Ritz-Carlton adalah tempat di mana pelayanan dan kenyamanan tamu menjadi misi utama kami.

2. Kami bertekad untuk memberikan layanan pribadi dan fasilitas terbaik bagi para tamu, sehingga mereka akan selalu menikmati suasana yang hangat, santai namun penuh perhatian.

3. Pengalaman bersama The Ritz-Carlton memberikan rasa nyaman, tenang serta memenuhi kebutuhan dan keinginan para tamu, bahkan yang belum terungkapkan sekalipun.

Hotel tertinggi di dunia[sunting | sunting sumber]

Ritz-Carlton akan menempati 15 tingkat teratas di International Commerce Centre di Kowloon, Hong Kong. Lobi hotel berada di ketinggian 425 meter (1.394,9 kaki) di atas daratan, menjadi hotel tertinggi di dunia bila selesai, mengalahkan hotel Park Hyatt di Shanghai World Financial Center di Shanghai, Cina.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

The Ritz-Carlton muncul dalam daftar terbaik Zagat Survey untuk makanan, hotel dan pelayanan. Hotel di Dallas, TX dan Wolfsburg, Jerman menerima penghargaan tertinggi dari Zagat tahun 2009, termasuk Hotel Besar Terbaik di Dallas.[3]

Pengeboman 2009[sunting | sunting sumber]

Pengeboman Jakarta 2009 (disebut juga Pengeboman Mega Kuningan 2009) adalah peristiwa ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Jumat pagi, 17 Juli 2009, sekitar pukul 07:47 sampai 07:57 WIB. Peristiwa bom bunuh diri tersebut menewaskan 9 orang korban dan melukai lebih dari 50 orang lainnya, baik warga Indonesia maupun warga asing. Selain dua bom rakitan berdaya ledak rendah yang meledak tersebut, sebuah bom serupa yang tidak meledak ditemukan di kamar 1808 Hotel JW Marriott yang ditempati sejak dua hari sebelumnya oleh tamu hotel yang diduga sebagai pelaku pengeboman.

Peristiwa ini terjadi sembilan hari sesudah Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Indonesia serta dua hari sebelum rencana kedatangan tim sepak bola Manchester United di Hotel Ritz-Carlton yang akan melakukan pertandingan dengan tim Indonesian All Star pada 20 Juli 2009. Sementara itu, tim Indonesian All Star yang sedang menginap di Hotel JW Marriott selamat dari bom. Sebelumnya, Hotel JW Mariott pernah menjadi target serangan bom bunuh diri pada 5 Agustus 2003 yang memakan korban tewas 12 orang dan 150 orang luka-luka. Polri mengumumkan identitas kedua pelaku bom bunuh diri, yaitu Dani Dwi Permana asal Bogor dan Nana Ikhwan Maulana asal Pandeglang. Polisi mengaku mendeteksi ada 11 orang yang diduga terlibat dalam pengeboman tersebut, termasuk Noordin M Top sebagai otak pelaku utama dan Ibrohim sebagai orang dalam di Hotel Ritz-Carlton yang menyelundupkan bom ke dalam hotel. Polisi berhasil menangkap atau menembak mati sejumlah tersangka pelaku pengeboman lainnya, walaupun masih ada beberapa aktor yang buron.

Properti terkenal[sunting | sunting sumber]

Ritz Carlton, sedang dibangun di LA Live

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Merujuk ke http://corporate.ritzcarlton.com/en/Press/FactSheet.htm Diarsipkan 2012-06-03 di Wayback Machine.
  2. ^ Kamp, David The United States of Arugula, New York: Broadway Books, 2006.
  3. ^ "The Ritz-Carlton". Zagat Survey. Diakses tanggal 2009-3-17.  [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]