The Reader (film 2008)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Reader
Reader ver2.jpg
Poster film The Reader
Sutradara Stephen Daldry
Produser Anthony Minghella
Sydney Pollack
Donna Gigliotti
Redmond Morris
Skenario David Hare
Berdasarkan The Reader (Der Vorleser) 
oleh Bernhard Schlink
Pemeran Kate Winslet
Ralph Fiennes
David Kross
Alexandra Maria Lara
Lena Olin
Bruno Ganz
Musik Nico Muhly
Sinematografi Chris Menges
Roger Deakins
Penyunting Claire Simpson
Perusahaan
produksi
Mirage Enterprises
Neunte Babelsberg Film GmbH
Distributor The Weinstein Company
Tanggal rilis
  • 10 Desember 2008 (2008-12-10) (New York)
  • 12 Desember 2008 (2008-12-12) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 30 Januari 2009 (2009-1-30) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 26 Februari 2009 (2009-2-26) (Jerman)
Durasi
124 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Jerman
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Jerman
Bahasa Yunani
Anggaran $32 juta[2]
Pendapatan kotor $108,901,967[2]

The Reader adalah film drama romantis tahun 2008 yang disutradarai oleh Stephen Daldry dan diproduseri oleh Anthony Minghella, Sydney Pollack, Donna Gigliotti dan Redmond Morris. Naskah film ini ditulis oleh David Hare berdasarkan novel The Reader (Der Vorleser) karya Bernhard Schlink. Film ini dibintangi oleh Kate Winslet, Ralph Fiennes, David Kross, Alexandra Maria Lara, Lena Olin dan Bruno Ganz.

Film The Reader ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 10 Desember 2008 dan dirilis di Jerman pada tanggal 26 Februari 2009.[3] Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Desember 2008 secara terbatas dan 30 Januari 2009 secara luas. Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995 di Berlin, setelah seorang wanita yang telah menghabiskan malam itu meninggalkan apartemennya dengan tiba-tiba setelah ia membuat sarapan, Michael Berg melihat U-Bahn lewat, mengingat kilas balik ke trem pada tahun 1958. Dalam kilas balik, Michael (David Kross) turun karena merasa sakit dan berkeliaran di jalanan, berhenti di pintu masuk gedung apartemen terdekat tempat ia muntah. Hanna Schmitz (Kate Winslet), seorang kondektur trem yang pulang ke rumah, membersihkannya dan membantunya kembali ke rumah.

Michael, yang didiagnosis menderita skarlatina, dirawat di rumah selama tiga bulan ke depan. Setelah sembuh, ia mengunjungi Hanna dengan bunga untuk berterima kasih kepadanya.

Hanna, yang berumur 36 tahun, merayunya dan mereka mulai berhubungan. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka bersama-sama berhubungan di apartemen Hanna setelah ia meminta Michael untuk membacanya dari karya sastra yang sedang dipelajarinya. Setelah menempuh perjalanan bersepeda, Hanna mengetahui bahwa ia diangkat sebagai karyawan administrasi di perusahaan trem. Ia tiba-tiba pergi tanpa memberitahu Michael.

Pada tahun 1966, Michael melanjutkan pendidikannya di Heidelberg University Law School. Sebagai bagian dari sebuah seminar khusus, para siswa mengamati sebuah persidangan (serupa dengan Pengadilan Frankfurt Auschwitz) dari beberapa wanita yang dituduh membiarkan 300 wanita Yahudi meninggal di sebuah gereja yang terbakar saat mereka menjadi petugas Schutzstaffel pada gerakan kematian setelah evakuasi pada tahun 1944 di sebuah kamp konsentrasi dekat Kraków. Michael terkejut bahwa Hanna adalah salah satu terdakwa.

Bukti penentu dalam persidangan adalah kesaksian Ilana Mather (Alexandra Maria Lara), penulis biografi yang menceritakan bagaimana ia dan ibunya (Lena Olin), yang juga bersaksi, selamat. Ia menjelaskan bagaimana Hanna menyuruh para wanita dari kamp membacakan untuknya pada malam hari.

Hanna, tidak seperti rekan terdakwa lainnya, mengakui bahwa Auschwitz adalah kamp pemusnahan dan bahwa 10 wanita yang dipilihnya ketika diseleksi setiap bulan digas. Ia menyangkal karangan laporan tentang kebakaran gereja, meskipun ia mendapatkan tekanan dari terdakwa lainnya, namun kemudian, ia mengakuinya karena tidak mematuhi permintaan untuk memberikan contoh tulisan tangan.

Michael menyadari rahasia Hanna bahwa Hanna buta huruf dan menyembunyikannya seumur hidupnya. Penjaga lain, yang mengklaim Hanna menulis laporan tersebut, berbohong untuk melemparkan tanggung jawab kepada Hanna. Michael memberitahu profesor bahwa ia memiliki informasi yang menguntungkan salah satu terdakwa, namun ia tidak yakin harus berbuat apa, karena terdakwa sendiri memilih untuk tidak mengungkapkan informasinya. Michael mengatur kunjungan dengan Hanna di tahanan, namun Michael pergi tanpa melihat Hanna.

Hanna menerima hukuman seumur hidup karena peran kepemimpinannya yang diakui dalam kematian di gereja, sementara terdakwa lainnya dijatuhi hukuman empat tahun dan tiga bulan masing-masing. Michael (Ralph Fiennes) telah menikah, memiliki seorang putri dan bercerai. Mengambil buku-bukunya ketika ia dan Hanna masih berhubungan, ia mulai membacanya dan merekamnya ke tape recorder. Michael mengirimkan kaset dan perekam kepada Hanna. Akhirnya, Hanna mulai memeriksa buku-buku itu dari perpustakaan tahanan dan mengajarkan dirinya sendiri untuk membaca dan menulis dengan mengikuti rekaman Michael. Ia mulai menulis surat dan catatan kepada Michael dengan singkat, meminta Michael untuk menulis surat kepada Hanna. Seiring berjalannya waktu, surat-surat itu mencerminkan keaksaraannya yang meningkat secara bertahap.

Michael tidak membalas surat atau mengunjunginya, namun ia tetap mengirimkan kaset. Pada tahun 1988, seorang petugas tahanan (Linda Bassett) menghubungi Michael untuk meminta bantuannya tentang pembebasan Hanna setelah pembebasan lebih cepat karena perilaku baik. Michael menemukan tempat tinggal dan pekerjaan untuk Hanna, dan akhirnya mengunjungi Hanna seminggu sebelum ia dibebaskan. Dalam pertemuan mereka, Michael tetap menjaga jarak dan berhadapan dengan Hanna tentang apa yang telah dipelajarinya dari masa lalunya, lalu Hanna menjawab, "Tidak masalah dengan apa yang kurasakan. Tidak masalah dengan apa yang kupikirkan. Orang mati tetap mati," yang tampaknya mengecewakan Michael.

Michael tiba di tahanan pada tanggal pelepasan Hanna dengan bunga hanya untuk mengetahui bahwa Hanna tewas gantung diri. Hanna telah meninggalkan sebuah kaleng teh dengan uang tunai di dalamnya beserta sebuah catatan yang meminta Michael untuk memberikan uang tunai di rekening bank kepada Ilana. Michael mengetahui bahwa Hanna bunuh diri karena kesalahannya setelah membaca biografi Ilana yang menceritakan pengalaman mengerikannya di kamp konsentrasi.

Michael melakukan perjalanan ke New York dan bertemu dengan Ilana dewasa (Lena Olin) dan mengakui hubungan Michael dengan Hanna. Michael memberitahu Ilana tentang catatan bunuh diri dan Hanna yang buta huruf. Ilana memberitahu Michael bahwa tidak ada yang bisa dipelajari dari kamp-kamp dan menolak uang itu.

Michael menyarankan agar Ilana menyumbangkan uang itu kepada organisasi yang memperjuangkan buta huruf untuk orang dewasa, terutama orang Yahudi. Ilana menjawab bahwa buta huruf bukanlah masalah orang Yahudi dan meminta Michael untuk mengurus hal ini sebagai gantinya. Ilana menyimpan kaleng teh karena mirip dengan kaleng teh yang dicuri darinya di Auschwitz.

Film ini berakhir dengan Michael mengantar putrinya, Julia (Hannah Herzsprung), ke makam Hanna dan menceritakan kisah mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Kate Winslet sebagai Hanna Schmitz
  • Ralph Fiennes sebagai Michael Berg
  • Alexandra Maria Lara sebagai Ilana Mather, korban di kamp konsentrasi
  • Lena Olin sebagai Rose Mather dan Ilana Mather tua
  • Bruno Ganz sebagai Profesor Rohl, korban selamat Holokaus
  • Vijessna Ferkic sebagai Sophie, teman sekolah Michael
  • Karoline Herfurth sebagai Marthe, teman kuliah Michael
  • Burghart Klaußner sebagai hakim di persidangan Hanna
  • Linda Bassett sebagai Mrs. Brenner, petugas tahanan
  • Hannah Herzsprung sebagai Julia, putri Michael
  • Susanne Lothar sebagai Carla Berg
  • Florian Bartholomäi sebagai Thomas Berg
  • Volker Bruch sebagai Dieter Spenz, mahasiswa seminar

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Reader mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 62%, berdasarkan 193 ulasan, dengan rating rata-rata 6.4/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 58 dari 100, berdasarkan 38 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Reader mendapatkan $34,194,407 di Amerika Utara dan $74,707,560 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $108,901,967, melebihi anggaran produksi film $32 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $168,051, menempati posisi ke-25 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,380,376, menempati posisi ke-15 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Reader (15)". British Board of Film Classification. December 2, 2008. Diakses tanggal June 17, 2013. 
  2. ^ a b c d "The Reader (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "Kate Winslet's natural beauty shines at The Reader premiere". The Daily Telegraph. December 4, 2008. Diakses tanggal March 22, 2018. 
  4. ^ "The Reader (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "The Reader reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]