The Pirates Who Don't Do Anything: A VeggieTales Movie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Pirates Who Don't Do Anything:
A VeggieTales Movie
SutradaraMike Nawrocki
Produser
PenulisPhil Vischer
Didasarkan
dari
VeggieTales
oleh Phil Vischer and Mike Nawrocki
Pemeran
Penata musikKurt Heinecke
PenyuntingJohn Wahba
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
11 Januari 2008 (2008-1-11)
Durasi85 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
AnggaranUS$15 juta
Pendapatan
kotor
US$13.2 juta

The Pirates Who Don't Do Anything: A VeggieTales Movie adalah film komedi petualangan keluarga animasi komputer Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh Mike Nawrocki, ditulis oleh Phil Vischer, diproduksi oleh Big Idea dan Starz Animation dan didistribusikan oleh Universal Pictures. Ini adalah film teater kedua yang menampilkan karakter dari seri video VeggieTales setelah Jonah: A VeggieTales Movie pada tahun 2002.

Film ini dirilis pada 11 Januari 2008, dan menerima tinjauan beragam dari para kritikus, yang mengkritik naskahnya tetapi memuji animasinya. Film ini juga merupakan bom box office, menghasilkan hanya $13 juta di seluruh dunia dengan anggaran $15 juta.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Di masa lalu, bajak laut Robert the Terrible menyerang dan menaiki salah satu kapal Kerajaan Monterria, menangkap Pangeran Alexander. Menghindari bajak laut, Putri Eloise dan pelayannya Willory (diperankan oleh Archibald Asparagus) mengirim perangkat yang dibuat raja, yang disebut "Pencari Bantuan", untuk menemukan pahlawan untuk menyelamatkan Alexander.

Di zaman modern, tiga ketidakcocokan: George "yes man" (Pa Grape), Sedgewick yang malas (Mr. Lunt), dan Elliot yang pemalu (Larry the Cucumber) adalah karyawan di teater makan malam. Meskipun mereka ingin dilihat sebagai pahlawan oleh orang yang mereka cintai, sebagai anak kabin rendahan, mereka berpikir bahwa impian mereka tidak mungkin tercapai. Setelah merusak pertunjukan suatu malam, mereka dipecat dan dilemparkan ke sebuah gang. Helpseeker menemukan mereka dan, setelah Elliot mengaktifkan perangkat, mengangkut ketiganya ke Monterria.

Bertemu Putri dan Willory, kelompok tersebut berangkat ke Jolly Joe's Tavern di mana mereka mengetahui bahwa Bajak Laut Robert, saudara raja sebelum dibuang, telah menculik Alexander dengan harapan membalas dendam pada raja. Berlayar untuk mencari keberadaan tempat persembunyian Robert, anak buah bajak laut menangkap Eloise dan Willory. Saat George dan Elliot melanjutkan pencarian mereka, Sedgewick yang pengecut memutuskan untuk tinggal di gua yang penuh dengan "keju ikal". Setelah keduanya pergi, Sedgewick menemukan ikal itu adalah makhluk seperti cacing hidup yang mengejarnya keluar dari gua, memaksanya untuk mengatasi ketakutan dan kemalasannya.

Sementara itu, George dan Elliot tiba di sebuah pulau yang dihuni oleh keluarga raksasa batu, yang membantu mereka mencapai benteng Robert. Sedgewick bertemu dengan mereka, setelah berenang di lautan dikejar oleh makhluk hidup seperti cacing. Sesampainya di teluk tersembunyi di luar benteng, ketiganya diserang oleh ular raksasa. Namun, Elliot menyadari bahwa penjaga sebenarnya adalah perangkat mekanis dan mampu mematikan mesin dari dalam dan menyelamatkan keduanya. Begitu masuk, George, Sedgewick, dan Elliot menyelamatkan pangeran dan putri tetapi dihadapkan oleh Robert yang menuntut untuk mengetahui kapan raja akan kembali. Tanpa pilihan lain, George, Sedgewick, dan Elliot mengakui bahwa mereka "hanya anak kabin", dan bukan pahlawan. Tapi, tiba-tiba, menemukan harga dirinya, George menggunakan lampu gantung untuk menjatuhkan bajak laut dan kelompok itu melarikan diri melalui tadah benteng dengan Robert dalam pengejaran. Kembali di teluk, kapal Robert menembaki kapal kecil kelompok itu. Raja tiba, menenggelamkan kapal Robert, dan menyelamatkan kelompok itu.

Setelah menerima medali dari raja dan dinyatakan sebagai pahlawan, Helpseeker mengembalikan Elliot, George, dan Sedgewick ke restoran. Tanpa sepengetahuan mereka, Robert telah pergi dalam perjalanan mereka kembali untuk membalas dendam pada mereka karena mengalahkannya dan menyerang set teater makan malam dan kesalahan Sir Frederick (Jimmy Gourd), satu dari pemain panggung, untuk George. Dalam pertarungan terakhir, ketiganya mengalahkan Robert dan mengirimnya kembali ke waktunya sendiri. Penonton bersorak liar saat geng mendapatkan rasa hormat yang mereka inginkan. Ditawarkan kesempatan kedua untuk tampil di pertunjukan, ketiganya menolak dan pergi untuk mengejar petualangan di tempat lain sekali lagi saat Helpseeker berkedip sekali lagi.

Setelah seluruh pemeran dikreditkan, para pemeran menyanyikan "Rock Monster", parodi dari hit The B-52's' "Rock Lobster". Setelah mereka selesai bernyanyi, Bob the Tomato akhirnya muncul sebagai sutradara. Kemudian, Robert ditangkap oleh Raja karena kejahatannya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Phil Vischer menyelesaikan naskah untuk film ini pada tahun 2002, mencatat bahwa ia menulisnya sebelum Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl dirilis.[1] Tetapi karena kebangkrutan dan pembelian aset Big Idea Productions, film tersebut tidak dapat memulai produksi hingga akhir tahun 2005.

Animasi ini dikerjakan oleh Big Idea, Inc. di Nashville, Tennessee bekerja sama dengan Starz Animation di Toronto, Kanada.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hetherington, Janet (11 Januari 2008). who-dont-do-anything "Seriously Silly: 'The Pirates Who Don't Do Anything'" Periksa nilai |url= (bantuan). Animation World Network. AWN, Inc. Diakses tanggal 8 Oktober 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]