The Pink Panther (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Pink Panther
Pink Panther.png
Penampilan pertama The Pink Phink (1964)
Pemeran Rich Little (di episode Sink Pink dan Pink Ice)
Informasi
Panggilan Pink
Spesies Panther
Jenis kelamin Pria

The Pink Panther adalah karakter utama dalam serial kartun dan film pendek yang berjudul dama. Karakter ini muncul dalam opening dan closing scene dalam film tahun 1963 yang juga berjudul sama. Sesudah itu, karakter panther berwarna pink ini kemudian muncul dalam setiap film serial The Pink Panther, kecuali untuk A Shot in the Dark dan Inspector Clouseasu. Sampai saat ini kucing berwarna unik ini telah muncul dalam 124 film pendek, 10 serial TV, dan tiga film TV special.

Sampai September 2007, film kartunnya dalam disaksikan di Boomerang TV, Voom HD Networks Animania HD, Teletoon Retro, dan versi penuhnya juga telah di jual dalam bentuk DVD. Di India, film kartun ini masih bisa disaksikan di PogoTV dari Februari 2006 sampai sekarang.

Kartun United Artists[sunting | sunting sumber]

Dengan kesuksesan film live action tahun 1963 yang disutradari oleh Friz Freleng, United Artists kemudian mengontraknya bersama dengan DePatie-Freleng Enterprises untuk menyutradarai dan membuat serial kartun Pink Panther. Pertama kalinya di 1964, Pink Panther muncul dalam serial TV, dengan karakter tambahan yaitu Inspector Clouseau (alias The Man)[1]), yang tugasnya adalah mencoba untuk mencat pria kecil di rumah biru-pink, dan bahkan judulnya juga bukan Pink Panther, melainkan The Pink Phink. Film ini kemudian memenangkan Academy Award for Animated Short Film tahun 1964, dan sebagai lanjutannya mereka membuat panther sebagai lawan dari pria kecil tersebut.

Dalam setiap serial Pink Panther, sang panther selalu tampil diam, dan hanya mengatakan dua kalimat saja, Sink Pink dan Pink Ice. Rich Little menjadi pengisi suara dalam beberapa serial bersama David Niven (yang memerankan pencuri perhiasan Clouseau dalam film live-action). Setahun kemudian Little mengambil alih peran Niven dalam Trail of the Pink Panther dan Curse of the Pink Panther.

Semua serial Pink Panther selalu memakai lagu tema khas karya Henry Mancini yang biasa disebut The Distinctive Jazzy Theme Music, yang juga disertakan dalam film asli tahun 1963, dengan tambahan dari Walter Greene dan William Lava.

Pertengahan 1960-an, kartun Pink Panther muncul setiap Sabtu pagi di NBC. Pink Panther dibuat sampai tahun 1969 untuk produksi siaran TV dan teater, dengan perincian penampilan di TV terlebih dulu dan baru kemudian disusul dengan versi bioskop, semuanya dirilis secara resmi oleh United Artits. Salah satu judulnya adalah The Think Pink Panther Show. Lainnya adalah produksi gabungan antara Pink Panther dengan The Ant and the Aardvark, The Tijuana Toads (alias The Texas Toads), Hoot Kloot, dan Misterjaw (alias Mr. Jaws and Catfish). Ada lagi serial animasi berjudul The Inspector, dengan inspektur yang terinspirasi dari Clouseau dan berbicara dalam aksen Spanyol, Sgt. Deux-Deux, Lainnya adalah Roland and Rattfink, The Dogfather (a Godfather pastiche), The Blue Racer, dan Crazylegs Crane.

Di 1976, sebuah serial berdurasi satu setengah jam diluncurkan dengan judul The Pink Panther Laugh and a Half Hour and a Half Show; dalam versi ini disertakan segment live-action, dengan presenter Lenny Schultz, yang juga berperan sebagai pembaca surat pemirsa dan juga lawakan kiriman penonton di rumah. Namun versi ini tidak bertahan lama, dan kembali ke versi setengah jam di 1977.

Tahun 1978, setelah Sembilan tahun di NBC, Pink Panther pindah ke ABC. Di ABC serial ini ditambah sebanyak 48 episode, dengan 32 untuk Pink Panther dan 16 untuk Crazylegs Crane. Seperti biasa untuk Pink Panther dirilis secara resmi oleh United Artists

DFE films adalah studio terakhir yang memproduksi kartun versi bioskop, yang juga mengakhiri produksi dari The Pink Panther di 1980. Pada tahun tersebut, United Artists Television membuat versi setengah jam, dengan pembukaan ala film bioskop, temasuk juga penutupannya. Atas persetujuan dari beberapa stasiun TV local, serial ini ditayangkan di malam hari.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Setelah berakhirnya era teater dari Pink Panther, DePatie-Freleng membuat sebuah serial prime time dari Pink Panther khusus untuk ABC. Pertama adalah A Pink Christmas, yang dirilis tahun 1978 oleh ABC dengan saat bersamaan sang Panther juga tampil di bioskop. Dua lainnya adalah 1980's Olympinks dan 1981's Pink At First Sight (dibawah Marvel Productions). Bulan November 2007, ketiga film pendek tadi dirilis dalam satu buah keeping DVD dengan judul: The Pink Panther: A Pink Christmas dari MGM Home Entertainment/20th Century Fox Home Entertainment. DePatie-Frelang kemudian dijual ke Marvel Comics pada 1981 dan berubah nama menjadi Marvel Productions. Tahun 1984 lisensi Pink panther pindah ke Hanna-Barbera Productions, yang kemudian membuat serial TV berjudul: Pink Panther and Sons, dengan sang panther yang tetap hanya mengatakan dua kata saja: Pinky and Panky.

Serial lain Pink Panther adalah The Pink Panther, yang diproduksi oleh Metro-Goldwyn-Mayer Animation. Sang panther diisi suaranya oleh Matt Frewer. Terakhir di Juli 2007, Metro-Goldwyn-Mayer Inc. dan Jordan's Rubicon animation company memulai sebuah projek untuk memproduksi serial Pink Panther baru berjudul Pink Panther and Pals yang menggambarkan Panther remaja dan teman-temannya. 26 episode telah selesai dibuat dan diharapkan bisa tampil di channel Cartoon Network pada musim gugur 2009 ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]