The Pianist (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Pianist
The Pianist movie.jpg
Poster film The Pianist
Sutradara Roman Polanski
Produser Roman Polanski
Robert Benmussa
Alain Sarde
Skenario Ronald Harwood
Berdasarkan The Pianist 
oleh Władysław Szpilman
Pemeran Adrien Brody
Thomas Kretschmann
Musik Wojciech Kilar
Sinematografi Paweł Edelman
Penyunting Hervé de Luze
Perusahaan
produksi
Distributor Focus Features
Tanggal rilis
  • 24 Mei 2002 (2002-5-24) (Festival Film Cannes)
  • 6 September 2002 (2002-9-6) (Polandia)
  • 25 Desember 2002 (2002-12-25) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 28 Maret 2003 (2003-3-28) (secara luas di Amerika Serikat)
  • 24 Januari 2003 (2003-1-24) (Britania Raya)
Durasi
149 menit[1]
Negara Perancis
Jerman
Polandia
Britania Raya
Bahasa Bahasa Inggris
Bahasa Polandia
Bahasa Jerman
Bahasa Rusia
Bahasa Perancis
Anggaran $35 juta[2]
Pendapatan kotor $120,072,577[2]

The Pianist adalah film biografi drama tahun 2002 yang disutradarai oleh Roman Polanski dan diproduseri oleh Roman Polanski, Robert Benmussa dan Alain Sarde. Naskah film ini ditulis oleh Ronald Harwood berdasarkan buku The Pianist karya Władysław Szpilman. Film ini dibintangi oleh Adrien Brody dan Thomas Kretschmann.

Film The Pianist ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 24 Mei 2002[3] dan dirilis di Polandia pada tanggal 6 September 2002 dan di Britania Raya pada tanggal 24 Januari 2003. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2002 secara terbatas dan 28 Maret 2003 secara luas. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 1939, Władysław Szpilman (Adrien Brody), seorang pianis Yahudi-Polandia, bermain piano di stasiun radio di Warsawa ketika stasiun tersebut dibom selama invasi Polandia oleh Jerman Nazi. Berharap untuk kemenangan cepat, Władysław berkumpul bersama keluarganya di rumah ketika mengetahui bahwa Britania Raya dan Perancis telah menyatakan perang terhadap Jerman, namun bantuan yang dijanjikan tidak datang. Ketika peperangan berlangsung selama lebih dari sebulan, dengan tentara Jerman dan tentara Soviet menyerang Polandia di berbagai wilayah. Warsawa menjadi bagian dari pemerintahan yang dikuasai Nazi. Orang-orang Yahudi segera dihentikan untuk bekerja atau berwirausaha dan dipaksa memakai ban lengan Bintang Daud biru.

Pada bulan November 1940, Władysław dan keluarganya dipaksa meninggalkan rumah mereka ke Ghetto Warsawa yang penuh sesak di mana kondisinya semakin memburuk. Orang-orang kelaparan, pasukan penjaga semakin kejam dan anak-anak yang kelaparan ditinggalkan di jalan-jalan. Suatu hari, keluarga Władysław menyaksikan tentara SS membunuh seluruh keluarga di sebuah apartemen di seberang jalan dalam perjalanan.

Pada tanggal 16 Agustus 1942, Władysław dan keluarganya dibawa ke kamp pemusnahan Treblinka sebagai bagian dari Operasi Reinhard. Namun, seorang teman di Kepolisian Ghetto Yahudi mengenal Władysław di Umschlagplatz dan memisahkannya dari keluarganya. Władysław menjadi buruh budak dan mengetahui tentang pemberontakan Yahudi yang akan datang. Ia membantu pemberontakan dengan menyelundupkan senjata ke ghetto untuk menghindari seorang penjaga yang mencurigakan. Władysław akhirnya berhasil melarikan diri dan bersembunyi dengan bantuan seorang teman non-Yahudi, Andrzej Bogucki (Ronan Vibert), dan istrinya, Janina (Ruth Platt).

Pada bulan April 1943, Władysław melihat dari jendela ketika Pemberontakan Ghetto Warsawa, yang dibantu olehnya, terbuka dan akhirnya gagal. Setelah seorang tetangga menemukan Władysław di apartemen, ia terpaksa melarikan diri ke tempat persembunyian kedua, sebuah ruangan baru yang memiliki piano di dalamnya, namun ia terpaksa diam ketika ia mulai menderita penyakit kuning.

Pada bulan Agustus 1944, ketika Pemberontakan Warsawa terjadi, pasukan Armia Krajowa menyerang sebuah bangunan Jerman di seberang jalan dari tempat persembunyian Władysław. Sebuah tank menyerang apartemen dan memaksanya melarikan diri. Selama bulan-bulan berikutnya, Warsawa hancur. Władysław ditinggalkan sendirian untuk mencari tempat berlindung dan persediaan di antara reruntuhan. Ia akhirnya pergi ke sebuah rumah di mana ia menemukan sekaleng mentimun. Ketika ia mencoba untuk membuka kaleng tersebut, ia ditemukan oleh petugas Wehrmacht, Wilm Hosenfeld (Thomas Kretschmann), yang mengetahui bahwa Władysław adalah seorang pianis. Ia meminta Władysław untuk bermain piano di rumah tersebut. Władysław yang sudah tua memainkan "Ballade in G minor" karya Chopin. Wilm memungkinkan Władysław bersembunyi di loteng rumah kosong. Dari persembunyian itulah, Władysław secara teratur diberikan makanan oleh petugas Jerman.

Pada bulan Januari 1945, Jerman mundur dari Warsawa karena serangan Soviet. Wilm bertemu Władysław untuk terakhir kalinya, berjanji bahwa ia akan mendengarkannya di Radio Polandia setelah perang. Ia memberikan Władysław mantel besarnya agar tetap hangat dan pergi. Pada musim semi tahun 1945, mantan tahanan kamp konsentrasi Nazi melewati sebuah kamp tahanan perang Soviet yang menahan tentara Jerman yang ditangkap dan secara verbal melecehkan mereka. Wilm, yang termasuk di antara mereka yang ditangkap, sengaja mendengar ratapan tahanan atas kariernya sebagai pemain biola. Wilm bertanya kepada pemain biola itu jika ia mengenal Władysław, di mana ia membenarkannya. Wilm berharap agar Władysław membalas kebaikannya dengan membantu membebaskannya. Beberapa waktu kemudian, pemain biola itu mampu membawa Władysław kembali ke tempat kejadian semula, namun mereka menemukan bahwa tempat itu ditinggalkan.

Kemudian, Władysław bekerja di Radio Polandia dan memainkan "Grand Polonaise brillante" karya Chopin kepada penonton yang banyak dan bergengsi. Film berakhir dengan pernyataan bahwa Władysław meninggal pada tahun 2000 di usia 88 tahun, sementara Wilm meninggal di tahanan Soviet pada tahun 1952.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Adrien Brody sebagai Władysław Szpilman
  • Thomas Kretschmann sebagai Kapten Wilm Hosenfeld
  • Frank Finlay sebagai Samuel Szpilman
  • Maureen Lipman sebagai Edwarda Szpilman
  • Emilia Fox sebagai Dorota
  • Ed Stoppard sebagai Henryk Szpilman
  • Julia Rayner sebagai Regina Szpilman
  • Jessica Kate Meyer sebagai Halina Szpilman
  • Ronan Vibert sebagai Andrzej Bogucki
  • Ruth Platt sebagai Janina Bogucki
  • Andrew Tiernan sebagai Szalas
  • Michał Żebrowski sebagai Jurek
  • Roy Smiles sebagai Itzhak Heller
  • Richard Ridings sebagai Mr. Lipa
  • Daniel Caltagirone sebagai Majorek
  • Valentine Pelka sebagai suami Dorota
  • Zbigniew Zamachowski sebagai pelanggan yang membawa koin

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Pianist mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 180 ulasan, dengan rating rata-rata 8.2/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 85 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Pianist mendapatkan $32,572,577 di Amerika Utara dan $87,500,000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $120,072,577, melebihi anggaran produksi film $35 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $111,261, menempati posisi ke-44 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,456,117, menempati posisi ke-11 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Pianist (15)". British Board of Film Classification. July 3, 2002. Diakses tanggal March 14, 2015. 
  2. ^ a b c d "The Pianist (2002)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 28, 2016. 
  3. ^ Jeffries, Stuart (May 27, 2002). "Polanski bounces back at Cannes". The Guardian. Diakses tanggal April 8, 2018. 
  4. ^ "The Pianist (2002)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "The Pianist reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]