The Notebook (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Notebook
Posternotebook.jpg
Poster Film The Notebook
Sutradara Nick Cassavetes
Produser Lynn Harris
Mark Johnson
Skenario Jeremy Leven
Cerita Jan Sardi
Berdasarkan The Notebook 
oleh Nicholas Sparks
Pemeran Ryan Gosling
Rachel McAdams
James Garner
Gena Rowlands
Joan Allen
James Marsden
Narator James Garner
Musik Aaron Zigman
Sinematografi Robert Fraisse
Penyunting Alan Heim
Perusahaan
produksi
Avery Pix
Distributor New Line Cinema
Tanggal rilis
  • 20 Mei 2004 (2004-05-20) (SIFF)
  • 25 Juni 2004 (2004-06-25)
Durasi
124 minutes[1]
Negara United States
Bahasa Inggris
Anggaran $29 million[2]
Pendapatan kotor $115,603,229[2]

The Notebook adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2004 yang disutradarai oleh Nick Cassavetes dan diproduseri oleh Lynn Harris dan Mark Johnson. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 1996, film ini dibintangi oleh Ryan Gosling, Rachel McAdams, James Garner, Gena Rowlands, Joan Allen, dan James Marsden. The Notebook difilmkan di Charleston, Carolina Selatan.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada zaman modern, di sebuah panti jompo, seorang pria tua bernama Duke (James Garner) mulai membaca kisah romantis dari buku catatan (notebook) ke pasien wanita tua (Gena Rowlands).

Kisah yang Duke ceritakan dimulai pada tahun 1940 di Seabrook Island, Carolina Selatan. Seorang lelaki warga setempat Noah Calhoun (Ryan Gosling) jatuh cinta dengan ahli waris Allie Hamilton (Rachel McAdams), yang berusia 17 tahun, setelah melihatnya di karnaval, dan mereka berkencan di musim panas yang indah. Noah mengajak Allie ke sebuah rumah kosong, menjelaskan bahwa Noah ingin membeli rumah itu untuk mereka. Malam itu, Allie memintanya untuk bercinta, tetapi mereka terusik oleh sahabat Noah, Fin (Kevin Connolly), memberitahukan bahwa orang tua Allie memanggil polisi yang keluar untuk mencarinya.

Ketika Allie dan Noah kembali ke rumah orangtuanya, mereka melarangnya untuk menemui Noah. Dalam pertengkaran, ibu Allie, Ann (Joan Allen), menyebut Noah dengan sebutan "sampah" dan Noah mendengarnya secara tidak sengaja. Kecewa, ia berjalan keluar dan Allie mengejarnya. Akhirnya mereka putus dan keesokan harinya, Ann memberitahukan bahwa keluarganya kembali ke Charleston. Allie mencoba untuk menghubungi Noah, tetapi tidak dapat terhubung. Ia meminta Fin memberitahu Noah bahwa ia mencintainya sebelum melakukan perjalanan pulang. Ketika Noah mendapatkan pesan Allie, ia bergegas ke rumah Allie dan menemukan rumah itu kosong.

Noah dan Allie tidak punya pilihan lain selain melanjutkan hidup mereka. Noah menulis surat untuk Allie setiap hari selama setahun, tetapi tidak pernah menerima balasan dari Allie karena Ann menyembunyikan surat-surat dari Noah sebelum putrinya melihat surat-surat itu. Patah hati, Noah dan Fin mendaftarkan diri untuk berperang di Perang Dunia II. Fin terbunuh dalam pertempuran. Sementara itu, Allie menjadi relawan di sebuah rumah sakit untuk tentara yang terluka, di mana ia bertemu seorang petugas bernama Lon Hammond Jr (James Marsden), seorang pengacara muda yang tampan, kaya, menarik dan berasal dari Selatan. Kedua akhirnya bertunangan, untuk menyenangkan orang tua Allie, tetapi Allie melihat wajah Noah saat Lon meminta dia untuk menikah dengannya.

Ketika Noah pulang dari perang, ia menemukan ayahnya telah menjual rumah mereka sehingga Noah bisa membeli rumah kosong, memenuhi impian seumur hidupnya, untuk Allie, yang ia tidak pernah temui atau dengar selama beberapa tahun. Ketika Noah mengunjungi Charleston, ia melihat Allie dan Lon berciuman di sebuah restoran; Noah meyakinkan dirinya bahwa jika ia mengembalikan rumah itu, Allie akan kembali padanya. Kemudian, Allie terkejut ketika membaca koran bahwa Noah telah membangun rumah dengan spesifikasi yang dibuatnya tahun sebelumnya, dan ia mengunjunginya ke Seabrook.

Pada masa kini, terungkap bahwa wanita tua itu adalah Allie, yang menderita demensia, dan Duke adalah Noah, suaminya. Namun, Allie tidak mengenalinya atau ingat semua peristiwa yang Duke bacakan untuknya.

Kembali ke masa lalu, Allie kembali ke Seabrook untuk bertemu dengan Noah. Keduanya melanjutkan hubungan mereka dan bercinta. Di pagi hari, Ann muncul di depan pintu Noah, memperingatkan Allie bahwa Lon telah mengikutinya ke Seabrook. Ia memberikan Allie surat-surat yang Noah tulis untuknya dan mengungkapkan bahwa pada masa mudanya, Ann juga jatuh cinta dengan seorang pemuda kelas bawah dan Ann masih memikirkannya. Allie mengaku kepada Lon bahwa ia telah menghabiskan waktu bersama Noah. Lon kecewa, namun ia mengatakan bahwa ia masih mencintainya. Allie mengatakan kepadanya bahwa ia tahu bahwa ia harus dengan Lon, tapi ia tetap tegas.

Pada masa kini, ingatan Allie menjadi jernih dengan cepat. Ia ingat bahwa Duke menceritakan bagaimana mereka bertemu, bagaimana ia muncul di depan pintu Noah dengan barang-barang miliknya setelah meninggalkan Lon di hotel, dan ia tiba-tiba ingat masa lalunya. Pada awal demensia, ia menulis kisah cinta mereka di buku catatan dengan arahan Noah untuk "dibacakan kepadaku, dan aku akan kembali kepadamu". Tapi penyakit Allie segera kambuh, kehilangan kenangan Noah. Ia panik, tidak mengetahui siapa ia, dan harus dibius. Duke (yang sebenarnya Noah) dirawat di rumah sakit karena kemungkinan serangan jantung.

Ketika Duke keluar dari rumah sakit, ia mengunjungi Allie dan menemukan Allie berpikir jernih lagi. Allie bertanya kepada Duke, apa yang akan terjadi pada mereka ketika Allie benar-benar kehilangan ingatannya, dan Duke meyakinkannya bahwa ia tidak akan pernah meninggalkannya. Allie bertanya jika Duke berpikir cinta mereka satu sama lain cukup kuat untuk "membawa mereka pergi bersama-sama"; Duke menjawab bahwa ia berpikir cinta mereka bisa melakukan apa saja. Setelah masing-masing menyatakan bahwa mereka saling mencintai, mereka berdua segera tidur di tempat tidur Allie. Keesokan harinya, perawat menemukan mereka telah meninggal dengan tenang di tempat tidur bersama-sama.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Ryan Gosling sebagai Noah Calhoun
  • Rachel McAdams sebagai Allison "Allie" Hamilton
  • James Garner sebagai Noah Calhoun tua atau "Duke"
  • Gena Rowlands sebagai Allie Calhoun tua (née Hamilton)
  • Joan Allen sebagai Ann Hamilton
  • James Marsden sebagai Lon Hammond Jr
  • Jamie Brown sebagai Martha Shaw
  • Sam Shepard sebagai Frank Calhoun
  • David Thornton sebagai John Hamilton
  • Kevin Connolly sebagai Fin
  • Heather Wahlquist sebagai Sara Tuffington
  • Ed Grady sebagai Harry
  • Obba Babatundé sebagai vokalis band
  • Mark Johnson sebagai fotografer
  • Starletta DuPois sebagai Perawat Esther
  • William Sattelberg sebagai stuntman dari Ryan Gosling

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No. Judul Pencipta Durasi
1. "Main Title"   Aaron Zigman 2:49
2. "Overture"   Aaron Zigman 6:16
3. "I'll Be Seeing You"   Billie Holiday 3:33
4. "Alabamy Home"   Duke Ellington 3:02
5. "Allie Returns"   Aaron Zigman 5:07
6. "House Blues / The Porch Dance / The Proposal / The Carnival"   Aaron Zigman 8:04
7. "Noah's Journey"   Aaron Zigman 6:03
8. "Always And Always"   Benny Goodman & His Orchestra 3:17
9. "A String Of Pearls"   Glenn Miller & His Orchestra 3:16
10. "On The Lake"   Aaron Zigman 5:39
11. "Diga Diga Doo"   Rex Stewart And The Ellingtonians 4:16
12. "One O'Clock Jump"   Benny Goodman & His Orchestra 3:15
13. "I'll Be Seeing You"   Jimmy Durante 3:13
14. "Noah's Last Letter"   Aaron Zigman 4:32
15. "Our Love Can Do Miracles"   Aaron Zigman 4:31
Durasi total:
66:53[3]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Notebook mendapatkan reaksi beragam dari kritikus film. Berdasarkan 154 kumpulan ulasan dari Rotten Tomatoes, 52% dari kritikus film memberi review positif dengan nilai rata-rata 5,7/10.[4] Pada Metacritic, yang memberikan nilai rata-rata 100 untuk ulasan kritikus yang mainstream, film ini memegang nilai rata-rata 53 berdasarkan 34 ulasan, yang menunjukkan "ulasan beragam atau rata-rata".[5]

Roger Ebert dari Chicago Sun-Times memuji film ini, memberikan tiga setengah dari empat bintang, menyebut fotografi yang "mencolok dalam kesempurnaan dan memiliki efek jenuh" dan menyatakan bahwa "para pemain film diberkati oleh persiapan yang baik".[6] Peter Lowry dari Film Threat memberikan tiga setengah dari lima bintang, memuji penampilan Ryan Gosling dan Rachel McAdams, menulis bahwa Ryan Gosling dan terutama Rachel McAdams memberikan semua pertunjukkan dengan baik, melakukan kendali, mengambil apa yang tersisa dari film ini dan menyelesaikannya untuk penonton dengan beberapa adegan sentuhan yang tidak membuat mata kering di dalam rumah. Tentang film ini sendiri, ia menambahkan bahwa secara keseluruhan, The Notebook adalah sebuah film bagus yang mengejutkan, yang berhasil sukses di mana banyak film drama lainnya seperti percintaan gagal.[7]

Stephen Holden dari New York Times memberikan review positif pada film ini, menyatakan bahwa "adegan antara kekasih muda menghadapi otoritas dewasa memiliki ketegangan yang sama dan menyembunyikan perasaan tak terkendali ketika Warren Beatty dan Natalie Wood muda membawa lebih dari 40 tahun yang lalu dalam memerankan film Splendor in the Grass".[8] Ann Hornaday dari The Washington Post memberikan review positif pada film ini, memuji penampilan Ryan Gosling dan Rachel McAdams, menyatakan bahwa tak masalah jika Rachel McAdams dan Ryan Gosling tidak selama satu menit mengingatkan kembali ke Amerika tahun 1940, mereka berdua menarik. Ryan Gosling, yang menampilkan pertama kali debut yang tak tampak di layar pada film drama The Believer tahun 2001, sangat meyakinkan sebagai seorang pemuda mempesona yang menarik pertahanan terkuat seorang gadis. Tentang film ini, ia menambahkan bahwa film The Notebook menjadi film musim panas yang harus dilihat oleh penonton yang memiliki keinginan asmara besar dan melekat.[9]

William Arnold dari Seattle Post-Intelligencer memuji penampilan Rachel McAdams tetapi mengecam penampilan Ryan Gosling, yang menyatakan bahwa Ryan Gosling "tidak memiliki kekuatan bintang atau chemistry dengan Rachel McAdams untuk berlabuh seperti adegan kecil di film Gone with the Wind". Ia juga menambahkan tentang film yang "tidak benar-benar melakukan tujuan tersendiri, terutama karena pemberian peran romantisnya tidak terlihat, itu tidak membuat kita jatuh cinta dengan kekasihnya".[10] Wesley Morris dari The Boston Globe memberikan dua setengah bintang untuk film, memuji penampilan aktor dan aktrisnya, menulis tentang Rachel McAdams bahwa "ia berkomitmen untuk menjiwai cerita dan memerhatikan para aktor lain". Ia menambahkan tentang Ryan Gosling bahwa ia dapat memerankan sosiopat dan perenung yang kuat, dan ada alasan untuk berpikir sejak awal, bahwa Noah mungkin sama bebasnya, seperti ketika ia mengancam akan turun dari permainan roda ferris di festival jika Allie setuju untuk berkencan dengannya. Tentang film ini, ia menulis bahwa mengingat "bisnis romantis" yang relatif cerah dan menyenangkan, yang mendahuluinya, hal-hal yang lama tampaknya gelap, mengerikan, dan dipaksakan pada kita.[11]

Jessica Winter dari The Village Voice memberikan ulasan beragam pada film ini, menyatakan bahwa di tengah-tengah naskah Jeremy Leven yang manis dan sulit, Gena Rowlands dan James Garner memunculkan kebahagiaan dan tak cacat, memberikan kredibilitas yang baik untuk adegan mereka bersama-sama, keduanya mengiris bersih melalui dialog kesedihan dan pertemuan, menempatkan teror dan kesedihan yang dibuat oleh pengkhianatan kejam dari pikiran yang gagal.[12] Robert Koehler dari Variety memberikan ulasan beragam pada film ini, namun ia memuji penampilannya, menulis bahwa sebagai salah satu aktor muda yang paling menarik, Ryan Gosling memperluas jangkauan untuk asmara murni tanpa mengorbankan sedikit kualitas subversif alaminya, dan bahkan tampaknya nyaman terhadap ketampanannya dengan cara jantannya Amerika. Sorotannya adalah Rachel McAdams, melakukan peran yang berbeda dari peran wanita liar populer di Mean Girls yang sulit dikatakan bahwa peran itu sama, ia terampil dalam membawa beban emosional film ini dengan cara yang bebas dan mudah.[13]

Pada bulan Juni 2010, Entertainment Weekly memasukkan karakter Allie dan Noah dalam daftar "100 Greatest Characters of the Last 20 Years".[14] Kala itu film The Notebook ditempatkan dalam daftar "25 Sexiest Movies Ever".[15] Us Weekly memasukkan film ini dalam daftar "30 Most Romantic Movies of All Time".[16] Boston.com menempatkan film ini ke posisi tiga dalam "Top Romantic Movie".[17] Moviefone memasukkan film ini dalam daftar "25 Best Romance Movies of All Time".[18] Marie Claire menempatkan film dalam daftar "12 Most Romantic Movie Scenes of All Time".[19] Pada tahun 2011, film ini termasuk film drama terbaik di televisi ABC News dan People spesial "Best in Film: The Greatest Movies of Our Time".[20] Adegan Noah memanjat wahana ferris wheel karena ingin berkencan dengan Allie dimasukkan oleh Total Film dalam daftar "50 Most Romantic Movie Moments of All Time".[21] Adegan ciuman di bawah hujan ditempatkan di posisi empat oleh Total Film dalam daftar "50 Best Movie Kisses".[22]

Box Office[sunting | sunting sumber]

The Notebook dirilis pada tanggal 25 Juni 2004 di Amerika Serikat dan Kanada dengan pendapatan kotor USD 13,464,745 di 2.303 bioskop pada pembukaan akhir pekan, menempati posisi keempat di box office.[23] Film ini memperoleh total USD 115,603,229 di seluruh dunia, USD 81,001,787 di Kanada dan Amerika Serikat dan USD 34,601,442 di negara lain.[2] Film ini adalah film drama romantis keempat belas dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa.[24]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil
2004 Golden Trailer Awards[25] Best Romance Nominasi
Teen Choice Awards[26] Choice Movie of the Summer Nominasi
Choice Breakout Movie Star Rachel McAdams Nominasi
2005 Artios Awards[27] Outstanding Achievement in Casting – Feature Film, Drama Matthew Barry and Nancy Green-Keyes Nominasi
Golden Satellite Awards[26] Best Supporting Actress – Motion Picture Gena Rowlands Menang
MTV Movie Awards[28] Best Female Performance Rachel McAdams Nominasi
Best Kiss Rachel McAdams/Ryan Gosling Menang
Screen Actors Guild Awards[29] Outstanding Performance by a Male Actor in a Supporting Role James Garner Nominasi
Teen Choice Awards[30] Choice Movie Drama Menang
Choice Date Movie Menang
Choice Movie Actor – Drama Ryan Gosling Menang
Choice Movie Actress – Drama Rachel McAdams Menang
Choice Movie Breakout Performance – Male Ryan Gosling Menang
Choice Movie Chemistry Rachel McAdams/Ryan Gosling Menang
Choice Movie Liplock Rachel McAdams/Ryan Gosling Menang
Choice Movie Love Scene Rachel McAdams/Ryan Gosling Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE NOTEBOOK (12A)". British Board of Film Classification. 2004-05-25. Diakses tanggal 2013-02-26. 
  2. ^ a b c "The Notebook (2004)". Box Office Mojo. Diakses tanggal June 16, 2010. 
  3. ^ The Notebook Soundtrack TheOST. Retrieved January 7, 2014
  4. ^ "The Notebook". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 2, 2010. 
  5. ^ "The Notebook". Metacritic. Diakses tanggal February 5, 2008. 
  6. ^ Ebert, Roger. "The Notebook". Chicago Sun-Times. Diakses tanggal August 7, 2010. 
  7. ^ Lowry, Peter (June 28, 2004). "The Notebook". Film Threat. Hamster Stampede LLC. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  8. ^ Holden, Stephen (June 25, 2004). "When Love Is Madness and Life a Straitjacket". The New York Times. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  9. ^ Hornaday, Ann (June 25, 2004). "A Tear-Stained 'Notebook'". The Washington Post. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  10. ^ Arnold, William (June 24, 2004). "Touching 'Notebook' overcomes flaws to satisfy romance fans in need of a good cry". Seattle Post-Intelligencer. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  11. ^ Morris, Wesley (June 25, 2004). "Love shows its age in 'Notebook'". The Boston Globe. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  12. ^ Winter, Jessica (June 15, 2004). "Old Pros Lend Credibility to Young Lovebirds' Magical Hysteria Tour". The Village Voice. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  13. ^ Koehler, Robert (May 20, 2004). "The Notebook". Variety. Diakses tanggal November 16, 2012. 
  14. ^ Adam B. Vary (June 1, 2010). "The 100 Greatest Characters of the Last 20 Years: Here's our full list!". Entertainment Weekly. Time Inc. Diakses tanggal July 7, 2012. 
  15. ^ "25 Sexiest Movies Ever!". Entertainment Weekly. January 2, 2011. Diakses tanggal January 4, 2013. 
  16. ^ "30 Most Romantic Movies of All Time - The Notebook". Us Weekly. Diakses tanggal January 4, 2013. 
  17. ^ "Top 25 romantic movies". Boston.com. Diakses tanggal January 4, 2013. 
  18. ^ "Best Romance Movies of All Time". Moviefone. February 5, 2008. Diakses tanggal January 4, 2013. 
  19. ^ "The 12 Most Romantic Movie Scenes of All Time Read more: The Most Romantic Scene from The Notebook - Marie Claire". Marie Claire. Hearst Corporation. February 1, 2011. Diakses tanggal January 4, 2013. 
  20. ^ Cox, Carmen (March 22, 2011). "Best in Film: The Greatest Movies of Our Time Read On ABC News Radio: http://abcnewsradioonline.com/entertainment-news/best-in-film-the-greatest-movies-of-our-time.html#ixzz2H7iFHqtN". ABC News Radio. Diakses tanggal January 5, 2013. 
  21. ^ Kinnear, Simon (February 13, 2012). "50 Most Romantic Movie Moments Of All Time". 
  22. ^ Kinnear, Simon (February 14, 2013). "50 Best Movie Kisses". Total Film. Diakses tanggal October 29, 2014. 
  23. ^ "The Notebook (2004) – Weekend Box Office Results". Box Office Mojo. Diakses tanggal February 5, 2008. 
  24. ^ "Romantic Drama Movies at the Box Office". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 5, 2013. 
  25. ^ "5th Annual Golden Trailer Award Winner and Nominees". GoldenTrailer.com. 2004. Diakses tanggal June 18, 2012. 
  26. ^ a b "CA The Notebook.pdf" (PDF). Horizon High School Drama. Diakses tanggal June 18, 2012. 
  27. ^ "Artis Award Winners – 2005". Casting Society of America. Diakses tanggal June 18, 2012. 
  28. ^ "2005 MTV Movie Awards". MTV. Diakses tanggal June 18, 2012. 
  29. ^ "The 11th Annual Screen Actors Guild Awards". SAGAwards.org. Diakses tanggal June 18, 2012. 
  30. ^ "'Notebook' Wins Eight Teen Choice Awards". Fox News. Associated Press. August 15, 2005. Diakses tanggal June 18, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]