The Middle of Starting Over

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"The Middle of Starting Over"
Singel oleh Sabrina Carpenter
dari album mini Can't Blame a Girl for Trying dan album Eyes Wide Open
Dirilis19 Agustus 2014 (2014-08-19)
Direkam2013–2014
Genre
Durasi3:32
LabelHollywood
Pencipta
Produser
Kronologi singel Sabrina Carpenter
"Can't Blame a Girl for Trying"
(2014)
"The Middle of Starting Over"
(2014)
"We'll Be the Stars"
(2015)
Video musik
"The Middle of Starting Over" di YouTube

"The Middle of Starting Over" adalah lagu yang direkam oleh penyanyi Amerika Serikat Sabrina Carpenter dari album mini debutnya Can't Blame a Girl for Trying (2014), sebagai trek kedua. Lagu ini masuk dalam album studio debutnya, Eyes Wide Open, sebagai trek ketiga. Lagu tersebut diproduseri oleh Brian Malouf dan ditulis oleh Michelle Moyer, Jim McGorman bersama Robb Vallier. McGorman dan Vallier juga bertindak sebagai ko-produser. Lagu dirilis oleh Hollywood Records sebagai singel kedua dari Can't Blame a Girl for Trying pada 19 Agustus 2014 dan diputar perdana sebulan sebelumnya secara eksklusif di Radio Disney. "The Middle of Starting Over" merupakan sebuah lagu folk pop dengan pengaruh country pop dengan iringan gitar akustik dan elemen perkusi di kecepatan midtempo. Lirik lagu tersebut membahas tentang move on, memulai semuanya dari awal kembali dan melupakan kesalahan. Menurut Carpenter, lagu tersebut membahas menerima kesalahan hidup dan menemukan cara menyenangkan untuk menjalani hidup. Lagu ini didukung oleh video musik yang disutradarai The Young Astronauts dan tayang perdana di kanal Vevo miliknya pada 21 September 2014.

Latar belakang dan perekaman[sunting | sunting sumber]

Setelah merilis singel debutnya, Carpenter merilis singel keduanya untuk medukung album mininya, Can't Blame a Girl for Trying. Dalam sebuah wawancara bersama Teen.com, Carpenter mengatakan "Keseluruhan lagu tersebut membahas tentang menerima kesalahan hidup dan menemukan jalan yang menyenangkan untuk menjalani hidup. Meskipun jika kamu harus mengulangnya dari awal, meskipun jika kamu harus mencoba sesuatu hal yang baru, lakukanlah yang terbaik untuk itu dan bersenanglah untuk itu."[1] Lagu tersebut dirilis sebagai seingel pada 19 Agustus 2015 dan diputar di Radio Disney sebulan sebelumnya. Lagu tersebut juga masuk dalam album studio pertama Carpenter, Eyes Wide Open, yang rilis pada 14 April 2015.[2]

"The Middle of Starting Over" ditulis antara tahun 2013 dan 2014 oleh Jim McGorman, Robb Vallier dan Michelle Moyer. Lagu tersebut diproduseri oleh Brian Malouf dan ko-produser McGorman dan Vallier. Malouf melakukan mixing lagu tersebut di Cookie Jar Recording, yang berlokasi di Sherman Oaks, California dan Chris Thompson sebagai engineering lagu. Dalam lagu tersebut, Malouf dan McGorman memainkan kibor dan Marc Slutsky memainkan drum. McGorman juga memainkan gitar akustik, gitar listrik, gitar bas, dan piano. Daniel Kalisher memainkan mandolin ketika Vallier dan Michelle mengisi vokal latar dalam lagu tersebut. Proses mastering dikerjakan oleh Eric Boulanger di The Mastering Lab, Inc., tepatnya berlokasi di Ojai, California.[3]

Komposisi dan interpretasi liris[sunting | sunting sumber]

Secara musikal, "The Middle of Starting Over" merupakan tiga menit dan tiga puluh dua detik akustik gitar midtempo folk pop dengan pengaruh pop remaja dan country pop. Dari segi notasi musik, "The Middle of Starting Over" digubah menggunakan 44 dengan kunci D major, dengan tempo cepat 92 ketukan per menit.[4] Lagu tersebut menggunakan progresi akor D–A/C-Bm-G dan vokal Carpenter menjangkau dari nada rendah A3 ke nada tinggi A4, sehingga lagu tersebut memiliki rentang nada satu oktaf. Lirik lagu tersebut membahas tentang move on, memulai semuanya dari awal kembali dan melupakan kesalahan. Menurut Carpenter sendiri, lagu tersebut membahas menerima kesalahan hidup dan menemukan cara menyenangkan untuk menjalani hidup.[1]

Video musik[sunting | sunting sumber]

Latar belakang dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada 17 September 2014, Radio Disney membagikan teaser video musik tersebut di akun Instagram mereka.[5] Video musik tersebut disutradarai oleh The Young Astronauts dan dirilis di Vevo dan YouTube pada 21 September 2014.[6] Video lirik ditayangkan perdana pada 19 Agustus 2014 di YouTube dan menampilkan berbagai adegan dirinya bermain bersama kakak perempuannya, Sarah Carpenter, dengan filter berjalan terbalik.[7]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Video musik dimulai dengan Carpenter berjalan dengan gitar di tangannya ke sebuah set studio yang berisi tangga, sofa, kotak dan kaleng cat. Sepanjang video ditampilkan beberapa adegan dimana Carpenter berada di latar belakang yang berbeda menyanyikan lagu tersebut. Pada baris pertama lagu tersebut, Cast out of sea, Carpenter berdiri di atas sebidang tanah. Sepanjang video musik ditampilkan berbagai adegan dengan nuansa menyenangkan seperti adu bantal, bermain balon, mengubah skenario, berfoto dan menggambar serta melempar kelopak bunga. Di semua set, Carpenter dan beberapa pemeran video musiknya bersenang-senang. Video musik berakhir dengan Carpenter keluar dari set pertama dimana ia memulai video tersebut.

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Lagu itu dibandingkan dengan karya Taylor Swift (gambar).

Anna Marie dari A Kid's Point of You memuji "The Middle of Starting Over" dengan mengatakan "A folk-meet-pop jam, "The Middle of Starting Over" pasti akan ditambahkan dalam daftar putar untuk tidur yang jumlahnya tak terhitung dimanapun. Lagu ini memiliki pesan yang menginspirasi serta unik dan suara tak terlupakan yang hanya dapat diperkuat oleh vokal kuat milik Sabrina." Dolph Malone dari Headline Planet mengatakan "The Middle of Starting Over" dan "Your Love's Like" sebagai lagu yang menarik dan serbaguna untuk karier Carpenter. Malone mengatakan "Lagu seperti "The Middle of Starting Over" dan "Your Love's Like" menampilkan alur yang lebih kuat, tetapi mereka juga berfungsi paling menonjol sebagai platform untuk kesenian unik Carpenter. Mereka membantu menciptakan variasi dalam suara tanpa menumbuhkan rasa ketidakjujuran. Mereka membantu tetapi tidak mendefinisikan."[8] Lagu ini juga mendapat beberapa perbandingan dengan karya-karya awal Taylor Swift.[9]

Penampilan langsung[sunting | sunting sumber]

Carpenter tampil pertama kali membawakan lagu tersebut di Radio Disney Music Awards 2014 bersama dengan singel debutnya.[10] Beberapa waktu kemudian, ia tampil di Disney Social Media Moms Conference 2014.[11] Ia juga membawakan lagu tersebut pada Konser Fox & Friends di New York pada 29 Juni[12] dan juga 19 Juli di Children's Hospital Los Angeles Benefit Concert.[13] Ia membawakan lagu tersebut di Big Ticket Summer 2014[14] dan menampilkan versi akustik dari lagu tersebut di Perez TV dengan menyanyikan juga lagu "Can't Blame a Girl for Trying".[15] Carpenter membawakan lagu tersebut di Slimefest pada 26 September[16] dan pada bulan November di Macy's Thanksgiving Day Parade 2014.[17] Pada tahun 2015, ia membawakan lagu tersebut di D23 Expo pada tahun 2015 dengan membawakan juga lagu "Take on the World", "We'll Be the Stars", versi cover dari "FourFiveSeconds", "Can't Blame a Girl for Trying" dan "Eyes Wide Open".[18]

Kredit dan personil[sunting | sunting sumber]

Perekaman dan manajemen

  • Cookie Jar Recording (Sherman Oaks, California) – mixing
  • The Mastering Lab, Inc. (Ojai, California) – mastering
  • Val Derringer Music (ASCAP), Little Cyclone Music (ASCAP), Moyer Publishing (ASCAP)

Personel

Kredit berdasarkan catatan personel dalam album Eyes Wide Open.[3]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Negara Tanggal Format
Amerika Serikat Juli 2014 Radio Disney
Seluruh dunia 19 Agustus 2014 Unduhan musik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Sabrina Carpenter Facts, Quotes, Pictures and Interview with teen.com". Teen.com. 8 November 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-14. Diakses tanggal 1 Mei 2017. 
  2. ^ ""Eyes Wide Open" by Sabrina Carpenter". iTunes. Diakses tanggal 6 Mei 2017. 
  3. ^ a b Eyes Wide Open liner notes [CD] Hollywood Records (2015)
  4. ^ "Sabrina Carpenter "The Middle of Starting Over" Sheet Music in D Major". Musicnotes.com. Diakses tanggal 15 Juli 2017. 
  5. ^ @radiodisney (17 September 2014). "Check out our #RDExclusive teaser of @sabrinacarpenter's #TheMiddleOfStartingOver music video! The full video premieres Sunday on @disneychannel! 🎉🎥🎵". Diakses tanggal 18 Juli 2018 – via Instagram. 
  6. ^ "Sabrina Carpenter – The Middle of Starting Over (Official Video)". Vevo. 21 September 2014. Diakses tanggal 13 Mei 2017. 
  7. ^ SabrinaCarpenterVEVO (19 Agustus 2014). "Sabrina Carpenter - The Middle of Starting Over (Official Lyric Video)". Diakses tanggal 28 Juli 2018 – via YouTube. 
  8. ^ Dolph, Malone (13 April 2015). "Sabrina Carpenter is the Right Kind of Great on "Eyes Wide Open;" Review". Headline Planet. Diakses tanggal 28 Juli 2017. 
  9. ^ Wass, Mike (22 September 2014). "Sabrina Carpenter's "The Middle Of Starting Over" Is Completely Irresistible: Watch The Candy-Colored Video". Idolator. Diakses tanggal 3 Agustus 2017. 
  10. ^ MirandaIbarra (27 April 2014). "The Middle of Starting Over- Sabrina Carpenter live". Diakses tanggal 1 Mei 2016 – via YouTube. 
  11. ^ AMomBlog (11 Juni 2014). "Sabrina Carpenter sings The Middle of Starting Over at #DSMMS 2014". Diakses tanggal 5 Agustus 2016 – via YouTube. 
  12. ^ DebiBasinski (29 Juni 2014). "Sabrina Carpenter "The middle of starting over" Live in New York at Fox&Friends Concert". Diakses tanggal 5 Agustus 2016 – via YouTube. 
  13. ^ IanJZ (20 Juli 2014). ""Middle of Starting Over" Children's Hospital Los Angeles Benefit Concert 7/19/14". Diakses tanggal 5 Agustus 2016 – via YouTube. 
  14. ^ "Sabrina Carpenter - The Middle of Starting Over - Halifax". 22 Agustus 2014. Diakses tanggal 5 Agustus 2016 – via YouTube. 
  15. ^ Perez TV (24 September 2014). "Sabrina Carpenter - "The Middle Of Starting Over" (Exclusive Perez Hilton Acoustic)". Diakses tanggal 1 Mei 2017 – via YouTube. 
  16. ^ HorseLover3111 (26 September 2014). "The Middle of Starting Over - Sabrina Carpenter Slimefest 26/9/14". Diakses tanggal 5 Agustus 2016 – via YouTube. 
  17. ^ "Sabrina Carpenter - "Middle Of Startng Over" Macy's Thanksgiving Day Parade 2014". 29 November 2014. Diakses tanggal 1 Mei 2017 – via YouTube. 
  18. ^ "Sabrina Carpenter D23 Performance [Aug 15 2015]". 16 Agustus 2015. Diakses tanggal 1 Mei 2016 – via YouTube. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]