The Longest Ride (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Longest Ride
Longestride-intl-poster.jpg
Poster Film The Longest Ride
Sutradara George Tillman, Jr.
Produser Marty Bowen
Wyck Godfrey
Theresa Park
Nicholas Sparks
Skenario Craig Bolotin
Berdasarkan The Longest Ride 
oleh Nicholas Sparks
Pemeran Scott Eastwood
Britt Robertson
Jack Huston
Oona Chaplin
Alan Alda
Melissa Benoist
Lolita Davidovich
Gloria Reuben
Musik Mark Isham
Sinematografi David Tattersall
Penyunting Jason Ballantine
Perusahaan
produksi
Fox 2000 Pictures
Temple Hill Entertainment
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 10 April 2015 (2015-04-10)
Durasi
128 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $34 juta[1]
Pendapatan kotor $62,944,815[2]

The Longest Ride adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh George Tillman, Jr. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2013, film ini dibintangi oleh Scott Eastwood, Britt Robertson, Jack Huston, Oona Chaplin, Alan Alda, Melissa Benoist, Lolita Davidovich, dan Gloria Reuben. The Longest Ride difilmkan di Wilmington, Winston-Salem, dan Jacksonville, Carolina Utara.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Luke Collins (Scott Eastwood) adalah pengendara banteng yang terluka parah satu malam saat mengendarai banteng. Setahun kemudian, Luke kembali mengendarai banteng dan bertemu dengan Sophia Danko (Britt Robertson), seorang mahasiswi pecinta seni, yang menonton pertunjukkan mengendarai banteng. Sophia tinggal di asrama di New York. Mereka mulai berkencan dan dalam perjalanan pulang, ketika hujan di malam hari, mereka menemukan mobil terbakar di jurang dan lelaki tua di dalamnya. Luke menyelamatkan lelaki tua itu dan Sophia mengambil kotak milik lelaki tua itu, lalu mereka membawanya ke rumah sakit. Setelah membawanya ke rumah sakit, Sophia menjaganya dan mengatakan kepada Luke bahwa ia tidak akan tinggal di kota itu lebih lama lagi. Luke keluar dari rumah sakit, sementara di ruang tunggu, Sophia membuka kotak itu dan menemukan surat-surat dari Ira (Jack Huston) kepada istrinya yang meninggal, Ruth (Oona Chaplin). Keesokan harinya, Sophia memperkenalkan dirinya kepada pasien tua yang diselamatkan oleh Luke, Ira (Alan Alda), dan memberikan kotak kepadanya. Sophia membacakan surat-surat itu kepada Ira tua.

Pada masa lalu, Ira bertemu dengan imigran asal Austria, Ruth, di toko orang tua Ira. Lalu ia mencarinya ke sekeliling kota, namun seorang pemuda datang menghampiri Ruth, sehingga bunga yang akan diberikan oleh Ira kepada Ruth jatuh, membuat Ira patah hati. Ketika Ira meninggalkannya, Ruth melihat Ira. Beberapa hari kemudian, Ruth menemui Ira dan berbincang.

Pada masa kini, Sophia meminta Ira tua untuk membaca surat lain, tetapi karena Ira tua masih sedih, ia memintanya untuk melakukannya di lain waktu. Sophia pergi ke peternakan Luke dan berkuda. Mereka mulai berkencan dan bercinta di rumah Luke.

Pada masa lalu, Ruth dan Ira menikmati kencan mereka di pantai dan di galeri seni. Suatu hari Ruth mengajaknya ke lobi hotel dan menunjukkan kepadanya lukisan dan menjelaskan betapa indahnya dan interpretasi Ruth atas lukisan itu. Malam harinya, Ira makan malam dengan keluarga Ruth yang memandang seni itu sangat indah. Keesokan harinya, Ira melamarnya di pantai dan Ruth menginginkan keluarga besar. Namun, Ira dipanggil untuk perang sehingga mereka berdua sedih, tetapi Ruth berjanji untuk menunggunya sampai Ira kembali. Sementara di tengah-tengah peperangan, salah satu rekan tentaranya terluka dan membutuhkan pertolongan. Banyak dari rekan-rekannya yang bersembunyi di selokan karena tembakan dan ledakan bom, sehingga mereka membantu Ira dengan misi bunuh diri. Namun, Ira memutuskan untuk membantu rekan-rekannya dan menolong mereka, tetapi ia ditembak dalam perjalanan, meskipun mereka akhirnya selamat dan dibawa ke rumah sakit.

Masih pada masa lalu, Ira dikirim pulang ke tempat asalnya. Ira sampai di rumah, namun ia tidak berani masuk ke rumahnya. Ruth menemuinya, mengatakan bahwa ibu Ira memberitahukan kepada Ruth tentang keberadaannya di rumah Ira selama beberapa hari, dan Ruth kecewa karena Ira tidak meneleponnya. Ruth ingin tahu mengapa Ira tidak meneleponnya ketika ia menunggunya dan ingin menikah dengannya. Ira mengatakan bahwa cedera membuatnya tidak dapat memiliki anak (mandul) dan ia tidak bisa memberinya keluarga yang diinginkan Ruth sehingga Ruth harus melanjutkan hidup tanpanya. Ruth mengatakan bahwa ia masih mencintai Ira dan akan menikah dengannya bagaimanapun juga. Setelah itu, Ira membawa Ruth ke sebuah rumah terbuka dan Ruth menyukainya. Mereka memasuki rumah itu dan menunjukkan lukisan yang Ruth sukai dari lobi hotel. Mereka menggantungnya di dalam rumah itu.

Pada masa kini, Sophia dan Luke berpacaran. Suatu hari ketika berbicara dengan ibu Luke (Lolita Davidovich) di rumah, ia mengungkapkan bahwa ayahnya juga seorang pengendara banteng yang meninggal beberapa tahun lalu. Luke mengendarai banteng sebagai cara untuk menjaga peternakan. Atasan Sophia, Adrienne Francis (Gloria Reuben), memanggilnya dan mengatakan bahwa kurator seni New York datang ke Charlotte akhir pekan dan Sophia ingin bertemu dengannya. Namun, Sophia menerima telepon dari teman Luke bahwa Luke terjatuh dan dirawat di rumah sakit. Sophia menelepon Adrienne dan mengatakan bahwa ia tidak dapat melakukannya akhir pekan. Sementara di rumah sakit, Sophia mendengar dokter yang memperingatkan Luke untuk tidak mengendarai banteng lagi, setelah mengalami cedera serius di bagian dadanya. Sophia khawatir karena ia peduli pada Luke dan tidak ingin Luke menyakiti dirinya sendiri. Keluar dari rumah sakit, Sophia mengira Luke akan berhenti naik banteng, namun Luke tidak ingin berhenti. Mereka putus karena Sophia tidak bisa bersamanya jika ia menyakiti dirinya sendiri, terutama setelah ia menelepon Adrienne untuk membatalkan pertemuan akhir pekan dan magang mendatangnya sehingga mereka bisa bersama-sama. Ibu Luke mengatakan bahwa ia membuat kesalahan membiarkan Sophia pergi karena Sophia adalah belahan jiwanya. Ketika Luke menjelaskan bahwa ia melakukannya untuk ibunya, ibunya mengatakan bahwa Luke melakukannya bukan demi peternakan, tetapi demi dirinya sendiri.

Sophia mengunjungi rumah Ira untuk menemuinya setelah Ira tua keluar dari rumah sakit. Sophia mengetahui bahwa proses adopsi anak tidak mudah dan karena itu, Ruth bekerja sebagai guru sekolah sehingga ia dapat berada di sekitar anak-anak, meskipun pekerjaan itu masih tidak cukup baginya. Suatu hari, Ruth melihat seorang anak tertidur di kelas, tubuhnya kotor sehingga ia harus mandi, sehingga Ruth mengunjungi rumah anak itu, dan mengetahui bahwa saudara tirinya beserta sang istri tidak peduli padanya. Ruth merawat anak itu, membawanya ke rumah setelah sekolah, dan memberinya makan beberapa hari. Ruth dan Ira menjadi dekat dengan anak itu dan berencana untuk mengadopsinya, tetapi saudara tirinya menolak menyetujuinya. Ruth menangis dan meminta cara lain untuk mengadopsinya, tetapi Ira mengatakan bahwa pengacaranya tidak memiliki cara lain dan ini adalah kota kecil, sementara saudaranya adalah wali, sehingga tidak ada cara bagi mereka akan menang di pengadilan. Setelah membawa anak itu ke keluarganya untuk terakhir kalinya, Ruth mengatakan kepadanya bahwa ia bisa menjadi apa yang ia inginkan; dan apapun dapat terwujud karena ia adalah anak yang cerdas. Kerugian ini membuat Ruth tertekan saat ia menganggap anak itu bagian dari keluarganya. Ruth mengemasi barangnya dan meninggalkan Ira karena ia benar-benar menginginkan seorang anak. Ira sedih namun ia tetap mencintainya untuk membiarkannya pergi dan mencari kebahagiaannya sendiri. Ruth kembali beberapa hari kemudian dan mereka menghabiskan waktu bersama-sama, mengumpulkan seni dan berpetualang, sampai suatu pagi di usia tua mereka, Ruth meninggal. Setelah pemakamannya, Ira mengatakan bahwa seorang wanita yang muncul ke pintu adalah istri dari seorang pemuda, Daniel, yang akan diadopsi oleh Ruth. Ia mengatakan bahwa suaminya telah meninggal, tidak hanya sebagai guru tetapi juga sebagai profesor di University College of London; wanita itu kembali ke Amerika setelah suaminya itu meninggal. Suaminya itu terinspirasi oleh Ruth yang memberitahukannya saat kecil bahwa ia bisa menjadi apa yang diinginkannya. Kata-kata itu terdengar jelas di telinga Ira dan setelah membaca nama Ruth di berita kematian, wanita itu merasa terdorong untuk mengunjunginya. Wanita itu memberikannya bingkai lukisan diri Ruth dan terdapat foto Ruth dan Ira di balik bingkai itu. Foto itu adalah foto yang sama yang Ira miliki di malam kecelakaan.

Pada masa kini, Luke berada di peringkat lima dunia dan bersaing untuk kejuaraan. Ia akan mengendarai banteng peringkat pertama dari kejuaraan. Tangannya masih gemetar dari kecelakaan itu, tetapi ia tetap mengendarai banteng dan sepanjang waktu ia melihat kursi kosong penonton di mana Sophia duduk. Ia naik banteng cukup lama dan sekarang mendapatkan peringkat pertama dunia. Suatu hari, Sophia menerima panggilan telepon bahwa Ira telah meninggal, ia menangis tetapi ia diundang untuk menghadiri lelang seni minggu depan. Luke juga menerima undangan melalui pos surat.

Luke datang terlambat dan berdiri di belakang ruangan, sementara gambar pertama yang dilelang adalah gambar Ruth yang dilukis oleh Daniel. Juru lelang menawarkan USD 1,000 tanpa mengambilnya dan turun menjadi USD 800. Ketika lelangnya turun menjadi USD 600, Luke membeli lukisan itu, dan Sophia terkejut melihatnya. Lelang ditahan sampai Luke menyelesaikan pembelian, dan di ruangan lain, Sophia menyapanya. Luke mengatakan bahwa ia berpikir ia ingin menjadi pengendara banteng nomor satu, tetapi sepanjang waktu ia mengendarai banteng, ia memikirkan Sophia. Luke menyadari bahwa Sophia adalah hidupnya, dan ia ingin menghabiskan sisa hidupnya dengan Sophia. Mereka berciuman sampai kurator memanggil mereka. Lelang ditunda karena pengacara Ira mengungkapkan bahwa seluruh koleksi lukisan sekarang berada pada pemilik lukisan, Luke. Ia membaca surat dari Ira menjelaskan bahwa Ruth adalah cintanya dan seluruh hidupnya untuk Ruth, sehingga seluruh koleksi miliknya akan pergi bersama dengan lukisan cinta dalam hidupnya, Ruth. Luke terkejut dan orang-orang mulai bertanya kepadanya, berapa banyak lukisan yang ia inginkan. Sophia meraih tangannya dan menjelaskan bahwa Luke menjadi jutawan. Sophia berada di galeri seni dan dikelilingi oleh lukisan Ira, lalu ia mengunci pintu dan masuk ke mobil Luke. Gedung yang ia tinggalkan adalah Museum Ira dan Ruth Levinson. Mereka pergi ke Black Mountain College, di mana Ira dan Ruth pernah berkunjung, dan menghabiskan waktu bersama.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Scott Eastwood sebagai Luke Collins
  • Britt Robertson sebagai Sophia Danko
  • Alan Alda sebagai Ira Levinson
  • Oona Chaplin sebagai Ruth
  • Melissa Benoist sebagai Marcia
  • Lolita Davidovich sebagai Linda Collins
  • Gloria Reuben sebagai Adrienne Francis
  • Barry Ratcliffe sebagai juru lelang
  • Brett Edwards sebagai Jared Midelton
  • Hunter Burke sebagai David Stein
  • Alina Lia sebagai Brooke

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Longest Ride mendapatkan kritik negatif dari kritikus. Website Rotten Tomatoes menilai film ini dengan rating 29% berdasarkan 86 ulasan, dengan nilai rata-rata 4,3/10. Konsensus kritik berkata, "The Longest Ride kurang manipulatif dari rata-rata film Nicholas Sparks, tetapi pembuatannya terkesan manis sekali dan tanpa harapan - bahwa itu tidak penting bagi target penonton".[3] Metacritic, yang memberikan rating normal, menilai film ini dengan skor 32/100 berdasarkan 29 kritik, menunjukkan "review yang tidak baik secara umum".[4] Film ini memperoleh nilai rata-rata A dalam jajak pendapat CinemaScore dari skala A+ sampai F, menandai film adaptasi Sparks pertama yang mendapat nilai A dalam 11 tahun sejak film The Notebook tahun 2004.[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Longest Ride mendapatkan USD 37,446,117 di Amerika Utara dan USD 25,498,698 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai USD 62,944,815, melebihi anggaran produksi film USD 34 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan USD 13,019,686, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Furious 7 dan Home.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Acara Kategori Penerima Hasil
2015 Teen Choice Awards Choice Movie: Drama The Longest Ride Nominasi
Choice Movie Actor: Drama Scott Eastwood Menang
Choice Movie Actress: Drama Britt Robertson Nominasi
Choice Movie: Breakout Star Scott Eastwood Nominasi
2016 People's Choice Awards Favorite Dramatic Movie The Longest Ride Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]