The Kissing Booth 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Kissing Booth 2
Poster rilis
SutradaraVince Marcello
Produser
  • Ed Glauser
  • Andrew Cole-Bulgin
  • Vince Marcello
  • Michele Weisler
Skenario
  • Vince Marcello
  • Jay Arnold
Berdasarkan
The Kissing Booth
oleh Beth Reekles
Pemeran
Penata musikPatrick Kirst
SinematograferAnastas N. Michos
PenyuntingPaul Millspaugh
Perusahaan
produksi
  • Picture Loom Productions
  • Clearblack Films
  • Komixx Entertainment
DistributorNetflix
Tanggal rilis
  • 24 Juli 2020 (2020-07-24)
Durasi131 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

The Kissing Booth 2 adalah film komedi romantis remaja Amerika Serikat tahun 2020 yang disutradarai oleh Vince Marcello, dari skenario yang ditulis oleh Marcello dan Jay Arnold. Film tersebut merupakan sekuel dari film tahun 2018 The Kissing Booth. Berdasarkan novel berjudul sama karya Beth Reekles, film tersebut dibintangi oleh Joey King, Joel Courtney dan Jacob Elordi.

Film tersebut dirilis pada 24 Juli 2020 di Netflix. Tak berbeda dari film sebelumnya, film ini mendapat sejumlah pendapat negatif dari kritikus. Film ketiga dari seri ini dijadwalkan akan rilis pada musim panas 2021.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film dimulai dengan Elle menceritakan waktu-waktu terakhinya dengan Noah sebelum ia berangkat ke Harvard. Tahun akhirnya di SMA dimulai dengan teman-teman sekelasnya bergosip tentang bagaimana dia dan Noah pada akhirnya akan putus, hal tersebut membuat ketakutannya meningkat saat Noah berteman dengan seorang gadis bernama Chloe. Elle dan Lee merencanakan bilik ciuman lagi untuk pameran amal, sementara Lee mencoba meyakinkan Elle agar Marco Peña, murid pindahan baru, juga dikenal sebagai "Noah Flynn" yang baru, terlibat dalam acara tersebut. Elle yang berhasil mengalahkan Marco di permainan menari, memaksanya untuk berpartisipasi di acara tersebut. Noah menyarankan Elle melamar ke Harvard, yang berbenturan dengan rencananya untuk belajar di Universitas California, Berkeley bersama Lee (tempat ibu mereka bertemu dan menjadi teman). Elle akhirnya mendaftar tanpa memberi tahu Lee.

Elle mengunjungi Noah di Boston, bertemu teman barunya dan Chloe, yang membuatnya semakin tidak percaya diri. Ia menemukan anting-anting di bawah tempat tidur Noah, yang membuatnya marah. Noah meyakinkannya bahwa tidak ada yang terjadi antara dia dan Chloe. Elle berbicara dengan ayahnya tentang biaya kuliah yang saat itu ia memiliki masalah terkait dana pendidikan kuliah. Ia pun ikut berpartisipasi dengan Lee dalam kompetisi dansa yang menhadiahkan uang tunai pada juara pertama. Lee mengalami kecelakaan di salah satu sesi latihan mereka (kemudian terbukti palsu) dan mengusulkan agar Marco menjadi pasangan dansanya. Saat Marco dan Elle mulai menghabiskan waktu bersama, mereka semakin dekat, dan ketertarikan di antara mereka dimulai.

Tanpa sepengetahuan Elle, hubungan Lee dengan Rachel mengalami masalah, karena Lee terus pergi bersama Elle dan secara tidak langsung membuat Lee tidak memiliki waktu bersama Rachel. Setelah meninggalkan Rachel yang menunggu di bioskop, dia meminta Lee untuk berbicara dengan Elle. Halloween tiba, dan saat itu Lee lupa memberi tahu Rachel bahwa mereka berganti tema kostum (Rachel mengenakan kostum marshmallow sementara Lee dan Elle akan menjadi cracker yang membuat smore), hal tersebut membuatnya semakin kesal. Elle menati bersama Marco dan hampir menciumnya, tetapi berhenti ketika mendengarkan gadis-gadis OMG bergosip tentangnya.

Pada hari kompetisi, Lee menemukan dokumen pendaftaran Elle ke Harvard di bagasi mobilnya, hal tersebut membuatnya marah. Elle dan Marco berhasil unggul dalam kompetisi tersebut, dan ia menciumnya di akhir tarian, Elle tidak mengetahui Noah ada di antara kerumunan, dan menyebabkan ia pergi dari tempat berlangsung perlombaan. Elle ingin mengejarnya begitu ia dan Marco diumumkan sebagai pemenang. Keluarga mereka berkumpul di rumah keluarga Flynn untuk makan malam Thanksgiving, di mana Noah datang bersama Chloe, membuat Elle kesal, serta dihadapkan Lee yang kesal karena tidak memberi tahu dia tentang mendaftar ke Harvard dan Rachel yang juga kesal dengannya. Saat makan malam, Rachel menemukan Lee tidak pernah berbicara dengan Elle dan pergi. Lee menyusulnya, dan Rachel putus dengannya. Elle mencoba meyakinkan Rachel untuk berdamai dengan Lee tetapi tidak berhasil. Dia juga mengembalikan anting-anting itu kepada Chloe, yang mengonfirmasi bahwa itu miliknya. Dia mengungkapkan kepada Noah di sebuah bar bahwa suatu malam dia tidur di kamar Noah ketika pulang antingnya tertinggal.

Hari karnaval tiba, Lee dan Rachel berdamai setelah ditutup matanya dan berciumanan di bilik ciuman. Elle juga ditutup matanya dan didekati oleh Marco, yang ingin berbicara dengannya tentang hubungan mereka. Elle mengakui kepada Marco ada ketertarikan di antara mereka, tetapi mengatakan kepadanya bahwa dia mencintai Noah dan pergi mencarinya di bandara. Chloe mengatakan kepadanya bahwa dia pergi mencarinya, dan Elle menemukannya di taman tempat mereka pertama kali berciuman. Noah mengaku malu karena dia tidak berprestasi di Harvard seperti yang ia duga. Dia juga menginginkan hubungan dengan Chloe seperti yang dilakukan Elle dengan Lee. Elle dan Noah bersatu kembali.

6-7 bulan kemudian, Noah kembali, dan Elle, Lee, dan Rachel lulus. Lee berbagi dengan Elle bahwa dia diterima di Berkeley dan bertanya apakah dia telah mendapat pengumuman pendaftaran. Dia menjawab bahwa dia masih menunggu pengumuman dari Berkeley dan Harvard. Saat Marco memandang Elle dari jauh, temannya memperhatikan dan mengatakan dia tidak layak, tetapi Marco berpendapat bahwa ia layak. Ketika Elle membuka kedua amplop di kamarnya, ternyata dia diterima di kedua universitas, yang memaksanya untuk mengambil sebuah keputusan: kuliah di Harvard dengan Noah atau Berkeley dengan Lee.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Februari 2019, diumumkan bahwa Joey King, Joel Courtney, dan Jacob Elordi akan memerankan kembali peran mereka lewat film Kissing Booth 2, dengan Vince Marcello sebagai sutradara dari skenario yang ia tulis bersama Jay Arnold,dan kembali didistribusikan oleh Netflix.[1] Pada Mei 2019, Maisie Richardson-Sellers dan Taylor Zakhar Perez dikabarkan memerankan film tersebut, dengan Meganne Young, Carson White dan Molly Ringwald juga kembali hadir setelah penampilannya di film pertama.[2]

Pengambilan gambar utama selesai dilakukan pada bulan Agustus 2019 di Afrika Selatan.[3]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Film ini dirilis pada 24 Juli 2020 di Netflix.[4][5] Film tersebut menjadi film streaming teratas di akhir pekan pembukaannya, sedangkan film sebelumnya berada di peringkat ketiga.[6] Film ini menempati posisi kedua pada akhir pekan kedua, Forbes mencatatnya sebagai "salah satu film paling populer yang pernah ada di platform."[7][8] Pada Oktober 2020, Netflix melaporkan 66 juta pengguna telah menonton film tersebut selama empat minggu pertama peluncurannya.[9]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 28% berdasarkan 39 ulasan, dengan rating rata-rata 4,5/10. Konsensus kritik situs web berbunyi: "Joey King membuat The Kissing Booth 2 lebih baik daripada yang seharusnya, tetapi sekuel slapdash ini akan membuat penonton mengerutkan kening karena semua alasan yang salah."[10] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 39 dari 100, berdasarkan 12 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan".[11]

Kate Erbland dari IndieWire memberikannya nilai C+, dan menulis: "Meskipun menawarkan beberapa pertumbuhan yang diperlukan untuk semua karakter, The Kissing Booth 2 tidak pernah bisa menolak untuk mencari dan bertindak seperti puluhan korban lain sejenisnya genre-nya, tidak dapat tumbuh melampaui komplikasi dasar."[12]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Setelah merilis film kedua, film ketiga telah diambil gambarnya secara back-to-back sejak produksi film ini, dan dijadwalkan rilis di tahun 2021.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hipes, Patrick (14 Februari 2019). "'The Kissing Booth' Getting Netflix Sequel". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Oktober 2019. 
  2. ^ N'Duka, Amanda (30 Mei 2019). "Netflix's 'The Kissing Booth 2' Sets Maisie Richardson-Sellers & Taylor Perez In Key Roles". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Oktober 2019. 
  3. ^ Gemmill, Allie (19 Agustus 2019). "Joey King Is Officially Done Filming The Kissing Booth Sequel". Teen Vogue (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Oktober 2019. 
  4. ^ Rubin, Rebecca (21 Mei 2020). "'Kissing Booth 2' Coming to Netflix in July". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22 Mei 2020. 
  5. ^ "The Kissing Booth 2: 5 Things You Should Know About Netflix Movie". Moviespie (dalam bahasa Inggris). 6 Juni 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-01-14. Diakses tanggal 7 Juli 2020. 
  6. ^ Brueggemann, Tom (27 Juli 2020). "'The Rental' Is Second Film Ever to Be #1 on Both Theatrical and VOD Charts at Same Time". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Juli 2020. 
  7. ^ Brueggemann, Tom (3 Agustus 2020). "'The Secret: Dare to Dream' Soars on PVOD as 'The Rental' and 'The Outpost' Hold Strong". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 5 Agustus 2020. 
  8. ^ Bean, Travis (29 Juli 2020). "'The Kissing Booth 2' Is Close To Becoming The Second Movie On Netflix To Achieve This Incredible Milestone". Forbes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 Agustus 2020. 
  9. ^ Low, Elaine (20 Oktober 2020). "'The Old Guard' Viewed By 78 Million Households in First Four Weeks, Says Netflix". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Oktober 2020. 
  10. ^ "The Kissing Booth 2 (2020)". Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Januari 2021. 
  11. ^ "The Kissing Booth 2 Reviews". Metacritic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 24 Juli 2020. 
  12. ^ Erbland, Kate (24 Juli 2020). "'The Kissing Booth 2' Review: Netflix's YA Hit Gets a Sweeter, Sloppier Sequel". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  13. ^ Lattanzio, Ryan (26 Juli 2020). "'Kissing Booth 3' Shot in Secret, Already in Post-Production and Coming from Netflix in 2021". IndieWire (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]