The Karate Kid (film 2010)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Karate Kid 2
Karate kid ver2.jpg
Theatrical poster
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenarioChristopher Murphey
Penulis ceritaRobert Mark Kamen
PemeranJaden Smith
Jackie Chan
Wenwen Han
Taraji P. Henson
Penata musikJames Horner
SinematograferRoger Pratt
PenyuntingKevin Stermer
Perusahaan
produksi
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 11 Juni 2010 (2010-06-11)
Durasi140 Menit[1]
Negara
Bahasa
Anggaran$40 million[2]
Pendapatan
kotor
$359,126,022[3]

The Karate Kid yang dikenal sebagai The Kung Fu Dream in China, adalah film drama seni bela diri wuxia 2010 yang disutradarai oleh Harald Zwart , dan bagian dari serial The Karate Kid . Ini dibintangi oleh Jaden Smith dan Jackie Chan dalam peran utama, dan itu diproduksi oleh Jerry Weintraub , James Lassiter , Ken Stovitz dan orang tua Jaden Will Smith dan Jada Pinkett Smith . Plotnya menyangkut Dre Parker ( Jaden Smith ) yangberusia 12 tahundari Detroit , Michigan yang pindah ke Beijing , China dengan ibunya ( Taraji P. Henson ) dan bertabrakan dengan pengganggu lingkungan (Zhenwei Wang). Dia membuat sekutu tidak mungkin dalam bentuk seorang pria pemeliharaan penuaan, Mr Han (Jackie Chan), seorang kung fu Master yang mengajarkan kepadanya rahasia pertahanan diri . Skenario oleh Christopher Murphey berasal dari cerita yang ditulis oleh Robert Mark Kamen untuk The Karate Kid yang asli . Tidak seperti aslinya, remake ini berlatar di Tiongkok , dan, meskipun judul filmnya menyesatkan, menampilkan Kung Fu alih-alih bahasa Jepang - Okinawa Karate. Musik film itu disusun oleh James Horner . Ini adalah produksi bersama internasional antara China, Hong Kong, dan Amerika Serikat.

Fotografi utama berlangsung di Beijing, Cina, dan pembuatan film dimulai pada Juli 2009 dan berakhir pada 16 Oktober 2009. Karate Kid dirilis secara teatrikal di seluruh dunia pada 11 Juni 2010, oleh Sony Pictures . Film ini menghasilkan $ 359 juta dengan anggaran $ 40 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dre Parker yang berusia 12 tahun dan ibunya yang telah menjanda, Sherry, meninggalkan Detroit dalam perjalanan ke Beijing setelah Sherry mendapat transfer pekerjaan di sebuah pabrik mobil. Dre pergi ke taman terdekat di mana dia melihat seorang pemain biola muda, Meiying, yang membalas perhatiannya, tetapi seorang anak laki-laki Cina berusia 14 tahun bernama Cheng, seorang ahli kung fu pemberontak yang keluarganya dekat dengan Meiying, menyimpan dendam terhadap Dre dan memisahkan mereka dengan menyerang, menggoda, dan menindas Dre secara brutal setiap kali dia mendapat kesempatan. Setelah karyawisata sekolah ke Kota Terlarang, Dre melempar seember air kotor ke atas Cheng dan teman-temannya, membuat mereka marah. Mereka mengejarnya di jalan-jalan kota, menyudutkannya di gang belakang, dan secara brutal memukuli Dre sampai dia diselamatkan oleh petugas pemeliharaan, Tuan Han, yang menangkis anak laki-laki dan menyatakan dirinya sebagai master kung fu.

Han menyembuhkan luka-luka Dre menggunakan metode pengobatan Tiongkok Kuno yaitu menangkup api saat dia mengatakan kepadanya bahwa Cheng dan teman-temannya pada dasarnya tidak buruk, tetapi dibuat oleh guru mereka, Guru Li, yang mengajar murid-muridnya untuk tidak menunjukkan belas kasihan kepada musuh mereka. Penasaran, Dre bertanya apakah Pak Han bisa mengajarinya kung fu. Han menolak dan membawanya menemui Li di studio Fighting Dragon untuk berdamai. Li dengan kasar menolak tawaran perdamaian dan menantang Dre untuk bertarung dengan Cheng. Tuan Han malah mengusulkan agar Dre bersaing dengan siswa Li satu lawan satu di turnamen Kung Fu terbuka yang akan datang, meminta siswanya meninggalkan Dre sendirian untuk berlatih untuk turnamen. Li enggan menyetujui persyaratan selama Dre muncul di turnamen.

Tuan Han berjanji untuk mengajari Dre kungfu dan mulai melatihnya dengan menekankan gerakan yang berlaku untuk kehidupan secara umum. Ia menyampaikan bahwa ketenangan dan kedewasaan, bukan pukulan dan kekuatan, adalah kunci sejati untuk menguasai seni bela diri. Dia mengajarkan hal ini dengan meminta Dre melakukan gerakan berulang menggunakan jaketnya, yang mengajarkan gerakan memori otot Dre yang sebenarnya . Han membawa Dre ke kuil Tao di Pegunungan Wudang . Di sana, Dre menyaksikan seorang wanita membuat seekor ular kobra yang mencerminkan gerakannya dan kemudian meminum air dari sumur Tao kuno.

Setelah berminggu-minggu menjalani pelatihan yang melelahkan dan melelahkan, Tuan Han segera memberi Dre satu hari libur. Dre pergi menemui Meiying, membujuknya untuk berhenti sekolah untuk bersenang-senang. Dia hampir terlambat mengikuti audisi biola yang diadakan sehari tanpa sepengetahuannya. Karena itu, orang tuanya menganggap Dre berpengaruh buruk dan melarangnya untuk bertemu dengannya lagi.

Dre pergi menemui Tn. Han, tetapi menemukan dia tampaknya mabuk, menghancurkan mobil yang sedang dikerjakannya. Han menjelaskan kepada Dre bahwa dia mengalami kecelakaan mobil yang sama bertahun-tahun yang lalu, dan bahwa istri dan putranya yang berusia 10 tahun tewas dalam kecelakaan itu. Dia memperbaiki mobil itu setiap tahun tetapi menghancurkannya untuk mengingatkan dirinya sendiri tentang apa yang terjadi; Hal ini menginspirasi Dre untuk berlatih lebih keras membantu gurunya mengatasi traumanya dan melewati kejadian tersebut. Tuan Han membantu Dre menulis dan membacakan catatan permintaan maaf dalam bahasa Mandarin kepada ayah Meiying, yang menerima hadiah dan permintaan maaf Dre, berjanji bahwa Meiying akan menghadiri turnamen untuk mendukung Dre.

Di turnamen, Dre yang kurang percaya diri lambat untuk mencapai keseimbangan dengan kompetitornya tetapi segera mulai mengalahkan mereka dan maju ke semifinal. Cheng melakukan hal yang sama dengan menghabisi lawan-lawannya secara kasar. Dre kemudian mengalahkan siswa Guru Li, menyebabkan Li memerintahkan salah satu muridnya bernama Liang, lawan semifinal Dre, untuk melukai Dre. Liang dengan enggan melakukannya dengan memberikan serangkaian pukulan yang melumpuhkan ke kaki Dre, yang mengakibatkan diskualifikasi otomatis. Dre dapat melaju ke final untuk menghadapi Cheng tetapi memiliki waktu terbatas untuk kembali ke ring atau Cheng akan merebut trofi. Dre memohon kepada Pak Han untuk menyembuhkan kakinya melalui metode bekam api. Tuan Han dengan enggan melakukannya ketika Dre mengatakan kepadanya bahwa dia hanya ingin mengatasi rasa takutnya. Dengan demikian, Dre akan menghadapi Cheng di final.

Pertandingan berlangsung bolak-balik dengan Dre unggul 2 banding 1. Atas perintah Li, Cheng selanjutnya memukul kaki Dre yang terluka dengan tendangan yang kuat, sehingga menyebabkan Dre kehilangan keseimbangan. Diikat pada dua titik masing-masing, dengan titik berikutnya untuk menentukan juara, Dre berjuang tetapi berhasil bangkit dan menggunakan jurus ular yang digunakan oleh wanita di kuil. Langkah ini berhasil, dan Cheng mengubah teknik dan serangannya pada Dre, yang melakukan flip dan menangkap Cheng di udara dengan tendangan ke kepalanya, memenangkan turnamen bersama dengan rasa hormat dari Cheng dan teman-teman sekelasnya. Cheng menghadiahkan piala untuk Dre dan semua siswa Naga Petarung membungkuk hormat kepada Tuan Han, menerimanya sebagai majikan baru mereka, meninggalkan Li yang kalah. Mengakhiri film, Dre dan Pak Han berjalan bahagia saat musik diputar.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penghargann[sunting | sunting sumber]

J-14 Teen Icon Awards 2010[4]

  • Iconic Movie (Nominated)
  • Iconic Movie Actor – Jaden Smith (Nominated)

People's Choice Awards 2011[5]

  • Favorite Family Movie (Nominated)
  • Favorite on Screen Team - Jaden Smith & Jackie Chan (Nominated)
  • Favorite Action Star - Jackie Chan (Won)

2011 Kids' Choice Awards[6]

2011 MTV Video Music Aid Japan[7]

2011 MTV Movie Awards[8]

32nd Young Artist Awards[9]

  • Best Leading Young Actor In A Feature Film (Jaden Smith) (Won)

2010 Teen Choice Awards[10]

  • Choice Summer: Movie (Nominated)

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Film kedua film ini akan dirilis tahun 2015.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE KARATE KID rated PG by the BBFC". bbfc. Diakses tanggal June 11, 2010. 
  2. ^ Fritz, Ben (June 10, 2010). "Movie projector: 'The Karate Kid' and 'The A-Team' fight it out in battle of the '80s". Los Angeles Times. Tribune Company. Diakses tanggal June 12, 2010. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama mojo
  4. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-12. Diakses tanggal 2012-05-15. 
  5. ^ [1]
  6. ^ [2]
  7. ^ [3]
  8. ^ [4]
  9. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-08. Diakses tanggal 2012-05-15. 
  10. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-27. Diakses tanggal 2012-05-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]