The Impossible Dream (The Quest)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

"The Impossible Dream (The Quest)" adalah sebuah lagu popular yang dikarang oleh Mitch Leigh, dengan lirik oleh Joe Darion. Lagu ini adalah lagu yang paling populer dari musikal Broadway 1965 Man of La Mancha dan juga dibawakan dalam film 1972 dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Peter O'Toole.

Lagu ini dinyanyikan di sepanjang musikal ini oleh Don Quixote sementara ia berdiri siap dengan senjatanya, sebagai tanggapan terhadap pertanyaan Aldonza (Dulcinea) tentang apa yang ia maksudkan dengan "mengikuti jalan perjuangan". Lagu ini dinyanyikan tidak lengkap tiga kali lagi  — yang terakhir kalinya oleh para tahanan di penjara bawah tanah sementara Miguel de Cervantes dan hambanya menaiki tangga tarik di penjara untuk menghadapi pengadilan oleh Inkuisisi Spanyol.

Lagu ini mendapatkan penghargaan Contemporary Classics Award dari Songwriter's Hall of Fame.

Dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Di masa perjalanan panjang kampanye Robert F. Kennedy untuk menjadi presiden pada 1968, Senator George McGovern memperkenalkan Kennedy dalam sebuah pidato singkat di depan massa di South Dakota dengan mengutip dari The Impossible Dream. Setelah itu Kennedy ditanyai oleh McGovern apakah ia benar-benar menganggapnya sebagai mimpi yang tidak mungkin. McGovern menjawab, "Saya pun tidak berpendapat hal itu tidak mungkin. Saya hanya... ingin khalayak mengerti, entah anda menang atau kalah, perjuangan ini layak ditempuh." Kennedy menjawab, "Yah, itu juga pendapat saya." Sesungguhnya, lagu ini adalah favorit Robert Kennedy, dan Andy Williams, yang merekam lagu ini, adalah salah seorang sahabat dekat Kennedy. Lagu ini juga favorit adik laki-lakinya, Ted Kennedy dan dibawakan oleh Brian Stokes Mitchell pada ibadah pengenangannya pada 2009.

Dalam politik[sunting | sunting sumber]

Lagu ini adalah favorit seorang pahlawan Filipina, Evelio Javier, gubernur yang terbunuh dari proinsi Antique di Filipina, dan lagu ini menjadi sebuah lambang pengurbanannya untuk demokrasi. Javier ditembak dan terbunuh di plaza San Jose, Antique saat dilakukan penghitungan atas pemilu awal 1986, sebuah tindakan yang ikut menyumbang pada penggulian Ferdinand Marcos secara damai oleh Cory Aquino dalam Revolusi Kekuatan Rakyat. Setiap tahun, Javier dikenang pada Hari Peringatan Evelio dan lagu ini dinyanyikan. Lirik lagu ini ditulis pada sebuah lempengan kuningan dalam sebuah monumen di plaza tempat ia ditembak.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Daftar lagu kontemporer singel nomor satu 1966 (AS)

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Rujukan kosong (bantuan) 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]