The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Hunger Games:
The Ballad of Songbirds & Snakes
Poster resmi
SutradaraFrancis Lawrence
Produser
Skenario
  • Michael Lesslie
  • Michael Arndt
Berdasarkan
Balada Burung Penyanyi dan Ular
oleh Suzanne Collins
Pemeran
Penata musikJames Newton Howard
SinematograferJo Willems
PenyuntingMark Yoshikawa
Perusahaan
produksi
  • Color Force
  • Good Universe
  • Scholastic Entertainment
DistributorLionsgate
Tanggal rilis
  • 15 November 2023 (2023-11-15)
Durasi157 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$100 juta[2]
Pendapatan
kotor
$337 juta[3]

The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes adalah film aksi fiksi ilmiah Amerika Serikat yang disutradarai oleh Francis Lawrence dari skenario oleh Michael Lesslie dan Michael Arndt, berdasarkan novel tahun 2020, The Ballad of Songbirds and Snakes oleh Suzanne Collins. Film ini merupakan prekuel The Hunger Games (2012) dan angsuran kelima dalam seri film The Hunger Games. Film ini dibintangi oleh Tom Blyth, Rachel Zegler, Peter Dinklage, Hunter Schafer, Josh Andrés Rivera, Jason Schwartzman dan Viola Davis. Berlatar 64 tahun sebelum film pertama, film ini mengisahkan Coriolanus Snow saat muda dan hubungannya dengan peserta Hunger Games, Lucy Gray Baird dan peristiwa yang akhirnya membawanya ke jalan untuk menjadi pemimpin Panem.

The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes mengadakan pemutaran perdana dunianya di Berlin, Jerman pada tanggal 5 November 2023,[4] dirilis di Indonesia pada 15 November 2023 dan Amerika Serikat pada tanggal 17 November 2023 oleh Lionsgate Films. Film ini telah meraup $337 juta di seluruh dunia dan menerima tinjauan beragam dari para kritikus.

Premis[sunting | sunting sumber]

Di Panem, kepala keluarga bangsawan Snow, Jenderal Crassus Snow, meninggal saat Pemberontakan Pertama antara Capitol dan Distrik. Tiga belas tahun kemudian, putra Crassus yang berusia delapan belas tahun, Coriolanus, adalah salah satu dari dua puluh empat siswa Akademi yang dipilih untuk menjadi mentor penghormatan di Hunger Games Tahunan ke-10. Coriolanus bertekad untuk memulihkan kesejahteraan keluarganya dengan mendapatkan beasiswa Plinth Prize. Pencipta game dan dekan Akademi, Casca Highbottom, menyarankan para mentor untuk fokus menghibur penonton daripada memberikan penghormatan kepada pemenang Hunger Games.

Coriolanus ditugaskan untuk membimbing peserta perempuan Distrik 12, Lucy Gray Baird. Saat upacara panen, Lucy Gray memikat penonton Capitol dengan bernyanyi dan menyelipkan seekor ular ke dalam gaun putri Walikota, Mayfair. Coriolanus mendapatkan kepercayaan Lucy Gray, berkendara bersamanya ke Kebun Binatang Capitol, dan membantunya memenangkan simpati warga Capitol, yang membuat Highbottom tidak senang, di mana Highbottom sengaja memasangkan Coriolanus dengan Distrik 12 berharap dia akan gagal.

Coriolanus mengusulkan skema sponsorship kepada Ketua Gamemaker, Dr. Volumnia Gaul, di mana penonton Capitol dapat menyumbangkan perlengkapan untuk para peserta melalui mentor mereka saat permainan. Saat tur arena, bom pemberontak meledak, menewaskan beberapa mentor, termasuk putra Presiden, Felix Ravinstill, dan para pesertanya. Ketika Lucy Gray menyelamatkan Coriolanus dari puing-puing yang berjatuhan, Coriolanus memberikan Lucy Gray racun tikus sebagai peralatannya di permainan.

Permainan dimulai dengan beberapa peserta tewas dalam pertumpahan darah awal. Lucy Gray melarikan diri melalui lubang akibat ledakan, bersembunyi di terowongan. Teman Coriolanus yang kaya dan sesama mentor, Sejanus Plinth, yang membenci kekejaman Hunger Games, menyelinap ke arena dan berduka di samping peserta yang gugur. Gaul membujuk Coriolanus untuk menjemput Sejanus dari arena. Ketika seorang peserta menyerang mereka, Coriolanus membunuhnya.

Untuk membalas kematian Felix, Gaul melepaskan ular ke arena, membunuh setiap peserta kecuali Lucy Gray. Coriolanus diam-diam memasukkan saputangan berisi aroma Lucy Gray ke dalam tangki ular. Gaul menolak menyatakan Lucy Gray sebagai pemenang, tetapi penonton Capitol menekannya. Setelah perayaan kemenangan, Highbottom menghadapkan Coriolanus dengan saputangan dan racun dan menghukumnya dua puluh tahun sebagai Penjaga Perdamaian karena berbuat curang. Sejanus juga dihukum serupa karena memasuki arena. Coriolanus menyuap petugas untuk memindahkannya ke Distrik 12, tempat dia dan Sejanus memulai pelatihan Penjaga Perdamaian.

Setelah seorang pria digantung, menginspirasi lagu "The Hanging Tree" Lucy Gray, Coriolanus dan Sejanus mengunjungi bar Hob tempat Lucy Gray tampil bersama Covey, sebuah band nomaden. Coriolanus mendengar Sejanus membantu pemberontak yang berencana melarikan diri; Coriolanus menggunakan jabberjay untuk merekam suara Sejanus dan mengirimkannya ke Gaul. Coriolanus menemukan Sejanus berbicara dengan pemberontak Spruce, mantan pacar Lucy Gray, Billy Taupe, dan pacarnya Mayfair, yang menyebabkan pertengkaran. Coriolanus menembak Mayfair dan Spruce membunuh Billy. Sejanus dan Spruce kemudian digantung karena pengkhianatan sementara Lucy Gray dan Coriolanus melarikan diri.

Menuju utara, Coriolanus menemukan senjata Spruce disembunyikan di kabin tepi danau. Lucy Gray melarikan diri setelah menyadari Coriolanus mengkhianati Sejanus. Saat Coriolanus mengejarnya dengan senapan, seekor ular yang dipasang sebagai jebakan menggigitnya. Karena bingung, Coriolanus menembak secara membabi buta setelah mendengar jabberjay menirukan suara Lucy Gray. Coriolanus tidak yakin apakah Lucy Gray tertembak, sehingga nasibnya tidak diketahui.

Coriolanus kembali ke Capitol, di mana Gaul mengungkapkan bahwa dia telah memberhentikannya dengan hormat dan mendaftarkannya di Universitas. Orang tua Sejanus, yang tidak menyadari bahwa Coriolanus yang menyebabkan kematian putra mereka, menjadikannya ahli waris, memulihkan kekayaan keluarga Snow. Coriolanus mengunjungi Highbottom, yang mengakui bahwa Hunger Games tersebut tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi kenyataan. Itu hanyalah ide mabuknya yang dicuri Crassus, dan dia mengatur Coriolanus sebagai balas dendam atas pertumpahan darah yang dia sebabkan secara tidak langsung. Coriolanus membunuh Highbottom dengan memasukkan racun tikus ke dalam simpanan morfinnya. Gaul kemudian melatih Coriolanus sebagai Juri Pertarungan untuk Hunger Games, memulai kebangkitannya di Panem.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Tom Blyth sebagai Coriolanus "Coryo" Snow: Seorang mentor Hunger Games ke-10 untuk peserta wanita dari Distrik 12, Lucy Gray, dan Presiden Panem di masa depan.
  • Rachel Zegler sebagai Lucy Gray Baird: Peserta wanita dari Distrik 12 yang menjalin hubungan dengan Coriolanus, dan anggota Covey, grup musik keliling Distrik 12.
  • Josh Andrés Rivera sebagai Sejanus Plinth: Seorang teman dekat Snow, dan mentor peserta pria dari Distrik 2, Marcus. Dia sendiri berasal dari Distrik 2 tetapi sekarang tinggal di Capitol.
  • Viola Davis sebagai Dr. Volumnia Gaul: Kepala gamemaker dari Hunger Games ke-10 dan orang yang benar-benar mengimplementasikannya sejak awal.
  • Peter Dinklage sebagai Casca Highbottom: Dekan Akademi dan salah seorang yang mencetuskan Hunger Games.
  • Jason Schwartzman sebagai Lucretius "Lucky" Flickerman: Pembawa acara televisi untuk Hunger Games ke-10 dan nenek moyang Caesar Flickerman, yang menjadi pembawa acara edisi Hunger Games selanjutnya.
  • Hunter Schafer sebagai Tigris Snow: Sepupu dan orang kepercayaan Coriolanus, yang menasihatinya dalam segala hal. Dia kemudian menjadi penata gaya di permainan dan sekutu Katniss dalam perlawanan di masa depan.
  • Fionnula Flanagan sebagai Grandma'am: Nenek Coriolanus dan Tigris.
  • Burn Gorman sebagai Komandan Hoff: Pemimpin penjaga perdamaian di Distrik 12.
  • Ashley Liao sebagai Clemensia Dovecote: Teman sekelas Coriolanus, dan mentor peserta pria dari Distrik 11, Reaper.[5]
  • Max Raphael sebagai Festus Creed: Teman sekelas Coriolanus, dan mentor peserta wanita dari Distrik 4, Coral.[6]
  • Zoe Renée sebagai Lysistrata Vickers: Teman sekelas Coriolanus dan mentor dari peserta pria Distrik 12, Jessup.[6]
  • Aamer Husain sebagai Felix Ravinstill: Teman sekelas Coriolanus, dan mentor peserta wanita dari Distrik 11, Dill.[5]
  • Lilly Cooper sebagai Arachne Crane: Teman sekelas Coriolanus, dan mentor peserta wanita dari Distrik 10, Brandy.[7]
  • Nick Benson sebagai Jessup: Peserta laki-laki dari Distrik 12.[7]
  • Sofia Sanchez sebagai Wovey: Peserta perempuan dari Distrik 8.[6]
  • Dakota Shapiro sebagai Billy Taupe: Anggota Covey dan mantan kekasih Lucy Gray.[8]
  • Isobel Jesper Jones sebagai Mayfair Lipp: Putri walikota Distrik 12 dan musuh Lucy Gray.[9]
  • George Somner sebagai Spruce: Seorang warga dari Distrik 12.[8]

Para peserta Hunger Games ke-10 yang membentuk aliansi yang dikenal sebagai "the Pack", antara lain: Mackenzie Lansing sebagai Coral, peserta wanita dari Distrik 4 yang memimpin Pack;[5] Cooper Dillon sebagai Mizzen, peserta laki-laki dari Distrik 4;[8][10] Hiroki Berrecloth sebagai Treech, peserta laki-laki dari Distrik 7; dan Kjell Brutscheidt sebagai Tanner, peserta laki-laki dari Distrik 10.[8] Anggota lain dari grup musisi keliling Lucy Gray, Covey, termasuk: Vaughan Reilly sebagai Maude Ivory,[8] Honor Gillies sebagai Barb Azure,[9] Eike Onyambu sebagai Tam Amber,[9] dan Konstantin Taffet sebagai Clerk Carmine.[9] Selain itu, Michael Greco dan Daniela Grubert tampil sebagai Strabo Plinth dan Ny. Plinth, orang tua Sejanus,[9] sementara Carl Spencer dan Scott Folan tampil sebagai Smiley dan Beanpole, dua penjaga perdamaian yang dikirim oleh Capitol ke Distrik 12.[9]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2017, CEO Lionsgate, Jon Feltheimer menyatakan ketertarikannya pada spin-off dari serial film The Hunger Games, dengan niat untuk membentuk ruang penulis untuk mengeksplorasi konsep tersebut.[11]

Pada Juni 2019, Joe Drake, ketua Lionsgate Motion Picture Group, mengumumkan bahwa perusahaan tersebut bekerja sama dengan penulis Suzanne Collins sehubungan dengan adaptasi novel The Ballad of Songbirds and Snakes.[12] Pada April 2020, Collins dan Lionsgate mengonfirmasi bahwa rencana sedang dilakukan untuk pengembangan film tersebut. Francis Lawrence kemudian dikonfirmasi untuk menyutradarai, setelah melakukannya untuk tiga film sebelumnya. Skenario film ditulis oleh Collins, Michael Arndt dan Michael Lesslie, bersama Nina Jacobson dan Brad Simpson sebagai produser bersama dengan Lawrence.[13][14] Collins, sebagai tambahan, akan berperan sebagai produser eksekutif.[14] Pada Agustus 2021, Drake menyatakan bahwa film tersebut "berjalan sangat, sangat baik" dalam praproduksi.[14]

Pemilihan peran[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2022, Tom Blyth diumumkan berperan sebagai Presiden Snow muda,[15] dengan Rachel Zegler sebagai peserta didiknya, Lucy Gray Baird.[16] Zegler awalnya ditawari peran tersebut pada bulan Januari, tetapi awalnya menolak hingga kemudian berubah pikiran.[17] Pada Juni 2022, Josh Andrés Rivera, Hunter Schafer dan Jason Schwartzman diumumkan akan berperan dalam film.[18][19][20] Peter Dinklage diumumkan pada bulan berikutnya.[21] Sepanjang Juni dan Juli 2022, para pemeran diumumkan dengan aktor yang memerankan sebagai peserta dan mentor.[5][7][6][8] Pada tanggal 15 Agustus 2022, dilaporkan bahwa Viola Davis berperan sebagai Volumnia Gaul, kepala pembuat game Hunger Games ke-10.[22] Pada 16 September 2022, lebih banyak pemeran yang terungkap, termasuk Burn Gorman dan Fionnula Flanagan.[9]

Pengambilan gambar[sunting | sunting sumber]

Syuting dimulai di Wrocław, Polandia pada 11 Juli 2022 dan berakhir di Berlin, Jerman pada 5 November 2022.[14][23] Lokasi syuting termasuk Monumen Pertempuran Bangsa-Bangsa di Leipzig[24] dan Centennial Hall di Wrocław.[25]

Musik[sunting | sunting sumber]

Soundtrack untuk The Ballad of Songbirds & Snakes berisi lagu-lagu versi film seperti "The Hanging Tree", "Pure as the Driven Snow", yang dikonfirmasi oleh produser film Nina Jacobson. Rachel Zegler membawakan lagu-lagu tersebut dari versi film ini.[26] Musik memainkan peran yang lebih menonjol dalam prekuelnya mengingat latar belakang Covey dari burung penyanyi. Produser Dave Cobb dan tim kreatif banyak memanfaatkan musik folk pedesaan Appalachian. Rachel Zegler menyanyikan semua lagu Lucy Gray secara live saat pembuatan film.[27] Pada tanggal 20 September 2023, "The Hanging Tree (Lucy Gray’s version)" menampilkan vokal dari aktris Amerika Serikat, Rachel Zegler, dijadikan sebagai single pertama yang ditampilkan dalam trailer film tersebut, dikonfirmasi oleh produser film Nina Jacobson di twitternya.[28] "The Hanging Tree (Lucy Gray’s version)" dirilis pada 20 Oktober 2023[29], dan "Can't Catch Me Now", dibawakan oleh Olivia Rodrigo, dirilis sebagai singel pada 3 November 2023.[30]

Pada Juli 2022, komposer James Newton Howard mengonfirmasi bahwa ia kembali membuat musik untuk film ini.[31] Skor Howard dirilis pada 17 November oleh Sony Classical Records.[32]

Rilis[sunting | sunting sumber]

The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes ditayangkan perdana di Eropa di Berlin, Jerman pada tanggal 5 November 2023,[33] penayangan perdana dunianya di BFI IMAX di London pada tanggal 9 November 2023,[34] dan dirilis pada 16 November di Eropa[35] dan 17 November 2023 oleh Lionsgate Films.[36]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer pertama dirilis online pada 27 April 2023, setelah pemutaran perdana di Cinemacon 2023. Pada tanggal 30 Oktober 2023, film ini mendapat persetujuan sehingga para aktor dapat mempromosikannya saat Mogok kerja SAG-AFTRA 2023, karena Lionsgate bukan bagian dari AMPTP.[37]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes (12A)". BBFC. September 18, 2023. Diakses tanggal September 18, 2023. 
  2. ^ D'Alessandro, Anthony (2023-11-18). "'The Hunger Games: Ballad Of Songbirds & Snakes' Chirps $44M-$46M Opening: Enough To Reignite Franchise?; 'Marvels' Suffers Worst MCU 2nd Weekend Drop – Saturday Box Office Update". Deadline Hollywood. Diakses tanggal 2023-11-18. 
  3. ^ "The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes". The Numbers. Diakses tanggal 1 Maret 2024. 
  4. ^ Adekaiyero, Ayomikun (November 6, 2023). "Rachel Zegler channeled Katniss Everdeen at the premiere of 'The Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes.' Here are the 12 best red carpet photos". Insider. Diakses tanggal November 6, 2023. 
  5. ^ a b c d D'Alessandro, Anthony (2022-06-14). "'The Hunger Games: The Ballad Of Songbirds And Snakes': Here's The First Round Of Tributes & Mentors". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 7, 2022. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  6. ^ a b c d D'Alessandro, Anthony (2022-06-28). "'Hunger Games: The Ballad Of Songbirds & Snakes': Six Join Prequel's Growing Ensemble Of Tributes & Mentors". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 20, 2022. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  7. ^ a b c D'Alessandro, Anthony (2022-06-21). "'The Hunger Games: The Ballad Of Songbirds And Snakes': Here's The 2nd Round Of Tributes, Mentors & More". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2022. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  8. ^ a b c d e f D'Alessandro, Anthony (2022-07-06). "'Hunger Games: The Ballad Of Songbirds & Snakes': Fourth Round Of Tributes & Mentors Counts Nine". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 16, 2022. Diakses tanggal 2022-07-06. 
  9. ^ a b c d e f g D'Alessandro, Anthony (2022-09-16). "'Hunger Games: The Ballad Of Songbirds & Snakes' Rounds Out Cast With Fionnula Flanagan, 10 Others". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 16, 2022. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  10. ^ Lang, Brent (August 8, 2017). "Lionsgate Chief Says 'Hunger Games,' 'Twilight' Have 'More Stories to Tell'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 30, 2018. Diakses tanggal July 31, 2021. 
  11. ^ Lang, Brent (2017-08-08). "Lionsgate Chief Says 'Hunger Games,' 'Twilight' Have 'More Stories to Tell'". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 30, 2018. Diakses tanggal 2021-07-31. 
  12. ^ D'Alessandro, Anthony (2019-06-17). "'Hunger Games' Prequel Novel From Suzanne Collins Coming In 2020, Lionsgate In Talks For Movie". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 29, 2020. Diakses tanggal 2021-07-31. 
  13. ^ Baxter, Joseph (2020-04-21). "Hunger Games Prequel Movie The Ballad of Songbirds and Snakes Officially Set by Lionsgate". Den of Geek (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 26, 2020. Diakses tanggal 2021-07-31. 
  14. ^ a b c d D'Alessandro, Anthony; Hayes, Dade (2021-08-05). "'Hunger Games' Prequel To Start Production In First Half Of 2022, Lionsgate Film Boss Joe Drake Says". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2021. Diakses tanggal 2021-08-06. 
  15. ^ Juneau, Jen (2022-05-16). "The Hunger Games Prequel Casts Billy the Kid's Tom Blyth as a Young President Snow". People (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2022. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  16. ^ D'Alessandro, Anthony (2022-05-31). "Rachel Zegler To Play Lucy Gray Baird In Lionsgate's The Hunger Games: The Ballad Of Songbirds And Snakes". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 31, 2022. Diakses tanggal 2022-05-31. 
  17. ^ Mantilla, Ryan Louis (2023-01-29). "Rachel Zegler Reveals She Initially Turned Down 'The Ballad of Songbirds and Snakes'". Collider (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal January 30, 2023. Diakses tanggal 2023-02-13. 
  18. ^ D'Alessandro, Anthony (June 15, 2022). "'The Hunger Games: The Ballad Of Songbirds And Snakes': Josh Andres Rivera To Reteam With 'West Side Story' Star Rachel Zegler". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2023. Diakses tanggal February 24, 2023. 
  19. ^ Kroll, Justin (June 22, 2022). "'Euphoria's Hunter Schafer Latest To Join 'Hunger Games: Ballad Of The Songbirds And Snakes'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 25, 2023. Diakses tanggal February 24, 2023. 
  20. ^ Grobar, Matt (June 27, 2022). "'The Hunger Games: The Ballad Of Songbirds And Snakes': Jason Schwartzman Newest Addition To Lionsgate Prequel". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2022. Diakses tanggal June 27, 2022. 
  21. ^ Kroll, Justin (July 18, 2022). "'Hunger Games: The Ballad Of Songbirds & Snakes': Peter Dinklage To Co-Star In Lionsgate Prequel". Diarsipkan dari versi asli tanggal July 22, 2022. Diakses tanggal July 18, 2022. 
  22. ^ Grobar, Matt (2022-08-15). "'The Hunger Games': Viola Davis Latest To Join Lionsgate Franchise's 'The Ballad Of Songbirds And Snakes'". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 24, 2022. Diakses tanggal 2022-08-15. 
  23. ^ Eckardt, Stephanie (2022-07-19). "Everything We Know About the Hunger Games Prequel". W. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 19, 2022. Diakses tanggal 2022-07-20. 
  24. ^ Emma Schmidt (2023-05-05), "Hollywooddreh am Völkerschlachtdenkmal", Leipziger Volkszeitung (dalam bahasa Jerman), hlm. 1, diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2023, diakses tanggal 2023-05-05 
  25. ^ Gersz, Ola (4 May 2023). "W nowych "Igrzyskach śmierci" wystąpiła... Hala Stulecia z Wrocławia. Jest nie do poznania!" [The new 'Hunger Games' feature... the Wrocław Centennial Hall. It's unrecognizable!]. naTemat.pl (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 2023-09-21. 
  26. ^ "Twitter ninajacobson". X (formerly Twitter) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-21. 
  27. ^ September 25, Jessica Wang; EDT, 2023 at 12:00 PM. "'Ballad of Songbirds and Snakes' brings young Coriolanus Snow to life". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-26. 
  28. ^ "Twit ninajacobson". X (formerly Twitter) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-21. 
  29. ^ Zemler, Emily (October 20, 2023). "Hear Rachel Zegler Perform 'The Hanging Tree' for 'The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes'". Rolling Stone (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 5, 2023. Diakses tanggal November 5, 2023. 
  30. ^ Aniftos, Rania (November 1, 2023). "Olivia Rodrigo Announces 'Can't Catch Me Now' Song Off Upcoming 'Hunger Games' Soundtrack". Billboard (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 2, 2023. Diakses tanggal November 2, 2023. 
  31. ^ says, Darren. "James Newton Howard to Score Francis Lawrence's 'The Ballad of Songbirds and Snakes' | Film Music Reporter" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-21. 
  32. ^ "First Track from James Newton Howard's The Hunger Games: The Ballad of Songbirds & Snakes Score Released". Film Music Reporter. November 7, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2023. Diakses tanggal November 11, 2023. 
  33. ^ Adekaiyero, Ayomikun (November 6, 2023). "Rachel Zegler channeled Katniss Everdeen at the premiere of 'The Hunger Games: The Ballad of Songbirds and Snakes.' Here are the 12 best red carpet photos". Insider. Diakses tanggal November 6, 2023. 
  34. ^ Bamigboye, Baz; Tartaglione, Nancy (November 9, 2023). "'The Hunger Games: The Ballad Of Songbirds & Snakes' World Premieres As Team Optimistic For More Sequels". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2023. Diakses tanggal November 10, 2023. 
  35. ^ Coletti, Caio (November 13, 2023). "Novo Jogos Vorazes tem Capital bem diferente: "É como a Berlim pós-2ª Guerra"". Omelete (dalam bahasa Portugis). Diarsipkan dari versi asli tanggal November 17, 2023. Diakses tanggal November 17, 2023. 
  36. ^ D'Alessandro, Anthony (April 28, 2022). "'Hunger Games' Prequel 'The Ballad Of Songbirds And Snakes' Gets 2023 Release Date – CinemaCon". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2022. Diakses tanggal May 18, 2022. 
  37. ^ Gajewski, Ryan (October 30, 2023). "'Hunger Games' Prequel Nabs SAG-AFTRA Interim Agreement". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 30, 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]