The Hobbit: The Desolation of Smaug

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Hobbit:
The Desolation of Smaug
Poster film
SutradaraPeter Jackson
ProduserCarolynne Cunnungham
Peter Jackson
Fran Walsh
Zane Weiner
SkenarioFran Walsh
Phillipa Boyens
Peter Jackson
Guillermo del Toro
Berdasarkan
The Hobbit
Karya J.R.R Tolkien
PemeranIan McKellen
Martin Freeman
Richard Armitage
Benedict Cumberbatch
Evangeline Lilly
Lee Pace
Luke Evans
Stephen Fry
Ken Stott
James Nesbitt
Antony Sher
Orlando Bloom
Mikael Persbrandt
Sylvester McCoy
Aidan Turner
Dean O'Gorman
Graham McTavish
Adam Brown
Peter Hambleton
John Callen
Mark Hadlow
Jed Brophy
William Kircher
Stephen Hunter
Ryan Gage
John Bell
Manu Bennett
Lawrence Makoare
Penata musikHoward Shore
SinematograferAndrew Lesnie
PenyuntingJabez Olssen
Perusahaan
produksi
DistributorNorwegia Forum Hungary
Amerika Serikat Warner Bros.
Tanggal rilis
Norwegia 10 Desember 2013 (2013-12-10)
Indonesia 11 Desember 2013 (2013-12-11)
Selandia Baru 12 Desember 2013 (2013-12-12)
Amerika Serikat 13 Desember 2013 (2013-12-13)
Jepang 28 Februari 2014 (2014-02-28)
Durasi161 menit
Negara Selandia Baru  Amerika Serikat
BahasaInggris
PrekuelAn Unexpected Journey
SekuelThe Battle of the Five Armies

The Hobbit: The Desolation of Smaug adalah sebuah film fantasi tahun 2013 yang disutradarai Peter Jackson. Ini merupakan film kedua dari trilogi adaptasi novel tahun 1937 berjudul The Hobbit karya J. R. R. Tolkien, film sebelumnya An Unexpected Journey yang telah rilis pada tahun 2012 dan akan diikuti oleh The Battle of the Five Armies yang dirilis pada 17 Desember 2014.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dimulai dengan kilas balik pertemuan Gandalf dan Thorin Oakenshield di Princing Pony untuk mempersiapkan upaya mereka merebut kembali Erebor dan Pegunungan Sunyi. Dua belas bulan kemudian, kelompok mereka dikejar oleh Azog dan pasukan Orc-nya. Gandalf mengarahkan mereka ke rumha Beorn, seorang perubah wujud yang sedang mengambil wujud beruang. Malamnya, Azog meninggalkan mereka karena dia dipanggil ke Dol Guldur oleh sang Necromencer untuk memimpin pasukannya, Bolg melanjutkan misi pengejaran kawanan ini. Keesokannya, Beorn mengarahkan kelompok Thorin ke perbatasan Mirkwood dimana Gandalf menyadari kehadiran sihir hitam tercetak pada beberapa reruntuhan tua. Hal ini, disertai permintaan dari Lady Galadriel, Gandalf meninggalkan kelompok untuk memeriksa makam para Nazgûl. Saat memasuki hutan mereka tersesat dan terjerat oleh laba-laba raksasa. Bilbo kemudian mulai membebaskan para kurcaci dengan bantuan cincin tembus pandang yang baru saja diperolehnya. Dia kemudian menjatuhkan Cincin dan pertama-tama mulai memahami pengaruh gelapnya setelah dia secara brutal membunuh makhluk untuk mengambilnya.

Laba-laba yang tersisa dilawan oleh Peri-hutan yang dipimpin oleh Tauriel dan Legolas. Mereka juga menangkap para Kurcaci dan membawa Thorin ke hadapan raja mereka, Thranduil. Thorin mengkonfrontasi sang Elvenking tentang pengabaiannya terhadap para Kurcaci Erebor pada serangan Smaug 60 tahun sebelumnya hal ini berujung pada dipenjarakannya para Kurcaci lainnya. Bilbo, setelah menghindari penangkapan, mengatur pelarian menggunakan tong-tong anggur kosong yang dikirim ke hilir. Saat dikejar oleh peri-hutan, mereka disergap oleh Bolg dan kelompok Orc-nya, dan Kíli terluka dengan batang Morgul. Mereka terlibat dalam pertempuran tiga arah yang berjalan di sungai, tetapi akhirnya para Kurcaci dapat melarikan diri dari kedua kelompok pengejar. Thranduil kemudian menyegel kerajaannya ketika tawanan Orc mengungkapkan entitas jahat telah kembali dan mengumpulkan pasukan di selatan, tetapi Tauriel memutuskan untuk pergi dan membantu Kurcaci; Legolas mengejarnya. Sementara itu, Gandalf dan Radagast pergi untuk menyelidiki makam Nazgûl, yang mereka temukan telah kosong.

Kawanan lalu diselundupkan ke Esgaroth oleh seorang pedagang bernama Bard. Thorin menjanjikan Walikota dan warga Laketown bagian dari harta gunung. Kemudian terungkap bahwa Bard adalah keturunan penguasa terakhir Dale, dan memiliki panah hitam terakhir yang mampu membunuh Smaug. Karena lukanya, Kíli terpaksa untuk tetap tinggal di Laketown, dijaga oleh Fíli, Oin, dan Bofur, kawanan yang terus berangkat ke Pegunungan Sunyi mendapatkan perayaan perpisahan yang meriah. Sementara itu, Gandalf melakukan perjalanan ke selatan ke reruntuhan Dol Guldur, sedangkan Radagast pergi untuk memperingatkan Galadriel tentang temuan mereka di makam Nazgûl. Gandalf menemukan reruntuhan yang dipenuhi Orc dan disergap oleh Azog. Sang Necromancer mengalahkan dan mengalahkan Gandalf dan mengungkapkan dirinya sebagai Sauron.

Thorin dan teman-temannya yang tersisa mencapai Pegunungan Sunyi, tugas Bilbo dimulai untuk menemukan pintu masuk yang tersembunyi. Dia dikirim untuk mengambil Arkenstone, dan saat melakukannya, dia secara tidak sengaja membangunkan Smaug. Saat berbicara dengan Bilbo, Smaug mengungkapkan informasi tentang rencana para kurcaci untuk merebut kembali emas dan kembalinya Sauron. Di Laketown, Bard mencoba membawa panah hitam ke busurnya di pusat kota, karena dia khawatir apa yang mungkin terjadi ketika para Kurcaci memasuki gunung. Namun, dia ditangkap oleh Walikota dan pelayannya yang licik, Alfrid, dan meninggalkan putranya untuk menyembunyikan panah. Bolg dan kelompok Orc-nya kemudian menyusup ke kota dan menyerang empat Kurcaci, tetapi dengan cepat dikalahkan setelah kedatangan Tauriel dan Legolas. Sementara Kíli pulih, dia secara terbuka mengagumi kecantikan Tauriel dan bertanya-tanya apakah dia mencintainya. Legolas pergi mengejar Bolg. Sementara itu, Gandalf yang ditawan menyaksikan saat Azog dan pasukan Orc berbaris dari Dol Guldur menuju Pegunungan Sunyi.

Di dalam gunung, selama pengejaran panjang, Bilbo dan Kurcaci menyalakan kembali penempaan gunung menggunakan api Smaug untuk membuat dan melelehkan patung emas besar, berharap mengubur Smaug hidup-hidup dalam emas cair. Mereka melakukannya, tetapi Smaug muncul dari emas, tersandung keluar dari gunung dan terbang untuk menghancurkan Laketown saat Bilbo mengawasinya dengan ngeri dan putus asa.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]