The Haunting (film 1963)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Haunting
SutradaraRobert Wise
ProduserRobert Wise
SkenarioNelson Gidding
Berdasarkan
The Haunting of Hill House

oleh Shirley Jackson
Pemeran
Penata musikHumphrey Searle
SinematograferDavis Boulton
PenyuntingErnest Walter
Perusahaan
produksi
Argyle Enterprises[1]
DistributorMetro-Goldwyn-Mayer
Tanggal rilis
  • 21 Agustus 1963 (1963-08-21) (A.S.)
  • 09 Januari 1964 (1964-01-09) (U.K.)
Durasi114 menit[2]
Negara
BahasaInggris
Anggaran$1.05 juta
Pendapatan
kotor
$1.02 juta[6]

The Haunting adalah sebuah film horor tahun 1963 yang disutradarai dan diproduksi oleh Robert Wise, diadaptasi oleh Nelson Gidding dari novel karangan Shirley Jackson berjudul The Haunting of Hill House. Dibintangi Julie Harris, Claire Bloom, Richard Johnson, dan Russ Tamblyn. Film ini menggambarkan pengalaman sekelompok kecil orang yang diundang oleh penyelidik paranormal untuk menyelidiki yang konon rumah berhantu.

Penulis skenario Gidding, yang pernah bekerja dengan sutradara Wise pada film tahun 1958, I Want to Live!, mulai menulis naskah selama enam bulan setelah membaca buku, yang diberikan Wise kepadanya. Dia menganggap buku itu lebih tentang gangguan mental daripada hantu, dan meskipun dia diberitahu setelah bertemu dengan penulis Shirley Jackson bahwa itu adalah novel supernatural, unsur-unsur gangguan mental diperkenalkan ke dalam film. Film ini diambil di MGM-British Studios dekat London, Inggris Raya dengan anggaran US$1,05 juta, dengan bagian luar dan halaman diambil di Ettington Park (sekarang Ettington Park Hotel) di desa Ettington, Warwickshire. Julie Harris dilemparkan oleh Wise, yang menemukan idealnya untuk Eleanor yang rapuh secara psikologis, meskipun selama produksi dia menderita depresi dan memiliki hubungan yang tidak nyaman dengan lawan mainnya. Set interior oleh Elliot Scott, dikreditkan oleh Wise sebagai instrumental dalam pembuatan The Haunting. Mereka dirancang agar terang benderang, tanpa sudut atau ceruk gelap, dan didekorasi dengan gaya Rococo; semua kamar memiliki langit-langit untuk menciptakan efek sesak pada film. Banyak perangkat dan trik yang digunakan dalam pembuatan film. Wise menggunakan kamera Panavision lensa sudut lebar anamorfik 30mm yang secara teknis belum siap digunakan dan menyebabkan distorsi. Itu hanya diberikan kepada Wise dengan syarat dia menandatangani memorandum di mana dia mengakui bahwa lensanya tidak sempurna. Bijaksana dan sinematografer Davis Boulton merencanakan urutan yang membuat kamera terus bergerak, memanfaatkan pengambilan sudut rendah, dan menggabungkan panci yang tidak biasa dan bidikan pelacakan.

Film ini dirilis pada 18 September 1963. Pada 2010, surat kabar The Guardian menempatkannya sebagai film horor terbaik ke-13 sepanjang masa.[7] Sutradara Martin Scorsese telah menempatkan "The Haunting" di urutan pertama dalam daftar 11 film horor paling menakutkan sepanjang masa.[8] The Haunting dirilis pada DVD dalam format layar aslinya dengan komentar pada tahun 2003, dan dirilis pada Blu-ray pada 15 Oktober 2013. film dibuat ulang pada tahun 1999 oleh sutradara Jan de Bont, dibintangi oleh Liam Neeson, Lili Taylor, Catherine Zeta-Jones dan Owen Wilson, tapi itu versi itu sangat disorot oleh kritikus dan penonton. Sebuah adaptasi televisi streaming, The Haunting of Hill House, dirilis pada tahun 2018

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Haunting". Monthly Film Bulletin. British Film Institute. 31 (360): 4–5. January 1964. 
  2. ^ "THE HAUNTING (X)". Metro-Goldwyn-Mayer. British Board of Film Classification. 28 March 1963. 
  3. ^ "THE HAUNTING (1963)". Lumiere. European Audiovisual Observatory. 
  4. ^ a b "The Haunting (1964)". British Film Institute. 
  5. ^ Peter Hutchings (1993). Hammer and Beyond: The British Horror Film. Manchester University Press. hlm. 15. ISBN 978-0-7190-3720-7. 
  6. ^ "Top Rental Features of 1963", Variety, 8 January 1964 p 71. Please note figures are rentals as opposed to total gross.
  7. ^ Heritage, Stuart. "The Haunting: No 13 best horror film of all time". 
  8. ^ Pulver, Andrew (12 November 2013). "Martin Scorsese names his scariest films of all time". The Guardian. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]