The Foreigner (film 2017)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari The Foreigner)
The Foreigner
Poster rilis bioskop
SutradaraMartin Campbell
Produser
  • Jackie Chan
  • Wayne Marc Godfrey
  • Arthur Sarkissian
  • Qi Jian Hong
  • Claire Kupchak
  • John Zeng
  • Scott Lumpkin
  • Jamie Marshall
  • Cathy Schulman
SkenarioDavid Marconi
Berdasarkan
The Chinaman
oleh Stephen Leather
Pemeran
Penata musikCliff Martinez
SinematograferDavid Tattersall
PenyuntingAngela M. Catanzaro
Perusahaan
produksi
DistributorSTXfilms
Tanggal rilis
  • 24 September 2017 (2017-09-24) (Beijing)
  • 30 September 2017 (2017-09-30) (Tiongkok)
  • 13 Oktober 2017 (2017-10-13) (Amerika Serikat)
Durasi114 menit[1]
Negara
  • Tiongkok
  • Britania Raya
BahasaInggris
Anggaran$35 juta[2]
Pendapatan
kotor
$145,4 juta[2]

The Foreigner adalah sebuah film aksi thriller tahun 2017 yang disutradarai oleh Martin Campbell dan ditulis oleh David Marconi, berdasarkan novel tahun 1992 The Chinaman oleh Stephen Leather. Film produksi bersama Britania-Tiongkok ini dibintangi oleh Jackie Chan, Pierce Brosnan, Michael McElhatton, Liu Tao, Charlie Murphy, Orla Brady, dan Katie Leung, dan mengisahkan seorang pengusaha yang berusaha membalas dendam atas kematian putrinya.

The Foreigner dirilis di Tiongkok pada 30 September 2017, di Amerika Serikat pada 13 Oktober 2017, didistribusikan oleh STXfilms, dan di Britania Raya pada Desember 2017 melalui Netflix. Film ini meraup $145 juta di seluruh dunia dan menerima ulasan yang beragam, meskipun para kritikus memuji penampilan karakter yang tidak biasanya dari Chan dan Brosnan.[3]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Ngoc Minh Quan, adalah mantan tentara pasukan operasi khusus Perang Vietnam,kemudian mengelola sebuah restoran Cina bernama Happy Peacock di London bersama rekan bisnisnya, Lam. Ketika putrinya yang masih remaja Fan terbunuh dalam pemboman sebuah toko pakaian, ia berusaha membalas dendam. Pemboman tersebut diklaim oleh sebuah kelompok yang menamakan dirinya "Authentic IRA". Gagal mendapatkan nama-nama pembom dari Scotland Yard, Quan selanjutnya berfokus pada wakil Menteri Irlandia Utara Liam Hennessy, yang berbicara secara terbuka tentang statusnya sebagai mantan pemimpin IRA sambil mengutuk pemboman itu. Quan akhirnya pergi ke Belfast dan mencari Hennessy, yang mengaku tidak memiliki pengetahuan tentang pemboman atau pelakunya. Quan tidak mempercayainya, dan meledakkan bom rakitan di gedung Hennessy sebagai peringatan kecuali dia mendapatkan nama para pembom itu.

Hennessy tries to identify the bombers with help from his contacts, but the rogue members catch on and outwit him. Quan observes Hennessy seeing his mistress, Maggie, and photographs them. Quan then brings the fight to Hennessy, hiding in the woods outside his Belfast farmhouse and attacking it with more explosives. As Hennessy's men attempt to track him in the woods, Quan uses traps to disable them but is shot in the shoulder and flees. After Quan ambushes Hennessy in his house, the latter sends his nephew Sean Morrison, a former Royal Irish Regiment soldier, after Quan in hopes that his tracking skills can be used to stop him. Later Hugh McGrath, one of Liam's old IRA commanders during The Troubles arrives and asks Liam why his weapon dumps are being searched. Liam tells Hugh that the explosives used in the bombing came from one of his dumps. When questioned about the missing explosives, McGrath denies knowing anything and claims that everything was in order. McGrath, then tells Liam that he believes the bombings should continue rather than stop and tries to persuade Liam to think the same. Liam refuses, stating that his violent days are over. Angry, McGrath then berates Liam, claiming that politics has made him soft. Hugh then leaves, but not before Liam threatens him saying if the bombers aren't caught, then he's going after him next.

Setelah pemboman kedua di bus bertingkat, Hennessy bernegosiasi dengan politisi Inggris Katherine Davies dan berjanji menangkap para pembom dengan imbalan pengampunan beberapa mantan rekan IRA-nya. Sementara itu, Hennessy menerima informasi tentang pembom dan menyampaikan informasi kepada Sean dan polisi. Setelah pertarungan pisau di hutan, Quan menangkap Sean, yang menyebut nama para pembom dan lokasi mereka sebelum Quan melepaskannya. Kemudian, polisi mengetahui bahwa Hugh McGrath adalah orang yang membantu IRA Otentik dan memberi tahu Hennessy tentang penemuan mereka. Dia kemudian menginterogasi McGrath yang memberinya daftar yang berisi identitas para pembom dengan nama Maggie di antara mereka yang nama aslinya adalah Sarah Mackay. Liam kemudian menemukan bahwa dalang yang sebenarnya adalah istrinya sendiri, Mary, yang tetap iri kepada Inggris karena kematian adiknya dan membenci Hennessy karena membiarkan para pembunuhnya dikirim ke penjara daripada membunuh mereka. Sebagai balasan atas pengkhianatannya dan karena melibatkan istri dan kekasihnya, Hennessy menembak kepala McGrath, membunuhnya. Dia juga mengetahui bahwa Sean telah membocorkan informasi kepada Mary, sementara berselingkuh dengannya. Ketika Sean kembali, Hennessy memperingatkan keponakannya, dan memerintahkan dia untuk membunuh Mary dan kemudian pergi ke Amerika dan tidak pernah kembali ke Irlandia.

Ketika polisi bersiap untuk menyerang tempat persembunyian para pembom, Quan memasuki flat yang menyamar sebagai tukang dan membunuh semua orang kecuali Maggie. Quan pergi tepat sebelum polisi menyerbu apartemen dan menemukan Maggie yang terluka parah. Mereka menyiksanya agar mengungkapkan lokasi bom mereka berikutnya, yang telah ditanam di komputer laptop milik seorang pria yang dirayu Maggie, untuk diledakkan di pesawat. Dengan hanya beberapa detik, polisi Inggris menemukan dan melempar laptop ke jembatan jet kosong, di mana ia meledak tanpa korban. Dengan ancaman terselesaikan, Maggie dieksekusi untuk mencegah "jalan keluar". Hennessy mendapat telepon dari Davies, yang dijadwalkan berada di penerbangan yang ditargetkan. Dia mengatakan kepadanya bahwa dia telah mengetahui keterlibatannya tetapi bahwa dia akan mempertahankan posisinya sebagai wakil Menteri Pertama, meskipun di bawah jempolnya. Sean kemudian mengeksekusi Mary, menghilangkan seluruh sel sebagai hasilnya.

Quan berhadapan dengan Hennessy dengan gambar Hennessy mencium Maggie, yang cukup untuk menimbulkan kecurigaan publik pada Hennessy dan perannya dalam pemboman. Dia memaksa Hennessy untuk mengirim gambar di internet dan kemudian kembali ke rumah, bersatu kembali dengan temannya, Lam. Scotland Yard menyadari peran Quan dalam acara-acara tersebut dan meminta dia untuk diawasi, tetapi memutuskan untuk tidak mengambil tindakan lebih lanjut sebagai terima kasih atas bantuannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Foreigner". AMC Theatres. Diakses tanggal September 19, 2017. 
  2. ^ a b "The Foreigner (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 12 February 2018. 
  3. ^ Giles, Jeff (October 12, 2017). "Happy Death Day Is Familiar but Fun". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 13, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]