The Dull Ice Flower

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Dull Ice Flower
Nama lain魯冰花
SutradaraYang Li Kuo
Ditulis olehWu Nien-jen
PemeranHuang Kun Hsuan
Lee Shu Chen
Chen Sung-young
Chen Wei sin
Yu Han
Lee Yi Hsiung
Penata musikTseng Shu-chin
SinematograferMark Lee Ping Bin
PenyuntingHuang Cheng Hsiang
Tanggal rilis
  • 1989 (1989)
Durasi93 menit
NegaraTaiwan
BahasaMandarin, Bahasa Hokkien Taiwan

The Dull Ice Flower (Hanzi: 魯冰花, secara harafiah diterjemahkan sebagai bunga lupin) adalah film Taiwan tahun 1989 yang didasarkan pada novel yang bernama sama karya Chung Chao-cheng.[1] Berurusan dengan pendidikan dan masalah sosial lainnya di pedesaan Taiwan pada tahun 1950-an dan awal 1960-an, cerita ini diadaptasi menjadi skenario oleh Wu Nien-jen.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Ku A-ming (古阿明) adalah siswa kelas empat di Sekolah Dasar Chungshan di Kotapraja Shuiyu. Meskipun tidak terlalu baik dalam sebagian besar mata pelajaran di sekolah, dia sangat berbakat dalam seni dan memiliki imajinasi yang hebat, meskipun sebagian besar guru tidak dapat memahami apa yang dia ekspresikan dalam karya seninya. Selama pertemuan pagi, seorang guru seni baru bernama Pak Kuo bertanya apakah ada yang tertarik untuk bergabung dengan klub seni sepulang sekolah. Ku A-ming adalah orang pertama yang menjadi sukarelawan. Selama kompetisi seni, para guru sekolah memilih untuk memutuskan pemenang untuk mewakili sekolah dalam kompetisi nasional; sebagian besar memilih putra walikota untuk kepentingan mereka sendiri. Sejak A-ming kalah, Pak Kuo memprotes dengan berhenti dari pekerjaannya di sekolah. Sebelum dia pergi, dia meminta A-ming untuk memberinya salah satu lukisannya. Sayangnya, setelah Tuan Kuo pergi, A-ming meninggal karena penyakit liver. Pak Kuo mengirimkan gambar A-ming ke kompetisi seni anak-anak sedunia, dengan A-ming menang sebagai juaranya. Para guru mulai menyesal karena mengabaikan bakat seni A-ming yang hebat. Saat pemakaman A-ming, ayah A-ming membakar lukisan putranya untuk memperingati kematian A-ming.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Berry, Michael (2008). A History of Pain: Trauma in Modern Chinese Literature and Film. Columbia University Press. hlm. 70. ISBN 9780231141628.