The Document Foundation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Document Foundation
The Document Foundation logo and wordmark.svg
Pendirian28 September 2010 (pengumuman)
17 Februari 2012 (pendirian secara hukum)
PendiriPara anggota kelak dari komunitas OpenOffice.org
JenisKomunitas
BidangPerangkat lunak produktivitas
Lokasi
ProdukLibreOffice, Document Liberation Project
Tokoh penting
Thorsten Behrens, Eliane Domingos de Sousa, Adam Fyne, Joel Madero, Michael Meeks, Björn Michaelsen, Fridrich Štrba, Andreas Mantke, Eike Rathke, Norbert Thiebaud, Florian Effenberger
Anggota
6
Situs webwww.documentfoundation.org

The Document Foundation (TDF) merupakan suatu organisasi nirlaba yang mendorong penggunaan perangkat lunak penanganan dokumen sumber terbuka. Perusahaan ini dibuat oleh para anggota komunitas OpenOffice.org untuk mengelola dan mengembangkan LibreOffice, suatu paket aplikasi perkantoran bebas dan sumber terbuka, yang terdaftar secara hukum di Jerman sebagai suatu Stiftung (yayasan nirlaba).[1] TDF bertujuan untuk menghasilkan paket aplikasi perkantoran yang independen atau tidak terikat pada penjual, dengan menggunakan dukungan ODF dalam suatu lingkungan pengembangan yang bebas dari kontrol perusahaan.[2]

Pendirian TDF pada saat itu dilakukan secara parsial karena kekhawatiran bahwa Oracle Corporation, setelah mengakuisisi Sun Microsystems, akan menghentikan pengembangan OpenOffice.org seperti yang telah mereka lakukan pada OpenSolaris.[3][4][5]

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Gambar yang menunjukkan hubungan antara berbagai kelompok resmi dalam TDF, termasuk Dewan Direksi, Komite Keanggotaan, dan Dewan Pengawas.

The Document Foundation memiliki beberapa badan untuk menjalankan operasinya:

  • Dewan Direksi, mewakili yayasan tersebut dan menjalankan operasional sehari-harinya
  • Komite Keanggotaan, menyelenggarakan pemilihan dewan direksi dan menerima para pengawas baru, memberikan hak suara kepada mereka
  • Dewan Pengawas ("para anggota"), memilih Dewan Direksi dan Komite Keanggotaan

Dewan Direksi[sunting | sunting sumber]

Dewan Direksi yang terpilih pada periode dua terdiri dari tujuh anggota dan tiga wakil.[6] Terhitung sejak bulan Juni 2014, susunan Dewan Direksinya yaitu:[7]

TDF saat ini mempekerjakan Florian Effenberger sebagai Direktur Eksekutif.[8]

Dewan Penasihat[sunting | sunting sumber]

Pada Bulan 2011 yayasan ini mengumumkan bahwa mereka akan membentuk suatu dewan penasihat. Para anggota awalnya termasuk Google, SUSE, Red Hat, Freies Office Deutschland e.V. (perhimpunan yang terdaftar di Jerman), Software in the Public Interest, dan Yayasan Perangkat Lunak Bebas.[9] Pada bulan Februari 2012, Intel menjadi anggota dewan penasihat tersebut.[10] Pada bulan November 2012, Lanedo bergabung dengan Dewan Penasihat.[11] Bulan Juni 2013, Mutualisasi Lintas-Kementerian untuk Kanal Produktivitas Terbuka Perancis —kelompok kerja pemerintah yang bertanggung jawab atas 500.000 komputer meja— dan King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) dari Arab Saudi bergabung dengan dewan penasihat TDF.[12][13] Pada Juli 2013, TDF mengumumkan bahwa AMD bergabung dengan Dewan Penasihat.[14]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Para peserta LibreOffice Conference 2014 di Bern, termasuk para anggota Dewan, Komite Keanggotaan, Dewan Pengawas dan karyawan TDF.

The Document Foundation (TDF) diumumkan berdirinya pada tanggal 28 September 2010 berupa Yayasan yang dikelola oleh suatu "Komite Pengarah" selama tahap pembentukan awal. Pengumuman tersebut mendapat dukungan dari berbagai perusahaan termasuk Novell,[15] Red Hat, Canonical, dan Google.[16] Pada bulan Desember 2010 TDF mengumumkan bahwa BrOffice Centre of Excellence for Free Software, organisasi yang menaungi BrOffice, bergabung dengan Yayasan tersebut.[17]

TDF saat itu menyediakan suatu fork dari OpenOffice.org menggunakan nama yang diganti dan berbasis versi 3.3 yang akan datang, dengan perangkat lunak build dan tambalan dari fork Go-OO. Namun waktu itu nama LibreOffice diharapkan hanya bersifat sementara selagi Oracle diundang untuk menjadi salah satu anggota The Document Foundation, dan diminta untuk menyumbangkan merek OpenOffice.org untuk proyek tersebut.[2] Setelah pengumuman itu, Oracle meminta para anggota Majelis Komunitas OpenOffice.org yang menjadi anggota TDF untuk mundur dari Majelis,[18] dengan menyatakan bahwa hal ini menunjukkan konflik kepentingan, sehingga menjadikan majelis komunitas tersebut terdiri dari 100% karyawan Oracle.[19]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) "The Document Foundation officially incorporated in Berlin, Germany « The Document Foundation Blog". Blog.documentfoundation.org. Diakses tanggal 18 October 2012. 
  2. ^ a b (Inggris) The Document Foundation (28 September 2010). "OpenOffice.org Community announces The Document Foundation". documentfoundation.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 September 2010. Diakses tanggal 28 September 2010. 
  3. ^ (Inggris) Collins, Barry. "OpenOffice group breaks away from Oracle". PC Pro. Diakses tanggal 29 September 2010. 
  4. ^ (Inggris) Clarke, Gavin. "OpenOffice files Oracle divorce papers". The Register. Diakses tanggal 29 September 2010. 
  5. ^ (Inggris) Paul, Ryan. "Document Foundation forks OpenOffice.org, liberates it from Oracle". ars technica. Diakses tanggal 29 September 2010. 
  6. ^ (Inggris) "The Document Foundation Statutes". The Document Foundation. Diakses tanggal 27 February 2012. 
  7. ^ (Inggris) "The Document Foundation Board of Directors". The Document Foundation. Diakses tanggal 14 June 2013. 
  8. ^ (Inggris) "TDF BoD Meeting Minutes". The Document Foundation. Diakses tanggal 14 June 2013. 
  9. ^ (Inggris) Kerner, Sean Michael (14 June 2011). "LibreOffice gets serious with new release and Advisory Board". Internetnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 June 2011. Diakses tanggal 28 February 2012. 
  10. ^ (Inggris) Vignoli, Italo (23 February 2012). "The Document Foundation announces LibreOffice for Windows from SUSE is now available in Intel AppUp(SM) Center". The Documentation Foundation. Diakses tanggal 28 February 2012. 
  11. ^ (Inggris) "TDF/Advisory Board". 3 July 2013. Diakses tanggal 4 August 2013. 
  12. ^ (Inggris) The Document Foundation welcomes France’s MIMO in the Advisory Board. Siaran pers.
  13. ^ (Inggris) The Document Foundation (25 June 2013). The Document Foundation welcomes a new member of the Advisory Board: King Abdulaziz City for Science and Technology (KACST) of Saudi Arabia. Siaran pers. Diakses pada 26 June 2013..
  14. ^ (Inggris) "AMD joins The Document Foundation Advisory Board to accelerate LibreOffice". 3 July 2013. Diakses tanggal 4 August 2013. 
  15. ^ (Inggris) Kerry Adorno (28 September 2010). "Viva la LibreOffice!". Novell News. Novell. Diakses tanggal 1 February 2011. 
  16. ^ (Inggris) Jeremy Kirk (28 September 2010). "Update: OpenOffice.org developers move to break ties with Oracle". Computerworld. Computerworld Inc. Diakses tanggal 1 February 2011. 
  17. ^ (Inggris) Effenberger, Florian (6 December 2010). "LibreOffice development extends to Brazil". Blog. The Document Foundation. Diakses tanggal 29 May 2012. 
  18. ^ (Inggris) Ryan Paul (18 October 2010). "Oracle wants LibreOffice members to leave OOo council". ars technica. Diakses tanggal 20 October 2010. 
  19. ^ (Inggris) Blankenhorn, Dana (19 October 2010). "Oracle purging OpenOffice.org community council". ZDNet. Diakses tanggal 2012-12-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]