The Day He Arrives

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Day He Arrives
Nama lain
Hangul
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanBukchon Banghyang
McCune–ReischauerPukch'on Panghyang
SutradaraHong Sang-soo
ProduserKim Kyoung-hee
Ditulis olehHong Sang-soo
PemeranYoo Jun-sang
Kim Sang-joong
Song Seon-mi
Kim Bo-kyung
Penata musikJeong Yong-jin
SinematograferKim Hyung-koo
PenyuntingHahm Sung-won
Perusahaan
produksi
Jeonwonsa Films
DistributorJeonwonsa Films
JoseE Films
Tanggal rilis
  • 19 Mei 2011 (2011-05-19) (Cannes)
  • 8 September 2011 (2011-09-08) (South Korea)
Durasi79 minutes
NegaraSouth Korea
BahasaKorean
Pendapatan
kotor
US$320,421[1][2]

The Day He Arrives (Hangul북촌 방향; Hanja北村 方向; RRBukchon Banghyang; lit. "In the direction of Bukchon" or "Bukchon-bound") adalah film Korea Selatan produksi tahun 2011 bergenre drama yang disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Hong Sang-soo. Beberapa bintang yang berperan dalam film ini antara lain Yoo Jun-sang, Kim Sang-joong, Song Seon-mi, dan Kim Bo-kyung[3][4][5] Film ini, kali pertama diputar paa tanggal 19 Mei 2011 dalam sesi Un Certain Regard perhelatan Festival Film Cannes ke ke-64 tahun 2011.[6] Pada peluncuran lokal, film ini berhasil menghadirkan 45,223 penonton, dengan penghasilan kotor sebesar US$320,421

Plot[sunting | sunting sumber]

Seong-jun pergi ke Seoul untuk bertemu dengan kawan dekat yang tinggal di Bukchon (North Village; Hangul북촌), Jongno District. Ketika kawannya itu tidak menjawab panggilan melalui telpon, Seong-jun berjalan di seputaran Bukchon dan mengunjungi seorang aktris yang pernah dia kenal. Mereka berdua bercakap-cakap beberapa saat. Dia memperlihatkan gayanya serupa Insa-dong dan minum makgeolli (anggur beras) sendirian. Beberapa siswa film di meja lain memintanya untuk bergabung, dengan sutradara kenalan Seong-jun. Kemudian dia minum dan pergi ke rumah mantan kekasihnya.

Tidak jelas apakah itu hari berikutnya atau hari lain, Seong-jun masih berkeliaran di Bukchon. Dia menemui sang aktris lagi. Mereka berbicara beberapa hal. Dia akhirnya dia bertemu temannya dan mereka menuju ke bar Novel dengan seorang prempuan profesor kenalan temannya. Pemilik bar memiliki kemiripan yang mencolok dengan mantan pacar Seong-jun. Dia memainkan piano pemilik bar itu.

Sekali lagi, tidak jelas apakah itu adalah hari berikutnya atau hari lain, Seong-jun pergi ke perpustakaan umum Jeongdok bersama temannya dan menyebutkan bahwa itu adalah tempat pertama ia mengejar seorang wanita. Kemudian, mereka minum dengan mantan aktor yang telah melakukan bisnis di Vietnam. Profesor perempuan sama bergabung dengan mereka dan mereka berempat pergi ke bar Soseol (harfiah: "Novel"). Seong-jun mabuk dan berakhir mencium pemilik pub.

Seong-jun mungkin telah menghabiskan beberapa hari di Seoul bersama kawannya, atau ini ini sekadar hari pertama di sana. Dia mungkin belajar suatu hal dari pertemuan dengan bekas pacarnya, atau mungkin bertemu perempuan yang bersamanya lagi, untuk kali pertama. Seperti hari ini, untuk dirinya tak ada "hari ini" dalam waktunya. Seong-jun juga tak punya pilihan untuk menghadapi "hari ini" milinya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bukchon Directions". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2014-07-21. 
  2. ^ "The Day He Arrives (2012)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2014-07-21. 
  3. ^ Beck, Una (7 September 2011). "INTERVIEW: Director Hong Sang-soo - Part 1". 10Asia. Diakses tanggal 2014-07-21. 
  4. ^ Beck, Una (7 September 2011). "INTERVIEW: Director Hong Sang-soo - Part 2". 10Asia. Diakses tanggal 2014-07-21. 
  5. ^ "The Day He Arrives - Press Kit" (PDF) (dalam bahasa French). Finecut. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 2014-07-21. 
  6. ^ "Horaires 2011" (PDF) (dalam bahasa French). Cannes Film Festival. Diakses tanggal 2011-05-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]