The Curious Case of Benjamin Button (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
The Curious Case of Benjamin Button
Benjamin Button poster.jpg
Poster film The Curious Case of Benjamin Button
Sutradara David Fincher
Produser Kathleen Kennedy
Frank Marshall
Ceán Chaffin
Skenario Eric Roth
Cerita Eric Roth
Robin Swicord
Berdasarkan The Curious Case of Benjamin Button 
oleh F. Scott Fitzgerald
Pemeran Brad Pitt
Cate Blanchett
Taraji P. Henson
Julia Ormond
Jason Flemyng
Elias Koteas
Tilda Swinton
Musik Alexandre Desplat
Sinematografi Claudio Miranda
Penyunting Kirk Baxter
Angus Wall
Distributor Paramount Pictures
Amerika Serikat
Warner Bros. Pictures
internasional
Tanggal rilis
  • 10 Desember 2008 (2008-12-10) (Sydney)
  • 25 Desember 2008 (2008-12-25) (Amerika Serikat)
Durasi
166 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $167 juta[2][3]
Pendapatan kotor $333,932,083[4]

The Curious Case of Benjamin Button adalah film drama fantasi romantis Amerika Serikat tahun 2008 yang disutradarai oleh David Fincher dan diproduseri oleh Kathleen Kennedy, Frank Marshall dan Ceán Chaffin. Naskah film ini ditulis oleh Eric Roth, sementara ceritanya ditulis oleh Eric Roth dan Robin Swicord berdasarkan cerita pendek The Curious Case of Benjamin Button karya F. Scott Fitzgerald. Film ini dibintangi oleh Brad Pitt, Cate Blanchett, Taraji P. Henson, Julia Ormond, Jason Flemyng, Elias Koteas dan Tilda Swinton.

Film The Curious Case of Benjamin Button merupakan film kolaborasi kedua Brad Pitt dan Cate Blanchett setelah film Babel. Film ini ditayangkan secara perdana di Sydney pada tanggal 10 Desember 2008 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2008.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Agustus 2005, seorang wanita lansia bernama Daisy Fuller (Cate Blanchett) berada di ranjang di rumah sakit New Orleans ketika Badai Katrina mendekat. Ia mulai berbicara kepada putrinya, Caroline (Julia Ormond), tentang stasiun kereta api yang dibangun pada tahun 1918 dan Mr. Gateau (Elias Koteas), pembuat jam terbaik di seluruh wilayah selatan, yang dipekerjakan untuk membuat jam untuk itu. Mr. Gateau adalah seorang tuna netra dan kehilangan putranya dalam Perang Dunia I, yang menghancurkannya, namun ia terus bekerja dengan jamnya. Ketika diresmikan di stasiun, orang-orang terkejut melihat bahwa jam berjalan mundur, di mana Mr. Gateau mengatakan bahwa ia membuat jam seperti itu sehingga anak-anak yang hilang dalam perang bisa kembali lagi dan menjalani hidup mereka yang berakhir terlalu cepat. Setelah itu, Mr. Gateau tidak pernah terlihat lagi dan orang-orang berspekulasi bahwa ia meninggal karena patah hati atau pergi ke laut.

Daisy kemudian meminta Caroline membaca buku harian Benjamin Button dengan keras.

Dari buku harian itu, terungkap bahwa pada malam hari tanggal 11 November 1918, seorang bayi laki-laki lahir dengan penampilan dan fisik seperti orang tua. Ibu si bayi meninggal setelah melahirkan, dan sang ayah, Thomas Button (Jason Flemyng), meninggalkan bayi tersebut di teras panti jompo. Queenie (Taraji P. Henson) dan Tizzy Weathers (Mahershala Ali), pengasuh di panti jompo, menemukan bayi tersebut, dan Queenie memutuskan untuk merawatnya sebagai miliknya.

Benjamin Button (Robert Towers) belajar berjalan pada tahun 1925, setelah itu, ia menggunakan kruk sebagai pengganti kursi roda. Pada tahun 1930 ketika Thanksgiving, Benjamin bertemu Daisy (Elle Fanning) yang berusia tujuh tahun, di mana neneknya tinggal di panti jompo. Ia dan Daisy menjadi teman baik. Kemudian, Benjamin (Peter Donald Badalamenti II) mendapatkan pekerjaan di kapal tunda yang dinahkodai oleh Kapten Mike Clark (Jared Harris). Benjamin juga bertemu Thomas Button, yang tidak mengungkapkan bahwa ia adalah ayah Benjamin. Pada tahun 1936 ketika musim gugur, Benjamin meninggalkan New Orleans untuk kerja jangka panjang dengan awak kapal tunda; Daisy (Madisen Beaty) kemudian diterima di studio balet di New York di bawah koreografer George Balanchine.

Pada tahun 1941, Benjamin (Tom Everett) berada di Murmansk, di mana ia mulai berselingkuh dengan Elizabeth Abbott (Tilda Swinton), istri Menteri Perdagangan Britania Raya. Pada bulan Desember itu, Jepang menyerang Pearl Harbor dan Perang Dunia II terjadi. Mike merelakan kapalnya untuk Angkatan Laut Amerika Serikat, sementara para awak kapal bertugas untuk melakukan penyelamatan. Selama patroli, mereka menemukan kapal-kapal yang tenggelam dan banyak mayat pasukan Amerika Serikat. Kapal selam Jerman muncul ke permukaan laut dan Mike mengarahkan kapalnya dengan kecepatan penuh ke arah kapal selam tersebut, sementara seorang penembak Jerman menembak kapal Mike, menewaskan sebagian besar awak kapal, termasuk Mike. Kapal tunda itu menabrak kapal selam Jerman, menyebabkan kapal selam tersebut meledak dan menenggelamkan kedua kapal. Benjamin dan awak kapal yang tersisa diselamatkan oleh kapal Angkatan Laut Amerika Serikat keesokan harinya.

Pada bulan Mei 1945, Benjamin (Brad Pitt) kembali ke New Orleans dan bertemu dengan Queenie. Beberapa minggu kemudian, ia bertemu kembali dengan Daisy dan mereka pergi keluar untuk makan malam. Setelah gagal merayu Benjamin setelah itu, Daisy pergi. Benjamin kemudian bertemu kembali dengan Thomas Button, yang sakit keras, mengungkapkan bahwa ia adalah ayah Benjamin dan mewarisi perusahaan dan harta bendanya kepada Benjamin.

Pada tahun 1947, Benjamin mengunjungi Daisy di New York tanpa pemberitahuan, namun ia pergi setelah melihat bahwa Daisy telah jatuh cinta dengan orang lain. Pada tahun 1954, karier menari Daisy berakhir ketika kakinya hancur dalam kecelakaan mobil di Paris. Ketika Benjamin mengunjunginya, Daisy kagum dengan penampilan mudanya, namun karena ia frustrasi dengan kondisi kakinya, ia memberitahu Benjamin untuk menjauh dari hidupnya.

Pada tahun 1962, Daisy kembali ke New Orleans dan reuni dengan Benjamin. Ketika usia Benjamin sebanding secara fisik, mereka jatuh cinta dan pergi berlayar bersama. Mereka kembali dan mengetahui bahwa Queenie telah meninggal, lalu pindah bersama. Pada tahun 1967, Daisy, yang telah membuka studio balet, memberitahu Benjamin bahwa ia hamil. Daisy kemudian melahirkan seorang putri bernama Caroline pada tahun 1968 ketika musim semi. Percaya bahwa Benjamin tidak bisa menjadi ayah yang baik untuk putrinya karena penuaannya yang terbalik, Benjamin pergi setelah menjual harta bendanya dan meninggalkan buku rekening bank untuk Daisy dan Caroline, lalu Benjamin melakukan perjalanan sendiri selama tahun 1970-an.

Benjamin bertemu kembali dengan Daisy pada tahun 1980. Daisy telah menikah dan memperkenalkan Benjamin sebagai temannya kepada suami dan putrinya. Daisy mengakui bahwa Benjamin berhak untuk pergi dan Daisy tidak bisa mengatasi sebaliknya. Daisy kemudian mengunjungi Benjamin di hotelnya, di mana mereka berhubungan satu sama lain, lalu berpisah lagi.

Pada tahun 1990, janda Daisy dihubungi oleh pekerja sosial yang telah menemukan Benjamin (Spencer Daniels) — sekarang secara fisik adalah seorang remaja. Ketika Daisy tiba, mereka menjelaskan bahwa Benjamin tinggal di gedung yang tak terawat dan dibawa ke rumah sakit dalam kondisi fisik yang buruk dan bahwa mereka mengetahui nama Daisy di buku harian Benjamin. Para pekerja sosial yang bingung juga memberitahu bahwa ia menunjukkan tanda-tanda awal demensia. Daisy pindah ke panti jompo pada tahun 1997 dan merawat Benjamin (Charles Henry Wyson) selama sisa hidupnya.

Daisy memberitahu bahwa pada tahun 2002, jam digital baru yang berjalan maju telah dipasang di stasiun kereta api menggantikan jam Mr. Gateau yang berjalan mundur. Kemudian, pada tahun 2003 ketika musim semi, Benjamin meninggal di pelukan Daisy, secara fisik seperti bayi namun secara kronologis, ia meninggal di usia 84 tahun. Setelah Daisy akhirnya mengungkapkan kisah tentang ayah Caroline kepadanya, Daisy meninggal ketika Badai Katrina mendekat.

Film ini berakhir dengan penjelasan Benjamin tentang apa yang dibawa orang-orang ke dunia ini, menutup semua orang yang dicintainya dan hilang sepanjang hidupnya. Film ini berakhir dengan peringatan ketika Badai Katrina dengan cepat membanjiri ruang penyimpanan yang menyimpan jam Mr. Gateau yang terlupakan, yang terus-menerus berjalan mundur.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Brad Pitt sebagai Benjamin Button dewasa, ayah kandung Caroline
    • Robert Towers sebagai Benjamin Button yang tampak tua
    • Peter Donald Badalamenti II sebagai Benjamin Button yang tampak tua
    • Tom Everett sebagai Benjamin Button yang tampak tua
    • Spencer Daniels sebagai Benjamin Button yang tampak berusia 12 tahun
    • Chandler Canterbury sebagai Benjamin Button yang tampak berusia 8 tahun
    • Charles Henry Wyson sebagai Benjamin Button yang tampak berusia 6 tahun
  • Cate Blanchett sebagai Daisy Fuller dewasa, ibu kandung Caroline
  • Taraji P. Henson sebagai Queenie
  • Julia Ormond sebagai Caroline Fuller dewasa, putri Benjamin dan Daisy
    • Katta Hules sebagai Caroline Fuller berusia 12 tahun
    • Shiloh Nouvel Jolie-Pitt sebagai Caroline Fuller berusia 2 tahun
  • Jason Flemyng sebagai Thomas Button, ayah Benjamin
  • Mahershala Ali sebagai Tizzy Weathers
  • Jared Harris sebagai Kapten Mike Clark
  • Faune A. Chambers sebagai Dorothy Baker
  • Elias Koteas sebagai Mr. Gateau, pembuat jam tuna netra
  • Ed Metzger sebagai Theodore Roosevelt
  • Phyllis Somerville sebagai Nenek Fuller
  • Josh Stewart sebagai Curtis
  • Tilda Swinton sebagai Elizabeth Abbott
  • Bianca Chiminello sebagai teman Daisy
  • Rampai Mohadi sebagai Ngunda Oti
  • Lance E. Nichols sebagai Preacher

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Curious Case of Benjamin Button mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 72%, berdasarkan 242 ulasan, dengan rating rata-rata 7.1/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 70 dari 100, berdasarkan 37 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film The Curious Case of Benjamin Button mendapatkan $127,509,326 di Amerika Utara dan $206,422,757 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $333,932,083, melebihi anggaran produksi film $167 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $26,853,816, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Marley & Me dan Bedtime Stories.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Curious Case of Benjamin Button (12A)". British Board of Film Classification. December 16, 2008. Diakses tanggal August 27, 2016. 
  2. ^ Cieply, Michael (October 11, 2008). "States' Film Production Incentives Cause Jitters". New York Times. Diakses tanggal September 21, 2016. 
  3. ^ Bergen, Kathy (July 27, 2010). "Amid 'Transformers 3' filming, tax incentives come under scrutiny". Chicago Tribune. Diakses tanggal September 21, 2016. 
  4. ^ a b c "The Curious Case of Benjamin Button (2008)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  5. ^ Schwarzbaum, Lisa (December 24, 2008). "The Curious Case of Benjamin Button Reviews". Entertainment Weekly. Diakses tanggal March 22, 2018. 
  6. ^ "The Curious Case of Benjamin Button (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "The Curious Case of Benjamin Button reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]