The Cloverfield Paradox

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
The Cloverfield Paradox
Cloverfield paradox poster.jpg
Poster film
Sutradara Julius Onah
Produser
Skenario Oren Uziel
Cerita
  • Oren Uziel
  • Doug Jung
Pemeran
Musik Bear McCreary
Sinematografi Dan Mindel
Penyunting
  • Alan Baumgarten
  • Matt Evans
  • Rebecca Valente
Perusahaan
produksi
Distributor
Tanggal rilis
  • 04 Februari 2018 (2018-02-04)
Durasi
102 Menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $45 Juta[2]

The Cloverfield Paradox adalah film horor fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2018 yang disutradarai oleh Julius Onah, yang ditulis oleh Oren Uziel dan Doug Jung, dan diproduksi oleh J. J. Abrams Bad Robot Productions. Film ini adalah film ketiga dalam waralaba Cloverfield, didahului Cloverfield (2008) dan 10 Cloverfield Lane (2016). Film ini dibintangi oleh Daniel Brühl, Elizabeth Debicki, Aksel Hennie, Gugu Mbatha-Raw, Chris O'Dowd, John Ortiz, David Oyelowo dan Zhang Ziyi. Menceritakan kelompok astronot internasional di atas stasiun luar angkasa yang telah menggunakan pemercepat partikel untuk memecahkan krisis energi Bumi, harus menemukan jalan pulang setelah secara tidak sengaja bepergian ke dimensi alternatif.

Film ini berdasarkan pada God Particle, skrip spesifik dari Oren Uziel yang memiliki alur utama dalam kru stasiun ruang angkasa, tetapi tidak terhubung dengan Cloverfield. Script ini diakuisisi oleh Paramount Pictures dan Bad Robot pada tahun 2012. Awalnya direncanakan sebagai bagian dari label distribusi InSurge, anggaran rendah Paramount, tetapi setelah label itu ditutup, produksinya diperluas sebagai film terdistribusi Paramount. Selama produksi, Abrams memutuskan untuk mengkaitkan film ini dengan Cloverfield, menyesuaikan skenario Uziel dan menambahkan adegan untuk membangun koneksi, setelah pendekatan yang sama digunakan untuk mengubah 10 Cloverfield Lane dari naskah aslinya, The Cellar. Abrams melihat kecelakaan akselerator partikel sebagai sarana sinematik untuk peristiwa masa depan yang menyebabkan perubahan di masa lalu, secara naratif menghubungkan waralaba Cloverfield bersama.

Setelah diumumkan sebagai film Cloverfield di akhir 2016, film ini sempat ditunda rilisnya beberapa kali. Sebuah trailer kejutan ditayangkan selama Super Bowl LII pada 4 Februari 2018, menampilkan judul akhir film dan rilisnya di Netflix, yang telah membeli hak untuk film dari Paramount. Dirilis langsung setelah pertandingan.

Sementara taktik pemasaran yang unik dipuji, film ini sendiri umumnya menerima ulasan negatif dari para kritikus, yang tidak menyukai narasi, penulisan dan penyuntingan, dengan banyak yang menganggapnya sebagai film terlemah dari Cloverfield, meskipun penampilan Mbatha-Raw memang mendapat pujian.[3][4]

Pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Film releases". Variety Insight. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2018. Diakses tanggal February 5, 2018. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama sb
  3. ^ James Hibberd (February 5, 2018). "Netflix Cloverfield sequel trashed by critics: 'An unholy mess'". Entertainment Weekly. Diakses tanggal February 5, 2018. 
  4. ^ Jean Bentley (February 5, 2018). "The Cloverfield Paradox Wastes Fresh Marketing on Disappointing Release". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 5, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]