The Bitter Tea of General Yen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Bitter Tea of General Yen
Berkas:The Bitter Tea of General Yen.jpg
Poster rilis teatrikal
SutradaraFrank Capra
ProduserWalter Wanger
SkenarioEdward Paramore
BerdasarkanThe Bitter Tea of General Yen
novel tahun 1930
oleh Grace Zaring Stone
PemeranBarbara Stanwyck
MusikW. Frank Harling
SinematografiJoseph Walker
PenyuntingEdward Curtis
Perusahaan
produksi
DistributorColumbia Pictures
Tanggal rilis
  • 03 Januari 1933 (1933-01-03) (USA)
Durasi
88 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris

The Bitter Tea of General Yen adalah sebuah film drama pre-Code Amerika 1933 yang disutradarai oleh Frank Capra, dan dibintangi oleh Barbara Stanwyck, dan menampilkan Nils Asther dan Walter Connolly. Berdasarkan pada novel tahun 1930 The Bitter Tea of General Yen karya Grace Zaring Stone, film tersebut berkisah tentang seorang misionaris Amerika di Shanghai saat Perang Saudara Tiongkok yang terjebak dalam sebuah pertempuran saat sedang berusaha menyelamatkan sekelompok anak-anak yatim piatu. Secara tak sadar, ia diselamatkan oleh seorang panglima perang jenderal Tiongkok yang mengirimnya ke istananya. Saat jenderal jatuh cinta dengan wanita muda naif tersebut, ia memperlihatkan atraksinya kepada jenderal berkuasa terseut dan menolak pinangannya, meskipun ia dijanjikan dengan kekayaannya.

The Bitter Tea of General Yen adalah film pertama yang dimainkan di Radio City Music Hall setelah pembukaannya pada 3 Januari 1933. Film tersebut juga menjadi salah satu film pertama yang secara terbuka sepakat dengan tontonan seksual antar-ras.[1] Film tersebut mengalami kegagalan box office setelah perilisannya dan sejak itu dibayangi oleh upaya-upaya berikutnya dari Capra. Pada masa sekarang, film tersebut makin meraih opini kritikal. Pada 2000, film tersebut dipilih oleh kritikus film Inggris Derek Malcolm sebagai salah satu dari ratusan film terakhir dalam The Century of Films.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ O'Toole, Lawrence (August 27, 1993). "The Bitter Tea of General Yen". Entertainment Weekly. Diakses tanggal January 29, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]