The Best of Me (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Best of Me
The Best of Me poster.jpg
Poster Film The Best of Me
SutradaraMichael Hoffman
ProduserJustin Burns
Denise Di Novi
Alison Greenspan
Ryan Kavanaugh
Nicholas Sparks
SkenarioWill Fetters
J. Mills Goodloe
BerdasarkanThe Best of Me
oleh Nicholas Sparks
PemeranJames Marsden
Michelle Monaghan
Luke Bracey
Liana Liberato
Gerald McRaney
MusikAaron Zigman
SinematografiOliver Stapleton
PenyuntingMatt Chesse
Perusahaan
produksi
Di Novi Pictures
DistributorRelativity Media
Tanggal rilis
  • 17 Oktober 2014 (2014-10-17) (United States)
Durasi
118 minutes[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$26 juta[2]
Pendapatan kotor$35,926,213[2][3]

The Best of Me adalah film drama romantis Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh Michael Hoffman dan diproduseri oleh Justin Burns, Denise Di Novi, Alison Greenspan, Ryan Kavanaugh, dan Nicholas Sparks. Berdasarkan novel dengan judul yang sama karya Nicholas Sparks tahun 2011, film ini dibintangi oleh James Marsden, Michelle Monaghan, Luke Bracey, Liana Liberato dan Gerald McRaney. The Best of Me difilmkan di New Orleans.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dawson Cole (James Marsden) bekerja di sebuah pengeboran minyak di pantai lepas Louisiana. Suatu hari, sebuah ledakan di pengeboran tersebut nyaris membunuhnya, terlempar ke laut. Ajaibnya, ia selamat. Beberapa bulan kemudian, Dawson memahami bahwa ayah angkat sekaligus teman dekatnya, Tuck Hostetler (Gerald McRaney), telah meninggal di usia 92 tahun. Dawson kembali ke rumah Tuck untuk pertama kalinya sejak dua puluh tahun terakhir untuk melaksanakan keinginan terakhirnya. Amanda Collier (Michelle Monaghan), seorang ibu rumah tangga yang sudah menikah, juga mendapat panggilan untuk menjadi bagian dari pelaksanaan itu. Suaminya yang sombong mencoba menghalanginya untuk tetap di rumah tetapi ia tetap pergi.

Setelah Dawson tiba dan menetap, ia terkejut mengetahui bahwa Amanda, yang tidak tampak di usia 21 tahun, juga mendapat panggilan. Dawson menyapanya dengan hangat tetapi Amanda canggung membuat alasan dan meninggalkannya.

Pada masa lalu, Dawson muda (Luke Bracey) adalah orang baik dan pemalu, sementara Amanda muda (Liana Liberato) adalah gadis dari kelompok populer di sekolah. Ia mencoba untuk mengenal Dawson tetapi Dawson diam-diam mengangkat bahu liburnya dan disahuti oleh sepupunya, Bobby, untuk melakukannya. Lalu, Amanda menyabot mobilnya agar Dawson membantunya dan setelah Amanda menunjukkan kurangnya keterampilan Dawson dalam menggoda, mereka membuat rencana bertemu untuk makan malam. Di rumah, Dawson dipukuli oleh ayahnya yang kasar, Tommy, ketika ia menolak membantunya dengan pekerjaan kriminal pada malam kencannya dengan Amanda. Ia melarikan diri dan menemukan tempat berlindung dari hujan di garasi untuk malam. Keesokan paginya, Tuck Hostetler menemukannya dan memungkinkan ia tinggal setelah mengetahui kondisi Dawson.

Amanda mencarinya ke garasi dan marah karena ingkar janji. Dawson mencoba menyembunyikan luka-lukanya, tetapi ketika Amanda akan pergi, ia menjelaskan bahwa matanya yang biru adalah alasan ia tidak ingin pergi keluar. Amanda memberinya kesempatan kedua dan mereka menghabiskan kencan pertamanya makan es krim dan berbicara tentang kehidupan dan masa depan mereka di atas menara air. Amanda ingin menjadi pengacara di sebuah organisasi nirlaba untuk anak-anak kurang mampu dan anak perempuan bernama Bea, tapi Dawson tidak berpikir ia bisa masuk ke perguruan tinggi. Pada akhir malam, mereka berciuman di halaman rumah Amanda setelah Amanda mencium Dawson.

Pada masa kini, Dawson dan Amanda berada di kantor pengacara. Tuck tidak menginginkan apapun yang akan dihabiskan untuk "kelakuan buruk" atau pemakaman. Dawson dan Amanda bisa mengambil apapun yang mereka inginkan dari hal itu. Semuanya, kecuali pondoknya, disumbangkan ke American Pediatric Cancer Society. Pondoknya untuk mereka, dan di sanalah ia ingin abunya ke tersebar juga. Ia juga meninggalkan mereka surat individu untuk dibaca secara pribadi.

Setelah itu Dawson mencoba untuk memahami tentang kehidupan Amanda dan keluarganya tapi Amanda menghalanginya dan ingin semuanya selesai lebih cepat. Saat ia berjalan pergi, diam-diam Dawson mengatakan ia menyesal. Amanda membaca surat Tuck di mana ia memintanya untuk memaafkan Dawson dan Amanda sendiri untuk meringankan rasa sakit hati dan lukanya selama ia bersama Dawson.

Kembali ke masa lalu, Dawson dan Amanda bersama-sama di garasi ketika keluarga Dawson datang. Dawson meminta Amanda pergi, setelah itu Tommy memukulnya dan memintanya pulang ke rumah. Tuck tiba dan mengancam Tommy dengan senapan, menembak truk Tommy dan hampir menembak tangannya ketika ia mencoba merusak bunga istrinya di kebun Tuck. Setelah mereka pergi, Tuck meminta Dawson untuk memindahkan barang-barangnya ke dalam rumah agar aman. Dawson naik ke atap rumah Amanda dan meminta untuk menjauh darinya agar ia aman. Amanda tidak peduli, ia peduli pada Dawson, dan mereka berciuman di bawah hujan.

Kembali ke masa kini, Dawson berada di toko hardware dan menabrak saudara-saudaranya dan anak Bobby. Di rumah Tuck, Amanda membantu Dawson mengemasi barang-barangnya. Ia hamil saat tahun kedua kuliah dan tidak pernah selesai, menikah, punya anak lagi, dan tinggal di sebuah rumah besar. Ia tidak pernah mencapai rencananya, tetapi ia senang menjadi seorang ibu. Dawson menemukan sebuah foto Amanda, Tuck, dan putrinya, dan ia tampak emosional melihat foto itu.

Pikiran Amanda terlintas saat ia meminta Dawson untuk mengajukan kuliah sementara mereka membawa bahan makanan untuk makan malam di rumah Tuck. Masalahnya adalah Dawson butuh alamat rumah. Amanda segera bergegas masuk dan meminta Tuck jika Dawson mengundangnya tanpa ragu-ragu. Di dapur, Tuck mengatakan kepada mereka tentang kematian istrinya. Saat makan malam, Dawson dan Amanda berbicara tentang keberadaan nasib. Tuck menceritakan kepada mereka tentang lagu yang ia nyanyikan ketika ia terluka parah selama perang dan bagaimana di saat yang sama istrinya memiliki impian Tuck menyanyikan lagu yang sama untuknya. Malam itu, Dawson dan Amanda berdansa dengan lagu itu.

Amanda memanggil Dawson ke dapur dan menceritakan tentang putrinya yang Tuck cintai. Dia didiagnosis menderita leukemia dua minggu setelah Tuck difoto. Amanda dan suaminya mulai minum tapi suaminya tidak pernah berhenti minum. Dawson mengungkapkan keinginannya bahwa ia bisa berada di sana untuknya. Nama putrinya adalah Bea, dan ia meninggal karena leukemia di usia 2 tahun.

Dua puluh satu tahun kemudian keduanya di dapur Tuck lagi, membuat makan malam. Dawson memasak dan Amanda masih menginginkannya pergi ke perguruan tinggi meskipun ia tidak mau. Dawson mengaku bahwa ia belum menemukan wanita yang bisa cocok dengannya setelah Amanda. Amanda ingin meninggalkannya karena wine yang ia punya dan kekesalannya, Dawson telah menjadi bahkan lebih menarik selama bertahun-tahun. Dalam paralel langsung ke kencan pertama mereka, Dawson memberikan Amanda bunga dan ia menciumnya sebelum segera meninggalkannya. Kilas balik lain terungkap di mana Dawson dan malam pertama Amanda bersama-sama digambarkan. Dawson telah pergi ke Vandemere untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan untuk Tuck, ketika Amanda mengejutkannya. Kedua kemudian bercinta untuk pertama kalinya.

Di rumah Amanda, Dawson tiba dan bertemu orang tuanya. Ayahnya berbicara pada Dawson dan berjanji untuk membayar kuliahnya, asalkan ia menjauh dari Amanda. Dawnson marah menolak tawaran itu dan bergegas pergi. Amanda mengikutinya ke menara air dan meminta maaf atas apa yang terjadi, lalu akhirnya mereka berciuman.

Kembali ke masa kini, Amanada meminta Dawson agar ia bisa mengemudi mobilnya. Mereka bertukar kursi dan pergi ke Vandemere. Di pondok Tuck, mereka menyebarkan abu Tuck di kebun. Keduanya kemudian berpiknik di samping kolam. Dawson menceritakan insiden di pengeboran minyak dan bagaimana ia bertahan. Ia juga mengaku ia melihat Amanda sebelum tenggelam. Amanda bangkit karena Dawson mengatakan padanya mungkin semua terjadi agar ia memiliki kesempatan melihatnya lagi dan mengatakan bahwa ia menyesal. Amanda bertanya apakah Dawson menginginkan jatuh cinta kepadanya lagi, tetapi Amanda mengaku ia tidak pernah berhenti mencintainya.

Sebelum lulus, ayah dan saudara Dawson memukuli Tuck dan menghancurkan kebunnya dengan brutal. Dawson marah, pergi ke rumah ayahnya dengan maksud membunuhnya dengan senapan Tuck. Namun, mereka berkelahi dan sepupu Dawson, Bobby, tidak sengaja terbunuh. Dalam pertukaran untuk hukuman yang lebih ringan, Dawson bersaksi terhadap ayah dan saudara-saudaranya. Namun, karena Dawson tidak akan dibebaskan selama beberapa tahun, ia memutuskan hubungan dengan Amanda, memaksanya untuk memilih kuliah daripada tinggal bersamanya.

Pada masa kini, ketika makan malam di rumah Tuck, Amanda bertanya alasan Dawson menolak bertemu dengannya setiap hari selama satu bulan, dan setiap minggu selama satu tahun setelah ia dipenjara. Dawson dan Amanda menghabiskan malam penuh gairah bersama-sama. Hari berikutnya, Amanda memutuskan untuk kembali ke keluarganya. Namun, ia kemudian memutuskan untuk berpisah dengan suaminya, dan ia meninggalkan pesan suara untuk Dawson, mengungkapkan cintanya. Sebelum sesuatu terjadi di antara mereka, Dawson diserang dan nyaris dibunuh oleh saudara-saudaranya, mobilnya nyaris terdorong ke depan kereta api bergerak. Dawson mengalahkan saudara-saudaranya, tetapi setelah menelepon 911, ia ditembak mati oleh ayahnya di seberang rel kereta api.

Sementara itu, putra Amanda mengalami kecelakaan dan menerima hati dari donor. Ibu Amanda menangis mengatakan kematian tragis Dawson kepadanya, dan Amanda patah hati. Film berakhir dengan putra Amanda meneleponnya dari perguruan tinggi, mengatakan bahwa setahun sejak kecelakaan itu, ia mengetahui identitas donor dan bertanya apakah Amanda mengenal Dawson Cole. Amanda menangis bahagia, mengatakan "ya", dan menutup telepon. Dia telah menjadi pengacara untuk organisasi nirlaba anak-anak.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • James Marsden sebagai Dawson Cole (41 tahun)
    • Luke Bracey sebagai Dawson Cole (21 tahun)
  • Michelle Monaghan sebagai Amanda Collier (41 tahun)
  • Gerald McRaney sebagai Tuck Hostetler
  • Sebastian Arcelus sebagai Frank Reynolds
  • Sean Bridgers sebagai Tommy Cole
  • Rob Mello sebagai Ted Cole
  • Hunter Burke sebagai Abee Cole
  • Jon Tenney sebagai Harvey Collier
  • Caroline Goodall sebagai Evelyn
  • Ian Nelson sebagai Jared
  • Schuyler Fisk sebagai April
  • Robby Rasmussen sebagai Bobby Cole/Aaron Cole

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No. JudulPenyanyi Durasi
1. "I Did with You"  Lady Antebellum 3:15
2. "Dream Girl"  Hunter Hayes 3:39
3. "Hold On"  SHEL and Gareth Dunlop 3:26
4. "In Love Again"  Colbie Caillat 3:31
5. "The Way Things Go"  Thomas Rhett 4:06
6. "Borrowed Time"  Thompson Square 4:12
7. "Lead Me"  Kip Moore 3:50
8. "Love Is a Liar"  Kacey Musgraves 3:15
9. "Falling for You"  Lady Antebellum 3:54
10. "Rain from Heaven"  Eric Paslay 3:58
11. "All the Way"  David Nail 2:56
12. "Unchanged"  Eli Young Band 3:35
13. "Sweet Jane"  Cowboy Junkies 3:27
14. "Crossroads"  Phoebe Hoffman 4:48

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film The Best of Me mendapatkan kritik negatif dari kritikus. Website Rotten Tomatoes menilai film ini dengan rating 8% berdasarkan 74 review, dengan nilai rata-rata 3.5/10. Konsensus website ini berkata, "Pada sembilan film dan terhitung bahwa inti antara penggemar film-film Nicholas Sparks dan pengkritik jelas, dan The Best of Me akan mengubah beberapa pikiran di kedua sisi yang terbagi".[4] Metacritic menilai film ini dengan skor 29/100, berdasarkan 26 kritik, menunjukkan "review yang tidak baik secara umum".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

The Best of Me dirilis di Amerika Utara pada tanggal 17 Oktober 2014 di 2.936 bioskop. Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan USD 10,003,827, menempati posisi kelima di box office, membuat pembukaan terburuk untuk film adaptasi dari novel Nicholas Sparks.[6] Dalam jajak pendapat CinemaScore yang dilakukan selama pembukaan akhir pekan, penonton bioskop memberi film The Best of Me dengan nilai rata-rata "B +" dari untuk skala A + sampai F.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "THE BEST OF ME (12A)". British Board of Film Classification. October 3, 2014. Diakses tanggal October 3, 2014. 
  2. ^ a b "The Best of Me (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 5, 2015. 
  3. ^ http://www.boxofficemojo.com/movies/?page=intl&id=bestofme.htm
  4. ^ "The Best of Me". Rotten Tomatoes. Flixster. Diakses tanggal December 18, 2014. 
  5. ^ "The Best of Me Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal October 22, 2014. 
  6. ^ a b Ray Subers (October 19, 2014). "Weekend Report: 'Fury' Topples 'Gone Girl,' 'Birdman' Soars in Limited Release". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 4, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]