The Armenian Massacres in Ottoman Turkey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

The Armenian Massacres in Ottoman Turkey: A Disputed Genocide adalah sebuah buku yang diterbitkan oleh Guenter Lewy pada tahun 2006 tentang genosida Armenia pada masa Kesultanan Utsmaniyah. Pada buku ini, Lewy berpendapat bahwa korban genosida yang tinggi adalah hasil dari situasi yang tidak disengaja dan serangan sporadis dari pada sebuah perencanaan untuk memusnahkan orang-orang Armenia.

Buku ini diterbitkan oleh University of Utah Press [en] setelah ditolak oleh sebelas penerbit. Buku ini pernah dipromosikan oleh pemerintah Turki. Kebanyakan pengulas menilai buku ini negatif, dengan mengatakan buku ini mempunyai "fakta dan interpretasi yang salah".[1] Lebih lanjut, buku ini dikritisi karena menggunakan argumen yang kerap dikeluarkan oleh Young Turks untuk menjustifikasi genosida.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Watenpaugh, Keith David (2007). "A Response to Michael Gunter's Review of The Armenian Massacres in Ottoman Turkey: A Disputed Genocide (IJMES 38 [2006]: 598–601)". International Journal of Middle East Studies. 39 (3): 512–514. doi:10.1017/S0020743807070869. The majority of the postpublication reviews of Lewy's work have identified obvious and egregious errors of fact, interpretation, and omission most of which presumably would have been caught had the text been carefully scrutinized by competent and nonpartisan readers. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]